05 April 2016

PRENAGEN Pregnancyy Educational Journey Mempersiapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil

PRENAGEN Journey Educational Journey ( selanjutnya ditulis PPEJ ) merupakan salah satu rangkaian kampanye #PRENAGENPeduli yang diperuntukkan bagi para calon orang tua dan yang sudah menjadi orang tua di berbagai kota di Indonesia. Di tahun 2016 ini, Bandung sebagai kota pertama diselenggaraannya PPEJ. Acara ini sendiri diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil dan menyusui yang telah memilih Prenagen sebagai teman setia menyiapkan tumbuh kembang si kecil sejak dalam kandungan hingga 2 tahun. Sekaligus menyadarkan para calon orang tua bahwa nutrisi dan stimulasi di 1000 hari pertama kehidupan itu sangat penting.

Bertekad ingin menimba ilmu sebanyak-banyaknya, saya pun hadir pukul tujuh pagi di The Trans Luxury Hotel tanggal 2 April 2016 lalu. Ini merupakan acara edukasi terlengkap PRENAGEN yang mengusung tema "Siapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil!". Kenapa? Sebab di Education Center-nya ada kelas edukasi dan konsultasi gratis yang dibagi dalam beberapa kelas seperti : Kelas PraKehamilan, Kelas Kehamilan, Kelas Menyusui, dan Kelas Nutrisi Sehat. Semua peserta terlihat antusias dengan semua kelas. Terbukti semua kursi terisi penuh. Setiap kelas dibagi menjadi tiga sesi, jadi yang ketinggaan di sesi pertama masih bisa mengikuti sesi selanjutnya.

Kelas Pra Kehamilan





Di kelas prakehamilan ini, membahas semua hal yang berhubungan tentang persiapan menghadapi kehamilan. Bagaimana menjaga asupan gizi agar cepat hamil. Bagaimana mengetahui tanda-tanda hamil sebelum melakukan tes kehamilan. Bagaimana menyiapkan ilmu yang banyak sebelum kehamilan benar-benar terjadi. dan sebagainya.
Sebelum hamil para calon ibu dan calon ayah juga harus tahu kapan waktu efektif agar bisa berhasil 'mempertemukan' sel telur dengan sperma. Maka dari itu, pasutri (pasangan suami-istri) perlu pengetahuan tentang menghitung masa subur. Baik yang ingin segera mendapat momongan maupun yang ingin menundanya. 
Bagaimana mengetahui masa subur? Salah satu caranya adalah memperhatikan lendir yang keluar dari miss V. Cirinya, tidak putus ketika dicek menggunakan jari. Salah duanya adalah dengan memperhatikan siklus haid. Mudahnya, 11 hari sebelum dan 11 hari sesudah haid. Dalam kurun waktu itu adalah waktu subur. Tapi ini juga tergantung masing-masing orang juga, sih. Ada yang memang kondisi suami-istrii sedang bagus, sehat dan tidak capek atau stress. Melakukan hubungan di luar masa subur juga ada kemungkinan bisa hamil. Jadi perlu diperhatikan kondisi psikis pasutri juga. 

Kelas Kehamilan


Dr. Indri dan bidan dari RS Melinda
Di kelas ini, diedukasi tentang proses apa saja yang terjadi saat kehamilan berlangsung. Dari 0 bulan sampai usia 9 bulan 10 hari atau sampai bayi dilahirkan. Bagaimana peran suami saat istrinya hamil. Dan banyak informasi yang sangat membantu bagi pasangan calon orang tua. Maka tak heran, di kelas ini yang hadir sebagian besar adalah pasangan suami istri yang sedang menantikan kelahiran buah hatinya.
Pesan dari dr. Indri : Ibu hamil wajib HAPPY. Dan jangan pernah abaikan asupan makanan.

