02 December 2015

Nggak Alergi Susu Lagi Berkat Morinaga Chil-Go!

Saya agak khawatir juga, ketika Akram (yang waktu itu berumur dua tahun) sering banget diare/mencret setelah minum susu cair UHT. Kejadiannya setelah disapih dari ASI. Karena kebutuhan nutrisi dari susu juga masih diperlukan untuk pertumbuhannya, saya jadi galau berat karena sudah mencoba berbagai produk susu pertumbuhan, belum ada saja yang “cocok”.


“Gimana, nih? Setiap kali habis minum susu –baik itu susu bubuk, susu kental manis, maupun susu cair siap minum, Akram selaaalu saja mencret.”

Kalau seperti ini terus, jangankan untuk naik berat badannya… yang ada justru semakin turun.

Berminggu-minggu  bahkan berbulan-bulan saya galau berkepanjangan. Apa dede Akram alergi sama susu sapi ya? Apa alergi protein tinggi? Pasalnya tiap makan tempe juga mencret. Makan telur juga. Atau cuma sistem pencernaannya saja yang belum siap menerima berbagai macam makanan dan minuman?

Saya semakin khawatir sebab Akram belum juga lancar ngomongnya didua tahun usianya. Bisa jadi karena alerginya ini, makanya dia telat ngomong.

Saking penasarannya, saya tanya sana tanya sini. Dari baca-baca di internet, tanya ke dokter anak, dan tanya teman-teman yang anaknya juga alergi susu dan protein tinggi. Saran teman-teman mah, dibawa ke dokter spesialis anak dan dokter alergi agar diperiksa dan diterapi. Tapi, dengan kondisi saya waktu itu yang baru saja mengalami kebangkrutan yang luar biasa besar, untuk konsultasi dan periksa ke dokter anak itu suatu hal yang nggak memungkinkan. Sedangkan BPJS anak masih belum dibuat juga. Akhirnya saya hanya bisa menunggu, menunggu sampai usianya tiga tahun kemudian saya cobakan lagi susu sapi.

3 Tahun Masih Mencret Setelah Minum Susu UHT

Begitu masuk di usia tiga tahun saya berikan lagi susu cair. Hasilnya? Masih mencret. Duh. Kudu kumaha ieu teh? (harus gimana ini ya?)

Sebulan yang lalu (usia Akram sudah 3 tahun 4 bulan), saya diperkenalkan sama seseorang dengan susu cair pertumbuhan produksi Kalbe dan Morinaga. Adalah Morinaga Chil-Go! Susu cair pertumbuhan untuk usia 1-12 tahun. Saya awalnya ragu karena alasan di atas. Saya tepis keraguan, lalu saya kasihkan ke Akram, saya menunggu beberapa jam… sehari semalam… perut Akram nggak bereaksi (mencret). Hari berikutnya saya berikan lagi satu botol. Eh, lhoh?? (*terbengong-bengong, melongo, ndlongop*) nggak mencret, Tanteeee!

Foto di bawah ini saya ambil begitu Akram nyobain Morinaga Chil-Go! 
Akram begitu nyoba langsung suka. Habis enyaaak!

Saya surprise luar biasa. Pas saya baca kandungan gizinya, ternyata Morinaga Chil-Go! Mengandung Prebiotik Inulin 1000 MG. Apa sih itu? Setelah saya baca lagi, ternyata itu merupakan prebiotik ( makanan bagi bakteri baik ) dan serat pangan yang fungsinya membantu kesehatan saluran cerna si anak. *manggut-manggut*
Selain itu, Morinaga Chil-Go! juga mengandung Kolin dan Inisitol. Zat gizi ini berperan penting dalam membantu anak menyimpan memori dalam otaknya, membantu dalam berpikir, berbicara, dan gerak sadar anggota tubuh. 
Kandungan gizi Morinaga Chil-Go!

Selain karena minum susu Morinaga Chil-Go! peran penting dalam membantu Akram berbicara adalah stimulus dari saya sebagai orang terdekatnya (selain ayahnya). Jadi, setelah tiga tahun Akram bicaranya belum jelas, saya banyak mengajaknya berbicara –berbicara aaaapaa saja. Dan sekarang, setelah 5 bulan saya gencar memberinya stimulasi, kosakatanya sudah bertambah sangat banyak.

Dua permasalahan pada anak kedua saya ini, selesai. Keduanya terbantu dengan nutrisi dari Morinaga Chil-Go!
Oiya, sekarang Akram bertambah berat badannya, lhoh! Makin montok. ^^

Beda anak, beda cerita.

