31 October 2021

Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021

Dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2021 ini, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan regulator serta pemangku kepentingan lainnya dalam industri keuangan non bank (IKNB) menguatkan komitmennya dalam mendorong literasi keuangan dan asuransi melalui kegiatan seri kampanye literasi yang masif dengan melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan di Bulan Inklusi Keuangan (BIK), selama bulan Oktober ini.


Apa itu FIN EXPO BIK?

AAJI dan anggotanya dari perusahaan asuransi jiwa dan reasuransi secara aktif melakukan edukasi keuangan dan asuransi dengan meramaikan perhelatan daring FinExpo-BIK 2021 yang diselenggarakan dari tanggal 18 Oktober sampai dengan 2 November 2021. 

Bagi AAJI, kegiatan yang diselenggarakan oleh regulator industri keuangan dengan berbagai institusi Pemerintah dan perusahaan jasa keuangan (PUJK) ini merupakan bukti nyata sinergi dan kolektivitas seluruh pemangku kepentingan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki akses ke layanan jasa keuangan, termasuk perlindungan asuransi jiwa. 

Budi Tampubolon, Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dalam sebuah webinar di FIN EXPO 2021 meyakini bahwa kampanye inklusi dan literasi asuransi yang masif masih perlu dilakukan karena faktanya baru sekitar 6,5 persen penduduk Indonesia yang saat ini memiliki perlindungan asuransi jiwa. 

Siapa yang baru tahu kalau bulan Oktober ini merupakan Bulan Inklusi Keuangan? Lanjutkan membaca, yuk.

Beberapa hari yang lalu, saya pun mengunjungi FIN EXPO BIK ini di link ini http://www.finexpo-bik2021.id

Ada beberapa yang bertanya, jadi ini tuh konsep acaranya seperti apa? Jadi, gaes, bahasa mudahnya itu ... bayangin kita lagi di sebuah gedung dengan acara bazaar atau pameran. Dalam pameran itu tentu saja ada banyak booth atau stand. Namun karena ini event virtual, boothnya pun virtual. Siapapun kalian, dimanapun kalian berada dan kapanpun waktunya, kalian bisa mengunjungi virtual booth dengan mudah. Jangan lupa registrasi terlebih dahulu.

Ada Apa Saja di FINANCIAL EXPO BIK 2021?

Di http://www.finexpo-bik2021.id, seperti yang anda lihat pada fliyer, menyajikan beragam informasi seputar:

- Penjualan produk/jasa keuangan berinsentif

- Webinar edukasi keuangan

- Pameran jasa keuangan

- Dan juga Doorprize senilai jutaan rupiah setiap harinya.


Kemarin saya sudah melakukan kunjungan ke berbagai booth. Virtual Booth ini terdapat beragam diantaranya Kementrian dan Lembaga, Perbankan, asuransi, pembiayaan, keuangan syariah, pergadaian, pasar modal, dana pensiun, fintech/P2PL, e-commerce dan lainnya. Terdapat juga produk konvensional dan syariah.

Salah satu dari sekian booth yang saya sambangi adalah booth-nya PRUDENTIAL



Prudential, seperti yang telah kita ketahui bersama, merupakan produk asuransi.

Masyarakat banyak yang belum paham bahwa asuransi jiwa adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatur keuangan masa depan. Ditambah dengan adanya risiko pandemi, masa depan masih menjadi sesuatu yang tidak dapat dipastikan oleh siapa pun. Di situlah pentingnya produk asuransi jiwa dalam melindungi semua orang dan keluarga tercinta dari berbagai risiko di masa depan.

Berbagai risiko kehidupan di masa sulit seperti saat ini bisa menghambat pelaksanaan rencana yang sudah disusun untuk masa depan. Seperti pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. 

Karena itulah, untuk meningkatkan literasi asuransi, khususnya kepada kaum millennial sebagai generasi bangsa selanjutnya, AAJI bersama segenap insan asuransi Indonesia terus berupaya memberikan edukasi, meski masih dalam tantangan masa pandemi.

Sebagai generasi millenial, kita adalah generasi emas yang berperan penting membangun perekonomian Indonesia di masa depan. Mari kita tingkatkan lagi kesadaran literasi keuangan kita. Mudah-mudahan dengan perkembangan teknologi terkini dan meningkatnya kemampuan dalam memanfaatkan teknologi ini serta akses ke perlindungan asuransi, kita dapat mendongkrak kualitas kehidupan bangsa kita di masa depan.

Ada apa saja di booth PRUDENTIAL?



Ada edukasi produk asuransi tentu saja. Dari asuransi konventional hingga asuransi syariah. Selain itu ada pula galeri video yang menampilkan berbagai informasi, tips keuangan, dan story.