Kelas Menyusui

Bu bidan sedang memperagakan bagaimana menyusui yang benar.
Di kelas menyusui ini juga banyak sekali imu yang bisa didapat sebagai bekal untuk para ibu -dan juga ayah. Dari mulai cara memandikan bayi baru lahir, cara memegang atau menggendong bayi, cara menengkurapkan bayi, cara mengganti popok dan membedong, dsb.
Di sini tidak hanya ibu saja yang memperhatikan, para ayah juga sangat antusias menyimak kelas menyusui. Soal menyusui, suami juga harus ikut berperan demi kesuksesan pemberian ASI Esklusif. 

Saya paling betah di kelas ini meskipun saya sudah berpengalaman merawat bayi. Iyalah,anakku sudah dua. :) 

Di kelas ini juga diajarkan banyak hal seperti :

1) Cara memandikan bayi yang benar :
- Suhu air untuk mandi harus sama dengan suhu badan bayi. Tes dengan mencelupkan siku kita ke dalam air.
- Jangan memandikan bayi saat bayi lapar dan atau saat bayi terlalu kenyang.
- Penting diketahui adalah cara memegangnya.Jangan memegang leher bayi dengan telapak tangan saat memandikan, tapi pegang lengan bayi(dekat ketiak bayi) dengan tangan kiri kita. Sangga leher bayi dengan lengan kiri kita.
- Menengkurapkan bayi saat mandi juga harus hati-hati. Ini tidak bisa ditulis dengan kata-kata ,susah menjelaskannya. Harus praktek langsung. Sebaiknya belajar/tanya ke bidan.

2) Cara menyusui yang benar :
- Sebelum menyusui, ibu wajib dalam keadaan bersih. jangan lupa mencuci tangan sebelum menyusui dan memakai baju yang bersih.
- Duduk tegak, kaki menyentuh tanah (tidak menggantung ataupun jinjit) 
- Ajak ngobrol bayi untuk mengomunikasikan bahwa si bayi akan makan. Siapkan payudara.
- Posisi bayi harus menempel seluruhnya di badan ibu.
- Masukkan puting beserta aerola (bagian gelap sekitar puting). pastikan tidak ada bunyi decakan saat bayi menghisap.

3) Cara memijat payudara
- Pemijatan dilakukan oleh orang lain.paling bagus oleh suami. Ini menjalin bonding dan kedekatan suami-istri.
- Tuangkan baby oil atau olive oil ke telapak tangan. 
- Lakukan putaran ke arah luar sampai di bagian bawah payudara,lalu hentakkan ke atas.
- Ulangi sampai 15 kali.
- Jika kurang jelas, silahkan googling videonya.:) 
- Gerakan kedua, sangga payudara dengan telapak tangan. Pijat dengan sisi luar telapak tangan. Pemijatan dari atas ke bawah.
- Ibu tengkurap dengan payudara menggantung. Pijat punggung ibu menyusui dengan gerakan memutar. Ini akan merangsang hormon oksitosin.
- Kompres dengan air hangat. Setelah itu kompres dengan air dingin.

4) Cara Memijat Bayi
- Memijat bayi dalam kondisi bayi tidak sedang kelaparan atau kekenyangan.
- Siapkan ruangan yang hangat agar bayi tidak kedinginan.
- Siapkan baju yang akan dipakai setelah pijat.
- Gerakan pertama dimulai dari kening. Lakukan pijatan dari tengah kening ke arah luar sebanyak 6 kali.
- Pijat alis menggunakan jempol dari daam ke arah luar. Lakukan sebanyak 6 kali.
- Pindah area bawah hidung, kemudian bawah dagu.
- Pijat area leher. Pijat dari arah bawah telinga dengan arah ke depan (ke dagu).
- Pijat area dada dengan pijatan membentuk kupu-kupu.
- Pijat area perut dengan membentuk huruf I L U.
- Pindah ke area tangan, pijit dari bawah ke atas. Lalu pijat telapak tangan menggunakan jempol kita. Jangan ketinggalan pijat jari-jarinya dengan lembut.
- Tengkurapkan bayi, pijit area punggung.
- Terakhir bagian kaki. Pijat dari bawah ke atas. 
- Pijat telapak kakinya menggunakan jempol.

