03 February 2023

Langkah Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan

Jika Anda memiliki fisik yang sehat, Anda akan memiliki pikiran yang sehat dan hidup yang bahagia. Kesehatan tidak hanya berpengaruh pada kebugaran fisik saja, namun juga dapat meningkatkan kebahagiaan. Menjadi sehat itu mudah dan murah, tapi untuk mengobati suatu penyakit membutuhkan biaya apalagi jika itu adalah penyakit kronis.

Jadi menjaga kesehatan itu sangat penting. Supaya tetap sehat yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan beberapa kebiasaan sehat ke dalam gaya hidup Anda. Meskipun tidak ada yang bisa mengendalikan penyakit, seseorang pasti bisa mengambil langkah pencegahan untuk mencegah penyakit. Di artikel ini kami akan membahas langkah sederhana untuk menjaga kesehatan diri, mari simak!

Gaya Hidup Sangat Berpengaruh pada Kesehatan Anda

Sebelum masuk pada pembasahan cara menjaga kesehatan, penting untuk diketahui bahwa gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat sudah tentu sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan pikiran.



Dan jika kita tidak mengambil beberapa langkah untuk memperbaiki kebiasaan kita, tubuh kita dapat menjadi rentan terhadap berbagai kondisi kesehatan dan penyakit yang serius. Lalu apa saja gaya hidup yang dapat mempengaruhi kesehatan? Berikut adalah beberapa gaya hidup yang memberikan efek negatif pada kesehatan:

- Merokok

- Makan makanan junk food berlebihan

- Konsumsi alkohol berlebihan

- Kurang tidur

- Stress dan kecemasan

- Terlalu sering kena polusi

- Dan banyak lagi


Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan

Untuk menuju hidup yang sehat ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Ini adalah langkah-langkah sederhana yang mudah untuk dimasukkan ke dalam rutinitas harian Anda, dan Anda tidak perlu bersusah payah untuk menjadi sehat.

1. Berolahraga

Menurut penelitian, orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang hingga berat setiap minggu. Pilih olahraga yang menurut Anda akan Anda sukai, dan mulailah melakukannya. Dengan melakukan olahraga 30 menit setiap hari akan membantu meningkatkan kesehatan fisik dan pikiran Anda.

Ini bisa menjadi perubahan kecil. Misalnya, alih-alih duduk di teras rumah saat pagi hari, Anda bisa jogging keliling komplek. Dan jika Anda sudah berlari dua kali seminggu, tambahkan hari ketiga untuk menjelajahi berbagai rute dengan santai dan menyenangkan.

Latihan fisik sangat penting untuk kesehatan yang baik. Olahraga tidak hanya membantu membakar kalori ekstra dan menjaga tubuh tetap bugar, tetapi juga mencegah banyak penyakit. Olahraga tidak berarti Anda harus ke gym, olahraga seperti jalan cepat, jogging, yoga, berenang, atau berolahraga di luar ruangan setiap hari dapat menjaga kesehatan Anda.

Selain membuat fisik Anda lebih bugar, olahraga seperti jogging di pagi hari juga dapat meningkatkan rasa bahagia. Jadi penting untuk melakukan olahraga setiap hari, tidak harus berjam-jam, cukup 30 menit untuk menjaga kesehatan.

2. Makan makanan seimbang

Jangan melewatkan waktu makan atau sering makan junk food. Cobalah untuk menjaga pola makan Anda seimbang yaitu diet Anda harus mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, dll.

Diet tinggi sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru-paru, usus besar, payudara, leher rahim, kerongkongan, perut, kandung kemih, pankreas, dan ovarium. Dan banyak fitonutrien paling kuat adalah sayuran seperti brokoli, kol, wortel, tomat,, dan sayuran hijau.

3. Hentikan kebiasaan buruk

Menjalani hidup sehat dimulai dengan berhenti dari kebiasaan yang salah. Menjaga kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol dapat meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit kritis , seperti penyakit jantung, gagal hati, dll.

Jadi, jika Anda ingin tetap sehat, akan sangat disarankan untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk. Anda bisa memulainya dari sekarang. Merokok dan meminum alkohol tidak hanya berbahaya pada tubuh saja, namun juga pikiran Anda.

4. Tidur Nyenyak dan Cukup

Tahukah Anda bahwa tidur 6-8 jam sangat disarankan untuk orang dewasa setiap malam untuk kesehatan yang lebih baik? Jika Anda sulit tidur, cobalah teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga . Atau makan camilan kecil sebelum tidur dari makanan yang terbukti membantu mengubah tubuh dan pikiran ke mode tidur.

Makanan yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak seperti sereal gandum dengan susu, oatmeal, ceri, atau teh kamomil. Gelapkan kamar Anda lebih banyak dan jauhkan jam dari Anda. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup

5. Dorong Kesehatan Anda dengan Asuransi Kesehatan

Melakukan gaya hidup sehat sangat penting, sama pentingnya untuk menyadari fakta bahwa keadaan darurat medis dapat datang tanpa informasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki kebijakan klaim medis agar tetap siap untuk kebutuhan medis Anda di masa depan.

Anda perlu memiliki asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan terhadap kesehatan Anda. Asuransi kesehatan seperti asuransi Garda Healthtech dan Garda Medika dari Asuransiastra.com menawarkan pemeriksaan kesehatan dengan mendorong kesehatan yang baik dan membantu pencegahan penyakit melalui diagnosis tepat waktu.

Jika Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, banyak gejala kecil dapat ditangani dengan baik pada waktunya. Anda dapat melakukan konsultasi gratis secara online maupun tatap muka dengan dokter umum dan spesialis serta peresepan obat.

Bagi Anda yang ingin memiliki kehidupan yang sehat dan bahagia, Anda bisa melakukan kelima tips di atas. Kesehatan perlu dijaga sehingga Anda dapat melakukan berbagai aktivitas dengan fisik yang bugar dan pikiran dan emosi yang bahagia.



31 January 2023

Cara Terbaik Merawat Rumah Anda

Tidak hanya mobil yang membutuhkan perawatan, rumah juga perlu mendapatkan perawatan. Rumah yang mendapatkan perawatan dengan baik akan lebih awet dan pastinya nyaman ditinggali serta perawatan rumah yang baik dapat menaikkan harga jual.

Jika Anda memutuskan untuk membeli atau membangun rumah, itu artinya Anda juga harus siap untuk melakukan perawatan setiap waktu. Ada banyak cara untuk membuat rumah tetap awet dan nyaman untuk ditinggali. Jika Anda sedang mencari informasi terkait cara merawat rumah, disinilah Anda akan mendapatkan informasinya.

Bagaimana Cara Merawat Rumah dengan Baik?

Merawat rumah bukanlah tugas yang mudah, tapi ini harus Anda lakukan! Ada banyak hal kecil yang perlu Anda lakukan untuk merawat rumah Anda. Merawat rumah bisa menjadi hal yang melelahkan, tetapi hasilnya sangat bermanfaat.



Berikut adalah 5 hal yang harus diketahui oleh setiap pemilik rumah, agar dapat merawat rumah dengan lebih baik:

1. Periksa Kelistrikan Rumah Anda

Hal yang wajib Anda lakukan dalam merawat rumah adalah dengan memeriksa sistem kelistrikan rumah Anda secara rutin. Kerusakan sistem kelistrikan bisa menjadi bencana besar, yaitu bisa menyebabkan kebakaran.

Anda harus memeriksa kabel-kabel yang ada di rumah Anda apakah kondisinya masih baik dan masih layak digunakan atau sudah harus diganti. Tidak jarang, kabel juga bisa digigit oleh tikus dan jika itu terjadi pastinya dapat menyebabkan konslet dan akan sangat berbahaya jika dibiarkan.