Dhia ( anak pertama saya ) setelah disapih langsung mendapat “susu sambung” dari susu bubuk. Saya memberinya susu lantaran Dhia termasuk pilih-pilih makanan. Maunya cuma beberapa jenis makanan aja. Sebelum langganan minum Morinaga, sebelumnya Dhia juga suka mencret kalau minum susu. Sudah coba beberapa merk tapi gak ada yang “cocok”. Kemudian pilihan berakhir pada Morinaga Chil-Kid
Ini Dhia umur dua tahunan, minum susunya Morinaga Chil-Kid.

Setelah sekolah, saya ganti dengan Morinaga Chil-School. Karena di usia sekolah, anak butuh nutrisi yang membantu daya ingat atau daya pikir otaknya sekaligus yang bisa menjaga kekebalan tubuhnya.

Morinaga Chil-School setiap hari untuk pertumbuhan anak.
Keraguan muncul saat hendak membekali Dhia dengan susu cair Morinaga Chil-School ke sekolah. Karena, susu bubuk kan begitu dibikin harus langsung dihabiskan. Kalau dilama-lama kuatir jadi gak bagus buat tubuh.

Kabar gembiranya, kini Morinaga susu pertumbuhan sudah ada susu cairnya yang siap diminum kapan aja dan dimana aja. Susu cair ini diciptakan sebagai pendamping Morinaga Chil-Kid dan Morinaga Chil-School. Dhia jadi bisa bekal susu kemanapun pergi. Ke sekolah, les renang, bermain, atau piknik, pokoknya wherever she go, ya Morinaga Chil-Go! ^_^

KALBE Nutritionals emang jago banget dalam inovasi produk-produk makanan dan minuman kesehatan. Produknya pun dijamin berkualitas tinggi. Seperti yang kita kenal dan memang sangat terkenal itu. Iklannya sering muncul kok di televisi, antara lain : Prenagen, Milna, Morinaga, Zee. Entrasol, Fitbar, Nutrive Benecol, dan Diabetasol, itu semua merupakan produk dari KALBE Nutritionals.

Untuk mendekatkan diri dengan pelanggan setianya, KALBE Nutritionals juga menyediakan layanan konsumen bebas pulsa. Seperti misinya : "We providewellness to millions".
KALBE Customer Care

Kemana Aja Bareng Morinaga Chil-Go! ?

Sepertinya, dalam sesi ini lebih baik Dhia sendiri dech yang bercerita. 
"Dhia sini, sayang!" panggilku.
*Dhia mendekat dan mulai bercerita*

Hallo, kakak-kakak semua... Namaku Dhia, umurku 6 tahun. Sekarang kelas TK B. Kemanapun Dhia pergi, ummiku selalu membawakan aku susu Chil-Go ini (#aku : Dhia taunya Chil-Go aja sih, Nak.)

*) Berangkat Sekolah
Sekolah bekal susu cair dong biar tetep semangat di sekolahnya.


*) Piknik
Hari libur, Abi dan Ummiku ngajakin piknik. Kami bawa bekal nasi dan lauk-pauknya dari rumah. Sampai tempat piknik, kami menggelar tikar. Aku dan Akram lari-larian di rumput. Syenangnyaa. 
Piknik juga wajib bawa Morinaga Chil-Go! 

*) Lomba mewarnai
Kalau nggak bekal susu, bisa haus ntar aku.
Waktu lomba mewarnai tingkat TK

 "Mi, Mi... Akram mau ikut bercerita." si kecil nimbrung pengen cerita juga.

Hallo kakak-kakak, namaku Akram. Usiaku 3 tahun. Akram kemaren jalan-jalan sama Ummi sama mbak Dhia. Lihat-lihat kelinci dan banyak mainan. Assyik! Dan bekal susu kesukaan Akram.

Kedua anak ini kemudian lanjut bermain lagi... :))) Segitu aja ceritanya??? hihi

Banyak banget aktivitas yang melibatkan susu Morinaga Chil-Go! sebagai pendukung aktivitas si kecil. Terutama saat bepergian. Di rumah sendiri,  saat saya malas mbikinin mereka susu bubuknya ,anak-anak sehari bisa ngabisin 3-4 botol Morinaga Chil-Go!.

Penyajian Morinaga Chil-Go!