Untuk lebih jelasnya bisa diihat di video ini :



Pijat bayi berguna agar badan bayi lebih cepat sehat dan kuat. Dan yang lebih penting adalah untuk menjain kedekatan bayi dan ibu. 

Kalau ibunya tidak bisa memijat gimana? Tidak ada yang tidak bisa dipelajari, asalkan mau belajar pasti bisa kok. :) Yuk belajar.

Kelas Nutrisi Sehat


Di kelas nutrisi sehat ini, chef Eddrian Tjhia mengajarkan peserta membuat makanan dan atau cemilan yang sehat untuk ibu pra kehamian, hamil dan menyusui. Resep-resep yang didemokan adalah inovasi chef Tjhia sendiri. Ada 10 (sepuluh) resep yang dibagi dalam tiga sesi. Para peserta tidak perlu mencatat karena semua resep telah dijadikan buku saku dan dibagikan kepada seluruh peserta.
*)Menu resep Pra Kehamilan : Avocado Toast, Green Smoothies, Baby Spinach Salad, dan Sop Cream Labu
*)Menu resep kehamilan ; Semur Tahu Telur, Puding Cokelat, Tumis Daging Paprika,dan Smoothies Pisang Coklat.
*)Menu menyusui : Sup Pepaya Muda dengan Angco, Jus Daun Katuk dengan Pisang.

Saya tuliskan beberapa resepnya. Semua resepnya relatif mudah disiapkan.

Avocado Toast

Bahan : roti gandum, alpukat, telur ayam, kacang walnut (bisa diganti kacang lain), olive oil, garam secukupnya, lada hitam secukupnya.
Cara membuat : Rebus telur setengah matang, roti ditoast, alpukat dihaluskan ditambahkan olive oil dan kacang wanut, ambi roti lalu oleskan alpukat yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan telur di atasnya. Taburi sedikit garam dan lada hitam.

Semur Tahu Telur

Bahan : 6 buah telur ayam, 1 buah tahu cina dipotong kotak.

Bahan Bumbu : 5 siung bawang merah, 3 cabe merah, 1 sdt (sendok teh) bubuk pala, 1/2 sdt merica, 2 sdm (sendok makan) kecap manis, 1 sdt cuka apel, 1 sdm gula pasir, 1 sdt garam.

Cara membuat :
Rebus telur ayam.
Goreng tahu sampai kuning.
Tumis bawang merah dan cabe merah sampai harum, masukkan tahu dan telur, tambahkan kecap manis, bubuk pala merica, gula garam, cuka apel, dan air secukupnya.
Masak sampai matang, angkat dan sajikan.

Smoothiest Pisang Cokelat

Bahan : 2 buah pisang, 4 sdm PRENAGEN  rasa cokelat, 2 sdm madu, air secukupnya.
Cara membuat ": campurkan semua bahan lalu diblender.
chef Eddrian Tjhia sedang membuat smoothiest
Education Class sesi kedua dari masing-masing kelas telah selesai. Yang nanti akan dilanjutkan sesi ketiga setelah sesi utama yaitu talkshow. 

Sesi Talkshow

Sebelum sesi talkshow dimulai.
Acara inti dari PPEJ BANDUNG 2016 ini dibuka oleh mbak Sisca sebagai MC dan sebagai moderatornya adalah seorang artis sekaligus praktisi parenting, Mona Ratuliu. Keduanya menjadikan suasana talkshow menjadi hidup. Ada tiga pembicara yang mengisi takshow.

Pembicara : dr. Boy Abidin, SpOG(K); Roslina Verauli M,Psi; Irene F. Mongkar.

