15 Sep 2015

Perawatan di Rumah setelah Melahirkan

Perawatan di Rumah setelah Melahirkan? Aku sih YES. Gak tau kalau Mas Anang. hehe. Jadi gini, saya tuh dibesarkan dalam adat dan tradisi orang Jawa. Kedua orang tua saya adalah orang suku jawa tulen. Nggak ada campuran. Orang jawa itu biasanya memegang teguh adat dan tradisi pendahulunya. Termasuk saya yang agak susah meninggalkan tradisi yang diturunkan oleh ibu saya. Walaupun sudah zaman modern dan masyarakatnya sudah mulai berkurang aliran kepercayaan, tetap saja tradisi ketika wanita setelah melahirkan masih terjaga kental di sana. Seperti bagaimana menangani bayi baru lahir, minum jamu-jamuan tradisional dan perawatan tubuh untuk bayi dan ibu. 

Hal tersebut masih saya rasakan ketika tahun 2009 melahirkan anak pertama dan tahun 2012 melahirkan anak ke-dua. Diantaranya yaitu perawatan kulit secara tradisional untuk ibu setelah melahirkan yang bisa kita lakukan di rumah.

Apa saja perawatannya?

Perawatan dari Luar

~ Memakai bedak beras kencur

Bedak beras kencur ini berupa butiran sebesar kelereng, berwarna putih, terbuat dari tepung beras dan kencur. Pemakaiannya diencerkan dengan air dingin, seperti luluran. Pada saat membalurkan bedak beras kencur ini ke seluruh tubuh, yang saya rasakan tuh badan jadi nyaman, segar, rileks (dari aroma kencurnya).

Kalau di kota besar tentu saja sudah jarang banget dijual barang semacam ini. Saya pun kesulitan mencarinya saat tinggal di bandung. Tapi jangan khawatir, kita bisa membuatnya sendiri kok di rumah.


Bahannya :
~ 500 gram beras
~ 250 gram kencur

Cara membuatnya : 
~ Cuci bersih beras, rendam selama 3-4  jam. Setelah direndam, beras ditiriskan. Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau digiling.
~ Cuci bersih kencur. Haluskan, bisa dengan cara diparut atau ditumbuk.
~ Campurkan tepung beras dan parutan kencur. Aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan pas untuk dibentuk bulat-bulat (tidak terlalu encer atau terlalu kering).
~ Bentuk bulatan sebesar kelereng. Lalu jemur di bawah sinar matahari. Pemanasan bertujuan agar bedak beras kencur ini bisa awet  untuk pemakaian berbulan-bulan.

Cara pemakaian : 
~ Ambil 5 butir bedak/lulur beras kencur. Taruh dalam cawan kecil. Tambahkan sedikit air. Campur hingga bedak melebur.
~ Tambahkan perasan jeruk nipis/lemon ke dalamnya. Irisan jeruk lemon ini menambah efek kesegaran di badan.
~ Balurkan ke seluruh tubuh sehabis mandi. Seperti luluran, tapi ini dilakukan sehabis mandi saat badan bersih dari keringat/kotoran.

Khasiat:

Resep ini merupakan resep warisan yang sudah turun temurun dari ibu saya dari nenek saya. Sebagai anak , saya cuma “Sami’na wato’na”  Kerasa di badan pun jadi enakan. hehehe

Karena gak dijelasin sama ibu apa khasiat dari bedak beras kencur ini, akhirnya saya nyari informasi sana sini apa saja khasiat yang terkandung dalam beras dan kencur untuk kulit. Dan ternyata memang WOW banget kegunaannya. Subhanallah...

Beras, ternyata bukan hanya untuk dimakan dan menghasilkan Karbohidrat. Namun, kandungan sari pati beras ini bisa melembutkan kulit. Ingat wanita Jepang yang kulitnya putih dan mulus? Konon mereka selalu membasuh tubuhnya dengan air beras lho saat mencuci beras.

Butir-butir beras yang sudah ditumbuk bisa berguna sebagai scrub alami. Scrub inilah yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga kulit menjadi bersih dan halus. 

Sedangkan khasiat kencur adalah untuk menyembuhkan memar. Coba deh ketika anak kita atau kita sendiri terbentur, benjol dan memar. Ambil kencur lalu tumbuk/kunyah dan oleskan pada bagian yang memar. InsyaAllah nggak lama kemudian benjol akan mengempis dan memar di kulit akan berangsur menghilang lebih cepat daripada yang tidak diolesi kencur. Saya jadi inget, kalau anak-anak jatuh sampai benjol dan memar, ibu saya selalu memakai kencur dan beras untuk mengobati ,jadinya benjol dan memar cepat sembuh dan nggak meninggalkan bekas.

Nah, ibu melahirkan tuh badannya seperti hancur lebur kan ya (pasti setuju buat yang sudah pernah mengalami). Badan rasanya remuk, pegal, linu, dan segala rasanya. Pada saat dioles/dilulur memakai beras kencur, nyaman banget rasanya. Badan menjadi segar, capek dan pegal berangsur hilang. Apalagi setelah luluran bedak beras kencur, kita bisa sebentar saja selonjoran sambil baca buku/mendengarkan musik/ melakukan me time.

