15 October 2019

Menelisik Fakta dibalik Film Laskar Pelangi, Salah Satu Film Indonesia Paling Laris Sepanjang Masa

Dengan visual yang memukau serta musik latar yang mendukung jalannya alur cerita, tak heran film menjadi salah satu media hiburan paling banyak digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya anak-anak melainkan juga orang dewasa sekalipun. Meskipun menonton film saat ini sudah dapat dilakukan melalui streaming internet, tentu menonton langsung di bioskop akan memberikan euforia yang berbeda, sound system berkualitas tinggi serta layar yang jauh lebih besar. 

Memiliki alur cerita yang berbeda-beda begitu pula dengan para selebriti yang membintanginya, pastinya tak jarang terdapat film-film yang memiliki jumlah penonton yang jauh lebih banyak dibandingkan film lainnya hingga mendapatkan nominasi sebagai film paling laris sepanjang masa. Perlu diketahui bahwa film terbaik tidak hanya terlahir dari Hollywood saja lho, Indonesia pun juga memilikinya, salah satunya yaitu Laskar Pelangi.



Di awal penayangannya, film Laskar Pelangi sempat menduduki peringkat pertama sebagai film Indonesia paling laris sepanjang masa, sebelum pada akhirnya digeser oleh Warkop DKI Reborn dan Habibie & Ainun. Meski begitu, film ini tetap dinobatkan sebagai salah satu film Indonesia paling laris sepanjang masa dengan segudang pesan moral yang dapat dipetik. Selain layak ditonton oleh seluruh kategori usia, sepertinya belum sah kalo kita tidak membahas mengenai fakta-fakta di balik film garapan Riri Riza ini. 

Fakta-Fakta dibalik Film Laskar Pelangi

1. Berdasarkan Kisah Nyata
Film Laskar Pelangi diadaptasi dari sebuah novel laris karya Andrea Hirata dengan judul yang sama. Mulai dari alur cerita hingga nama dari para tokoh yang berada di film Laskar Pelangi murni merupakan kisah nyata masa kecil dari sang penulis itu sendiri, begitu pula dengan lokasi tempat dimana proses pengambilan gambar diambil. Perlu diketahui bahwa Andrea Hirata merupakan kelahiran asli Belitung dan lokasi syuting yang mereka gunakan di dalam film benar adanya, bahkan hingga saat ini. 

2. Seluruh Pemeran Merupakan Anak Asli Belitung
Di dalam film Laskar Pelangi, terdapat 12 anak yang mengambil bagian penting di dalam film, yang dimana masing-masing dari mereka memiliki kepribadian dan mimpi yang berbeda-beda. Sebelum proses syuting dilakukan, Riri Riza beserta tim sempat mengadakan audisi yang diikuti oleh 3,800 anak, yang kemudian berkurang menjadi 1,350 anak, dengan hasil akhir meninggalkan kedua belas anak yang semuanya merupakan warga asli belitung. 

3. Ikal sebagai Sosok Andrea Ketika Kecil
Di dalam film, ada seorang anak kecil berambut keriting yang diberi nama Ikal. Faktanya, tokoh Ikal yang terdapat di dalam film merupakan sosok Andrea ketika masih kecil. Hanya saja, nama Ikal itu sendiri hanyalah nama tokoh di dalam film semata, sedangkan nama panggilan Andrea ketika masih kecil ialah ‘Andis’. 

4. Asal-Usul Nama Laskar Pelangi
Tidak terlalu berbeda dengan apa yang terdapat di dalam film, nama Laskar Pelangi memanglah merupakan nama yang diberikan oleh guru mereka, Bu Muslimah. Mengapa Laskar Pelangi? Karena kedua belas anak-anak tersebut sangat senang melihat pelangi. Nah, asal-usul nama Laskar Pelangi ini juga sempat diperlihatkan sekilas di dalam film.

5. Mendapatkan Beberapa Penghargaan
Dinobatkan sebagai salah satu film Indonesia paling laris, tentunya film Laskar Pelangi juga sempat mendapatkan beberapa penghargaan, baik itu di ranah nasional maupun di internasional, seperti pemenang di Indonesian Movie Awards sebanyak 4 kali serta menjadi unggulan di Asian Film Awards Hongkong sebanyak 2 kali. 

Indonesia patut berbangga. Selain Laskar Pelangi, faktanya Indonesia juga memiliki begitu banyak film-film laris lainnya yang bahkan juga sempat go international. Ingin menghabiskan hari libur dengan marathon film Indonesia paling laris? Mulai dari My Stupid Boss hingga Dilan 1990, baca saja informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/ini-10-film-indonesia-paling-laris-kamu-sudah-nonton/




0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.