10 September 2020

Berapa Biaya Paket Umroh Tahun 2021?

Assalaamu'alaikum... Sebagai orang yang belum pernah Umroh dan ingin sekali Umroh, saya tentunya sering bertanya-tanya berapa biaya paket umroh tahun ini, ya? Lalu, berapa biaya tahun depan? Terus, bagaimana saya bisa ibadah Umroh dengan mudah dan nyaman? 



Berapa Biaya Paket Umroh 2021?

Dari searching di internet dan bertanya kepada teman-teman yang sudah berangkat ibadah Umroh, saya belum menemukan berapa biaya pastinya karena berbeda satu dengan lainnya, karena itu kan tergantung dari fasilitas dan lain-lain. Biaya paket Umroh tahun-tahun yang lalu katanya sekitar 20-25 jutaan untuk umroh reguler. Tapi untuk tahun ini/tahun depan diperkirakan akan naik sekitar 20-40%. (finance detik)

Jika umroh diselenggarakan saat new normal akan ada berbagai aturan yang harus dibatasi kapasitasnya mulai dari bus hingga kamar hotel, sehingga dibutuhkan biaya tambahan.

Untuk tahun 2020 ini, Umroh ditiadakan karena epidemi Corona Virus belum berakhir baik di Saudi Arabia maupun di Indonesia. Semoga tahun 2021 sudah dibuka kembali dan para jama'ah yang tertunda keberangkatannya bisa melaksanakan umroh. aamiin



Berangkat Umroh pada Masa Pandemi

 
Penutupan umroh sementara oleh kerajaan Arab Saudi berkenaan dengan antisipasi epidemi wabah Corona Virus sejak akhir Februari kemarin menyebabkan lebih dari 100.000 calon jamaah di tanah air tertunda keberangkatan umrohnya. Jika digabung dengan calon jamaah umroh di belahan dunia lainnya ada berapa juta calon jamaah umroh yang tertunda keberangkatannya. Terus, kebayang nggak sih pada saat yang sama (ketika udah dibuka kembali), pasti menyebabkan antrian/waiting list umroh yang cukup panjang. 

Tahun 2020 ini kabarnya belum akan dibuka untuk umroh. Akan dibuka kembali pada Januari 2021. Semoga saja yaa.

Tentunya, jika dibuka lagi pasti pemerintah Arab Saudi melakukan protap/sop secara ketat. Sebaiknya Anda mencari tahu lebih lanjut tentang Standar Operasional Prosedur-nya. Menurut informasi dari MIW, protap di Masjidil Haram diantaranya kurang lebih sebagai berikut:
  • Masjidil Haram dibuka 1 jam sebelum subuh dan ditutup setelah shalat Isya
  • Untuk hari Jumat, kota Makkah akan ditutup untuk penduduk lokal kecuali dengan tashrih
  • Pintu masuk dan keluar akan dipisah, pintu masuk tawaf bagi mereka yang ber ihram di dekat Kabah, masuk dari pintu 89-93 dan keluar dari pintu Ajyad
  • Melalui cek suhu, apabila lebih dari yang ditentukan tidak diperkenankan masuk
  • Penyediaan tempat cuci tangan, harus bermasker
  • Hanya diperkenankan 40% dari daya tampung Mathaf, dengan dibatasi hanya 3 lajur Tawaf, masing masing hanya 300 orang
  • Peta alokasi shalat, pintu masuk mereka yang berihram, Lansia dan penyandang disabilitas, serta mereka yang hanya tawaf sunnah
  • Selesai Sai akan diarahkan keluar dari Marwa
Dengan SOP/protap yang ketat, insyaAllah para jama'ah akan tetap aman. Dan agar Umroh lebih nyaman dan penuh kemudahan, ada baiknya Anda memilih agen travel yang terpercaya, serta memberikan pelayanan dan fasilitas yang bagus. Agar pada saat berangkat, di sana, dan saat pulang sampai di Tanah Air badan tidak ringsek.


Memilih Paket Umroh yang Terpercaya


Masih inget dengan penipuan umroh yang viral beberapa waktu yang lalu dengan menggelapkan uang para calon jemaah? Hal itu tentu membuat para calon jemaah yang ingin berangkat umrah khawatir untuk menggunakan jasa travel perjalanan umroh. Maka dari itu, kita sebaiknya sangat selektif dalam memilih travel perjalanan umroh. 

Bagaimana tips-tips memilih travel umroh yang terpercaya? 


Berikut ada 5 tips memilih travel umroh sehingga terhindar dan aman dari penipuan

1. Pilih Travel Umrah yang Sudah Resmi Terdaftar
Harus memperhatikan penyelenggaranya. Agen Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) haruslah yang sudah terdaftar dan mengantongi izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia.
Pastikan dulu dengan datang langsung ke departemen agama setempat. Tanyakan kepada petugas di sana daftar PPIU yang resmi. Atau, buka website resmi Kementerian Agama dan cek apakah PPIU tercantum.

