1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

01 March 2017

[Jalan Bareng Bocah] Cirebon Waterland Ade irma Suryani

Hai Assalamu'alaikum teman-teman.
Asik sudah tanggal 1 lagi. Yeaay! Tanggal muda biasanya pada jalan-jalan kemana? Udah berencana jalan kemana, nih? Jalan Bareng Bocah kali ini mau cerita pengalaman kami waktu main bareng keluarga di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.  Yang bulan ini berencana ke CIrebon, gak ada salahnya mampir ke sini. Tempat wisata di Cirebon yang ramah anak banget. Plus sudah ada penginapannya juga dengan view laut.

Saya dulu pernah nulis tentang waterboom Ade Irma Suryani tapi jauh sebelum pembukaannya. Baca di sini : Waterboom Ade Irma Suryani .
Paman saya yang kerja di sana, memudahkan kami bisa masuk melihat-lihat tempat ini sebelum dibuka untuk umum.

Saat sedang dibangun aja udah kelihatan bakalan jadi tempat wisata yang kece, apalagi sekarang. Tempatnya asyik dan nyaman untuk kumpul keluarga.


Kawasan Ade Irma Suryani sekarang, sejak diresmikan menjadi Cirebon Waterland Juli 2015 menjadi kawasan yang ramai dikunjungi wisatawan. Jika kita googling dengan kata kunci Ade Irma Suryani Cirebon, yang muncul adalah foto-foto cantik. Padahal dulunya ini adalah kawasan termasuk kumuh, secara kan kawasan nelayan dan digunakan untuk menjemur ikan pasti bau amis.

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani (CWAIS) buka dari pukul 06.00-21.00 WIB. Berada dekat dengan kawasan pelabuhan Cirebon. Beralamat di Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111

Tiket masuknya per orang Rp 30.000 (per Januari 2017) tapi belum termasuk tiket masuk ke Waterboom. Kalau belum yakin mau main air mendingan jangan langsung beli tiket berenang. Kita bisa membeli saat mau masuk waterboomnya saja. Di dalam ada kok loketnya. Sayang kalau sudah dibeli tapi enggak kepakai.



Setelah melalui pintu masuk, pengunjung disuguhi pemandangan waterboom yang luas dan membuat kita pengen nyebur aja. Udara yang panas membuat air menjadi sangat menggoda. Di dekat pintu masuk, ada banyak penjual minuman dingin dan berbagai jenis makanan ringan sampai makanan berat.

Foodcourt 

Jalan sedikit, kita akan melihat berbagai wahana permainan anak-anak seperti sepeda layang, sepeda air, mobil gowes, dll. Untuk mencoba permainan tersebut, pengunjung harus membeli tiket lagi. Harga tiketnya mulai dari 20 ribu hingga 35 ribu rupiah.

Beli tiketnya di sini




Jika permainan ini dirasa sudah biasa, mending langsung masuk aja ke dermaga. Sebelum ke dermaga, pengunjung melewati cottage-cottage yang keren untuk background selfie atau  berfoto bareng keluarga.

Sebagian cottage

Cottage dari segala sudut memang kelihatan sangat menarik. Gak heran pada pengen selfie di sini. Kalau sedang weekend, perlu kesabaran untuk dapat foto yang nggak bocor (nggak ada penampakan orang lain). Bangunan berderet rapi dan unik ini bisa disewa untuk menginap. Biaya sewanya mulai dari satu juta rupiah sampai 2,5 juta. Kami nggak perlu menginap di sini karena ada rumah keluarga di dekat sana.

Setelah melewati cottages, saya sarankan masuk ke dermaga. Di tengah laut, kita bisa menikmati angin dan pemandangan laut jawa yang airnya bak susu coklat. Untuk bisa sampai ke tengah laut, kita harus membayar lagi Rp 10.000 dengan mendapat minuman gratis. Atau Rp 5000 tapi tidak dapat minuman.




Di tengah laut, kalau mau kita bisa naik perahu untuk berkeliling lebih ke tengah lagi. Tapi saya merasa serem juga mau naik karena tidak disediakan pelampung seperti di Floating Market.

