About

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

10 August 2018

Blackmores Bunda PAS Peduli Asupan Sehat Ibu Hamil dan Menyusui


Dear friends, bagaimana kabarnya? 
Semoga selalu dalam keadaan sehat, ya. Terutama untuk teman-teman yang sedang hamil atau sedang menyususi seperti saya. Pasti setuju kan, bahwa kesehatan adalah hal utama yang tak ternilai harganya? Maka dari itu, sehat itu harus kita upayakan dari sekarang dengan memenuhi asupan nutrisi yang sehat dan pola hidup sehat. Kalau saya, selama masa kehamilan dan menyusui memang jor-joran dalam pemenuhan nutrisi baik itu dari makanan maupun suplemen.

Namun sayangnya masih banyak ibu hamil dan menyusui yang belum tahu informasi tentang bagaimana menjaga kesehatan dengan asupan sehat. Terbukti dengan data Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) yang mencatat pada tahun 2015 angka kematian ibu (AKI) masih tergolong tinggi, yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup. Penyebab AKI diantaranya adalah karena pendarahan, eklamsia, infeksi serta komplikasi dari aborsi ataupun persalinan. Eklamsia disebabkan oleh faktor genetik, kegemukan dan diabetes. berupa peradangan atau inflamasi dalam tubuh yang menyebabkan aliran darah tidak lancar.Eklamsia ini dapat dicegak dengan mencukupi kebutuhan mikronutrien ibu , antara lain dengan antioksidan penting seperti Selenium, Enzim Q10, fish oil, vitamin C dan vitamin E untuk kehamilan yang optimal.


Oleh karena itu, PT Kalbe Blackmores Nutrition berinisiatif mengadakan Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) di beberapa kota besar di Indonesia. Kampanye Bunda PAS bertujuan untuk mengedukasi para bunda hamil dan menyusui mengenai pentingnya pemahaman akan asupan nutrisi yang penting selama masa kehamilan dan menyusui , serta pengetahuan akan kesehatan fisik dan psikologis. Blackmores Bunda PAS telah diadakan di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.
Kali ini, Kalbe Blackmores Nutrisions mengadakan Kampanye Bunda PAS di Bandung sekaligus merayakan pekan ASI dunia yang jatuh setiap pekan pertama di bulan Agustus ( 1-7 Agustus ).

Saya beruntung sekali, karena Sabtu lalu ( 4 Agustus 2018) saya bisa hadir di acara Bunda PAS Peduli Asupan Sehat bersama ratusan ibu hamil dan menyusui. Tempatnya di el Royal hotel, jalan merdeka  Bandung. Yang hadir bukan hanya bumil dan busui saja sih, banyak juga bapak-bapak yang hadir menemani istrinya.

Saat saya tiba di hotel , sudah banyak bunda-bunda yang telah hadir dan mengantre untuk registrasi. Padahal masih pagi, lho. Ternyata bunda hamil dan menyusui di Bandung, antusias sekali menimba ilmu. Kemeriahan ada di stand-stand di luar ballroom, diantaranya : pemeriksaan dan konsultasi  kesehatan bersama dokter, photobooth yang kece banget, stand Blackmores, dll.



periksa dan konsultasi kesehatan dengan dokter
Photobooth

Background kece buat foto-foto

Blackmores

Acara dimulai dari pagi pukul 8 hingga siang pukul 12. Ballroom hotel el Royal berseri-seri karena dresscode hari itu bernuansa pink-putih. Semangat para bunda dan ayah menguar ke seluruh ruangan. Hemm, salut deh dengan semangat peserta dan MC yang membawakan acara dengan ceria. Saya yang sedang menggendong bayi pun tertular semangatnya.

Sepagian itu, banyak sekali ilmu bergizi disampaikan dari narasumber-narasumber yang telah berpengalaman. Diantaranya :  dr. Sally Fitriyanti M.Gz, Sp.GK (spesialis gizi klinik), ibu Lanny Kuswandi ( Founder of Hypnobirthing Indonesia), dr. Bram Pradipta, Sp.OG (spesialis kandungan), Donita (artis sekaligus konsumen Blackmores), dan Chef Joshua.

Acara dibuka oleh MC dilanjutkan dengan kata sambutan dari Regional Sales Promotion Manager Kalbe Blackmores Nutrition, bapak Priyo Setyanto .


“Sejalan dengan visi dan misi Kalbe Blackmores Nutrition yaitu menyediakan solusi kesehatan yang lebih baik, sekaligus memperingati pekan ASI dunia, kami mengadakan rangkaian edukasi yang menyeluruh melalui kegiatan Bunda PAS ini. Mulai dari metode hypnobirthing atau upaya alami menanamkan niat positif untuk memperlancar proses kehamilan dan persalinan, coaching clinic, cooking demo, hingga pemahaman mengenai asupan nutrisi yang penting bagi bunda dan si kecil selama masa kehamilan dan menyusui,” jelas pak Priyo.