2. Mencegah Kerusakan Air

Yang berikutnya adalah dengan mencegah kerusakan air. Pastinya Anda tidak ingin saat Anda ingin mandi atau mencuci bahan makanan untuk dimasak lalu tiba-tiba air tidak mengalir. Jadi, supaya kejadian ini tidak terjadi, pastikan Anda selalu memeriksa kondisi pompa air rumah Anda secara rutin.

Memperbaiki kerusakan air bisa menjadi proyek yang mahal dan memakan waktu yang sebenarnya tidak Anda inginkan. Pastikan Anda memeriksa barang-barang ini secara teratur, Pompa bah pastikan berfungsi dengan baik. Talang air dan saluran air pastikan tidak ada penyumbatan.

3. Kontrol Tingkat Kelembapan

Kelembaban rumah tangga tingkat tinggi dapat menyebabkan jamur, bahaya kesehatan serius yang seringkali membutuhkan kerja keras untuk memperbaikinya. Kelembaban yang berlebihan juga dapat menarik hewan pengerat dan serangga ke dalam rumah.

Tidak ada yang mau berurusan dengan itu! Perhatikan jendela untuk kondensasi. Itu bisa menjadi petunjuk bahwa terlalu banyak kelembaban di dalam rumah.

4. Bersihkan Lantai Anda Secara Teratur

Ini wajib dilakukan oleh setiap pemilik rumah, membersihkan lantai adalah pekerjaan rumah yang harus dilakukan secara rutin. Membersihkan lantai setiap minggu atau setidaknya dua minggu sekali akan membantu menghilangkan debu, bulu hewan, dan kotoran.

Pembersihan rutin akan memperpanjang umur lantai Anda baik itu karpet, laminasi, kayu keras, atau bahan lainnya, yang membantu meningkatkan kualitas udara di rumah Anda. Saat Anda menapakkan kaki Anda di lantai yang kotor, pastinya Anda merasa tidak nyaman, oleh sebab itu bersihkan lantai Anda secara rutin.

5. Periksa komponen eksterior.

Periksa dinding dan cat secara rutin untuk memastikan tidak ada kerusakan serius dan semuanya dalam kondisi baik. Mereka membantu melindungi rumah Anda dari unsur-unsur seperti hujan dan sinar matahari.

Untuk menghindari kebocoran dinding, pastikan Anda menggunakan cat dinding anti bocor. Sekarang ini terdapat cat anti bocor dengan berbagai warna, jadi selain memperindah, cat anti bocor juga dapat melindungi rumah Anda dari rembesan air hujan.

6. Bersihkan Rumah dari Serangga atau Hewan Lainnya

Hewan pengerat dapat menyebabkan masalah yang lebih besar dari yang Anda kira, terutama jika mereka berada di rumah Anda. Lebah, tawon, nyamuk, dan bahkan laba-laba dapat menimbulkan bahaya kesehatan, jadi pastikan untuk menjauhkan mereka.

Jika kecoa menjadi masalah di lingkungan Anda, itu bisa menimbulkan masalah dan kerusakan yang cukup besar. Pastikan untuk menjauhkan sampah dari jangkauan sehingga kecoa tidak masuk ke rumah Anda untuk mencari makanan.

Jika rumah Anda rentan terhadap rayap, rayap dapat merusak ambang pintu, dinding, dan furniture. Seperti yang dapat Anda bayangkan, kerusakan mahal untuk diperbaiki. Jadi pastikan Anda membersihkan rumah Anda secara keseluruhan supaya menghilangkan atau setidaknya mengurangi serangga di rumah Anda.

7. Pulihkan daya ke stopkontak yang mati

Periksa outlet di rumah Anda setiap tahun. Apakah mereka bekerja? Jika Anda menemukan beberapa sumber daya Anda mati, sangat disarankan Anda menggantinya Jika Anda bisa melakukannya sendiri Anda bisa menggantinya sendiri.

Namun jika Anda tidak paham dengan kelistrikan, akan lebih baik jika Anda meminta bantuan teknisi listrik profesional untuk memperbaikinya. Sehingga tidak menyebabkan konsleting listrik. Kerusakan pada sistem kelistrikan sangat berbahaya jika tidak diperbaiki oleh ahlinya karena bisa menjadi penyebab kebakaran.

8. Lindungi Rumah Anda dengan Asuransi

Kebakaran dapat terjadi tanpa diprediksi itu mengapa pemilik rumah perlu memiliki asuransi kebakaran rumah. Jika memiliki asuransi dan rumah Anda mengalami musibah ini, setidaknya Anda akan mendapatkan pertanggungan berupa rumah tinggal sementara, perbaikan rumah, pergantian furniture rumah dan banyak lagi sesuai dengan apa yang tertulis di polis.

Asuransi kebakaran rumah juga menjadi salah satu cara merawat rumah. Anda dapat membeli asuransi kebakaran rumah Garda Home dari perusahaan Gardaoto.com yang akan memberikan perlindungan dari resiko kebakaran, kerusakan akibat bencana alam, kerusakan akibat huru-hara dan banyak lagi.

Dengan asuransi kebakaran rumah Anda akan merasa tenang karena merasa terlindungi. Jadi, untuk melindungi rumah tercinta dari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda membeli asuransi rumah dari perusahaan asuransi terpercaya.

Itulah beberapa cara terbaik merawat rumah. Pastikan selalu merawat rumah Anda sehingga tempat tinggal Anda akan semakin nyaman dan aman.

12 January 2023

Scarlett Whitening Combo C-Power Penuhi Kebutuhan Vit C Kulit Wajahmu

 

Scarlett Whitening Combo C-Power Penuhi Kebutuhan Vit C Kulit Wajahmu

 

Hai semuanya..

Did you know? Pada usia di atas 30 tahun seperti aku ini kulit sudah mulai berubah dan menampakkan tanda-tanda penuaan seperti sering kusam, mudah kering, kulit wajah nggak sekenyal sebelumnya, bintik-bintik gelap tiba-tiba muncul, dan tanda penuaan lainnya jika tidak dirawat dengan baik. Itu hal wajar dan nggak papa, proses alami. Serta jangan panik! Karena perawatan wajah dengan rutin dapat mencegah itu semua, minimal kita bisa memperlambatnya.

Banyaknya aktivitas di luar, anter jemput anak, ketemu klien dan bolak-balik kantor serta paparan polusi dan cahaya matahari langsung  memperburuk kondisi kulit wajah. Lagi-lagi jangan khawatir karena sudah ada banyak penelitian menunjukan bahwa penggunaan vitamin C secara teratur dapat mencegah penuaan dini dan menjaga agar kulit wajah tetap sehat.

Apa aja sih manfaat Vitamin C untuk wajah? 

Yuk kita simak:

Manfaat Vitamin C untuk Wajah sebagai Pencegahan

1. Mencegah kerutan

2. Menangkal Radikal Bebas

3. Membantu produksi kolagen

 


Manfaat Vitamin C untuk Wajah sebagai Perawatan

1. Mempercepat pembentukan sel

2. Menghilangkan bekas luka seperti bekas jerawat. Aku yang bertahun-tahun jerawatan dan meninggalkan banyak bopeng di wajah, vitamin C membantu banget (selain perawatan lainnya seperti laser Fractional dan PRP yang aku lakukan.)

3. Mengatasi kemerahan

4. Mencerahkan kulit

5. Meratakan warna kulit

6. Mengurangi mata panda

 

Ada berbagai cara untuk mendapatkan vitamin C. Selain mengonsumsi makanan seperti buah dan sayur yang mengandung vitamin C, kita juga bisa mendapatkan vitamin ini dari serum Vit C dan suntik Vit C.

