21 December 2021

Camping Sekaligus Mengenal Tanaman Obat di KTO Sari Alam Ciwidey

 Halo semuanya, 

Agenda #JalanBarengBocah udah jadi rencana kami sekeluarga dari beberapa bulan lalu adalah camping/kemping. Nanti setelah anak-anak ujian akhir semester mau ajak mereka mendirikan tenda dan main di alam. Masak-masak di atas api unggun, tidur di tenda, main di sungai yang masih jernih di alam pegunungan, dalam persepsi aku tuu sangat mengasyikan dan bisa jadi sarana buat stress realease. Menyingkir dulu dari gadget, dari sinar biru layar datar, dari wifi yang bikin asyik seharian berselancar di dunia maya. Keajaiban terjadi, kesempatan camping ternyata dipercepat sebelum ujian semester. yihaaa. 

camping ground di kto sari alam ciwidey

Camping di KTO Sari Alam Ciwidey

Kami camping di KTO Sari Alam - Ciwidey. Di sini, campingnya masuk kategori kemping manja karena semua sudah tersedia, di akhir nanti aku jabarin fasilitas yang kami dapat. Meskipun begitu, Abudi -sebagai alumni pendaki yang sering main ke hutan, tetap membawa beberapa perlengkapan yang mungkin nanti bisa berguna di tempat kemping.

Apa yang kami bawa saat kemping di KTO Sari Alam

  • Sleeping Bag
  • Baju ganti
  • Lampu camping, senter, senter kepala
  • Obat-obatan pribadi
  • Alat mandi, sandal jepit
  • Trash Bag


Jalan menuju ke camping KTO Sari Alam bisa dibilang cukup mudah. Anda bisa cari di google, biasanya akan ketemu klinik KTO Sari Alam di jalan raya Ciwidey. Kafe Bukit KTO Sari Alam dan Kebon Bukit KTO Sari Alam. Tempat kami camping di berada di Kafe Bukit KTO Sari Alam. Namun, jika di Google MAP, lokasi yang benar adalah Kebon Bukit KTO. 

Jalan yang dilewati memang agak kecil, namun sudah bagus. Sebagian aspal sebagian lagi dicor. Harap lebih teliti lagi, ya, buat temen-temen yang akan ke sana. Masuk lewat jalan yang salah akan memberikan pengalaman offroad karena jalan yang nanjak banget dan masih tanah. hihi

pemandangan dari salah satu saung di KTO Sari Alam


Glamping groundnya masih berada di kawasan tanaman obat milik ibu Oday Kodariyah dan berada di Kafe Bukit KTO. Ada beberapa paket kemping yang mereka tawarkan. Nanti aku spill di bawah beserta harganya. Sekarang, aku mau cerita dulu fasilitas apa saja yang kemarin aku dapatkan.

di dalam kawasan kafe bukit


Fasilitas Glamping di KTO Sari Alam

1. Welcome Drink

Welcome drink berupa minuman herbal yang dinamakan super imun ini memiliki rasa yang unik. Buat pecinta minuman herbal kayak saya, insyaallah akan suka. 



2. Makan Malam

Makan malam dengan menu yang tidak menggunakan penyedap sintetis seperti MSG dll. Meskipun tidak menggunakan MSG, makanan di sini tetap lezat karena menggunakan penyedap asli berupa campuran bumbu-bumbu alami.

Ayamnya menggunakan ayam organik yang dagingnya lebih lembut dibanding ayam boiler. Dan tentu saja lebih sehat. 

3. Glamping



Berupa ruangan besar dengan 3 kasur, 3 bantal dan 3 selimut. Ada meja kecil di pojok ruangan, 2 alas duduk/bantal duduk, teko pemanas air, dan satu sandal jepit. Di dalam ruangan tersedia juga alat sholat sarung, sajadah, mukena. Terdapat satu colokan listrik. Jika kalian tidak membawa colokan bercabang, kalian bisa minta ke pengelola -ini tidak dikenakan charge.


Toilet terdapat di luar kamar, berada di belakang ruangan. Toiletnya ada 2, yang satu berupa closet duduk sedangkan satu lagi toilet berbentuk seperti rumah siput. Terdapat pancuran air hangat.

4. Api Unggun dan bakar-bakaran

Kemping di sini tidak diijinkan menyalakan api unggun sendiri. Tidak boleh masak-masak/barbeque-an sendiri. Alasan dari pihak KTO ini untuk menjaga supaya tidak terjadi kebakaran hutan.

Untuk api unggunnya, sudah disediakan oleh pengelola. Enak banget karena kita tinggal duduk manis menikmati kehangatan api unggun, jagung bakar/pisang bakar dan minuman OK-Drink yang hangat di tengah suhu malam Ciwidey yang dingin.



Glamping di KTO Sari Alam berbeda dengan glamping lainnya. Pada saat api unggun ini kita bisa berbincang dan belajar mengenai apa pun terutama tentang tanaman obat.

