1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

25 April 2017

Memperingati Hari Bumi, Ini yang Dilakukan the Lodge Maribaya



Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, The Lodge Maribaya melaksanakan beberapa kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. The Lodge Maribaya yang terletak di desa Cibodas, Lembang, Jawa Barat, merangkul masyarakat khususnya warga desa Cibodas. Bekerjasama dengan Tahura Juanda, BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ), Ikatan Keluarga Taruna Mandiri (IKTM), Dinas Lingkungan Hidup UPT Kebersihan, Kepala Desa Cibodas, Forum RW Desa Cibodas dan masyarakat setempat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan alam sekitar. Kegiatannya antara lain : pembersihan sampah, penanaman bibit pohon, music festival dan farm market festival.

"Untuk memperingati Hari Bumi, the Lodge Maribaya ingin melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Tercetuslah acara bersih-bersih desa dan penanaman pohon ini." ujar Mrs. Heni Smith, owner the Lodge Maribaya.

Dimulai pukul 7 pagi, acara ini diawali dengan apel siaga yang dipimpin langsung oleh Mrs. Heni Smith. Dihadiri bapak Dindin Sukaya selaku Kepala Desa Cibodas, Bapak Kapolres, perwakilan dari Tahura Djuanda, Tim Kerja Masyarakat, the Lodge Foundation, relawan dari Ikatan Keluarga Taruna Mandiri, serta warga desa Cibodas yang jumlahnya kurang lebih 250 orang.


Dalam apel siaga ini intinya warga desa Cibodas sangat mengapresiasi dan mendukung kepedulian the Lodge Maribaya dalam kepeduliannya akan lingkungan sekitar. Dengan menyediakan fasilitas berupa bank sampah dan pembinaan kepada warga, diharapkan kegiatan ini bisa berkelanjutan.

Dalam wawancara kami kepada Kepala Desa, "Desa Cibodas sudah memiliki tiga bank sampah yang sudah berjalan selama hampir dua tahun. Bank sampah tersebut sudah mendapatkan penghasilan dari hasil penampungan sampah. Maka dari itu tidak heran jika desa Cibodas menjadi desa percontohan tingkat nasional."
Beritanya dapat dibaca di sini.



Lalu, apa saja kegiatan yang ada di the Lpdge Maribaya dalam memperingati Hari Bumi ini? Diantaranya :

~ Greean Up Clean Up


Green Up Clean Up, bersih-bersih desa Cibodas dan penanaman bibit pohon. Bersih-bersih sepanjang jalan desa Cibodas menitik beratkan pada pembersihan sampah di tempat pembuangan sampah yaitu lereng gunung. Sampah yang sudah menumpuk selama bertahun-tahun itu dibersihkan dan diangkut menggunakan 2 kendaraan pengangkut sampah dan truk dinas kebersihan Kabupaten Bandung Barat.

"The Lodge punya kepedulian terhadap masyarakat untuk maju bersama." papar pak Andarmanik dari the Lodge Foundation.
Beliau menambahkan, bank sampah yang ada di sini menjadi sesuatu yang menghasilkan. Maka dari itu harus ada kerjasama dari pemerintah, pengusaha, partisipasi publik dan akademisi.  


"Di desa Cibodas, sudah ada 3 bank sampah sejak 2 tahun yang lalu, tepatnya September 2015. Penghasilan dari bank sampah ini mencapai 2 juta per minggunya. Sedangkan untuk pengolahan sampah, kami belum. Sejauh ini masih dalam tahap memilah lalu dijual." terang bu Yuni -bendahara TKM ( Tim kerja Masyarakat ) sebagai pengelola bank sampah desa Cibodas.

Untuk menumbuhkan kesadaran warga masyarakat (agar tidak membuang sampah di hutan) The Lodge Maribaya bersamaan dengan peringatan Hari Bumi juga telah menyediakan 100 tong sampah yang akan diletakkan di sepanjang desa Cibodas serta 2 kendaraan pengangkut sampah.