Nah, kali ini aku lagi nyobain Serum Vitamin C nih. Ini dia Scarlett Whitening Combo C-Power yang terdiri dari Serum dan Face-mist

Review Scarlett Whitening Combo C-Power

Scarlett Whitening C-Power Serum

Packaging:

Serum Vit C Scarlet dikemas dalam botol pump berwarna putih. Isi bersih produk 15 ml.

Tekstur, Warna dan Aroma:

Bentuknya gel kental berwarna putih tulang. Aroma perpaduan antara chammomile dan bunga camelia. Enggak menyengat. Mudah meresap di kulit.



Kandungan :

THD (Tetrahexyldecyl Ascorbate) - Vitamin C 50x lebih kuat dari asam askorbat standar, yang berdungsi untuk:

  • Membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV
  • Membantu mencerahkan kulit
  • Membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis halus
  • Menjaga kelembapan kulit

 4D Hyaluronic Acid , kegunaannya sebagai berikut:

  • Menjaga kelembapan kulit
  • Membantu merawat keremajaan kulit
  • Membantu menghidrasi kulit
  • Menyamarkan tampilan kerutan atau garis halus pada kulit
  • Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

 Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, untuk:

  • Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan
  • Mencegah efek buruk paparan sinar matahari
  • Membantu menghidrasi kulit

 Lactobacillus/Hydrolyzed Collagen Ferment Filtrate Extract, untuk:

  • Melembabkan kulit
  • Mencegah tanda tanda penuaan dini

 Camellia Sinensis Leaf Extract, gunanya untuk:

  • Membantu mencegah efek buruk paparan sinar matahari
  • Membantu mencerahkan kulit
  • Membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis halus
  • Membantu menjaga kelembapan kulit

 


Manfaat Scarlett Whitening C-Power Serum :

  1. Membantu mencerahkan kulit
  2. Menyamarkan bintik hitam pada wajah
  3. Membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini
  4. Membantu menjaga kelembapan kulit
  5. Membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV

 

Cara Pakai :

Teteskan 2-3 tetes serum

Usap dan pijat secara merata pada kulit wajah

Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit wajah

 

Do’s and dont’s :

Sebelum memutuskan memakai Scarlett Whitening C-Power Serum Coba deh baca apa yang boleh dan sebaiknya nggak dilakukan saat menggunakan Scarlett Whitening C-Power Serum

Do’s :

             Dapat di layer dengan serum scarlett lain, kecuali retinol serum

             Jika malam hari menggunakan serum VIT C, maka disarankan menggunakan sunscreen pada pagi harinya

Dont’s :

             Pemilik kulit sensitif (alergi terhadap vitamin C konsentrasi tinggi), disarankan untuk tidak melayer dengan serum lain yang ada kandungan vitamin C nya

             Hindarkan penyimpanan produk dari sinar matahari langsung

             Tidak disarankan untuk layering dengan produk yang memiliki bahan aktif AHA/BHA, dan retinol.

 

Produk yang kedua yang aku pakai adalah Face Mist

Review Scarlett Whitening C-Power Face Mist

Packaging:

Botol sprai bening sehingga terlihat isinya. Isi bersih: 100 ml. Teksturnya cair, berwarna orange, beraroma jeruk. Udah kayak semprotin air perasan jeruk aja gitu , segeeer bangett!! 

Wangi segar jeruk memberikan kesegaran alami, wanginya tidak menyengat. Aku suka banget sama aromanya.

Efek setelah dipakai pun, kulit wajah menjadi segar kembali dan lembab.




Kandungan :

1.) THD (Tetrahexyldecyl Ascorbate) - Vitamin C 50x lebih kuat dari asam askorbat standar

-  Membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV

-  Membantu mencerahkan kulit

-  Membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis halus

-  Membantu menjaga kelembapan kulit

 

2.) Sodium Hyaluronate → fungsi sama seperti HA meskipun berbeda

-  Membantu menghidrasi dan melembapkan kulit

-  Membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis halus

-  Membantu kulit agar tetap halus, lembut dan tidak kering

 

3.) Mugwort

-  Membantu menyejukkan kulit

-  Membantu merawat kulit berjerawat

 

4.) Black Ginseng Water

-  Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

-  Membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis halus

 

5.) Orange Oil and Lemon Extract

-  Membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit

-  Membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dini

-  Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

 


Cara Pakai Scarlett Whitening C-Power Face Mist:

1. Kocok botol sebelum digunakan

2. Semprotkan face mist 15-20cm dari wajah dengan mata dan mulut tertutup

3. Diamkan selama beberapa saat sampai meresap

 

Manfaat Scarlett Whitening C-Power Face Mist:

  1. Membantu melembapkan kulit wajah
  2. Membantu mencerahkan kulit
  3. Membantu menyamarkan bintik hitam pada wajah
  4. Merawat keremajaan kulit
  5. Membantu menyegarkan kulit wajah
  6. Membantu menyerap minyak berlebih
  7. Membantu penyerapan produk skincare lainnya. Sebelum pakai pelembab dan sunscreen aku pakai ini. Sebelum make-up semprot dulu, make up akan lebih nempel dan tahan lama.

 

Do’s and Dont’s :

Do’s :

Bisa digunakan sebelum dan setelah make up untuk hasil make up lebih dewy

Bisa digunakan kapan saja dan dimana saja

 


Dont’s :

Hindarkan area mata

Hindarkan penyimpanan produk dari sinar matahari langsung.

 

Aku sudah sebulan menggunakan Scarlett Whitening Combo C-Power ini. Udah hampir habis sebenernya, foto di atas adalah foto lama pas baru awal-awal pakai.

Perubahannya Gimana?

Kulit lebih lembab, bintik hitam sedikit memudar, kerut di dahi tersamarkan. Wajah juga lebih cerah.



Dimana Belinya dan Berapa Harganya?

Aku mah biasa beli di Shopee, hehe. Jadi beli prosuk-produk Scarlett juga di Official Store-nya Scarlett di Shopee. Atau bisa juga klik link ini: https://linktr.ee/scarlett_whitening

Harga Scarlett Whitening Combo C-Power dibandrol Rp 150.000 udah dapat 2 produk yang aku ulas di atas. Dan jangan lupa cek keaslian produk di sini: https://verify.scarlettwhitening.com


 

Oke de, segitu dulu ulasan produk perawatan kulit yang lagi aku pakai. See you di review selanjutnya.

02 January 2023

Sugeng Tindak, Pak

Senin 10 Okt menjelang Maghrib, sebuah pesan teks masuk ke HPku.

[Lek... Wes entuk kabar seko Simbah durung? Mbah Kakung wes ra gelem maem ro meneng wae, njaluk dongane wae jare Simbok.]

.....

Sejak lebaran tahun ini, aku memang sudah menyiapkan hati untuk dapat kabar ini sewaktu-waktu. Gimana tidak, Bapak yang berusia 80 tahun sudah mengalami 2x stroke. Stroke pertama, kurang lebih 19 bulan lamanya. Kemudian secara ajaib beliau bisa berjalan lagi dan beraktivitas normal (makan, minum dan buang air bisa sendiri) selama 2 tahunan.

Stroke ke-2, sekitar 8 bulan lalu Bapak terjatuh yang mengakibatkan beliau tidak bisa berjalan lagi. Makan minum dibantu dan buang air di tempat tidur. 

Di usianya yang sudah 80 tahun ini, tidak banyak harapan untuk kembali seperti sedia kala meskipun tetap ada. Aku hanya berdoa apapun ketetapan-NYA, kami menerima.

......

Membaca pesan teks itu, aku menghubungi keponakan yang tinggal bersama dengan Bapak Simbok di kampung halaman. Berusaha untuk video call. Namun karena sedang banyak orang di rumah (yg waktu itu lagi ngedoain Bapak, lagi bacain Yasin dsb) jadinya gak bisa video call.