Ada informasi tentang 4 jenis asuransi jiwa, diantaranya:
1. Unit Link: masa bayar premi seumur hidup
2. Endowment: masa bayar premi 5,10,15 tahun
3. Whole: bayar & perlindungan seumur hidup
4. Term: masa bayar disesuaikan 

Beberapa produk asuransi syariah di Prudential, diantaranya:
-Asuransi jiwa syariah PRUCinta
-Asuransi jiwa syariah PRUCerah
-PRULink Syariah

Saya suka dengan pemaparan Merry Riana soal bagaimana tips memilih asuransi kesehatan. 
Tips dari Merry Riana memilih asuransi kesehatan secara singkat:
1. Siapkan anggaran.
2. Pahami kebutuhan dan fasilitas.
3. Tentukan premi.
4. Pahami masa pertanggungan.
5. Pahami jenis penyakit yang akan ditanggung.

Saya pun terharu dengan video bagaimana kita harus meneruskan perjuangan orang tua kita supaya generasi penerus kita mempunyai pendidikan tinggi dan kehidupan yang lebih baik.


Dari FIN EXPO ini pun saya baru tahu kalau Prudential ternyata menggandeng idok K-POP yaitu SUPER M untuk mengajak masyarakat sadar dengan gaya hidup sehat dan bahagia.




YUK. Jangan lupa untuk kunjungi virtual booth FIN EXPO BIK 2021, dan jangan lupa kunjungi booth Prudential Indonesia juga ya! 👍

Sebarkan informasi ini agar semakin banyak masyarakat Indonesia teredukasi dan mendapatkan pemahaman yang tepat akan pengelolaan keuangan!💡


17 comments:

  1. Wah mantep ini, keuangan memang penting dalam kehidupan ini apalagi sekarang penting untuk mengelola uang.

    ReplyDelete
  2. Tips memilih Asuransinya dari Mery Riana ini pas banget buat aku mbak, jadi gak asal, gak mudah tergoda bujuk rayu.

    ReplyDelete
  3. Dapet banget ya ilmunya dari Finansial Expo.Terutama tips dari Merry Riana dalam memilih asuransi.Keren nih Prudential untuk produk asuransi syariahnya

    ReplyDelete
  4. Menarik ya, walau pandemi juga tapi penyelenggaraan BIK 2021 ini tetap berjalan secara virtual. Literasi keuangan banyak didapat donk ya selama mengikuti virtual ini.

    ReplyDelete
  5. Penasaran dengan webinar edukasi keuangan. Saat seperti ini emang penting banget sih. Supaya makin pandai mengatur keuangan juga kan ya

    ReplyDelete
  6. keren banget nih eventnya,walaupun ketinggalan tapi dapet informasi lengkap dari mba uwien,makasih ya. Jadi emang harus lebih melek digital dan literasi keuangan ya.

    ReplyDelete
  7. Bulan inklusi keuangan seperti ini bagus banget supaya masyarakat lebihmengetahui tentang produk keuangan, instrumen keuangan dan hal lain yang berkaitandengan keuangan, termasuk asuransi.

    ReplyDelete
  8. Boleh juga nih intip intip asuransi yang bagus dan cocok. Nanti ada lagi gak ?

    ReplyDelete
  9. Expo virtual ternyata juga menyenangkan ya.. Banyak ilmu baru yang bisa kita dapatkan..jadi bukan hanya tentang produk

    ReplyDelete
  10. Keren kak ! Harusny aku bisa ikutan nih expo virtual gini . Biar bisa belajar mengatur keuangan juga

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya enak ya dengan ada expo virtual kayak gini, bisa dapat ilmu sekaligus informasi finansial mulai dari instrumen keuangan dan asuransi

    ReplyDelete
  12. Acaranya keren banget, semoga dgn adanya Expo Virtual ini semakin banyak oranh yg melek akan literasi keuangan

    ReplyDelete
  13. Inovasi expo virtual menurutku keren, kok yang punya ide sampai berpikir ke sana. Mrmanfaatkan teknologi untuk mengadakan perhelatan pameran Financial. Lebih praktis dan hemat kertas biasanya klo acara offline suka bagi-bagi brosur hehe

    ReplyDelete
  14. banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa dipelajari nih. kece banget sih menurutku. Apalagi masalah keuangan. udah pasti soft skill paling berguna dimasa pandemi

    ReplyDelete
  15. Wahh.. sayang bgt aku ketinggalan event ini sepertinya menarik banget terutama eventnya banyak bahas ttg finance aku skrg jg lg sering belajar ini pas pandemi

    ReplyDelete
  16. saya juga kemarin ikutan acaranya seru ya, kebetulan banget saya sedang belajar tentang finansial khususnya tentang asuransi, ini kasih gambaran banget buat saya mba

    ReplyDelete
  17. Bagus nih tips dari Merry Riana tentang pertimbangan kita dalam memilih asuransi. Bener banget ya, kita harus memahami kebutuhan apa saja yang kita perlukan dari proteksi yang hendak kita pilih dan sesuaikan dengan kemampuan.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.