Dr. Boy Abidin, SpOG(K)
Seorang ahli kebidanan dan ginekologi yang berfokus di bidang fertilitas. Beliau aktif menjadi pembicara di berbagai seminar untuk memberikan edukasi mengenai perkembangan janin dan kehamilan yang sehat. Dr. Boy masih aktif praktek di salah satu Rumah Sakit ternama di Jakarta.
Menurut dr. Boy, 1000 Hari Pertama Kehidupan (selanjutnya ditulis HPK) sangatlah penting karena masa ini disebut periode emas (golden period). Jika tidak  dimanfaatkan dengan baik dapat menyebabkan kerusakan yang bersifat permanen. 1000 HPK yang dimaksud yaitu sejak hari terjadinya pembuahan sampai anak berusia 730 hari atau 2 tahun.
Dr. Boy menunjukkan di slide sebuah gambar bocah ,yang merupakan pasiennya, yang mengalami kelainan otak dan kecacatan parah yang disebabkan oleh kekurangan Asam Folat. Malnutrisi (kekurangan gizi) merupakan penyebab kematian 2,6 juta anak di seluruh dunia setiap tahunnya. Pun jutaan anak yang hidup dengan gangguan fisik dan kognitif karena tidak memperoleh nutrisi yang cukup di 1000 HPK. Maka dari itu, peranan kita sebagai orang tua sangatah penting dalam memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk perkembangan janin secara optimal.

Pembicara kedua adalah seorang psikolog anak dan keluarga.
Roslina Verauli M,Psi
Menurut psikolog lulusan Universitas Indonesisa itu, kebahagiaan ibu saat hamil mengambil peran penting dalam perkembangan anak yang dikandungnya. Maka dari itu, peranan suami sangat penting untuk menaikkan kadar kebahagiaan istrinya sekaligus menurunkan penyebab kesedihan, kemarahan dan stress. Jika ibu hamil mengalami hal tersebut, dampaknya sangat tidak bagus untuk perkembangan janin yang dikandungnya. 
Ucapan juga harus dijaga saat mengandung. Karena janin mendengar semua yang kita katakan.
Saya jadi teringat masa-masa indah saat hamil. Suami lebih sayang, pagi-pagi ditemani jalan-jalan, tiap malam selalu memijit telapak kaki saya walaupun siang sudah capek kerja.

Di tengah sesi, bu Vera melakukan Game Kesiapan Ibu. Game ini membuka pikiran kita bahwa persiapan pengetahuan dan ketrampilan mengurus anak sebelum anak lahir ke dunia itu penting sekali. Sebagai contoh, seorang ibu yang belum mempersiapkan ketrampilannya tidak tau bagaimana memakaikan diapers pada bayi. Ada juga yang belum tahu bagaimana membersihkan pup bayi baru lahir. Jadi penting banget ya mengetahui teori dan praktek menghadapi persalinan. :)

Di sesi menuju pembicara selanjutnya, Ibu Vera membuat para ibu hamil rileks dengan memperdengarkan sebuah irama lagu yang lembut. Menuntun agar peserta mengikuti yang beliau katakan serta memberi kata-kata positif kepada kami. 

Bubun hadir dengan membawa sekotak aat stimulasi. Suasana menjadi heboh.
Pembicara ketiga hadir. Suasana menjadi "pecah" dengan kehadirannya. 
Bubun Irene F. Mongkar
Bubun adalah panggilan akrabnya. Beliau adalah seorang pakar stimulasi anak yang aktiv mengkampanyekan metode Glenn Doman ( *langsung googling siapa itu Glenn Doman* :) ). Beliau saat ini menjalankan pusat stimuasi bayi dan anak bernama GymnAdemics.
Bubun Irene membawa sekotak besar alat peraga. Dalam kotak itu ada banyak macam alat-alat yang digunakan untuk menstimulasi bayi. 