2. Lihat Track Record Agen Perjalanan Umroh
Pada saaat akan membeli paket umroh, perhatikan track record agen PPIU dengan bertanya pada teman/sanak saudara yang mengenal atau yang pernah punya pengalaman memakai jasa travel haji dan umrah. Apakah benar-benar terpercaya? Sudah berapa lama menjalankan bisnis travel haji dan umrahnya?




3. Pastikan Mendapatkan Jadwal Keberangkatan yang Sudah Tertera Jelas
Jika ada travel umrah yang menjanjikan keberangkatan  1 atau 2 tahun untuk alasan apapun, harap berhati-hati. Kalau travel umroh yang berizin resmi sudah menentukan tanggal keberangkatan.

4. Jangan Mudah Tergiur dengan Harga Paket Umroh yang Jauh Lebih Murah
Banyak yang tergiur dengan harga murah/promo, tapi justru malah tertipu. Bukan berarti harga terjangkau pasti bermasalah yaa, tapi ada baiknya searching untuk membandingkan dengan harga yang rasional dan menghitung biaya perjalanan terlebih dahulu.

5. Pastikan Juga Karakter Pemilik Travel dan Pengurus Kunci dari Travel PPUI 
Ini sebagai antisipasi aja sih. Apakah pemilik/pengurus adalah orang yang amanah dan tidak mudah tergiur dengan nominal uang besar yang dikelolanya.


Berangkat Umroh dengan Madinah Iman Wisata (MIW)

Saya kenal beberapa teman yang sudah berangkat Umroh berkali-kali. Testimoni yang diceritakan jadi menginluence saya untuk memilih MIW ini. Kebetulan juga kenal dengan TL/Tour Leader yang kerja di Madinah Iman Wisata, jadi makin lengkap sudah rasa percaya pada PPUI satu ini. 




Berikut ini beberapa alasan kenapa saya direkomendasikan membeli paket umroh di Madinah Iman Wisata:

Pasti Berangkat
MIW menjanjikan PASTI BERANGKAT. Sebelum paket umroh dijual ke calon jema'ah, pihak MIW sudah membeli tiket pesawat ke maskapai dan kamar hotel di Mekah dan Madinah. MIW berani ambil resiko rugi, apabila paket tidak terjual habis, demi pelayanan dan kepastian pemberangkatan jamaahnya. Itu sebabnya, sampai saat ini di MIW tidak pernah ada gagal berangkat dan 100% jamaah pulang kembali ke tanah air tepat waktu (kecuali yang meninggal di tanah suci)

Nyaman (no repot-repot club)
MIW selalu terbaik dalam memilih hotel (yang dekat Masjid) dan akomodasi bagi jamaahnya. Sehingga jamaah di tanah suci merasa nyaman, baik selama di tanah suci maupun ketika pulang ketanah air dalam keadaan segar fisik dan ruhaninya.
Misalnya saja ketika jamaah sedang menunggu boarding di bandara, oleh MIW disewakan lounge, tidak "menggelandang" berjam jam di kursi tunggu di bandara. MIW juga menyediakan tim handling untuk membantu jamaah dalam mengurus koper dan perlengkapan lainnya baik dalam pemberangkatan jamaah menuju bandara di tanah air, atau bandara di Saudi menuju hotel. Sehingga jamaah tidak usah repot-repot mengurus koper sendiri seperti mengangkat atau menurunkan koper-kopernya dari bis atau dari pesawat. Tour Leader MIW selalu TL professional yang tersertifikasi, ramah dan ngayomi.




Berpengalaman
MIW berpengalaman sejak tahun 2000. Kantor pusatnya di Bintaro, Tangerang Selatan. Memiliki kantor cabang di 34 daerah yang menyebar di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia termasuk ada di Bandung.

Resmi Terpercaya
MIW tercatat sebagai travel umroh dan haji khusus tersertifikasi. Lebih dari sekedar travel berizin.

Pembayaran yang Fleksibel
MIW menawarkan 3 pilihan pembayaran yaitu secara tunai, berangkat dulu cicil kemudian, atau tabungan umroh.


Demikian teman-teman yang bisa saya share tentang biaya paket umroh dan beberapa tips. Tulisan ini menjadi cambuk untuk saya jadi semakin menguatkan azzam untuk berangkat umroh. Semoga bermanfaat untuk pembaca juga. Untuk informasi lebih lanjut, sila langsung aja ke website dan sosial medianya (yang baru dibuat lagi karena yang lama kena hack).

Wassalamu'alaikum

Madinah Iman Wisata (MIW)

website: miw.co.id

instagram: @miwtravelofficial
facebook: Madinah Iman Wisata Travel


KANTOR PUSAT
Ruko Harvest Bintaro No. 1-2
Jl. Merpati Raya, Tangerang Selatan

CABANG: Tangerang, Bekasi, Bogor, Jakarta, Bandung, Semarang, Batang, Yogyakarta, Sragen, Solo, Wonosobo, Purwodadi, Salatiga, Jepara, Palu

20 comments:

  1. Asyik banget ya, no ribet-ribet club beneran, sampai koper kita nggak perlu ribetin, cari aja di kamar langsung hahaha.

