03 March 2016

Ulang Tahun Anak di Sekolah, Bagaimana Persiapannya?

Besok adalah ulang tahun Dhia. Dari Dhia lahir sampai sekarang usianya 6 tahun, belum pernah sekalipun saya rayakan ( mengundang teman dan rame-rame pesta :D ). Maksudnya sih agar Dhia nggak selalu minta ulang tahunnya diramaikan setiap tahun. Saya ngomong ke Dhia bahwa merayakan ulang tahun itu nggak kudu/nggak harus.

Walaupun tiap tahun nggak dirayain, setiap tanggal kelahirannya saya selalu ngobrol dengan anak-anak, kalau hari ini umurnya nambah satu lagi; berarti udah nambah gede; dan itu artinya Dhia harus lebih mandiri. Selain harapan-harapan, yang pasti terucap adalah doa-doa yang tiada terputus untuk kebaikan anak-anak.

Bulan ini Alhamdulillah ada rezeki lebih, jadi kami mau sedikit berbagi ke teman-temannya Dhia si sekolah berupa syukuran ulang tahun di sekolah.

Saya bukan tipe orang tua yang saklek. Saya nggak berfikiran bahwa syukuran ulang tahun itu sebuah dosa. Dosa menyerupai suatu kaum atau apalah itu. Yang utama menurut saya adalah niatnya aja. Niat berbagi.

Walaupun cuma acara ulang tahun sederhana di sekolah, tetep aja harus ada perencanaan. Jadi seharian ini saya berkeliling ke pasar dan swalayan buat nyari segala sesuatu yang dibutuhkan nanti.

Ini hal-hal yang saya siapin :

Memilih Konsep
Ulang tahun di sekolah TK biasanya tidak terlalu wah (tapi tetep riweuh :D ) . Gak pakai konsep-konsepan segala. Biasanya acaranya hanya game/kuis berhadiah, tiup lilin, potong kue, bagi-bagi kue ultah, dan bagi-bagi bingkisan untuk dibawa pulang teman-teman.
Kita harus tahu, kalau anak TK itu gak bisa lama-lama duduk tenang, jadi acaranya juga jangan terlalu lama.

Menyiapkan Pernak-Pernik
Apa aja?
- Undangan
- Pisin kerta + sendok kue
- Bolu ultah + lilin
- Plastik bingkisan
- Plastik mika untuk wadah nasi kuning + sendok plastik
Undangan



Menyiapkan Snack untuk Bingkisan
Untuk bingkisan yang dibawa pulang, anggarannya sekitar 10-20 ribu itu udah banyak. lalu untuk nasi kuningnya, kita bisa siapkan dini harinya.

Melobi Guru
Harus bilang dulu sama guru kelasnya bahwa besok akan mengadakan syukuran di sekolah.

Nah setelah semua dipersiapkan, jangan lupa kasihkan undangannya.

H-1 Ulang tahun Dhia.
(Yang walaupun biasa aja tapi tetep riweuh.)

3 comments:

  1. Kalau dulu waktu aku ultah di sekolah..
    Tk, gurunya koordinasi ama ortu murid...
    Kalau minggu/ bulan ini ada siapa aja yang ultah..
    Jadi ultahnya di rayain bareng di hari sabtu yang santai...

    Jadi emaknya tinggal koordinasi lagi ama emak anak yang lain supaya bisa nyiapin apa aja..
    Hihihi

    Jadinya hemat...
    Waktu itu kue ultahnya dua untuk berlima..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aha, iya juga ya. Dirayain barengan gitu lebih rame. Dan pasti nyantai karna di hari Sabtu.

      Delete
  2. Keren ih kak nyiapin sendiri buat segalanya. Baca ini tiba-tiba pengen nasi kuning, kebayang enak banget deh kayaknya XD

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)