Menurut Bubun Irene, selain nutrisi, faktor yang tak kalah penting adalah meakukan stimulasi terhadap anak. Bayi yang distimulasi dengan baik dalam masa 1000 HPK akan berkembang dengan baik pula di kehidupan setelah dewasa. Perlu diketahui, semakin besar si anak, kemampuan berkembangnya akan semakin menurun. Jadi, kita seharusnya memanfaatkan moment yang tidak bisa diulang kembali ini. Selain itu, stimulasi berguna untuk mengetahui apakah sistem kerja syaraf si kecil sudah sempurna sesuai dengan yang semestinya.

Pesan Bubun kepada guru pertama si anak (baca : ibunya) adalah, teruslah melakukan stimulasi pada anak dan lihat bagaimana si kecil menjadi manusia seutuhnya yang bahagia, percaya diri dan penuh imajinasi. Jangan pernah bosan memberi anak informasi dalam segala bentuk dan jangan pernah menghambatnya untuk bergerak, berbicara, dan melakukan eksplorasi. 
Tentang penggunaan kata jangan, bukan tidak boleh sama sekali. Namun sebaiknya orang tua menggunakannya pada saat yang tepat. Pada saat memberitahu si anak bahwa bermain pisau adalah bahaya, jadi tidak boleh dilakukan, misalnya.

Di akhir sesi talkshow, para hadirin diajak merenung bahwa bagi anak, tidak ada tempat sehangat dan senyaman dekapan, belaian, dan pangkuan orang tuanya. 
Para hadirin yang datang bersama suami/istri diminta berpelukan. Saya dan beberapa teman blogger yang tidak membawa pasangan pun saling berpelukan sambil menyanyikan lagu "Hanya Satu Pintaku". 

Hanya satu pintaku tuk memandang langit biru,
di pangkuan seorang Ibu.
hanya satu pintaku, tuk bercanda dan tertawa,
di pangkuan seorang Ayah.
Apabila ini, hanya sebuah mimpi...
Ku selau berharap
Dan tak pernah terbangun
Hanya satu pintaku tuk memandang langit biru
Di pangkuan ayah dan ibu.

Suasana menjadi haru biru karena kami adalah orang tua yang punya banyak kekurangan. tapi Bubun disini menegaskan : bahwa kita adalah orang tua hebat. Kita adalah orang tua hebat! KITA...ADALAH ORANG TUA HEBAT!!!

Di akhir talkshow, ditutup dengan pengumuman pemenang Best Dress yang dimenangkan oleh sepasang suami istri yang memakai baju ungu cantik dan sedang mengandung anak pertama. Ah seneng deh lihatnya. :)
foto twitter @PrenagenWorld
Sejak acara dimulai, juga diadakan lomba live tweet dan livegram dengan hashtag #PPEJ2016BDG #PRENAGENpeduli #IbuSehatIndonesiaSehat #PRENAGRAM . Kabar baiknya adalah hastagh tersebut menjadi tranding topic di Twitter. Yeaa..!!
Pemenang live tweet-nya adalah @ida_tahmida @dyprameswarie @titinmiyarti . Selamat ya.

Stand PRENAGEN

Di PPEJ 2016 Bandung ini, selain ada kelas edukasi, ada juga Stand Prenagen  yang menjual produk-produk prenagen lengkap. Memperkenalkan prenagen Prenapro yang merupakan formula terbaru yang dirancang khusus untuk memberikan solusi nutrisi daam membantu memenuhi kebutuhan dan kekhawatiran Ibu diawal 1000 HPK. Produk-produknya antara lain : 


