18 November 2021

Jenis Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

 Di telinga masyarakat Indonesia, asuransi kesehatan dikenal sebagai salah satu produk keuangan yang cukup familiar dalam kehidupan sehari – hari. Hal ini bisa dilihat dari kehadiran BPJS Kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam membantu masyarakat mendapatkan perlindungan kesehatan. Meski demikian, asuransi kesehatan swasta selain BPJS juga perlu untuk Anda pertimbangkan. Sebab, di BPJS ini umumnya memiliki keterbatasan dalam menjamin perlindungan kesehatan.



Mengenal apa itu asuransi kesehatan

Pada dasarnya, asuransi kesehatan sendiri merupakan suatu jaminan yang diberikan oleh pihak perusahaan asuransi dalam memberikan perlindungan kepada pihak nasabah untuk menanggung semua biaya medis, bedah, obat – obatan dan sejenisnya. Dengan menggunakan asuransi ini, maka pihak nasabah tidak perlu lagi mengganti biaya pengeluaran medis akibat sakit / terluka maupun membayar biaya perawatan medis secara langsung.

Kendati demikian, Anda juga perlu tahu bahwa untuk besaran biaya yang ditanggung dan layanan yang diberikan oleh pihak asuransi kesehatan terbilang berbeda – beda. Dimana, hal ini tergantung pada manfaat yang tercantum dalam polis asuransi yang dipegang pihak nasabah. Untuk itu, sebaiknya Anda yang ingin menggunakan asuransi ini membaca terlebih dahulu polis asuransi dengan cermat dan teliti.


Apa saja jenis – jenis asuransi kesehatan yang hadir di Indonesia?

Bagi Anda yang penasaran mengenai jenis – jenis asuransi kesehatan di Indonesia, ada baiknya menyimak penjelasannya di bawah ini.

Asuransi kesehatan sesuai dengan jenis perawatannya

1. Rawat inap : jaminan perlindungan kesehatan yang menanggung biaya rumah sakit ketika pihak nasabah harus dirawat inap.

2. Rawat jalan : jaminan perlindungan kesehatan yang menanggung biaya perawatan medis tanpa perlu dirawat inap seperti misalnya cek laboratorium, pembelian obat maupun diagnosis dokter.

Asuransi kesehatan sesuai dengan badan penyelenggara

1. Pemerintah : jaminan perlindungan kesehatan yang dikeluarkan dan dikelola secara resmi oleh lembaga pemerintahan, seperti misalnya hadirnya BPJS Kesehatan.

2. Swasta : jaminan perlindungan kesehatan yang dikelola oleh suatu badan swasta yang ada dalam negara itu sendiri.

Asuransi kesehatan sesuai dengan pihak tertanggung 

1. Personal : jaminan perlindungan kesehatan yang memberikan manfaat kepada satu individu / personal saja.

2. Kelompok / kolektif : jaminan perlindungan kesehatan yang memberikan manfaat kepada sekelompok individu seperti misalnya untuk keluarga atau perusahaan tertentu.


Sistem kerja asuransi kesehatan 

Hampir sama dengan asuransi pada umumnya, di asuransi kesehatan ini bekerja dengan memberikan perlindungan pada masalah finansial / keuangan nasabah dari risiko kesehatan yang mungkin saja terjadi selama masa berlakukan polis. Dalam hal ini, ketika seorang nasabah katakanlah sedang sakit dan harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya – biaya pengobatan, maka pihak asuransi nantinya akan mengganti biaya – biaya tersebut. 

Adapun untuk penggantian biaya ini biasanya dilakukan secara langsung / cashless maupun dengan menggunakan sistem reimburse. Sementara untuk jumlah biaya yang diganti nantinya akan bergantung pada kesepakatan awal dalam polis yang sudah pihak nasabah pilih sebelumnya. 


Manfaat memiliki asuransi kesehatan

Jika Anda masih berpikir bahwa memiliki asuransi bukan merupakan hal penting, maka untuk saat ini lebih baik mengubah mindset tersebut. Sebab, memiliki asuransi seperti halnya asuransi kesehatan ternyata memberikan banyak manfaat antara lain sebagai berikut :

Bisa menjadi simpanan / tabungan di masa tua nanti.

Dapat dijadikan sebagai jaminan perlindungan kesehatan paling berguna sewaktu – waktu.

Memberikan perlindungan bagi diri sendiri dan juga anggota keluarga.

Bisa menjadi proteksi investasi yang menguntungkan di masa mendatang.

Tidak hanya memilih asuransi mobil terbaik, menggunakan jenis perlindungan kesehatan ini juga membuat nasabah mampu melindungi aset – aset bisnis yang dimiliki.




Tips memilih asuransi kesehatan yang tepat 

Demi meminimalkan kesalahan dalam memilih produk asuransi kesehatan yang ada di Indonesia, ada baiknya bagi Anda untuk memperhatikan beberapa tips dan trik berikut ini :

  • Lakukan pembelian produk asuransi kesehatan ketika Anda dalam kondisi yang sehat.
  • Kenali kebutuhan dan persyaratan rawat inap.
  • Beli asuransi kesehatan untuk satu keluarga.
  • Mulailah membeli asuransi kesehatan sejak dini.
  • Selalu teliti dan mempelajari polis asuransi yang dipilih.


Setelah tahu mengenai jenis – jenis asuransi kesehatan di atas, Anda tentunya tertarik untuk segera membeli produk asuransi yang memberikan banyak manfaat ini, bukan? Untuk membeli produk asuransi kesehatan yang tepat, ada baiknya Anda langsung menghubungi pihak perusahaan asuransi seperti di Lifepal.


0 komentar:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.