Pkl 8 malam, di dalam hati seperti ada yg berbisik "Wis Bali wae rono." (Udah, pulang aja sana.)

Jam 8 malam itu aku bilang ke Abudi, minta izin mau pulang berdua sama si bungsu Arfan.

Aku langsung nyari tiket kereta. Dapat tiket keberangkatan pkl 22.05 wib.

"Sempat nggak? Dari rumah ke stasiun 1 jam, lhoh." tanya Abudi.

"InsyaAllah sempat. Sekarang masih setengah 9. Aku siap-siap dulu bentar."

Aku menyamber tas ransel kecilku. Memasukkan 2 helai baju Arfan ke dalam tas dan sehelai kaosku sendiri.

Pkl 9 kurang, aku berangkat ke stasiun diantar Abudi. Alhamdulillah nggak sampai sejam sudah sampai.

.....

Selasa pagi aku sampai di rumah orang tua di Purworejo.

Setelah membersihkan badan, aku menghampiri Bapak dengan tenang, salam dan menyapanya.

Seperti yang dikabarkan keponakanku, benar saja Bapak sudah diam saja. Dan aku baru tahu kalau beliau sudah tidak mau makan sejak hari Jum'at. Keadaannya sudah kritis.

Hari itu, hujan sepanjang hari, matahari tidak nampak, dingin, di luar gelap. Aku menunggui bapak seharian. Di samping bapak, aku melihat nafasnya pelan sekali. Hanya sesekali menghela nafas panjang. 

Setelah Isya', aku membacakan surah Yasin di sampingnya. Memperdengarkan kepada beliau kalimat syahadat, takbir, tasbih, tahmid dsb. Kaki dan tangannya sudah dingin. Kulihat setetes air di sudut matanya.

Aku video call mbakyu ku yang ada di luar negri dan keponakan yang ada di Jakarta. Kami sama-sama mendoakan Bapak via vidcall.

Setelah selesai, aku menyeduh segelas kopi instant sachet. Aku mau bilang kebetulan, tapi aku yakin pasti ini bukan kebetulan, kopi yg kuseduh rasanya sama persis dengan kopi yang biasa Bapak buat bertahun yang lalu (hobi Bapak ngopi hitam kental dan manis).

Segelas kopi hitam kusesap sedikit demi sedikit sampai habis. Nikmat dan segar sekali rasanya.

Setelah menghabiskan kopi, di kesadaranku bilang kalau Bapak mau ngopi juga. Aku bilang ke Simbok. Simbok meng-iya-kan.

Aku langsung buatkan Bapak kopi hitam manis kesukaannya dan meneteskan ke mulut Bapak 3 tetes. Gak diduga, Bapak mengecapkan mulutnya yg dari tadi terbuka. Wajah Bapak langsung berbeda, terlihat bahagia.

Sekitar jam setengah 10 malam. Aku masih di samping Bapak. Dari semenjak sampai di rumah, ninggalin beliau cuma buat ke kamar mandi dan mengurus si kecil.

Aku di samping Bapak, tetap tenang dan tidak menangis. 

Aku mengelus kakinya, tangannya, perut, dadanya, juga kepalanya. 

Aku berbisik pelan sekali kepada Bapak (ah tidak, aku ingat aku berbicara dalam hati, berbicara dari hatiku ke hatinya, berbicara antara jiwa dengan jiwa).

"Pak... kami ikhlas Bapak melanjutkan perjalanan. Apa yang dibutuhkan agar semuanya berjalan mudah dan lancar?"

......

Pkl setengah 11 malam, terpaksa aku ninggalin Bapak (kupikir akan sebentar aja) untuk ngelonin Arfan yang udah ngantuk dan minta dininabobo.

Setelah Arfan tidur, aku melanjutkan pekerjaan yg sempat tertunda.

Jam 1 dini hari, aku keluar kamar karena mau buang air kecil. Aku baru ingat, aku tidak mengecek kondisi Bapak sejak jam 11 tadi.

Setelah dari kamar mandi, aku dan Simbok nge-cek keadaan Bapak di tempat tidurnya. 

Innalillahi wainnailaihi roji'uun. Ternyata Bapak "sampun dipundut", Bapak sudah nggak ada.

Bapak seperti "nyimpekke" kami sekeluarga.

Bapak sudah kembali kepada Penciptanya, Bapak sudah melanjutkan perjalanannya.

Aku bersyukur Bapak nggak sakit lagi sekarang. Bapak begitu tenang dan bersih wajahnya. Bahkan Bapak meninggal dalam keadaan berwudhu (sama Simbok sering di-wudhu-kan).

Sugeng tindak, Pak. 

Kulo nyuwun agunging samudri pangaksami.


*) Ditulis di Purworejo, 17 Oktober 2022.

This entry was posted in

23 December 2022

Cara Membeli Tiket Goplay Creator's Playdate, Bagaimana Syarat dan Ketentuannya

 

Cara Membeli Tiket Goplay Creator's Playdate

Creator's Playdate adalah acara berkumpulnya para kreator dari seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh GoPlay Indonesia dan didukung oleh Maybank. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 4 Februari 2023 di Jakarta dan akan menampilkan penampilan dari musisi ternama seperti JKT48, SUN, Orutaku Club, Hiroaki Kato, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat juga berbagai booth yang bisa dinikmati, seperti Live Streaming Box, Gaming Zone, Community Lounge, Itadakimas Arena, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang ingin menonton acara ini, kamu bisa mendapatkan tiketnya melalui loket.com dengan memasukkan kode promo GOPLAYMAYBANK untuk mendapatkan potongan harga sebesar 10%. Kode promo tersebut hanya berlaku untuk pembelian menggunakan Kartu Debit dari Maybank Tabungan U/U iB atau Maybank Kartu Debit Mastercard dan Kredit lainnya. Periode promo ini berlangsung dari 19 Oktober 2022 hingga 4 Februari 2023. Namun, jumlah tiket yang tersedia dengan promo ini terbatas, jadi sebaiknya segera beli tiketmu sebelum kehabisan.

Selain itu, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh pengunjung yang akan menonton acara ini, yaitu:

        Pengunjung wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi pada device milik pribadi dengan akun yang telah terverifikasi.

        Pengunjung wajib telah mendapatkan Vaksin COVID-19 sesuai dosis dan ketentuan yang ditentukan oleh Pemerintah dari waktu ke waktu pada saat mengunjungi event GoPlay Creators Playdate.

        Pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan sehubungan dengan COVID-19 sebagaimana dianjurkan dan dipersyaratkan oleh Pemerintah.

        Tiket yang sah adalah tiket yang dibeli dengan tata cara yang telah ditentukan yaitu pembelian secara online melalui transaksi elektronik di loket.com. Tiket yang dibeli di tempat lain atau dengan cara lain selain yang telah ditentukan tidak akan diakui.

        Tiket tidak dapat ditukar atau dikembalikan.

        GoPlay dan Maybank berhak mengubah syarat & ketentuan tanpa pemberitahuan sebelumnya. GoPlay dan Maybank juga berhak secara sepihak membatalkan/menolak pemberian cashback.

        Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengunjung, GoPlay dan Maybank menghimbau agar pengunjung membawa dokumen identitas yang sah dan mengikuti segala peraturan yang telah ditetapkan.

        Pengunjung juga tidak diperkenankan membawa barang-barang yang dilarang, seperti senjata tajam, obat-obatan terlarang, dan barang-barang yang dapat mengganggu kenyamanan orang lain.kamu harus menyerahkannya kepada petugas sebelum memasuki area acara. GoPlay dan Maybank tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang-barang yang dibawa ke dalam area acara.

Demikian informasi tentang cara membeli tiket untuk menonton GoPlay Creator's Playdate. Jika kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan, jangan ragu untuk menikmati kemeriahan acara ini bersama para kreator lainnya di Jakarta pada tanggal 4 Februari 2023. Selamat menonton!

