06 November 2019

Tips Sukses MPASI dengan Milna Nature Delight

Halo Moms, gimana nih menghadapi tantangan dalam menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) buat si kecil? Alhamdulillah, yaa ... jika berjalan dengan baik dan lancar. Kali ini, saya mau sharing tentang beberapa tips sukses MPASI pada baby Arfan (anak ketiga yang kini berusia 17 bulan). Serta cara agar anak suka makan buah dengan Milna Nature Delight.



Oiya, sekedar informasi, berat badan Arfan saat saya menulis ini, 10,2 kg dengan tinggi badan 77 cm dan lingkar kepala 47 cm. Menurut grafik pertumbuhan di KMS (kartu Menuju Sehat) angka-angka tersebut menunjukkan bahwa Arfan dalam keadaan gizi baik, berat badan pun tidak kurang. Bagaimana dengan kesayangan Milenial Moms sekalian? Sudahkah diukur dan dicatat BB TB LK-nya, serta dipantau grafik pertumbuhannya? :)

Aniway, Moms. Kondisi bayi yang sehat itu bukan sulap dan bukan sihir, yang tinggal goyangkan tongkat akan terjadi apa yang diinginkan, ya 'kan? Namun, kondisi anak bayi dengan gizi baik itu sebuah perjalanan panjang yang kadang melelahkan. Dimulai sejak dalam kandungan, sampai mendapatkan makanan tambahan pendamping ASI. Saya mengalami sendiri riweuh-nya menyiapkan MPASI buat si bungsu disamping menyiapkan kebutuhan kedua kakaknya. Namun alhamdulillah, pada tahap ini saya behasil melaluinya karena ada Milna Nature Delight ini. Menyiapkan makanan selingan untuk si kecil terutama mengenalkan buah jadi mudah, murah, dan bergizi. yeaa!! :))

Milna Nature Delight my loooveeee

Seiring bertambahnya usia anak, bertambah pula kebutuhan nutrisi si kecil. Itulah kenapa anak memerlukan asupan makanan penuh gizi seimbang dan bervariasi. Dalam tahap pengenalan, Moms harus rajin mengenalkan kepada anak berbagai macam rasa makanan serta pembiasaan makan atau waktu makan pada jam tertentu. 

Berikut ini saya share jadwal makan baby Arfan setelah ia mendapatkan MPASI pada usia 6 bulan. Dalam tahap ini ASI tetap diberikan, ya.
- Usia 6-8 bulan
Makanan utama ( berbentuk bubur halus ) 2 kali sehari (yang mengandung nutrisi lengkap aka MPASI 5 bintang)
Makanan selingan berupa pure buah (buah yang dihaluskan).
- Usia 8-10 bulan
Makanan utama ( bubur bayi ) 3 kali sehari.
Makanan selingan berupa biscuit bayi atau pure buah. Saya mengandalkan biscuit Milna, puding Milna, dan tentu saja puree buah Milna.
- Usia 10-12 bulan
Makanan utama 3 kali sehari, berupa bubur tim.
Makanan selingan 2 - 3 kali sehari. Pure buah atau potongan buah, biskuit, roti, ubi, dan sebagainya.
- Usia 12 bulan ke atas
Makanan utama 3 kali sehari. Arfan kadang makan sampai 4 kali sehari, hehe. Makan makanan keluarga. Namun terkadang, saya masih membuatkan bubur tim untuk Arfan. Karena dia sukanya yang lembek dan mudah dikunyah.
Makanan selingan 2 - 3 kali sehari. Tidak hanya bermacam-macam buah. Berbagai jajanan tradisional seperti cucur, kue lapis, jagung rebus dan lainnya juga saya berikan untuk makanan selingan.

biasanya makan Milna Nature Delight pagi jam 10 atau sore jam 4-an


Tips yang paling penting agar sukses MPASI dan supaya anak mau makan lahap, Moms sendiri dan anggota keluarga harus memberi contoh. Karena bagaimanapun anak itu meniru. Kalau anak melihat ibunya makan dengan baik, pastinya anak akan mengikuti. Oleh karena itu, tips dari saya adalah ajak bayi makan bareng dengan anggota keluarga. Awalnya memang agak repot karena kita makan sambil nyuapin bayi. Tapi hasilnya, si kecil bakal suka dengan acara makan bersama ini.

Untuk makanan selingan, pertama kali pastinya kenalkan bayi dengan buah-buahan dengan cara dihaluskan atau biasa disebut puree buah. Buah yang saya beri ke Arfan bermacam-macam supaya lidahnya terbiasa dengan berbagai macam rasa, diantaranya: pisang, alpukat, jeruk, jambu, stroberi, apel, anggur, melon, pepaya, mangga, dan sebagainya. Sesekali saya tempelkan seiris lemon atau buah kiwi untuk mengenalkan rasa asem/masam.

