21 May 2021

Waspada Ma! Ini Ciri Ciri Anak Anda Sudah Kecanduan Gadget!

kecanduan gadget pada anak yang harus diatasi
Ciri Ciri Anak Anda Sudah Kecanduan Gadget, image credit: pixabay.com

Apakah anak mama dan papa tampak keberatan jika dipisahkan dengan gadgetnya? Apakah ia tampak asik sendiri dengan gadget ketika ada di sebuah perkumpulan keluarga? Apakah game, video dan social media telah mengalihkan konsentrasinya dari panggilan mama dan papa? Jika ya, mama papa patut waspada, karena ini adalah salah satu ciri dari kecanduan gadget pada anak.

Kecanduan gadget pada anak bisa berbahaya, karena dapat mempengaruhi perkembangan otak, terlebih jika si kecil masih berusia di masa keemasan yaitu 1 – 5 tahun. Selain mengganggu perkembangan motorik halus dan motorik kasar, kurangnya kemampuan bersosialisasi hingga gangguan emosi juga dapat menjadi dampak kecanduan gadget pada anak dalam jangka panjang lho ma.

Selain 2 hal yang telah disebutkan di awal, 5 hal di bawah ini adalah  ciri – ciri kecanduan gadget pada anak yang patut mama waspadai. Semoga dapat membantu ya, ma.


1.       Malas Beraktivitas Walaupun Sedang Senggang

Ini cara mengatasi kecanduan gadget pada anak
anak malas beraktivitas karena bermain gadget, image credit: pixabay.com

Salah satu ciri dari kecanduan gadget pada anak adalah malas melakukan aktivitas. Ketika ada anggota keluarga lain yang bermain bersama atau melakukan aktivitas bersama-sama pun, si kecil lebih asik tiduran sambil berlama-lama menatap gadgetnya. Bahkan bukan tidak mungkin ia lebih memilih sibuk dengan gadget ketimbang melakukan tugas sekolah.

2.       Terlihat gelisah jika tidak memegang gadget

Ini adalah ciri kecanduan gadget pada anak yang dapat terlihat dengan jelas. Perhatikan anak mama dan papa jika sedang tidak memegang gadget. Apakah ia tampak gelisah, emosional bahkan tantrum (menangis histeris hingga sulit untuk ditenangkan) saat tidak memegang gadget? Jika ya, mama dan papa harus bersiap-siap untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak sedini mungkin.

3.       Lupa makan dan minum

Pada beberapa kasus kecanduan gadget pada anak dapat membuat anak sampai lupa makan dan minum. Rasa haus dan lapar dihiraukan karena anak lebih fokus kepada games, video atau media sosial yang sedang diaksesnya melalui gadget. Jika sudah begini anak mama dan papa dapat mengalami dehidrasi yang parah atau gangguan pada lambungnya untuk jangka waktu yang lama. Jadi, selalu ingatkan ia untuk makan tepat waktu dan minum di saat haus ya.

4.       Enggan bepergian keluar rumah 

Begini cara mengatasi kecanduan gadget pada anak
anak enggan bepergian keluar rumah karena gadget, image credit: pixabay.com

Mama dan papa patut waspada jika anak tampak nyaman di rumah seharian bahkan enggan diajak bepergian keluar rumah. Ini bisa jadi ciri dari kecanduan gadget pada anak. Terlebih jika ia lebih memilih berdiam diri di kamar seharian dan enggan bermain dengan teman sebaya di luar. Bukan hanya skill sosialisasi yang kurang terasah, tapi ini juga bisa mengarah pada sifat anti-sosial yang dapat berkembang pada anak di kemudian hari.

 5.       Kesulitan tidur di malam hari

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa paparan Blue Light yang terpancar dari gadget dapat berdampak buruk pada kualitas dan kuantitas tidur seseorang. Hal ini juga bisa terjadi pada anak terlebih jika ia sering menggunakan gadget sebelum beranjak tidur. Karenanya pastikan jika mama papa sudah menjauhkan gadget dari anak sebelum ia tidur. Alihkan pada hal lain seperti mengobrol tentang kejadian hari ini atau berdongeng.

6.       Agresif dan bisa melukai

Kecanduan gadget pada anak tidak jauh berbeda dengan kecanduan lainnya. Pada tahap yang cukup parah, kecanduan gadget pada anak dapat membuatnya agresif dan tidak segan untuk melukai jika gadget nya diambil atau dijauhkan dari jangkauannya. Jika sudah sampai tahap seperti ini, berkonsultasi dengan psikolog anak dapat menjadi solusi.

7.       Menggunakan gadget sembunyi-sembunyi

Kecanduan gadget pada anak dapat membuatnya melakukan tindakan irasional. Selain melukai seperti yang dibahas sebelumnya, anak juga bisa nekat berbohong atau bahkan mengambil dan menggunakan gadget sembunyi-sembunyi melebihi waktu yang seharusnya demi bisa menggunakan gadget lebih lama.

8.       Prestasi akademik menurun

Harus diakui, di masa pandemi ini peran gadget sangat krusial dalam mendukung aktivitas belajar anak. Namun mama papa juga harus tetap mengawasi, karena bukan tidak mungkin alih-alih belajar, anak malah asyik dan teralihkan dengan fitur lain yang ada di gadget.

Walaupun bukan ciri utama, namun jika prestasi anak mama dan papa menurun drastis di sekolah tidak lama setelah ia dibelikan gadget atau sering menggunakan gadget, mama dan papa patut waspada karena menurunnya prestasi dengan drastis juga termasuk kecanduan gadget pada anak.

Jika anak mama dan papa melakukan 2 dari 8 hal di atas, kemungkinan besar ia telah kecanduan gadget. Diperlukan kerjasama dan pengawasan berarti dari mama dan papa agar anak dapat terlepas dari kecanduannya. Jika mama dan papa kehabisan cara untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, mama dan papa dapat mencari inspirasi di platform Kiddo.id.

Kiddo.id adalah platform edukasi parenting yang memuat berbagai informasi dan fitur menarik yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Kiddo.id juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga kursus terkemuka dengan review terbaik yang dapat menjadi pilihan papa dan mama untuk mengalihkan anak dari gadget. 

Di Kiddo.id terdapat fitur terbaru yaitu Milestone Tracker yang dapat digunakan oleh mama dan papa untuk mengetahui apa sih sebenarnya potensi terbaik dari si kecil. Selain itu mama dan papa juga bisa loh memantau perkembangannya. Dengan menggunakan tes potensi yang ada di Kiddo.id, Mama dan Papa akan mengetahui kearah mana potensi si kecil dan bisa memutuskan bagaimana cara memberikan bimbingan yang tepat. Aplikasi Kiddo.id dapat didownload di play store secara gratis, mama dan papa juga dapat mengunjungi laman Kiddo.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.



0 komentar:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.