5. Sarapan

Kami sarapan pukul 7-8 pagi di Kafe Bukit. Alhamdulillah cuaca mendukung. Pagi yang cerah sehingga kami menikmati sarapan di ruang terbuka di antara pohon bambu yang rimbun. oh iya, sebelum sarapan nasi goreng kencur, di area kemping pagi-pagi telah disediakan bala-bala panas, pisang goreng dan teh panas. yumm

camping di kto sari alam ciwidey


Menu sarapan pagi itu adalah  juga tanpa penyedap sintetis. Lezat dan nikmat. Pokoknya selama 2 hari kemping di sini, makanan kami terjaga dari MSG, eaaa.



6. Menjelajah Kebun Tanaman Obat

Diawali pagi setelah sarapan, jalan santai bareng anak-anak ke kebun Mulberry dan kebun jeruk. Kita bisa petik sendiri dan langsung makan. Sesenang itu anak-anak diajak blusukan ke kebun. hahaha



Berkeliling dan mengenal tanaman obat secara langsung di kebun. Tanaman obat di sini tumbuh liar, bahkan yang selama ini aku kira hanya rumput biasa ternyata adalah tanaman obat.  Jenisnya banyak banget, menurut info terdapat 900 jenis tanaman obat di KTO ini.



7. Menikmati Kudapan Sehat

Coffee break di sini pun menerapkan konsep sehat lezat tanpa penyedap. Kudapan yang disediakan adalah ubi rebus dan jagung rebus. Sedangkan minumannya yaitu Bajigur Direktur. Lucu kan namanya, ini karena yang bikin resepnya adalah bapak direkturnya. Rasanya enak karena dia dibikin dadakan/fresh from kuali, bukan bajigur instant terus disedu.



Selain yang aku sebutkan di atas, di Kafe Bukit KTO Sari Alam menyediakan menu lainnya. Kami memesan beberapa menu yang menarik perhatian kami, diantaranya pempek, baso tahu, chicken wing, es coklat, coklat panas, jahe merah, dll



8. Masuk ke Herbarium dan Green House



Kalau kita biasanya melihat tanaman obat itu hanya dari foto -foto saja, di herbarium KTO Sari Alam kita melihat tanaman obat dalam wujud asli yang masih hidup dipajang cantik dalam pot dan kotak kaca, lalu ada tanaman obat yang sudah dikeringkan/siap dipakai, serta berpuluh-puluh sertifikat dan replika Kalpataru yang diperoleh bu Oday Kodariyah.

kalpataru


Di Rumah Kaca, kita bisa melihat ratusan koleksi tanaman obatnya. Kita tidak diperkenankan memetik sembarangan tanaman obat yang ada di sini. Jika nanti teman-teman berkunjung ke sini, tetap jaga yaa tanaman yang ada di sekitar.

salah satu koleksi tanaman obat yang ada di herbarium



Suasana yang Intim dan Kekeluargaan

Bedanya glamping di KTO Sari Alam dengan glamping di tempat lain adalah suasana dan kondisi dibuat intim dan kekeluargaan. Kempingnya privat dan kita bisa ngobrol dengan pemiliknya serta mendapatkan banyak sekali manfaat ilmu baik kesehatan maupun spiritual.



Bu Oday banyak mendengarkan dan banyak berbagi mengenai tanaman obat dan sebagainya. Sementara anak-anak bisa bermain di sekitar Kafe Kebun Tanaman Obat, ibu-ibu ataupun bapak-bapaknya menyimak pemaparan dari bu Oday dan atau suami.

Berapa Rate atau Harga Kemping di KTO Sari Alam Ciwidey

Camping ground dan glamping di sini baru dibuka untuk umum mulai Desember 2021 ini. Rate yang ditawarkan dibagi menjadi beberapa sesuai paket kemping yang dipilih.

1. Camping di Tenda

Ada tenda kecil

- Kapasitas 3 orang. Kalau menurutku ini bisa 4 orang kalau badannya langsing. lol

- Harga Rp 669.000

Setiap penambahan orang kena charge 150.000

Ada tenda besar

- Kapasitas 4 orang, bisa 6 orang sih menurutku. Harga Rp 999.000


2. Glamping

Glamping kecil Rp 1.499.999 -ini yang keluargaku pakai.

Glamping besar Rp 1.999.999

Setiap nambah orang, nambah 250.000

Kabar gembiranya, untuk bulan Desember 2021 ini pada masa soft launching harga tersebut di atas akan dipotong 50%. ASYIK kaaan?


Harga di atas sudah termasuk

  • Sarapan, makan siang, makan malam
  • BBQ jagung
  • Api unggun
  • Menjelajah kebun KTO
  • Akses gratis ke Herbarium dan Green House
  • Demo masak membuat makanan dan minuman herbal
  • Dokumentasi foto dan video



untuk reservasi dan info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak di baah ini

whatsapp : (+62) 812-2121-8800

instagram : @kafebukit_ktosarialam

email : ktosarialam@gmail.com




0 komentar:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.