1. PRENAGEN Esensis
Agar siap hamil, begitu menikah minum Prenagen esensis, susu rendah lemak yang mengandung Asam folat, Kasium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D, Protein, Mikroenkapsdulasi zat besi, sumber serat, dan Omega 3 & 6.
2. PRENAGEN Mommy Emesis
Telah teruji secara klinis dapat mengurangi mual dan muntah di awal kehamilan. Mengandung Vitamin B6 dan protein serta dilengkapi dengan Asam Folat, kalsium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D, Protein, Mikroenkapsdulasi zat besi, sumber serat, dan Omega 3 & 6.
3. PRENAGEN Mommy
Mengandung Asam Folat untuk mencegah resiko cacat tabung saraf otak; Omega 3&6 untuk perkembangan otak, fungsi otak dan tumbuh kembang janin; Mikroenkapsulasi zat besi dan Vitamin B12 untuk pembentukan se darah merah; Kasium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D untuk mempertahankan kepadatan tulang ibu dan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin; serta sumber serat untuk meningkatkan asupan serat pangan harian.
Prenagen Mommy juga tersedia kemasan UHT yang bisa dibawa kemana saja dan diminum kapan saja.

4. PRENAGEN Lactamom
Nutrisi masa menyusui untuk meningkatkan kuaitas dan kuantitas ASI. Mengandung Asam Folat, kalsium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D, Protein, Mikroenkapsdulasi zat besi, sumber serat, dan Omega 3 & 6 untuk perkembangan otak anak.
5. PRENAGEN Juice
Ini diminum dingin enak banget. terbuat dari sari buah Pomegranate dan anggur yang mengandung Asam Folat dan Vitamin C yang tinggi. Bisa diminum kapan saja selama masa persiapan kehamilan, hami, dan menyusui.

Ada juga Booth PAPAN HARAPAN dan WISH CARD


Setiap peserta yang hadir mendapatkan satu buah kartu harapan. Kartu Harapan ini adalah suatu wujud nyata kesadaran pentingnya kesehatan dan keselamatan ibu hamil serta janin dalam kandungan. Setiap kartu yang telah ditulis akan ditempelkan di papan harapan seperti yang terlihat di foto.
Kenapa wujud nyata? Karena setiap kita menulis satu kartu ini, berarti kita telah menyumbang seribu rupiah yang digunakan untuk mengedukasi dan membantu ibu hamil di berbagai daerah di Indonesia.

Peserta sedang mengisi pendaftaran member dan kartu harapan.
Semoga acara ini bisa diselenggarakan di kota-kota seluruh Indonesia karena ilmunya yang bagus dan sangat bermanfaat.

Wait! Emang iya kan??! :))

Yups...! Bagi Ayah-Bunda yang belum tahu dan calon orang tua yang ingin menimba ilmu di PRENAGEN Pregnancy Education Journey 2016, bisa mendaftar dan membeli tiket secara online di sini.
Catat tanggalnya :
Surabaya, Minggu 24 April 2016 pukul 07:00 - 13:00
Makasar, Minggu 22 Mei 2016 pukul 07:00 - 13:00

Untuk informasi lengkap informasi seputar kehamilan dan menyiapkan anak sejak dini, bisa mengakses Fanpage, twitter, instagram, dan websitenya.

https://web.facebook.com/PrenagenWorld/
https://twitter.com/PrenagenWorld
https://www.instagram.com/prenagenworld/
http://prenagen.com/


Terima kasih PRENAGEN

16 comments:

  1. Seru ih... Sayang ga bd dtg :(
    Pdhl lg butuh materi pra kehamilan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak banget ilmunya.
      btw, cepet bener komennya. lagi begadang yak? :D

      Delete
    2. udah tdr sejak bada maghrib, trus td mlm kebangun soalnya blum shalat isya :D

      Delete
  2. Wah bagian nutrisi sehatnya lengkap... :)

    ReplyDelete
  3. lengkap banget ulasannya Mbak :)
    baca ini serasa dapat materi kuliah :)

    ReplyDelete
  4. Acaranya bermanfaat banget teh.. banyak ilmunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Widya. Penting banget buat para calon orang tua

      Delete
  5. keren nihhh, kapan lagi di adain? mau ngasih tau istri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bagian akhir sudah saya jelaskan kak. :)

      Delete
    2. Oiya, lebih jelasnya silahkan pantengin instagram atau fanpagenya Prenagen.

      Delete
  6. bener2 pelajaran yg bagus nih buat calon2 ibu hehe

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.