Selain buah, sayur dan umbi-umbian juga bisa lho dijadikan pure, seperti wortel, labu, jagung, kentang, ubi dan jenis bahan pilihan lainnya.

pic source: pixabay

Pada periode pengenalan MPASI, perhatikan tekstur, rasa, frekuensi dan porsi yang sesuai dengan usia anak, karena rasa dan tekstur MPASI ini membantu melatih kepekaan indera pengecap si kecil dan mendukung stimulasi indera lainnya. Dengan memperkenalkan dari awal, bayi akan lebih familiar dan mau makan saat usianya lebih besar asalkan diberikan secara konsisten.

Memangnya apasih pentingnya makan buah disela makanan utama?
Buah-buahan sangat penting diberikan kepada si kecil karena
  • buah memiliki sumber vitamin yang tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil dan kesehatan gusi.
  • buah memiliki kandungan serat yang tinggi untuk menjaga sistem pencernaan si kecil.
  • buah memiliki kandungan anti oksidan untuk mencegah penyakit degeneratif di masa yang akan datang.
  • kandungan buah sedikit lemak dan kalori sehingga bisa mencegah obesitas pada anak.





Saking besarnya manfaat buah-buahan untuk si kecil, saat saya bepergian dengan baby Arfan selalu berusaha membawa buah-buahan yang sudah dipotong-potong maupun yang dijadikan pure. Namun, pernah saya membawa buah potong dan pure saat bepergian, pas mau diberikan ke bayi, ternyata tumpah dan mengotori seluruh isi tas. huhuhu ambyar deh acara hari itu. Selain itu juga membutuhkan space yang besar karena bekal potongan buahnya banyak dan macam-macam.



Belajar dari kejadian itu (tetap ingin membawa puree buah saat bepergian namun nggak mau repot), saya mencoba beralih ke Milna Nature Delight. Milna pure buah ini ternyata praktis banget, lho Moms. Saat waktunya makan makanan selingan berupa buah, saya tinggal keluarin dari tas. Buka tutupnya, pasang sendoknya dan langsung suapin ke bayi. Ibu zaman now memang sukanya yang praktis dan mudah, yaa heehehe.

Sejak mengenal Milna nature Delight ini, saya jadi Gen Bapur, nih Moms. Siapa yang jadi Gen Bapur sama seperti saya?

Apa itu Gen BAPUR?
Gen Bapur itu akronim dari Generasi Bawa Puree, sebutan untuk generasi ibu zaman now yang telah mempercayakan Milna Nature Delight sebagai pilihan pertama ibu untuk Cara Mudah Makan Buah Si Kecil.


Nah, sejalan dengan makin meningkatnya kesadaran ibu zaman now dalam memberikan makanan selingan berupa buah-buahan, Kalbe Nutritions selaku master of healthy wellness provider mengadakan kampanye “Milna Nature Delight: Cara Mudah Makan Buah Zaman Now” serta mengadakan blogger gathering di Jakarta beberapa waktu yang lalu. Event ini dihadiri oleh mama blogger beserta si kecil yang lucu dan menggemaskan.




Istilah zaman now merupakan istilah yang dipopulerkan oleh warganet dan digunakan untuk menggambarkan situasi di era digital ini. Mudahnya akses terhadap informasi mendukung kebiasaan masyarakat sekarang yang kian membutuhkan solusi instan dan praktis. Termasuk ibu-ibu zaman now yang harus pintar multitasking dan membagi waktu antara membesarkan anak, bekerja dan mengatur rumah tangga. Apalagi saya anak tiga dan tanpa asisten rumah tangga, pengennya yang praktis demi bisa multitasking dan bagi-bagi waktu. Dan Milna Nature Delight ini cukup membantu saya dalam menyediakan snack/makanan selingan buat anak.
Love banget, deh!



Dalam kampanye dan blogger gathering tersebut, hadir dr. Attila Dewanti, Sp.A (K) selaku dokter spesialis anak, Tya Ariestya sebagai konsumen setia Milna, Clarissa Gunawan selaku Brand manager Milna, serta Christofer Samuel Lesmana selaku Business Unit Head for Baby and Kids Food Nutrition, Kalbe Nutritionals.