Sambutan yang singkat, padat dan jelas itu disambut tepuk tangan meriah dari bunda-bunda. Jadi merasa terharu, nih ya, ada yang memperhatikan ibu hamil dan  menyusui dengan memberikan edukasi agar kami lebih pintar. 

Hypnobirthing

Setelah sambutan, tibalah saatnya para bunda diajari Hypnobirthing. Hypnobirthing ini meliputi bagaimana berpikiran positif pada proses persalinan, bagaimana menjalani kehamilan dengan selalu rileks dan bahagia, dan bagaimana melahirkan dengan tenang, nyaman dan sambil tersenyum.



Pertama-tama, ibu Lanny Kuswandi founder of Hypnobirthing Indonesia menceritakan kisah beliau saat hendak melahirkan yang begitu mudah dan cepat. Kata beliau, persiapan seorang ibu yang akan melahirkan paling utama adalah mempersiapkan pikiran/psikisnya. Kenapa? Karena segala sesuatu itu sesuai pikiran kita, ya kan? Rata-rata masyarakat Indonesia berpikir bahwa melahirkan itu sakit banget, menakutkan , dan bla bla bla sehingga dari awal ibu hamil terutama yang baru pertama kali hamil akan cemas memikirkan bagaimana persalinannya nanti. Coba mindsetnya dirubah menjadi melahirkan itu menyenangkan. Kita akan segera bertemu dengan bayi yang selama 9 bulan berada dalam rahim kita. Sebentar lagi kita akan melihat wajah lucunya setelah sekian lama hanya melihatnya lewat USG. Persalinan itu menyenangkan, karena sebentar lagi kita bisa menimang bayi dan menatap matanya yang bening seperti kristal. 



Kenapa harus merubah mindset seperti ini? Karena dengan afirmasi/membayangkan hal yang menyenangkan, hormon endorfin akan lebih banyak diproduksi oleh tubuh ibu hamil. Sehingga saat persalinan, ibu hamil akan lebih kuat lagi mengejan dan mendorong bayinya lahir.

*Saya menulis ini sambil membayangkan saat melahirkan dengan nyaman dan menyenangkan dua bulan lalu.*



Pada sesi ini, ibu Lanny mengajarkan ke para bunda tentang  hypnobirthing. Bu Lanny menghypnosis atau memberi sugesti positif kepada para bunda dengan lampu redup, musik lembut, dan kalimat-kalimat positif. Sehingga suasana menjadi sangat syahdu dan mengharukan. Ruangan untuk beberapa saat itu terasa begitu syahdu. Saya jadi kepengin menangis. Dan sesaat setelah hypnobirthing ini pikiran menjadi rileks sekali.

Saya jadi tahu “Oh ternyata seperti ini to yang namanya hypnobirthing.” Teman-teman yang sedang hamil saya sarankan untuk hypnobirthing karena bisa membantu ekali untuk kesiapan psikisnya. Ternyata saya pun sudah melakukannya pada persalinan ketiga dua bulan lalu. Walaupun sebelum ini saya nggak tahu bahwa hal tersebut namanya hypnobirthing, hehehe. Sama seperti yang bu Lanny lakukan, saya sejak awal kehamilan selalu menyugesti diri sendiri agar selalu sehat selama kehamilan, lancar dan mudah selama proses persalinan. Dan ternyata memang benar, terbukti saya pun mengalami persalinan yang cepat dan mudah. Luar biasa memang kekuatan pikiran dan kata-kata ini ya. Yuk, bumil dan busui yang baca tulisan ini, yuk praktekkan di rumah.

Jika ingin tahu ceritanya baca di “Persalinan Anak ke Tiga”

Setelah hypnobirthing usai, acara berlanjut dengan sesi coaching clinic. Menghadirkan narasumber dr. Sally Fitriyanti M.Gz, Sp.GK (spesialis gizi klinik), dr. Bram Pradipta, Sp.OG (spesialis kandungan), Donita (artis sekaligus konsumen Blackmores), dan mbak Dian (Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutritions ).

Coaching clinic/talkshow seputar mitos saat kehamilan
sumber foto :  Tian L.