Penanaman Bibit Pohon
Kegiatan penanaman bibit ini dilakukan khusus oleh pengunjung yang melakukan camping di the Lodge Maribaya. Kegiatannya bisa dilihat di instagram the Lodge Maribaya  @thelodgemaribaya

Farm Market Festival

Pada kegiatan ini, the Lodge Maribaya menyediakan saung-saung atau stand yang digunakan oleh warga desa Cibodas untuk memasarkan hasil pertanian dan peternakannya beserta olahannya. Ada 17 saung sesuai dengan jumlah RW di desa Cibodas. Saya sempat melihat-lihat dan membeli beberapa macam hasil pertanian mereka. Ada jeruk, timun jepang, blackberry, tomat, dan sebagainya. Hasil kebun warga ini masih fresh dan berkualitas, nggak kalah dengan yang ada di supermarket-supermarket.
Farm Market Festival berlangsung dari tanggal 22-24 April 2017. 


pict source : The Lodge Maribaya


Forest Music Festival
Dilaksanakan pada tanggal 26 April 2017. Rangkaian acara yang akan ditampilkan pada Forest Music Festival diantaranya : talk show tentang linkungan hidup, bincang musik alam, workshop pembuatan kertas Daluang, Live forest music bersama Kiniko Takana (K)osmosis dan Suara Sama.



Harapan saya sebagai warga masyarakat dan penikmat wisata alam, semoga kawasan wisata yang lain terinspirasi dari kegiatan ini. The Lodge Maribaya tidak hanya meraup keuntungan pribadi, namun juga memberikan sumbangsih kepada masyarakat di sekitar lokasi wisata. Seperti , lahan parkir di sekitarnya dikelola seluruhnya oleh warga, sehingga warga mempunyai penghasilan tambahan. Yang diharapkan oleh masyarakat, bukan hanya lokasi wisatanya saja yang bagus dan maju tapi warga dan lingkungan sekitar juga ikut sejahtera, tertata dengan baik, dan tentunya terbuka lapangan pekerjaan yang baru.

Tentang The Lodge Maribaya


The Lodge Maribaya sebelumnya dikenal dengan nama the LodgeEarthbound & Adventure Park. Terletak di Desa Cibodas Maribaya Lembang. Lokasinyanya berada di lereng perbukitan Maribaya dikelilingi oleh kawasan hutan pinus yang suasananya masih alami dan hijau. Sungai yang mengalir menambah kawasan wisata  ini memiliki karakteristik daerah  yang sejuk, tenang dan memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang. Di sini, kita dapat melihat pemdangan alam pegunungan yang indah yang dapat dinikmati dari berbagai arah.

Di sini juga menyediakan tempat untuk resepsi pernikahan, foto prewedding, perayaan ulang tahun, kegiatan sosial, arisan , dan pertemuan lainnya.

Pemandangan hutan pinus yang membentang sejauh mata memandang.

Kita bisa ngapain aja sih di the Lodge Maribaya?

1. Camping
Tempat campingnya unik banget. Dengan tenda yang bentuknya unik berwarna orange, asyik banget kalau mengajak keluarga untuk bermalam di sini. Tersedia 25 tenda, kita bisa menikmati sunrise dan sunset dengan udara dingin pegunungan yang masih murni. 
Di dalam tenda sudah tersedia kasur bantal selimut dan sleeping bag. Toiletres lengkap ( sabun, sampo, sikat gigi&pasta gigi ). Namun tidak disediakan televisi dan kamar mandi di dalam tenda. Karena konsep campingnya sendiri sengaja dibuat real camping. Agar camper juga berinteraksi dengan orang lain saat camping.

Untuk booking secara online, teman-teman bisa klik di sini Booking Tenda the Lodge Maribaya.

pic source : www.thelodgemaribaya.com
2. Resto dan Cafe
Ada 2 buah tempat makan di sini, yaitu Dapur Hawu dan the Pines Cafe.

Dapur Hawu merupakan resto yang menyediakan menu masakan khas Sunda. Ditujukan untuk family restaurant yang di-set up prasmanan. Menikmati makanan di Dapur Hawu kita akan diiringi dengan sayup-sayup musik sunda. Tamu dapat menikmati makan siang sambil melihat pemandangan ke tebing hutan pinus. yang unik lainnya dari Dapur hawu ini, terdapat tungku pembakaran (hawu).


The Pines Cafe
the Pines Cafe yang menyediakan kopi premium dengan harga terjangkau. Ada juga menu lain seperti Grilled Chicken.
Kedepannya akan ditambah lagi tempat makan di kawasan ini agar pengunjung mempunyai banyak pilihan untuk makan sambil menunggu teman atau keluarganya foto-foto.

3. Outbond Acticity

The Lodge Maribaya cocok bagi Anda yang ingin mengadakan kegiatan gathering kantor atau sekadar kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Aktivitas outbound yang dapat dilakukan di the Lodge antara lain : team building, fun games, trekking ke hutan pinus, paint ball, dan offroad landrover. Di sini ada area panahan juga, lho.