Dari penjelasan dr. Attila Dewanti, Sp.A (K),

“Pemberian MPASI idealnya terdiri dari 3 porsi makanan utama dan 2 porsi makanan selingan atau snack. Pada menu makanan utama, bisa diutamakan daging dan sayuran sementara untuk menu makanan selingan, buah bisa menjadi salah satu pilihan. Pentingnya pemberian makanan selingan atau snack adalah untuk memastikan agar jumlah asupan dan nutrisi Si Kecil terpenuhi dengan baik. Menu snack juga harus dipastikan agar kaya rasa dan menarik supaya tidak membosankan. Salah satunya contohnya dengan memperkenalkan buah, karena buah memiliki nutrisi tinggi, ragam variasi tekstur, rasa dan terdiri dari bermacam-macam warna dan bentuk yang menarik untuk Si Kecil,” 

Tya Ariestya sendiri mengaku bahwa Milna Nature Delight ini merupakan favorit anaknya dan beliau selalu menyediakan Milna pure buah sebagai snack/makanan selingan saat bepergian bersama anak.

Tya Ariestya, Clarissa Gunawan, dr. Attila Dewanti


Apa saja sih keunggulan Milna nature Delight sehingga jadi andalan Milenials Moms?

Menurut Christofer Samuel Lesmana selaku Business Unit Head for Baby and Kids Food Nutrition, Kalbe Nutritionals: “Dengan mendukung GEN BAPUR, Milna Nature Delight diharapkan bisa mendukung ibu-ibu millennials zaman now yang karakteristiknya adalah melek teknologi atau lebih praktis dalam mencari solusi, namun tetap mengutamakan nutrisi dan kualitas asupan Si Kecil."

Christofer Samuel Lesmana


Tentang Milna nature Delight


Milna Nature Delight adalah fruit puree atau buah-buahan yang dihaluskan. Tersedia dalam kemasan pouch yang sangat praktis dan terbuat dari 100% buah asli yang tidak mengandung pengawet ataupun gula tambahan.




Milna Nature Delight ada 3 varian rasa, yaitu:

- Banana, Strawberry, Apple yang ditandai dengan tutup hijau
Manisnya pisang berpadu dengan kesegaran stroberi dan apel.
Komposisi: puree pisang, puree stroberi, puree apel, konsentrat anggur merah, dan konsentrat lemon.



- Carrot, Apple, Pumpkin yang ditandai dengan tutup orange
Campuran wortel, apel, labu dan pisang.



- Apple, Peach yang ditandai dengan tutup merah
Perpaduan apel dan buah peach serta konsentrat apel dan lemon menghasilkan puree yang manis, segar, dan sedikit asam.



Banyak keunggulan Milna Nature Delight sehingga menjadi favorit para ibu zaman now, diantaranya:

  • Rasa yang nikmat sehingga disukai si kecil. Manis, lembut dan segarnya buah menyatu. Arfan suka semua rasa Milna, setiap hari saya berikan dengan rasa yang berbeda-beda.
  • Dikemas praktis dalam pouch, sehingga mudah dimasukkan ke dalam kantong dan tidak makan tempat, cocok untuk dibawa bepergian atau berbagai keperluan.

  • Kemasannya pas, mudah digenggam si kecil sehingga lebih mudah mengajarkan kebiasaan makan sendiri.


  • Tidak mengandung pewarna dan pengawet, makanya setelah dibuka harus disimpan dalam kulkas dan harus dihabiskan sebelum 48 jam.
  • Terbuat dari 100%  buah-buah pilihan
  • Mengandung segala kebaikan buah seperti buatan ibu



Lalu Milna Nature Delight ini untuk usia berapa? Milna Nature Delight ini bisa dikonsumsi oleh anak usia 6 bulan sampai di atas 3 tahun. Mengenai keterangan yang tercantum di kemasan disarankan untuk anak usia 1 - 3 tahun, disesuaikan dengan regulasi BPOM.

Oiya, kabar baiknya sekarang Milna Nature Delight turun harga loh, dari Rp. 15.000,- menjadi Rp. 9.950,-. Yeayy senangnya, jadi bisa lebih banyak beli Milna Nature Delight, nih. :) Penyesuaian harga ini merupakan wujud konkrit dukungan Milna dalam mendukung kebiasaan anak makan buah sejak dini. Jadi tunggu apalagi Moms, yuk berikan puree buah kepada Si Kecil supaya kebutuhan nutrisi dalam buah bisa didapatkan olehnya.

Saya jadi mau cerita sedikit, beberapa hari yang lalu seperti biasa saya pergi ke majelis taklim dan kumpulan ibu-ibu. Tentu saja saya selalu membawa serta baby Arfan. Bepergian bareng anak, meskipun hanya beberapa jam, tetap perlengkapan bayi harus dibawa, seperti baju ganti, tisuu, mainan kesukaan. Dan karena acaranya berlangsung saat jam-jam ngemilnya Arfan, saya harus bekal makanan supaya selama acara si bayi tidak rewel.

Jagung rebus, banana cake, dan Milna Nature Delight

Bekal lainnya nggak lupa dibawa serta. Diantaranya mainan favorit Arfan, buku cerita bergambar, dan buku gambar serta alat tulis.