    Semoga mama saya juga bisa umroh, impian beliau banget nih, sedih rasanya belum bisa membantu impian beliau :D

    ReplyDelete
  2. Nah iyaa jangan tergiur dgn promo atau harga murah.
    Jd Inget kan sama kasus Agen
    Travel umroh yang kini masih dibui itu 😁

    ReplyDelete
  3. Memang paling penting mengecek track record perusahaan travel umroh yang kita pakai untuk berangkat ke tanah suci ya Mba.. terlalu sering memang kasus penipuan travel umroh.. jadi ikut sedih liat korban. Kadang udah nabung sekian tahun demi berangkat..

    ReplyDelete
  4. Semoga Allah mudahkan dan bantu ridhai untuk menjadi tamu di Baitullah secepatnya aamiin...

    ReplyDelete
  5. Setiap tahun harganya naik terus ya mba. Entah berapa nanti harganya pas giliran keluarga kami berangkat. Masya Allah, impian banget ke sana.

    ReplyDelete
  6. Track record agen perjalanan umroh..ini penting sekali. Jangan sampai tergoda akan harga murahnya tapi zonk, tertipu kita. Beneran mesti pilih travel umroh yang amanah hingga lancar ibadah

    ReplyDelete
  7. Dengar dengar PSBB ibukota akan diberlakukan lagi. Jadi khawatir meluas lagi ya. Apalagi negara kita ditutup kedatangannya di lebih dati 50 negara lain.
    Semoga pas waktunya umroh, keberangkatan dilindungi Allah SWT sehingga lancar dan selamat...

    ReplyDelete
  8. Setuju pisan, untuk ibadah jangan cari murah tapi harus nyaman
    Agar bisa beribadah dengan khusyu
    Dan MIW sangat bisa jadi pilihan ya?

    ReplyDelete
  9. Makasih infonya mbak. Jadi ada gambaran mesti nabung berapa banyak biar bisa berangkat umroh nanti. Semoga Allah mudahkan...Aamiiin.

    ReplyDelete
  10. Jadi penasaran berapa biaya umroh di era new normal sekarang. Pastinya nggak seperti tahun2 sebelumnya berkisar antara 20-25 juta ya, karena pasti ada aturan2 ketat terkait pandemi yang membuat biaya2 jadi naik. Mudah2an siapa saja yang tetap ingin berangkat di era new normal ini bisa dimudahkan dan disehatkan, semoga ibadah bisa lancar. Aamiin

    ReplyDelete
  11. Masya Alloh rindu nian pengin segera ke tanah suci. Semoga disegerakan. Aamiin.

    ReplyDelete
  12. Masya Alloh rindu nian pengin segera ke tanah suci. Semoga disegerakan ya Alloooh. Aamiin

    ReplyDelete
  13. Sejak kejadian penipuan travel umroh beberapa waktu lalu, penting untuk kita mengetahui segala informasi yang menjadi tautan bagaimana memilih travel yang amanah.

    Terimakasih untuk artikelnya Mbak. Saya jadi dapat pengetahuan (lagi) agar mampu memilah dan memilih travel untuk ibadah ke tanah suci.

    ReplyDelete
  14. Kenaikan biaya tidak bisa dihindari ya. Dan memang, mungkin cukup besar kenaikannya. Yang penting ada niat, ada dana, badan sehat, dan lokasi yang dituju sudah siap.

    ReplyDelete
  15. Ahh baca ini jadi semangat nabung, smg bs segera kesana

    ReplyDelete
  16. Betul juga ya, Teh, saat pintu gerbang umroh dibuka nanti, calon jemaah pasti membludak. Nggak kebayang deh harus antri berapa lama. Makanya, buat yang sudah punya dana dan ingin berangkat, waktu yang ada baiknya dipakai buat cari-cari travel umroh terpercaya deh.

    Jadi saat waktunya nanti tiba, sudah nggak buang waktu lagi karena baru cari-cari.

    ReplyDelete
  17. Di masa kayak sekarang, di mana cari uang begitu susah, banyak orang yang akhirnya cari jalan pintas. Kayak yang bikin travel umroh abal-abal. Memanfaatkan niat baik orang yang ingin umroh. Jadinya harus ya, milih travel umroh itu yang terpercaya, yang punya track record bagus. Biar iadah lancar, nyaman, dan mabrur. Dan semoga ya, pintu umroh segera dibuka untuk kita. Pastinya banyak sekali sodara kita yang ingin pergi umroh.

    ReplyDelete
  18. Iya betul. Pasti membludak, dan kemungkinan Oktober juga tidak akan dibuka dulu karena diterapkan PSBB skala besar lagi. Siap-siap antrian panjang.. Huhu. Semoga cepat berakhir ya pandemi ini. Itu MIW banyak yang merekomendasikan ya, terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  19. Bermanfaat sekali pembahasannya mbak. Soalnya sudah pasti dari negara kita ada banyak sekali masyarakat yang umroh setiap tahunnya.

    ReplyDelete
  20. Semoga meski masih pandemi, niat untuk berangkat umroh bisa terwujud. Semoga diberi kelancaran dan kesehatan agar pelaksanaan ibadah lancar. Untuk pemilihan biro jasa umroh memang harus melihat track record ya

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.