25 Mar 2019

Kenali Anak dengan AJT CogTest

Akram, anak kedua saya tahun ini akan masuk sekolah dasar. Di sekolah TKnya yang sekarang mau diadakan tes untuk menentukan si anak sudah siap atau belum untuk masuk ke sekolah dasar. Tesnya seperti tes IQ gitu sih katanya. Selain itu juga ada psikotes. Hasilnya kan nanti berupa angka berapa itulah yang menjadi patokan IQ anak kita. Namun saya cemas bila menyertakan anak saya dalam tes kecerdasan tertentu,  seperti tes IQ tersebut. Saya takut nanti bila melihat hasil angkanya ternyata rendah akan membuat saya syok. Terlebih yang saya khawatirkan adalah membuat anak saya minder, dan saya pun malu.

Saya pun mencari-cari ada nggak nih tes yang hasilnya nggak bikin was-was. Akhirnya ketemulah dengan #AJTCogTest . Tidak seperti alat tes IQ kebanyakan, AJT CogTest memberikan hasil yang komprehensif dari 8 aspek kecerdasan anak, dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi kekuatan dan kelemahan kognitif siswa secara personal. Bukan berdasarkan rating angka saja. Aaah syukurlah.

Saya mencari tahu lebih banyak tentang #TesKognitifAJT ini mulai dari dimana tesnya, biayanya, sampai hasilnya seperti apa. Saya rangkumkan di sini ya Temans, siapa tahu kalian yang sedang membaca ini sedang membutuhkan informasinya.



Apa itu AJT CogTest?


Dari info yang saya dapet, AJT CogTest ini merupakan Tes Kognitif pertama yang dikembangkan berdasarkan norma Indonesia dengan proses pengembangan yang sistematis. Melibatkan lebih dari 250 psikolog Indonesia dan hampir 5.000 anak di 6 propinsi di Pulau Jawa. Bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III dan  IV. AJT CogTest telah diuji coba di 10 Sekolah terkemuka se-Jabodetabek. Sehingga menghasilkan produk tes yang berkelas dunia.

Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. AJT CogTest hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia.

Landasan teori psikologi yang dipakai merupakan teori paling mutakhir dan komprehensif di dunia saat ini. Sudah melalui penelitian selama 4 tahun, AJT CogTest mengukur delapan bidang kemampuan kognitif anak usia 5 sampai dengan 18 tahun, sehingga kekuatan serta kelemahan kemampuan berpikir anak dalam belajar dapat teridentifikasi secara lengkap dan jelas. Pas nih untuk Akram yang berusia 6 tahun dan mau masuk SD.


AJT CogTest ini punya siapa?

AJT CogTest ini punyanya PT Melintas Cakrawala Indonesia (MCI). PT Melintas Cakrawala Indonesia memberikan solusi dan pelayanan untuk mengetahui kecerdasan anak melalui inovasi terbaru AJT CogTest.  Tes ini merupakan tes kognitif yang sudah dinormakan untuk anak Indonesia.  Atau dengan kata lain sudah terstandardisasi sesuai dengan karakteristik bahasa serta budaya Indonesia. Hasil AJT CogTest akan membantu orang tua dan guru lebih memahami kemampuan berpikir anak dalam pembelajaran di sekolah.

AJT CogTest ini dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell – Horn – Carroll (CHC Theory). Sebenarnya saya nggak tau itu siapa, kalian bisa googling sendiri untuk mengetahui lebih lanjut. hehe

Saya sadar betul, bahwa setiap anak terlahir dengan profil kognitif dan potensi yang unik. Peranan kita sebagai orang tua sangat penting dalam mengidentifikasi atau mengenali juga mengembangkan potensi yang dimiliki anak-anak, agar mereka dapat tumbuh menjadi orang yang percaya diri, optimis, berhasil, serta bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan. Namun kadang kita kesulitan ya mengenali mereka. Saya pun sering kesulitan dalam observasi ketiga anak saya. Di sinilah kita butuh bantuan yangnamanya tes kognitif.

Kemampuan kognitif adalah kemampuan untuk mengembangkan kemampuan rasional atau akal, yang terdiri dari beberapa tahapan: pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisa, sintesa, dan evaluasi. Hasil laporan AJT CogTest memungkinkan orang tua dan guru untuk mengarahkan anak dengan informasi lebih lengkap, serta membantu memahami pembelajaran anak mereka. Selain itu dapat juga membantu dalam melakukan penyesuaian yang tepat terhadap pendekatan pengajaran mereka baik di sekolah maupun di rumah.

Berapa Biaya AJT CogTest?

Biaya AJT CogTest ada dua macam atau dua paket, yaitu:
1. AJT CogTest Full Scale : Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak.
Harga: Rp760.000
2. AJT CogTest Comprehensive : diperuntukkan ketika seorang anakmemerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes.
Harga: Rp1.200.000



Dimana Tesnya? Bagaimana Hasilnya?

AJT CogTest dilakukan di kantor PT MCI atau bisa juga dilakukan di sekolah-sekolah. Dilakukan oleh psikolog yang sudah mengikuti pelatihan dan disertifikasi oleh PT MCI. Sedangkan hasil AJT CogTest akan dikirimkan berupa softcopy melalui surat elektronik atau email dalam waktu 7 sampai dengan 14 hari kerja setelah tes dilakukan.

Saya jadi ada gambaran nih. Jadi nggak cemas dengan hasil tes IQ biasa yang berupa angka. Semoga teman-teman juga, ya. Jika butuh informasi lebih lengkap langsung aja hubungi kontak yang ada di bawah ini ya.

#YukKenaliAnak kita dengan AJT CogTest, ketahui profil pembelajaran unik anak kita untuk memahami bagaimana mereka dapat belajar lebih baik dan efektif. Selain jalan ini, tentunya kita sebagai orang tua turut membersamai anak dalam aktivitasnya sehari-hari.

Untuk informasi lebih lengkap:


Alamat: Graha Irama 5th Floor Unit F
Jalan H.R Rasuna Said X-1 Kav 1-2, Jakarta 12950. Telp: 021-5261487
E-mail: info@melintascakrawala.id
IG: @melintascakrawalaid
WhatsApp CS: 087883258354

6 comments:

  1. Wah bermanfaat sekali nih artikelnya. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Wah kalau testnya menggunakan ajt cogtest bisa mengetahui kemampuan anak lebih baik ya

    ReplyDelete
  3. Wah bagus banget nih ya test menggunakan ajt cogtest. Aku jadi pingin test juga eh

    ReplyDelete
  4. Test ini hanya sampai usia 18 tahu saja ya

    ReplyDelete
  5. Dengan menggunakan test ini kita dapat mengetahui kemampuan anak dengan lebih detail ya

    ReplyDelete
  6. Melalui tes ini, kita sebagai orang tua bisa lebih mengetahui cara belajar yang paling tepat untuk anak kita ya...

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.