Coaching Clinic seputar Mitos Kehamilan

Coaching Clinic berlangsung santai tapi pembahasannya seru. Sebagai publik figure dan konsumen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, Donita bercerita tentang masa-masa kehamilan pertama dan kedua yang jaraknya dekat sekali. Ternyata dua kehamilan tersebut jauh berbeda kondisinya.  Donita juga menjelaskan bahwa pada masa kehamilan dan menyusui akan banyak menimbulkan perubahan secara fisik dan hormonal. Oleh karena itu, ia mengimbangi dengan mengonsumsi makanan bernutrisi . Meskipun ia sudah menjaga asupan nutrisi melalui makanan, ternyata Donita juga mengonsumsi suplemen kesehatan, lho. Tujuannya agar kebutuhn nutrisi untuk kesehatan dan perkembangan buah hati tetap tercukupi. Katanya lagi, ia mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold  selama masa kehamilan dan menyusui. Karena Blackmores memiliki odourless fish oil yang tidak berbau, serta dosis tertinggi untuk kandungan kalsium, vitamin dan mineral yang dibutuhkan olehnya selama masa kehamilan dan menyusui. 



Dokter Sally mengungkapkan data nasional dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 juga menunjukkan resiko Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada wanita hamil sebanyak 24,2%. KEK adalah status kurang gizi yang disebabkan oleh berkurangnya asupan nutrisi dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan gangguan pada kesehatan si ibu dan janin yang dikandungnya. KEK biasanya terjadi pada wanita usia subur yaitu 15 – 45 tahun.

KEK bisa dicegah jika dari sebelum hamil, kita sudah mempersiapkan diri dengan mengkonsumsi asupan yang sehat dengan gizi yang seimbang sesuai dengan angka kecukupan gizi, pengaturan berat badan yang ideal, dan menerapkan pola hidup sehat. 
Menurut dr. Sally, sebenarnya ibu hamil tuh boleh makan semua jenis makanan, kecuali bagi ibu hamil yang memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu. Ibu hamil pecinta durian tetap boleh makan, lho. Karena pernyataan jika bumil makan durian nanti kepanasan itu hanya mitos. Namun jika ingin makan, tetap porsinya itu jangan berlebihan. Makan nanas juga boleh jika itu hanya satu iris dan nanas matang yang manis. Karena nanas yang membuat keguguran itu adalah nanas muda dan porsinya  6-7 buah nanas.


Menjawab masalah kurangnya asupan nutrisi penting ibu hamil dan menyusui, Blackmores memiliki produk ungulan yaitu Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sebagai suplemen dengan kandungan nutrisi yang esensial untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang si kecil selama 1000 hari pertama kehidupannya. 1000 hari pertama kehidupan adalah dimulai sejak dalam kandungan. Sedangkan ibu hamil mengetahui bahwa ia sedang hamil, biasanya pada kehamilan 5 minggu. Maka dari itu, sebaiknya saat merencanakan promil ( program hamil ), bunda juga harus menyiapkan tubuh dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh janin. Sehingga gangguan kesehatan pada janin bisa dicegah.

“Ada beberapa gangguan yang mungkin terjadi akibat dari kurangnya asupan nutrisi  saat hamil seperti  : defisiensi Zinc dan Magnesium yang menyebabkan preeklamsia dan kelahiran prematur. Defisiensi zat besi dan Vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Defisiensi Vitamin K dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan saat melahirkan. Asupan Yodium yang tidak memadai selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati. Kekurangan Vitamin A bisa menyebabkan rabun senja,” jelas dr. Bram Pradipta Sp.OG, spesialis kebidanan dan penyakit kandungan yang juga pengasuh redaksi spesialis kebidanan dan kandungan dari klikdokter.com.

Setelah Coaching Clinic selesai, acara Bunda PAS dilanjutkan dengan cooking demo yang akan dipandu oleh chef Joshua. Chef Jo masak dua jenis masakan yang lezat dan bergizi untuk ibu hamil dan menyusui. Dua masakan tersebut yaitu Fruit Compote Salty Crunchy Nut with Greek Yoghurt dan Salmon Seared Rattatouille with Balsamic Sprinkle.
Resepnya bisa dilihat pada foto di bawah ini, ya.

Salmon Seared Rattatouille with Balsamic Sprinkle. 

Fruit Compote Salty Crunchy Nut with Greek Yoghurt 


Setelah sesi cooking class usai, kini para bunda dipersilahkan untuk berdiri dan mengucapkan komitmen bersama : "Bunda PAS! Pas Asupannya Pas Nutrisinya!"

Sesi terakhir adalah pembagian doorprice. Acara Bunda PAS ini banyak doorpricenya diantaranya pemenang photo contest di instagram yang mendapatkan voucher menginap di hotel el Royal tempat acara ini berlangsung dan grandprice sebuah stroller. waaah, senang sekali bunda-bunda yang mendapatkan hadiahnya.

Tentang BLACKMORES PREGNANCY AND BREAST FEEDING GOLD



 “ Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold merupakan rangkaian nutrisi esensial untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang buah hati, dengan kandungan yang tinggi DHA, tinggi Kalsium, Zat Besi yang membantu mengurangi resiko konstipasi, vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan selama masa kehamilan dan menyusui . Ini dapat menkasi salah satu opsi bagi para ibu hamil dan menyusui untuk dapat memenuhi asupan nutrisi yang penting dan sehat,” ungkap mbak Dian, Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutritions.


Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold ini memiliki 4 keunggulan dibanding suplemen untuk bumil dan busui lainnya lho teman-teman: 
  • Pertama, kandungan nutrisinya yang esensial dan sesuai dengan rekomendasi WHO untuk kehamilan sehat.  
  • Kedua, landungan odourless fish oil dari sumber alami Omega 3 dari laut terdalam yang tidak berbau. 
  • Ketiga adalah dosis tertinggi yang sesuai dengan pemenuhan dosis harian akan kalsum dan DHA/EPA. 
  • Keempat adalah dosis yang diformulasikan berdasarkan rekomendasi pemerintah.
Teman-teman saya juga bilang bahwa Blackmores ini suplemen yang bagus banget. Saya kini juga mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold agar ASI semakin bagus, banyak dan kental sehingga nutrisi buat saya dan dede bayi yang kini berusia 3 bulan bisa tercukupi.


Saya mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold 2 kali sehari setelah makan pagi dan makan malam. Rasanya memang enggak ada bau kayak fish oil pada umumnya. ASI jadi semakin kental dan tetap banyak.

Tentang Kalbe Blackmores Nutrition 

Kalbe Blackmores Nutrition (KBN) hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan produk suplemen premium di Indonesia yang sekaligus menandai diluncurkannya Blackmores di Indonesia. KBN berkomitmen dalam menyediakan produk kesehatan berbahan dasar alami serta layanan berkualitas tingggi , dan menyediakan suplemen kesehatan yang aman dan efektif.  Dengan pengetahuan lokal dan ditunjang oleh distribusi yang kuat, KBN melengkapi rangkaian Blackmores dengan layanan konsumen yang terpadu seperti customer care, home delivery dan memastikan agar semua customer Blackmores bisa menjadi bagian dari Kalbe Family melalui Kalbe Blackmores Nutrition.

Dengan adanya edukasi untuk bunda hamil dan menyusui seperti yang dilakukan KBN ini, semoga ribuan bunda bisa menjadikan momen hamil dan menyusui menjadi momen yang menyenangkan dan tetap sehat. Acara ini juga sangat bagus untuk para ayah agar bisa mendampingi istrinya melalui masa kehamilan dan menyusui dengan sikap yang tepat. Semoga acara ini berlanjut ke kota-kota lain di Indonesia.

Demikian yang bisa saya share untuk event Blackmores Bunda PAS - Bandung kali ini. Semoga bermanfaat, ya. Untuk informasi lebih lanjut, yuk cari tahu informasinya di website dan sosial media Blacmores. Salam sehat!



Instagram : @blackmoresid
Facebook : Blackmores Indonesia


11 comments:

  1. Kandungan odourless fish nya oke ya jadi kalau bumil mual ga usah takut konsumsi ini karena ga berbau sama sekali.

    ReplyDelete
  2. Huhu ga kesampaian diajar langsung hipnobirthing sama bu Lanny padahal sejak hamil suka denger rekaman suara beliau dan emang terbukti banget heheh btw saya baru tau Blackmore hehe

    ReplyDelete
  3. Hypnobirthingnya duh,asa kabita. Nanti dah menikah kemudian hamil, aku mau pake Blackmores ini ah teh. Biar asupan gizinya terjaga. Donita anaknya udah dua emang?lha ku baru tahu. Kirain satu.

    ReplyDelete
  4. Pas lahiran Akmal aku rajin banget belajar hipnobirthing, pas lahiran Azril santaaiii karena udah punya pengalaman sebelumnya. Kalau nanti yang ketiga, we'll see. insya Allah lancar sehat, kuat, selamat. Ah aku jadi pengen Blackmores nya. Pengen dateng ke acaranya tapi sayang gak kepilih hiks

    ReplyDelete
  5. hypnobreathingnya hmm jadi pembelajaran buat dedek jika nanti sudah menikah dan mengandung, terima kasih mamah kece sharingnya, aku bookmark dulu artikel ini ah

    ReplyDelete
  6. seru ya teh acaranya jadi nambah knowledge tentang hamil dan menyusui )

    ReplyDelete
  7. Seru banget acaranya teh, nambah pengetahuan juga seputar hamil dan menyusui. Karena belum ngalamin, bisa dishare ke temen-temenku yang hamil & menyusui dulu hihi

    ReplyDelete
  8. Cocok nih busui mamah emmesh, sehat-sehat terus ya, dedenya juga sehat terus

    ReplyDelete
  9. Asyik ya acaranya, lengkap & bermanfaat bgt buat bumil & busui...

    ReplyDelete
  10. Aku juga selalu sedia Blackmores tapi yg vitamin C nya, Wien

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyaak spam yang masuk.