Ada banyak cemilan dan makanan yang bisa dicampurkan dengan susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go!. Tapi anak-anak lebih suka disajikan dingin dengan memasukkannya ke kulkas. Terasa lebih segar saat cuaca panas disiang hari. Atau disimpan di Freezer dan disajikan beku.
Bekukan dalam freezer.
 Saat-saat penyajian Morinaga Chil-Go! yang biasanya saya lakukan:

1. Sarapan sereal bergizi dicampur dengan susu Morinaga Chil-Go!
Sereal + susu Morinaga Chil-Go!
2. Disajikan bersama bekal sekolah
Potongan buah + Susu Morinaga Chil-Go!

3. Teman makan Jely
 dan masih banyak lagi.

Anak-anak suka cemilan dan es krim. Agar kudapannya lebih bergizi dan enak, saya campur bahan pembuatnya dengan susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go!

# Eskrim Morinaga Chil-Go!

Potong dadu agar-agar kristal rasa leci. Simpan di gelas.
Taruh eskrim stroberi dan vanila di atasnya.
Taburi coklat cha-cha warna-warni.

Membuat eskrimnya,
Bahan-bahan:
- Setengah kaleng susu kental manis.
- Dua botol susu Morinaga Chil-Go! rasa Stroberi. (Untuk eskrim yang vanila menggunakan yang rasa vanila juga.)
- 1 sdt tepung maizena.
- 2 sdt gula pasir
- 1 butir telur (pake putihnya aja)
Kocok gula dan telur pake mixer sampai putih dan mengembang. Terus masukkan susu kental manis dan susu cair Morinaga Chil-Go!
Kocok lagi sampai tercampur rata.
Panasin adonan eskrim di atas sampai mendidih. Angkat. Sambil menunggu dingin aduk-aduk.
Masukan dalam freezer.

# Puding Susu
Udah gak aneh lagi yaaaa. Semua orang kayaknya tau cara bikinnya. Pake puding instant, rebus seperti biasa dan tambahkan susu cair Morinaga Chil-Go!
Saya bikinnya yang standart banget nih.


 # Banana Oatmeals
Bahan-bahan:
- Pisang nangka 3 biji
- outmeals 1 mangkuk kecil (100 g)
- Susu cair Morinaga Chil-Go! rasa cokelat
Cara membuatnya:
- Lumatkan pisang menggunakan sendok (jangan terlalu lembut)
- Campur dan aduk rata pisang dengan oatmeals
- Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk
- Tuang adonan menggunakan sendok makan ke dalam loyang
- Panggang selama 20 menit pada suhu 180

Saya bersyukur sekali, karena berkat Morinaga Chil-Go! anak-anak saya nggak alergi lagi.

19 comments:

  1. Anakku juga suka nih .... Resepnya boleh juga. Patut dicoba. :)

    ReplyDelete
  2. pengen nyoba yg resep banana oatmelnya kayaknya enak dan gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak. Cuman diaduk pake sendok. Gak prlu pake cetakan

      Delete
  3. wah gitu, minum chil go gak muncul alerginya ya, berarti cocok yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaak. Makanya minumnya susu Morinaga terus.

      Delete
  4. anakku juga dulu alergi, untung udah gak alergi lg sekarang jd bisa minum uht sepuasnya :D

    ReplyDelete
  5. Setelah lepas ASI anak2ku jarang minum susu secara rutijn lhooo,
    sekali-sekali aja kalo lagi pengen hehehe...
    Tapi asyik banget ini kayaknya Morinaga Chil Go iniiih, nanti cobain ah beli di warungnya Mama Ajeng hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komplit banget ya warungnya mamah Ajeng, sagala aya.

      Delete
  6. lega ya kalau sudah nemu yang cocok buat anak.

    ReplyDelete
  7. noted akh banan oatmelnya ...pengen nyoba

    ReplyDelete
  8. Noted mak.. Saya coba ahh kasih ioo chil-go juga sekarang cuma UHT aja karena ga mau sufor. Anaknya sih gpp cuma bukan emak namanya kalau ga kepikiran hihi.. Makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
  9. syukurlah ga alergi lagi ya mak

    ReplyDelete
  10. Wah, keren yaaa morinaga chil*go! sahabat ibu2 masa kini :)

    ReplyDelete
  11. 3 bln bingung saya mikir anak mau minum susu apa setelah lepas dari susu frisian flag,di ganti ini itu kaya gak nafsu nyusu lagi tapi kalau ke Alfa maunya ngambil uht mirinaga ini langsung kepikiran beli inidan langsung searching.. hehehhe
    Makasihhhh yaaaa

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.