4. Spot Foto
mountain swing
Ada banyak spot foto menarik di sini, antara lain:
- Sky Tree. Foto di atas pohon dengan latar belakang tebing hutan pinus.
- Zip Bike. Foto di atas sepeda gantung. Ini bersepeda di atas seutas tali, jadi yang lihat fotonya ngeri-ngeri sedap. Buat yang suka tantangan, wahana ini wajib dicoba.
- Mountain Swing. Foto di ayunan di atas tebing dengan pemandangan hutan pinus. Berani coba? Dijamin ngaderegdeg (degdegan). Tapi tenang, di sini dijamin keamanannya kok. Semua spot foto menggunakan pengaman.
- Bamboo Sky. Foto di atas tower bambu.
- Dan spot-spot foto lain dengan background yang kece.
Untuk bisa berfoto di spot tersebut, pengunjung cukup dengan membeli tiket di loket yang tersedia. Harga per spot foto mulai dari IDR 20.000.


Escape to Nature , Green Up Clean Up with Blogger BDG
Bagaimana teman-teman, penasaran kan ingin mencoba foto-foto di spot-spot yang kece sampai yang ekstrim? Yuk kita ke the Lodge Maribaya.

Ada 3 jalan alternatif menuju ke lokasi:
1. Dari arah Cimahi. Bisa lewat jalan Kolonel Masturi, alun-alun Kota Cimahi belok ke arah utara. Dari situ terus aja ke atas melewati Parongpong. Jalan ini tembus sampai jalan dekat Grand Hotel Lembang. Dari sini melewati pasar Lembang lalu lurus ke Jalan Maribaya. Ikutin jalan di Google map aja.
2. Dari arah Pasteur. Bisa lewat jalan Setiabudi. Tinggal mengikuti petunjuk arah saja. Jalannya aman tidak terlalu banyak tanjakan. Tapi saat week end macetnya astaghfirullah.
3. Jalur Dago Giri. Kalau lewat jalur ini kita seperti ninja Hatori, mendaki gunung lewati lembah. Jalannya naik turun dan berkelok-kelok.

Tips Datang ke The Lodge Maribaya :

The Lodge Maribaya ini segmennya untuk remaja dan dewasa. Namun, saya ingin sekali mengajak anak-anak camping di sini soalnya mereka suka sekali berbaur dengan alam, main di sungai, jalan-jalan di pegunungan, dll.

Tips datang ke The Lodge Maribaya :
1. Datang lebih pagi untuk menghindari macet dan dapat antrian terdepan di Spot Foto/Wahana Foto.
2. Menggunakan kendaraan yang tinggi atau paling tidak kendaraan yang fit mengingat track jalan menuju ke lokasi berkelok-kelok dan turun naik. Isi bensin full sebelum masuk Maribaya.
3. Membawa uang cash yang cukup, karena di sini jauh dari ATM.
4. Pastikan badan dalam kondisi sehat dan fit karena lokasi banyak anak tangga, tanjakan dan turunan.
5. Membawa jaket dan payung/jas hujan karena alam terbuka bisa sewaktu-waktu cuaca berubah.
6. Berpakaian yang nyaman/sporty. Lebih baik memakai sepatu sport/ sepatu cats. Tidak disarankan memakai highheels.
7. Membawa kamera, tongsis dan alat narsis lainnya.
8. Jangan lupa mengajak teman-teman, saudara, rekan kantor, kelompok arisan, tetangga agar lebih seru. Karena kalau datang sendiri, pasti nggak rame atuh. :)




Facebook : The Lodge Maribaya
Instagram : @thelodgemaribaya

Email: info@thelodgemaribaya.com

Reservasi
+62 22 253611
+62 8112 253 299 (Sales & Marketing)
+62 8562 4611 118 (Area/Site)


The Lodge Maribaya
Buka setiap hari senin-minggu
Pukul 09.00 – 17.00 

Harga tiket masuk :
Senin - Jum'at : IDR 15.000
Sabtu - Minggu : IDR 25.000

Jl Maribaya No 142/252 Rt 03/RW 15
Kp. Babakan Gentong, Cibodas Maribaya Lembang

Office
Dago Pakar Resort, Jl Pakar Permai VII No 61
Dago 40198 Bandung, Jawa Barat

6 comments:

  1. Kereen tempatnya kayaknya ini Teh, belum pernah ke sana euy. pengen ikutan foto yg kekinian juga. Kemarin aku di rumah juga tanam-tanam euy pas hari bumi, tapi baru level tanaman pekarangan sih :D Mau tanam yg lebih besar tapi lahannya sempit banget di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama teh, aku ge nanem pohon cengek

      Delete
  2. belon pernah kesini hahaha pengen bgt keisni :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk , perjalanan 1 jam 15 menit dari Cimahi

      Delete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)