19 December 2022

Rekomendasi Diapers New Born Agar Liburan Happy Tanpa Ruam Popok

Punya tiga anak, memberi saya banyak pengalaman. Dari anak pertama hingga ke tiga. Pun untuk anak ke empat yang sekarang masih di kandungan. Ada satu kesimpulan yang membuat saya pro dengan penggunaan diapers atau popok sekali pakai. Yaitu kewarasan dan kedamaian hati. 

Sedikit cerita, dulu waktu anak pertama saya belum memakai popok sekali pakai. Dari bayi baru lahir hingga beberapa usia tahunan. Tahu nggak apa yang terjadi? Saya cepat lelah (meski anak baru satu). Tiap malam sering terbangun nggak cuma untuk memberi ASI, namun saya juga sering terbangun untuk mengganti popoknya sebab anak nangis karena bajunya basah. 

Tidak hanya mempengaruhi kualitas tidur bayi, kualitas tidur Ibu juga terganggu karena harus mengganti popok bayi lebih sering di malam hari. Padahal, Ibu membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk memproduksi ASI dan mencegah masalah nifas selama periode postpartum.
Saya jadi banyak cucian yang mana itu membuat lelah juga.

dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, 
“Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk 
menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi 
lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.” 

Karena sayanya kurang tidur, anak pertama juga lebih sering kena omel karena pipis atau pup di celana. Padahal bukan salah anak juga kan. :'(

Itu yang dulu saya sesali. Kenapa dulu keukeuh nggak pakai popok sekali pakai aja.

Belajar dari Pengalaman


Berkaca dari pengalaman dan saya semakin banyak belajar ... untuk anak kedua dan ketiga, saya full memakai popok sekali pakai sejak bayi baru lahir. Rasanya happy banget. Jadinya, nggak masalah gitu karena anak enggak pipis dan pup di celana melainkan di diapersnya. Saya pun semakin tenang dalam mendampingi tumbuh kembang anak-anak.

Nah untuk anak keempat ini, saya pun akan tetap sama, akan menggunakan popok sekali pakai mulai sejak bayi baru lahir.

Saya mulai mencari popok mana nih dari puluhan merk popok yang beredar di Indonesia yang kualitasnya premium. Mulailah mencari tahu kesana kemari. Dari tanya ke teman, nyari artikel, konsultasi online, konsultasi ke konsultan ibu dan anak, dan sebagainya. 

Jatuhlah pilihan saya kepada MAKUKU SAP Diapers Slim. 




Ngomong-ngomong, apa itu teknologi SAP pada MAKUKU Diapers?


SAP merupakan singkatan dari Super Absorbent Polymer pada inti struktur diapers. Inti struktur SAP berbeda dengan bahan penyerap tradisional sepeti tissu, kapas dan busa. Pada saat air ditambahkan ke partikel SAP, maka akan muncul interaksi air/polimer yang dapat menciptakan jaringan penyimpanan molekul air. Oleh karena itu, penggunaan inti struktur SAP pada MAKUKU SAP Diapers Slim lebih efektif dalam menyerap cairan dan menguncinya sehingga tidak terjadi osmosis balik serta menjaga permukaan popok tetap kering.



Untuk persiapan menyambut anak ke empat, saya membeli yang NB (New Born) di e-commerce. Kenapa pilih MAKUKU? Berikut ini alasannya:

- MAKUKU adalah popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (super sehingga anti gumpal).
- Memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok
- Telah teruji ungggul dalam hal penyerapan SAP popok
- Lebih efektif dalam menyerap cairan dan
menguncinya sehingga menjaga permukaan popok tetap kering.
- Memiliki teknologi daya tampung yang lebih besar yaitu 500 ml sehingga tidak perlu terlalu sering ganti pada malam hari. 
- Ada "Jaminan Tidak Cocok, Uang Kembali"

Keunggulan:


1. Anti Gumpal / Anti-clumping (With New Generation SAP Core Structure Pertama di Indonesia), cocok untuk bayi baru lahir.
SAP adalah polymer hidrophilik yang memiliki kemampuan dapat menyerap cSAPan secara maksimal. Penyerapan merata dan strukturnya sangat stabil sehingga tidak menggumpal dan jatuh, membuat bayi tidak merasa berat saat bergerak. Dengan adanya bahan SAP ini maka terdapat 3 manfaat dari Popok MAKUKU :
- Tidak Menggumpal, sehingga membuat bayi lebih nyaman
- Penyerapan Merata, sehingga mengurangi kebocoran
- Daya serap yang tinggi dan cepat, sehingga menjaga permukaan tetap kering dan mampu secara efektif mengurangi ruam merah pada kulit bayi.




2. Ketebalan 1.6mm
Tahukah Moms Popok yang tebal belum tentu memiliki penyerapan yang besar dan baik. Walaupun popok MAKUKU SAP Diapers Slim mempunyai tebal hanya 1.6 mm, namun mempunyai daya serap yang tinggi, namun popok tidak menggumpal sehingga tidak terasa seperti memakai popok, mengurangi perasaan seperti ada benda asing, sehingga membuat kulit dan kaki bayi menjadi lebih nyaman untuk beraktivitas dan tidur nyenyak.

3. Mengunci CSAPan
Penyerapan cepat, mengunci cSAPan dengan baik, tidak ada osmosis, mengurangi ruam merah. Ketika bayi duduk ataupun digendong, popok tidak akan osmosis balik. Bagian bawah, samping, dan belakang tidak akan terjadi kebocoran.

4. Desain 3D Lembut Seperti Sentuhan Ibu. Lapisan permukaan 3D mengurangi kontak dengan kulit dan mepercepat penyerapan, meningkatkan sirkulasi udara hingga 60%


5. Wet Indicator
Popok MAKUKU memiliki fitur Wet Indikator sehingga mempermudah Moms untuk mengetahui apakah popok sudah penuh dan sebagai pengingat untuk mengganti popok. Ketika popok sudah penuh, garis kuning akan berubah warna menjadi warna biru. Khusus untuk ukuran NB terdapat bentuk “U” untuk melindungi tali pusar bayi.

6. Roll tape
Terdapat roll tape untuk membuang popok, hanya ada di popok MAKUKU tipe Celana.

7. Heat-press side (Khusus untuk tipe celana)
Sebagai penyambung dua sisi menggunakan alat ultrasonic / termokompresi (tidak menggunakan lem biasa) sehingga permukannya lembut agar mengurangi gesekan di pinggang, tidak membuat si kecil rishi, lebih mudah di robek pada saat mengganti popok. Karet elastis yang tidak terputus, sehingga membuat si kecil lebih nyaman dan mengurangi iritasi pada kulit bayi.


8. Certificate
Environmental Management System standard: ISO 14001:2015
Occupational Health and Safety Management System standard: ISO 45001:2018
Quality Management System standard : GB/T 19001-2016/ISO 9001:2015

Komposisi: Non-Wovens 38%, PE Breathable Film 3%, Absorbency Core 53%, Glue 6%,
Elastic 1%


Bayi Bahagia saat Liburan Tanpa Drama Ruam Popok


Dari pengalaman mengasuh tiga anak, pastinya saya pernah mengalami drama ruam popok pada anak. Dramanya pernah sampai parah banget, pernah juga ringan. 
Dari beberapa kejadian, dapat saya simpulkan kalau Ruam popok pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:
- Kontak terlalu lama dengan urine dan tinja di popok sehingga memicu iritasi pada kulit bayi yang sensitif
- Gesekan, misalnya karena popok yang terlalu ketat atau popok terlalu kasar 
- Tipe kulit sensitif
- Iritasi terhadap produk yang baru digunakan, seperti sabun, bedak tabur bayi, detergen, atau bahan pelembut pakaian
- Pengaruh jenis makanan baru, yang mengakibatkan perubahan komposisi tinja serta frekuensi buang air besar
- Infeksi bakteri atau jamur, karena kulit tertutup popok terlalu lama sehingga menjadi lembap dan hangat

Saya dan suami suka Jalan Bareng Bocah, anak-anak saya sudah diajak berpergian sedari bayi. Saat pergi-pergi tentu saja lebih aman dan nyaman kalau pakai diapers. Memakai diapers yang nyaman dan mempunyai daya tampung lebih besar adalah pilihan terbaik.

Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng menyampaikan, “Sebagai Top Brand dalam kategori Diapers Baby Kesayangan dari Mom & Kids Choice Award, peningkatan daya tampung popok pada MAKUKU SAP Diapers Slim tidak hanya ditujukan bagi peningkatan kualitas tidur yang ideal bagi bayi, tetapi juga untuk menjaga kualitas tidur yang baik bagi Ibu. Selain daya tampungnya yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi, MAKUKU SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort juga meningkatkan kualitasnya dengan teknologi inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). Teknologi ini mampu menyerap lebih banyak cairan dan menguncinya sehingga menekan risiko ruam popok.”

Daya tampung yang besar membuat tidak harus gonta-ganti popok saat di perjalanan. Membuat acara jalan-jalan jadi lebih menyenangkan.

Oh iya, jangan lupa ya Moms... pada saat bepergian lepaskan dengan benar diapernya. Cara melepaskan:
1. Setelah popok terpakai, buka bagian perekat pada popok
2. Buang kotoran bayi ke dalam toilet
3. Gulung popok dengan bagian kotor di dalam
4. Ungkus popok dengan perekatyang ada di bagian samping
5. Buang popok ke dalam tempat sampah

Setelah beli MAKUKU New Born untuk persiapan kelahiran anak ke empat saya, kemudian  merabanya dan menguji coba, saya nggak heran sih banyak para ibu yang jatuh cinta dengan MAKUKU. Karena kualitasnya sebagus itu, gak diragukan lagi kualitasnya yang premium. 

Dimana Belinya dan Berapa Harganya?

MAKUKU sebagai pelopor popok dengan inti struktur SAP hadir dalam pilihan MAKUKU SAP Diapers Pro Care, MAKUKU SAP Diapers Slim, MAKUKU SAP Diapers Comfort dan MAKUKU SAP Diapers Balance Care. Popok MAKUKU hadir dalam tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL).

 Seluruh varian MAKUKU SAP Diapers kini telah tersedia di e-commerce kesayangan, anda dapat berbelanja online dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia.

Yang saya beli ini adalah MAKUKU SAP Diapers Slim. Beli Official Store MAKUKU di Shopee dengan harga Rp 55.710

Instagram: @makuku.indonesia.official
Tiktok: @makukuindonesia.official

16 November 2022

Motherlove Pasta Gigi Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Bulan Oktober lalu, saya dikasih kejutan sama Allah dengan mengetahui bahwa saya hamil (lagi). Rasanya nano-nano banget karena kehamilan ini enggak disengaja dan merupakan kehamilan ke empat. Pada awalnya saya sempat stress. Namun setelah melalui 2 Minggu masa merenung dan mengambil hikmahnya, pada akhirnya saya menerima, agar kehamilan saya sehat dan janin di dalam rahim berkembang dengan baik.

Pada trimester pertama ini, perubahan demi perubahan dirasakan. Hal biasa yaa bagi ibu hamil karena perubahan hormonal. Sampai tulisan ini saya buat, tanda awal kehamilan masih saya alami.



Beberapa kondisi terjadi di saya seperti sakit tenggorokan, panas dalam sehingga napas tidak sedap, batuk, dan lain-lain. Pokoknya mulut tuh rasanya gak enak banget deh. Kondisi lain juga pernah saya alami pada kehamilan sebelum-sebelumnya seperti gingivitis (gusi bengkak), namun Alhamdulillah karena sebelum hamil saya sudah merawat gigi, jadi tidak ada masalah gigi sakit hingga priodontitis (infeksi gusi yang parah). Jika Moms mengalaminya, tolong segera ke dokter dan rawat giginya  Karena apabila tidak dirawat, maka akan berakibat fatal ke janin.

Perubahan hormonal lain yang saya alami adalah mual sehingga membuat nafsu makan berkurang. Apalagi saat menggosok gigi, mual akan semakin terasa. Ini karena rasa pasti gigi yang biasa tuh terlalu kuat dan jadi malas gosok gigi dan berkumur karena memicu mualnya semakin parah.

Seperti kehamilan-kehamilan sebelumnya, setiap kali dalam kondisi hamil saya akan selektif dalam memilih produk. Karena kandungan produk banyak yang nggak ramah ibu hamil. Baik itu skincare, bodycare, termasuk penggunaan pasta gigi. Apalagi pasta gigi pada umumnya berbahan kimia akan meninggalkan residu di rongga mulut, yang apabila dibiarkan tertelan & terus menerus masuk ke dalam tubuh dan terakumulasi, dapat berbahaya untuk kesehatan & janin.



Akhirnya saya beli pasta gigi Motherlove di marketplace. Motherlove ini Brand yang menemani perjalanan ibu & anak dalam 1.000 hari pertamanya, dengan komitmen untuk memberikan yang terbaik menggunakan bahan dasar natural & organik.


Review Motherlove Gentle Toothpaste


Sebelum membeli produk terutama untuk ibu hamil dan menyusui, saya selalu membaca kandungannya. Pasta gigi Motherlove ini mengandung bahan-bahan yang organik. Diantaranya

- Ekstrak Eucalyptus, Sage, dan Honey Propolis: mencegah gigi berlubang dan merawat kesehatan gusi.

- Ekstrak Aloe vera dan Folic acid: merawat & menenangkan gusi.

- Ekstrak Mint & Green Tea: menyegarkan nafas & mencegah bau mulut.

- Xylitol: membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Motherlove Gentle Toothpaste ini teruji aman karena menggunakan 99% bahan alami dan organik. Tidak meninggalkan residu berbahaya. Mempunyai banyak manfaat kesehatan Gigi, Gusi, dan Mulut dengan kandungan folic acid & honey propolis, hingga busa yang terbuat dari ekstrak kelapa, membuat Gentle Toothpaste for Moms menjadi pilihan yang tepat untuk saya. 


Packaging

Motherlove Gentle Toothpaste dikemas dengan tube. Warna kemasan soft dengan gambar cute mom. Disegel dengan aluminium foil pada lubang tube-nya. Menggunakan tutup flip flip yang mudah dibuka tutup dan meminimalkan tutupnya jatoh ke lantai kamar mandi ataupun gak sengaja kebuang. Kemasannya membuat pasta gigi terpakai hingga tetes terakhir.



Tekstur, Warna, dan Rasa

Tekstur Motherlove Gentle Toothpaste ini gel yang kental. Bening atau tidak berwarna. Rasa blueberry yang yummy dan rasa yang mild / lembut membuat menyikat gigi nggak lagi khawatir akan memicu mual.

Cara Penggunaan

Basahi sikat gigi dengan sedikit air. Keluarkan pasta gigi sebesar kacang polong pada sikat gigi. Gosok gigi selama 2 menit. Kumur dan buang sisa pasta gigi. Gosok gigi 2 kali sehari.



Kelebihan Motherlove Gentle Toothpaste for Moms:

- Pasta gigi pertama untuk ibu hamil & menyusui yang menggunakan folic acid & honey propolis.

- Menggunakan bahan alami & organik yang telah tersertifikasi. Tanpa kandungan bahan berbahaya.