Selama ini, saya merasa terbantu sekali dengan adanya Milna Nature Delight. Alhamdulillah anak saya pun suka dengan rasa dan kemudahan cara makannya. Ada tiga saran penyajian yang tertulis di kemasan yaitu makan langsung, tuang isi ke dalam sendok, tuang isi ke dalam mangkuk. Sekarang, Arfan lebih suka makan langsung dari pouch-nya, nggak perlu disuapin dia bisa makan Milna sendiri



Terakhir, saya merekomendasikan Milna Nature Delight ini karena banyak kebaikan yang bisa didapatkan. Jika ingin membeli, Moms bisa dapatkan di supermarket, Alfamart, Carrefour, Hypermart, Lion Superindo, Yogya Group dan toko-toko terdekat lainnya.

Saya berharap Milenial Moms semakin sadar akan pentingnya asupan buah untuk si kecil. Untuk anak-anak Moms yang tidak suka buah, cobain deh. Nggak ada alasan lagi dengan kerempongan membuat puree ya, Moms. 'Kan ada Milna Nature Delight. :)

Oiya, untuk mendekatkan diri dengan pelanggan, Milna juga ada media sosialnya, loh. Moms bisa langsung klik tautan di bawah ini lalu langsung follow. Moms juga bisa mencari tahu atau bertanya seputar produk dan lainnya di sana.

Thank you Milna nature Delight, karena memudahkan saya dalam menyediakan makanan selingan untuk anak saya dan juga membantu menyukseskan fase MPASI dan pengenalan rasa buah ke anak. Loooveee 

Website : www.milna.com

Instagram : @milnaid
Facebook : MilnaID
Twitter : @bundamilna

22 comments:

  1. Anakku (1,5 th) sekarang lagi dalam fase susah makan buah, dikasih buah apapun nggak mau. Nanti mau cobain milna puree ah, semoga doyan biar nutrisi buahnya bisa terpenuhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga pernah beberapa kali gak mau, alhamdulillah sekarang mau lagi makan buah

      Delete
  2. Gemes banget udah tinggal hap ga perlu ribet pake air panas, kalau gini mah ngajak sie kecil buat liburan n bawaan sedikit g perku mikir panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, kalo habis di jalan tinggal mampir alfamart aja :)

      Delete
  3. Deuh gimana tidak sehat, Milna terbaru nih camilan si kecilnya 🥰

    Lebih praktis ya Teh. Anak juga suka. Alhasil ibunya jadi bahagia hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, teh. Alhamdulillah. sehari minimal dia habis satu pouch.

      Delete
  4. Makanan di sela sama buah ada manfaat bagus untuk tubuh baik bagi orang dewasa apalagi untuk anak-anak. Jadinya biar mereka terbiasa juga dan mengenal buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti orang dewasa yang butuh ngemil hehehe

      Delete
  5. Asik banget ya mom zaman now ga perlu khawatir kalo anaknya kurang suka buah. Puree milna ini lucu banget karena kemasan berupa pouch udah gitu ada sendok plastiknya yg sesuai mulut bayi.. uuuwwhh gemas liat anak kecil doyan makan buah

    ReplyDelete
  6. Wkwkwk, gen BAPUR...kalo gitu aku juga termasuk dulu seperti itu. bawa puree kemana-mana atau bawa buahnya sekalian. Asik ya skr ada yg mudah didapat kalo pas di jalan kehabisan lgsg melipir supermarket aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini,iya tinggal mlipir bentar ke supermarket atau minimarket

      Delete
  7. Ih lucu banget ujungnya kaya sendok gitu ya. Apalagi bentuknya cair gini jadi praktis banget deh buat dikonsumsi anak apalagi yang belum punya gigi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang udah punya gigi pun suka, karena rasanya enak :))

      Delete
  8. Anakku juga susah makan buah. Huhu. Apalagi kalau traveling, udah deh jarang pake banget makan buah. Untung ada Milna ini ya, cocok nih buat traveling.

    ReplyDelete
  9. Puree milna buah ini mmemang pas buat anak-anak yang kurang doyan makan buah langsung. Salut inovasi milna yang juga tidak memiliki tambahan pewarna maupun pengawet. Ibu-ibu jadi tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang gak suka ngunyah buah langsung, makan ini jadi mau

      Delete
  10. Ooooo ada sendoknya juga? Aku pikir cuma dikenyot aja. Asli ini sih simpel banget. Apalagi kalo mau bepergian sama bocah ya mba. Selain bikin mereka anteng krn gak merasa lapar, sehat pula.

    ReplyDelete
  11. Aku lagi cobain milna nature delight taruh freezer teh, baca ini jadi keingetan belum dimakan wkwkwk harga murah tapi ga bikin rempong yass

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.