21 May 2021

Cara Pintar Pilih Situs Belanja Online dengan Produk Berkualitas

 


Membeli kebutuhan dan gaya hidup di situs belanja online sudah menjadi kebiasaan di zaman modern ini. Namun, masih ada saja orang yang ragu untuk berbelanja online, khususnya produk fashion dan furniture karena takut barang yang datang tidak sesuai dengan gambar yang ada di situs belanja online tersebut.

Tidak hanya memastikan kualitas barang, memilih marketplace atau situs belanja online terpercaya juga harus diperhatikan. Hal ini karena e-commerce yang memiliki pengelolaan kurang baik biasanya produk yang tersedia pun memiliki kualitas yang kurang bagus dan akan merugikan konsumen.


3 Tips Memilih Produk yang Berkualitas



Tips yang bermanfaat agar Anda terhindar dari penipuan kualitas barang di situs belanja online. Pastikan beberapa hal berikut sebelum Anda melakukan pembayaran.

1. Pahami Deskripsi Produk

Kelemahan belanja di online shop yaitu Anda tidak bisa melihat barang secara langsung. Oleh karena itu, baca dan pahami deskripsi produk menjadi hal yang sangat penting. Melihat gambarnya saja tidak menjadi jaminan yang baik karena banyak toko online yang memakai gambar dari toko lain. 

Misalnya untuk produk pakaian, pastikan dengan teliti deskripsi bahan, ukuran, dan warna. Tiga poin tersebut yang seringkali tidak sesuai antara barang yang datang dengan barang yang ada di gambar, sehingga Anda harus benar-benar memahaminya.

2. Baca Testimoni Konsumen

Anda memang tidak bisa melihat barang secara langsung di pilihan gambar, tetapi Anda bisa melihat gambar asli barang tersebut dari foto testimoni konsumen sebelumnya. Selain melihat gambar asli produk, testimoni kesesuaian bahan dan ukuran pun tersedia. 

Ketika melihat testimoni, sebaiknya selain melihat penilaian terbaik, lihatlah penilaian terburuknya. Meskipun produk di toko situs belanja online tersebut memiliki reputasi yang baik, setidaknya Anda mengetahui kemungkinan buruk yang bisa terjadi pada produk tersebut.

3. Membandingkan Produk di Berbagai Toko

Sebelum menentukan produk yang akan dibeli, cobalah untuk membandingkan produk yang sama di beberapa toko online yang berbeda. Beberapa hal yang bisa dibandingkan yaitu kualitas produk, diskon barang, atau gratis ongkir. 

Jika ada produk dengan kualitas yang baik yang sedang diskon, akan lebih hemat jika memilih membeli produk di situs belanja online termurah. Semua informasi tersebut bisa dilihat di deskripsi toko atau produk. Selain itu, bisa juga bertanya langsung melalui fitur chat yang tersedia.


5 Cara Mengetahui Toko Online Terpercaya



Selain memilih produk yang berkualitas, memastikan reputasi toko online-nya pun penting. Biasanya, toko online di situs belanja online terbaik akan menyediakan produk dengan kualitas yang baik pula.

1. Cek Reputasi Toko Online

Pastikan untuk berbelanja di toko yang memiliki reputasi baik di situs online shop tersebut. Anda bisa mengecek reputasi baik sebuah toko dari performa chat yang memiliki persentase tinggi, jumlah followers yang banyak, atau komentar-komentar yang bagus dari konsumen sebelumnya. 

Komentar tidak baik itu akan selalu ada di sebuah toko, tetapi jika jumlah komentar buruknya cukup banyak, sebaiknya Anda berhati-hati dan mempertimbangkannya kembali.

2. Memiliki Banyak Pelanggan Setia

Salah satu cara melihat toko tersebut terpercaya atau tidak yaitu dengan melihat pelanggan setianya. Jika toko online di situs belanja online tersebut memiliki banyak pelanggan setia dengan testimoni yang memuaskan, maka bisa dipastikan toko online tersebut terpercaya.

Toko yang memiliki pelanggan setia yang asli akan terus mengupgrade produk terbaru dengan kualitas yang baik. Pelayanannya pun bisa dipastikan baik. Karena beberapa hal itu yang akan membuat konsumen terus membeli barang di toko tersebut dan menjadi pelanggan setia. 

3. Customer Service Tersedia 24 Jam

Toko online yang terpercaya di situs belanja online di Indonesia akan menyediakan layanan Customer Service untuk membantu menyelesaikan permasalahan konsumen. Pilihlah toko online yang menyediakan Customer Service untuk berbelanja dengan aman dan nyaman, bahkan jika bisa yang menyediakan layanan tersebut selama 24 jam.

Namun, selain waktu pelayanan, kualitas pelayanan menjadi hal yang penting. Pilihlah toko dengan Customer Service yang memiliki respon cepat dan ramah. Customer Service yang ramah akan membuat Anda leluasa untuk bertanya banyak hal mengenai produk yang dijual atau tentang kebijakan toko online tersebut.

4. Sudah Lama Beroperasi

Kelebihan toko online yang sudah lama beroperasi yaitu keamanan dan layanan toko sudah lebih berpengalaman dan kemungkinan besar sudah terpercaya. Toko online yang masih berusia pendek, keamanan, layanan, dan kredibilitas toko masih dipertanyakan. 

Jangan sampai mengalami kerugian seperti menerima barang yang tidak sesuai atau bahkan barang tidak sampai ke tangan Anda sama sekali. Jika ingin menghindari risiko tersebut, pilihlah toko online yang sudah lama beroperasi minimal sudah beroperasi selama satu tahun lebih.

5. Baca dan Pahami Kebijakan Toko Online

Saat ini begitu banyak diskon, cashback, dan gratis ongkir yang disediakan oleh toko online, termasuk pengembalian barang. Namun, biasanya orang terlalu malas untuk membaca kebijakan toko untuk mendapatkan promo tersebut atau peraturan bagaimana barang bisa dikembalikan. 

Padahal memahami syarat dan ketentuan tersebut sangat penting. Dan setiap toko mempunyai kebijakan yang berbeda untuk pengembalian barang. Jika malas membaca kebijakan tersebut, bisa saja pengembalian atau penukaran barang tidak bisa dilakukan karena ada tahap yang terlewati atau syarat yang tidak terpenuhi. 

Begitu banyak online shop di Indonesia. Ladara.id bisa menjadi pilihan Anda untuk situs belanja online termurah dan terpercaya. Situs belanja online yang menyediakan berbagai produk dengan kualitas terpercaya dan harga yang terjangkau. Kunjungi ladara.id untuk memenuhi kebutuhan Anda.




0 komentar:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.