- Teruji secara medis untuk ibu menyusui & ibu hamil. Diformulasi & diuji di Korea Selatan. Dan tidak diuji pada hewan.

- Membantu mencegah cavity & plak (bakteri).


Harga dan Beli Dimana


Netto: 100 gram

Harga Rp 74.000

Moms bisa membelinya di e-commerce, baby shop dan supermarket.

Segitu dulu, ya Moms untuk sharing penggunaan pasta gigi yang aman untuk kita-kita yang lagi hamil dan menyusui. Pastikan apa yang kita makan dan gunakan aman untuk diri kita dan janin yang sedang dikandung. Semoga teman bumil semua sehat selalu dan lancar persalinannya. Sampai jumpa di artikel lainnya. Xoxo


www.motherlove.id

Instagram: @motherlove_id




04 November 2022

Asuransi Mobil Perlu atau Tidak? Simak Jawabannya Di Sini

cek asuransi mobil terbaik

sumber gambar: wawanesa.com

Selama ini masih banyak sekali orang yang bertanya apakah asuransi mobil perlu atau tidak. Keraguan seperti ini muncul karena belum menyadari bahwa resiko berkendara memang tidak bisa dihindari, baik itu berupa kehilangan akibat pencurian atau kerusakan akibat kecelakaan. Resiko seperti inilah yang harus pemilik mobil antisipasi dengan memiliki asuransi. Agar lebih jelas, inilah pentingnya kepemilikan asuransi yang bisa Anda simak.

Asuransi Mobil Perlu Atau Tidak?

Resiko mengalami kecelakaan di jalan baik itu menggunakan mobil atau sepeda motor tetap ada. Agar bisa meningkatkan keamanan ada asuransi yang dapat diandalkan. Dapat dikatakan banyak manfaat yang didapatkan pengendara jika memiliki asuransi. Kendaraan seperti mobil membutuhkan asuransi untuk bisa menghindari kerusakan dan kerugian selama berkendara.

Namun tak hanya itu saja, asuransi mobil juga penting karena memberikan beberapa manfaat penting bagi pengendara. Berikut ini penjelasan singkatnya:

1. Menekan Biaya untuk Bencana atau Insiden

asuransi mobil terbaik
sumber gambar: johnfoy.com

Asuransi mobil bisa membantu Anda untuk membebaskan atau paling tidak menghindari biaya tambahan ketika mengalami bencana alam atau kecelakaan. Bencana alam maupun musibah kecelakaan tentu tidak bisa diprediksi. Dampak dari peristiwa tersebut biasanya merusak kendaraan yang ada terutama mobil.

Kejadian lain yang juga bisa merusak mobil yaitu tindak pengrusakan dan pencurian, asuransi siap memberikan perlindungan kepada Anda. Setiap ada kerusakan hingga kehilangan, asuransi akan membantu Anda melindungi keuangan dari biaya tak terduga sehingga rekening dan aset yang dimiliki tidak perlu sampai dipertaruhkan.

2. Meminimalisir Kerugian Pasca Kecelakaan

Bagi Anda yang memiliki banyak kegiatan, asuransi mobil ini sangat penting. Ketika mengalami kecelakaan, pihak asuransi yang akan mengurus semua proses pasca kecelakaan yang tidak menyenangkan. Mobil akan dibawa ke bengkel besar yang bekerja sama dengan pihak asuransi, proses klaim juga bisa selesai dengan cepat serta adil.

Hal tersebut akan sangat membantu Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus masalah tersebut. Anda bisa fokus pada pengobatan tanpa harus khawatir penanganan pada kendaraan. Selain lebih menghemat waktu, cover dari pihak asuransi juga lebih meminimalisir kerugian pasca kecelakaan.

3. Memberikan Rasa Tenang

cek asuransi mobil terbaik di indonesia
sumber gambar: archroma.com


Pengemudi kendaraan roda empat tidak akan bisa menebak seperti apa skenario lalu lintas yang terjadi setiap harinya. Ada beragam karakter pengendara jalan raya sehingga kecelakaan bisa kapan saja terjadi.

Untuk pengendara mobil yang sudah memiliki asuransi tentu akan lebih tenang dalam berkendara karena telah mengantongi perlindungan baik untuk diri sendiri dan mobil yang dimiliki. Ketenangan ketika berkendara pun muncul dan lebih meningkatkan keamanan.

4. Menanggung Kerusakan Kendaraan Pengendara Lain

Alasan lain yang membuat pengendara mobil harus memiliki asuransi adalah manfaat perlindungan terhadap kendaraan orang lain yang Anda rugikan. Jadi, ketika Anda mengalami kecelakaan dan ada kendaraan lain yang mengalami kerusakan karena tertabrak mobil Anda, uang ganti rugi akan ditanggung pihak asuransi.

Asuransi mobil memang memiliki manfaat membebaskan Anda dari tanggungan pihak ketiga. Tidak hanya Anda yg terbebas dari kerugian, pemilik polis asuransi mobil juga tidak perlu pusing memikirkan uang ganti rugi pada pihak ketiga. Baik itu biaya service mobil maupun biaya perawatan medis.

5. Sarana Investasi

cek asuransi mobil terbaik
sumber gambar: universe-cars.com


Asuransi mobil, selain bisa melindungi aset juga dapat dijadikan sebagai sarana berinvestasi. Memiliki asuransi ini dapat membuat Anda melakukan kegiatan menabung sekaligus melindungi aset. Sangat menguntungkan bukan?

Jadi, asuransi mobil perlu atau tidak? Jawabannya sudah pasti sangat perlu. Karena selain untuk keamanan dan kenyamanan, asuransi mobil juga bisa memberikan perlindungan serta menjadi sarana investasi. Untuk cek asuransi mobil terbaik, Anda bisa melihatnya di Cekpremi.com. Disini Anda bisa membandingkan berbagai produk asuransi dengan mudah dan cepat, sehingga produk yang didapat akan sesuai dengan kebutuhan dan juga budget.



24 October 2022

Hijabku Tak Menjadi Batasan

Memutuskan untuk berhijab 15 tahun lalu adalah keputusan dan pilihanku sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun. Di tengah tentangan dari orang tua untuk mengenakan hijab, aku membulatkan tekad. Saat melihatku nyaman menggunakan hijab, akhirnya orang tuaku pun merestui.



Bahagia saat berhijab

Yang paling penting dalam sebuah perjalanan yang aku jalani adalah kebahagiaan. Berhijab, aku bahagia. Berhijab, aku tidak merasa dibatasi. Berhijab tetap bisa berkreasi, berkarya dengan potensi unik ku, dengan ability kita masing-masing. Perempuan, berhijab dan tetap bahagia.

Selain bahagia, yang kedua adalah nyaman. Tentu saja kenyamanan nggak cuma di fisik, namun kenyamanan dalam hati, kenyamanan dalam beraktivitas. Kalau nggak nyaman, biasanya badan akan protes. Tolong sadari itu. Maka, pilih hijab dengan bahan yang terbaik agar kita tetap nyaman meskipun mengenakannya dalam waktu yang lama.



Berhijab dan Tetap Enak Dipandang

Dulu aku pernah terdoktrin, bahwa berhijab itu nggak boleh menampakkan keindahan, nggak boleh pakai yang berwarna-warni. Tapi Alhamdulillah aku nggak gitu lagi sekarang. Aku nggak bilang yang di atas salah, ya. Itu hanya pilihan masing-masing aja. Kalau sekarang, aku suka memakai hijab warna-warni, desain yang indah, dan pilihan cara mengenakan yang bervariasi.

Berhijab tak Membatasi

Perempuan berhijab tetap bisa berkarya. Perempuan berhijab tetap bisa eksis dengan berbagai peran dalam masyarakat

Perempuan berhijab tetap bisa “terbang tinggi” meniti karier setara dengan yang lain.