Hal ini sudah biasa kalau di kampung halaman saya di Purworejo, Jawa Tengah. Sehingga nggak perlu malu saat ada tetangga yang menjenguk bayi dan ibunya. Tapi kalau di sini (Bandung), waktu saya pake luluran ini setelah melahirkan Akram (anak kedua), terus ada tetangga yang menjenguk, mereka heran bahkan ada yang menertawakan. Hahaha

Ya kebayang kan? Seluruh tubuh, mulai muka, tangan dan kaki semuanya putih, camerong, kayak ondel-ondel atau badut Ancol. Hahaha

Minum jamu Beras Kencur

Ada sebagian orang yang anti banget sama yang berlabel “jamu”. Katanya itu mah minuman orang kampung, atau nggak suka karena rasanya, atau alasan lain. Boleh aja kalau Anda dalam keadaan sehat. Tapi saat setelah melahirkan, sebaiknya jangan anti sama minuman satu ini. Karena minuman ini banyak manfaatnya terutama untuk wanita yang habis melahirkan.
Sumber

Manfaat Jamu Beras Kencur :

Meningkatkan nafsu makan.
Mengurangi pegal-pegal di tubuh.
Menyegarkan badan.
Menambah stamina tubuh.
Meredakan rasa nyeri.
Sebagai obat masuk angin.
Mencegah munculnya jerawat di wajah.
Sebagai obat pelangsing alami.
Memelihara kesehatan tubuh.
Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Perawatan rambut

Setelah melahirkan, rambut ibu menyusui kebanyakan masalahnya adalah rontok dan kusam.Masalah kerontokan rambut ini masih dibilang normal, ya. Jadi tak perlu khawatir berlebihan. Kamu hanya perlu merawatnya saja. Untuk merawatnya agar tetap tebal dan berkilau kembali, busui bisa menggunakan shampoo dan conditioner sesuai jenis rambutnya. Atau bisa juga menggunakan bahan alami seperti minyak kemiri dan seledri.

Naaaaah, banyak banget kan manfaat melakukan  perawatan di rumah setelah melahirkan ?
Itulah rahasia perawatan ala saya. Semoga bermanfaat.

24 comments:

  1. aku juga pakai bedak beras mbak,sampai sekrang malahan hahaha..dan bikin sendiri xixixixi..maklum pengangguran,tapi nggak pakai kencur

    ReplyDelete
  2. kalau masuk angin suka minum jamu beras kencur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi seger kan ya di badan. masuk angin seringnya disertai pegal-pegal kan ya

      Delete
  3. saya suka minum jamu beras kencur :)

    ReplyDelete
  4. sama banget mak kayak di tempatku...khasiatnya juga sama persis..dan memang ibu yang melahirkan perawatan tradisional wajahnya jadi tambah cantik..tapi disini ditambahin sama pilis yang di tempel di kening sang ibu,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pilisnya pake kapur sirih dan kunyit

      Delete
  5. Sama mba, jamunya bude saya yg bikin, ditambah pijit juga maknyus deh mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, sama pijit seluruh badan.

      Delete
  6. wah mbak telaten banget ya.. kalau saya minum jamu nyonya meneer yang bulet2 itu. tinggal minum gak pake diseduh dulu. heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak ribet sedikirt sih emang, tapi khasiatnya warbiyasak Dy

      Delete
  7. Beras kencur bikin nafsu makan bertambah dunk mk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoyoi, kan abis lahiran harus banyak makan :)

      Delete
  8. Waah berguna banget deh informasinya, sayang teteh sudah lewat masa itu hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bisa juga buat perawatan sehari-hari Buk.

      Delete
  9. Jamu beras kencur kalo di kasih es batu seger bangetttt... sekalian donk mba resep bikin jamu beras kencurnya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm, segernya kebayang. DIngin-dingin maknyesss.
      Resepnya nanti ditambahkan ya

      Delete
  10. aduh telaten sekali mbak, akalu aku mah orang yang malas perawatan nih, bahkan sering diomelin ibuku saat jamuku gak diminum

    ReplyDelete
    Replies
    1. jamu-jamuan juga saya minum semua yang disaranin sama ibukku. hehe

      Delete
  11. Wii....samaaa, teh Win.
    Aku juga minum jamu ndemplok dewe (dibuatkan ibu) setelah melahirkan.
    Bahan-bahannya ramban dari tanaman toga di taman kampung.

    Hasilnya..?
    ASI alhamdulillah lancar, ibu dan bayi sehat.
    In syaa allah kl nurut orangtua mah...berkah.

    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. insha Allaah... Bahan alami bikin bau yang khas, bau bayi seger gitu ya kalau pake bedak beras kencur

      Delete
  12. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. Semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya.Salam sukses selalu.Amin
    http://jasarenovasirumah.co/

    ReplyDelete
  13. Mba cara buat jamu beras kencurnya gmn? Bole share resepnya? Nuhun yaa

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyaak spam yang masuk.