Kami cukup puas menikmati angin di tengah laut sambil mengambil foto keluarga maupun video. Vlog? Ehhmm, saya belum terlalu PD untuk bikin vlog. Video hanya untuk dokumentasi pribadi saja. hehe




Setelah puas, kami keluar dari dermaga. Melewati cottage. Di sini, anak-anak selalu bertanya apa yang dilihatnya. Ada ikan yang lari-larian di atas lumpur. Ada cacing besar sekali di atas lumpur. Ada burung juga di atas lumpur. Anak-anak sekalian mengenal berbagai maca benda. Sambil jalan-jalan sambil belajar.

Sebenarnya, saya pengen masuk ke "Kapal Tomodachi". Tomodachi yang di depannya ada patung laksamana Cheng Ho ini merupakan restaurant. Sejarahnya, dulu kapal Tomodachi yang dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho dari Cina Daratan singgah di Cirebon ini dan menyebarkan agama Islam di Cirebon. Sayang keluarga besar dan anak-anak enggak mau masuk dan memilih langsung nyebur ke waterboom. jadi saya penasaran deh. Kesempatan berikutnya, saya harus masuk ke Tomodachi tersebut.



Tiket masuk ke Waterboomnya Rp 35.000 per orang. Duo bocah berenang sama ayahnya. Saya memandang dari luar area kolam. Membiarkan anak-anak bersenang-senang dengan ayahnya agar mereka makin dekat. Sementara itu ibunya nyantai dulu sambil makan-makan. Padahal disamping alasan agar tercipta bonding ayah-anak, karena sayanya enggak bawa baju ganti. kekeke



Waterboomnya ada dua buah yang dihubungkan dengan jembatan penyebrangan untuk berpindah dari kolam satu ke kolam satunya.



Di dalam kolam sama sekali enggak teduh, Sis. Setelah main air, kulit menghitam karena terlalu lama mainnya. Untuk emak-emak putih, sebaiknya pakai sunblock dulu deh dari pada belang. :D
Walaupun di waterboomnya panas, tapi di luar area waterboom ada pohon rindang untuk berteduh dan bangku untuk duduk.

Gimana? Menarik untuk dijadikan list saat berkunjung ke Cirebon?
Pulang dari sini, kita bisa mampir makan di Nasi Jamblang Bu Sri yang letaknya gak jauh dari Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

14 comments:

  1. Cottagenya kayak yang di Bandung ya....Cirebon dari Subang lumayan deket,tapi tapiii mau ke Bandung dulu hehe

    ReplyDelete
  2. keren banget nih.. cocok untuk wisata keluarga... tiketnya juga luamayan lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan lah kalau bawa keluarga besar, heuheu

      Delete
  3. waaaahhh tengkyu banget infonya mak.. kebeneran emang lagi cari2 info tentang tempat ini, penapsaran pengen ajak anak-anak ke sini.. ehtapi panas banget banget banget ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, panas, suhu di Cirebon emang panas. Tapi di sana banyak pohonnya dan angin yang semilir jadi mengurangi panas.

      Delete
  4. Aku sbnrnya suka wahana waterpark gini. Tp ya itu, ga senengnya suka lgs gosong balik dr sana :D. Hahahahaha.. Mau pake sunblock kek, ttp aja pasti kulit belang. Makanya kalo main ke waterpark, biasanya anak2 aja yg main mba. Akunya mnding ga ikutan :D.

    Sayang pas ke cirebon yg lalu aku ga sempet ke waterpark ade irma ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sunblock nggak ngaruh? mantab emang nih panasnya Cirebon. hehe

      Delete
  5. Di waterboom nya ada yang air asin teh? Wah seru kayaknya kalo ada waterboom pake air asin. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. qiqiqi..kayaknya sih enggak, teu ngasaan soalna San.

      Delete
  6. Asik juga Waterboom nya, harganya juga terjangkau ya Bun...

    ReplyDelete
  7. Ih atuhlah aku belum pernah ke cirebon sekalipun..
    Mudah2an rezeki bisa ke sana..
    Aamiin

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)