Sejalan dengan itu, aku bahagia menemukan hijab Rahina Indonesia, hijab dengan bahan premium dan motif yang simple dan elegan. Cocok dikenakan di berbagai acara dan suasana.

Bahannya yang premium nyaman dikenakan. Enggak gerah, mudah dibentuk menyesuaikan garis wajah kita.



Mengenal Rahina Indonesia

Rahina diciptakan oleh Tina Dwi Nuryanti S.Pi di Bandung pada tahun 2016. Dengan visi dan misi menjadi One Stop Shopping Hijab Premium Terbaik di 2030. Rahina mengusung tagline “Woman with no Bondaries”.

Yang menariknya, setiap produk Rahina Indonesia mempunyai cerita masing-masing dari setiap produknya. Baik dari sosok seorang perempuan tangguh, hebat, cerdas di Indonesia maupun luar.

Misalnya, seperti seri Errina Monogram.

Saya setuju dengan apa yang dipaparkan teh Tina tentang Errina Monogram. Bener banget semua berawal dari diri sendiri. Setiap langkah perjalanan yang ku pilih akan menemukan pengalaman baru dan menciptakan kemajuan, mengubah cara pandang yang akan membuat dunia kita menjadi berbeda. Karena Perempuan aktif selalu menantang zona nyaman untuk mencapai yang terbaik. Begitupun aku yang selalu ingin keluar dari zona nyaman. Mencari sesuatu yang baru untuk dipelajari.

Atau seperti Vishwa Signature Series

Cerita dibalik nama Vishwa ternyata Visioner, Intelegent, Strong, Humble, Winner, Adorable

Keren, ya?!

Aku juga setuju, setiap perempuan mampu menciptakan prestasi. Setiap perempuan bisa percaya diri dengan kemampuan serta prestasi yang dimiliki. Setiap perempuan itu tangguh, mampu menjadi pemenang disetiap rintangan yang dilalui.



Dan yang paling menarik adalah Zaha Spesial Series

Series ini terinspirasi dari seorang Zaha Hadid (arsitek wanita pertama yang mendapatkan Penghargaan Arsitektur Pritzker)

Berkat pencapaiannya, wanita berdarah Irak ini mendapatkan gelar terhormat paling tinggi di Inggris, yakni Dame.

Menarik sekali karena produk-produk Rahina Indonesia ini nggak cuma sekadar produk aja. Namun memiliki Value yang mengingatkan kita para perempuan untuk punya “value” juga.

Seperti Zaha Series ini: Classy Straight Forward Active Shine Elegant Stable

Terima kasih teh Tina karena telah menciptakan Rahina Indonesia. Semoga semakin banyak perempuan Indonesia yang menyadari akan value diri.

Dan terima kasih juga telah mengadakan workshop copy writing bersama mbak Dini Fitria yang membuat aku semakin percaya diri dalam menulis.

Yang paling berkesan adalah kata-kata dalam sebuah produknya yang bisa kita ambil seperti:

Know your worth

Confidence

Empowering

Be a light in the darkness

Positive attitude

Open minded

Strength and beauty

Independent


Oh iya, untuk series yang aku pakai ini, ini adalah Alludra Bergo Talitha. 

Pertama buka kemasan produknya aku sukaaa. Dengan hardbox membuat look Rahina premium. Kalau teman-teman mau kasih hadiah buat sahabat, ini keren banget sih.

Begitu kotak dibuka, aku suka dengan desainnya yang simple. Bahannya yang lembut dan adem dipakai. Alludra Bergo ini pas untuk aku yang Active. Simple dipakai tinggal 'slup', Comfortable kainnya yang lembut tipis tapi gak nerawang sehingga meskipun pakai hijab tetep adem, Instant gak ribet, Elegant dengan desainnya.



Sukses terus Rahina Indonesia, terus menginspirasi perempuan untuk berhijab dan bernilai.










28 September 2022

Amartha Pinjaman Modal UMKM Khusus Ibu-Ibu

Dulu saat keuangan keluarga mengalami collaps dan berada di titik nol (minus malahan), saya sempat membuat sebuah usaha handicraft. Namanya Busy Book. Bermodalkan hanya beberapa ratus ribu rupiah, saya membuat mainan anak-anak dari kain flanel. Pada awalnya saya mempromosikan produk hanya ke teman-teman dekat. Tak disangka sambutan mereka bagus dan mengapresiasi mainan handmade yang saya buat. Mereka minta saya membuatkan Busy Book untuk anak-anak balita mereka. Serta digunakan untuk kado hadiah ulang tahun anak temannya

Dari situ, saya beranikan diri untuk membuat akun instagram @crafterdiary dan mempromosikan produk yang saya bikin di sana. Saya juga menulis khusus Busy Book di blog ini.

Beberapa bulan kemudian, mainan Busy Book ini viral dan ngehits banget waktu itu. Kunjungan ke artikel Busy Book di blog ini mencapai ribuan per harinya. Orderan semakin berdatangan. Dari hari ke hari semakin bertambah banyak waiting list-nya.

Waktu itu saya membutuhkan modal tambahan sebenarnya. Namun saya bingung kemana saya mencari modal untuk membeli bahan-bahan untuk menyelesaikan pesanan. Saya waktu itu belum bergabung di komunitas UMKM, koperasi, dan sebagainya. bener-bener sendiri pokoknya. Bank? Belum sampai ke sana karena modal yang dibutuhkan cuma beberapa juta aja.

Andai dulu saya sudah mengetahui Amartha... 

(Gak boleh berandai-andai yaaach. hihihi)


Beberapa saat lalu, saya dan komunitas ISB (Indonesian Sosio Blogpreuner) berkesempatan untuk mengenal tentang aplikasi Amartha ini.

Apa itu Amartha?

Amartha merupakan microfinance marketplace yang menghubungkan antara pendana (lenders) dengan Pengusaha Mikro. Atau biasa disebut P2P (Peer to Peer) Lending. Amartha sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Yang menarik dari Amartha diantaranya:

  • Hanya memberikan pinjaman produksi/untuk modal usaha. yang konsumteif kayak misal vvuntuk beli HPV baru mah nggak bisa, yaa.
  • Hanya memberikan pinjaman kepada ibu-ibu/perevmvpuan pelaku UMKM di pedesaan, sorry ... bapak-bapak gak boleeeh.
  • Melayani segmen mikro di desa-desa yang belum terlayani oleh jasa keuangan formal.
  • Amartha menggunakan konsep Grameen Model, yaitu pemberian modal usaha dengan membentuk kelompok usaha berisi 10-20 orang anggota dan menerapkan sistem tangung renteng. tanggung renteng ini untuk mengantisipasi mitra yang gagal bayar, jadi ditanggung oleh teman-teman satu kelompok usaha.

Amartha ini termasuk ke impact investing atau pendanaan berdampak. Yaitu strategi investasi yang menguntungkan investasi sekaligus menciptakan dampak positif untuk sosial dan lingkungan.

Dampak Sosial Ekonomi yang dirasakan seperti:

Dampak sosial: mitra Amartha memiliki skill baru dari pertemuan kelompok, mitra Amartha mampu menyekolahkan anak, mitra lebih berdaya dan percaya diri dalam keluarga, memiliki jenjang sosial baru dan relasi bisnis.

Dampak Ekonomi: mampu memenuhi kebutuhan dasar, pendapatannya naik, menyerap tenaga kerja, lebih optimis dalam melihat masa depan.



Jadi, buat teman-teman di sini apabila ada perempuan pelaku UMKM yang sedang membutuhkan modal usaha, silahkan dikasih tahu kalau ada Amartha. Semoga membantu usaha kecil mereka terus tetap berjalan dan siapa tahu semakin besar dan membantu mengangkat perekonomian keluarga mereka juga.