14 April 2023

6 Inspirasi Desain Rumah Modern Tropis

Rumah modern tropis merupakan salah satu konsep rumah yang diminati saat ini. Secara singkat, rumah modern tropis adalah rumah berkonsep modern dengan arsitektur yang menyesuaikan dengan iklim tropis. Biasanya, rumah dengan model ini didesain dengan warna netral dan mengutamakan kenyamanan hunian.

Ciri Rumah Modern Tropis

Sebelum masuk ke referensi rumah modern tropis, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ciri rumah modern tropis, yaitu adalah sebagai berikut :

1. Mengkombinasikan material alami

Ciri khas utama dari rumah modern tropis adalah interiornya yang mengkombinasikan material alami. Biasanya rumah modern tropis dilengkapi dengan sentuhan interior kayu untuk memberikan kesan nuansa alam. Tak hanya itu, rumah modern tropis juga bisa dihias dengan berbagai tanaman di sudut ruangan, sehingga memberikan suasana asri pada hunian.

2. Memiliki bentuk atap miring

Rumah modern tropis pada umumnya dibangun dengan bentuk atap yang miring. Hal ini bertujuan untuk melindungi bangunan dari terpaan cahaya matahari atau curah hujan yang tinggi. Hal ini tentunya menyesuaikan dengan kondisi negara tropis yang didominasi oleh dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan.

3. Mengutamakan sirkulasi cahaya dan udara

Konsep bangunan rumah modern tropis biasanya mengutamakan kelancaran sirkulasi udara pada ruangan. Hal tersebut disiasati dengan peletakan ventilasi di berbagai sudut rumah. Selain itu, interior modern minimalis biasanya didesain dengan jendela kaca yang cukup lebar agar cahaya alami dapat masuk ke dalam ruangan.

Inspirasi Rumah Modern Tropis

Setelah mengetahui ciri rumah modern tropis, berikut inspirasi rumah modern tropis yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Rumah Modern Tropis Scandinavian


Sumber foto : Canva

Desain rumah modern tropis bisa Anda aplikasikan dengan memadukan konsep scandinavian yang mengutamakan karakteristik simpel dan minimalis. Anda bisa memadukan warna bangunan dengan warna-warna netral seperti putih, krem, maupun abu-abu tua.

Jangan lupa juga untuk menambahkan kaca lebar pada bagian depan dan samping rumah agar sirkulasi udara dan pencahayaan alami lebih maksimal.

 

2. Rumah Modern Tropis 2 Lantai


Sumber foto : Canva

Konsep rumah 2 lantai juga bisa Anda adaptasi dalam bangunan modern tropis. Anda bisa memadukan area rumah dengan warna netral seperti putih, abu-abu, atau krem.

Tambahkan jendela pada lantai satu dan dua untuk menambah jendela untuk memberikan sentuhan tropis pada hunian. Jangan lupa juga untuk menghias area hunian dengan berbagai tanaman hijau untuk memberikan kesan asri pada rumah Anda.

 

3. Rumah Modern Tropis 3 Lantai


Sumber foto : Canva

Selain pada rumah dua lantai, konsep rumah modern tropis juga bisa diaplikasikan pada rumah tiga lantai. Untuk menyesuaikannya dengan konsep interior tropis, Anda bisa memadukan warna netral pada hunian agar memberikan kesan alami. Tambahkan juga aksen garis berwarna coklat kayu pada fasad rumah modern tropis untuk mempercantik tampilan rumah.

Pada bagian halaman rumah, jangan lupa juga untuk menanam tanaman hijau yang dapat mempercantik area rumah Anda. Tanaman hijau juga dapat dimanfaatkan sebagai pembatas area halaman rumah dengan jalan atau rumah tetangga. Adanya tanaman hijau di sekitar rumah tentunya dapat memberikan kesan asri pada hunian.

4. Rumah Modern Tropis Minimalis


Sumber foto : Canva

Konsep rumah modern tropis juga bisa Anda padukan dengan interior minimalis yang mengutamakan keefisienan bangunan. Dalam membuat rumah modern tropis minimalis, Anda bisa menambahkan jendela lebar pada bagian rumah untuk memaksimalkan pencahayaan alami masuk ke dalam ruangan. Jangan lupa juga untuk berkreasi pada bentuk bangunan minimalis dengan mengadaptasi bentuk geometris seperti segitiga dan segi empat.

Untuk mempertahankan interior tropis, padukan warna tampilan rumah Anda dengan warna netral seperti putih, abu-abu, dan coklat muda. Jangan lupa juga untuk menyediakan open space pada bagian depan atau tengah bangunan untuk memberikan kesan lega. Beberapa perumahan di Indonesia telah mengadopsi konsep interior ini, seperti Jual Rumah Tangerang yang menyediakan rumah modern tropis dengan harga terjangkau.

 

 

5. Rumah Modern Tropis Dengan Open Space


Sumber foto : Canva

Konsep open space merupakan salah satu ciri dari interior rumah modern tropis. Anda bisa memberikan aksen open space pada bagian halaman rumah dengan membuat area teras yang lega. Tambahkan jendela lebar pada bagian rumah untuk memaksimalkan pencahayaan alami masuk ke dalam rumah.

Pada bagian atap rumah, jangan lupa juga  untuk mendesain bentuk atap dengan kemiringan yang sejajar. Selain dapat mempercantik tampilan rumah, atap miring juga dapat melindungi banguanan dari sinar matahari yang ekstrem. Dengan konsep rumah modern tropis open space, Anda dapat merasakan suasana hunian yang super nyaman.

6. Rumah Modern Tropis Nuansa Putih Coklat


Sumber foto : Canva

Rekomendasi interior rumah modern tropis terakhir pada artikel ini adalah rumah modern tropis dengan memadukan warna putih dan coklat. Warna putih pada fasad rumah dapat memberikan kesan modern dan kekinian, sedangkan warna coklat memberikan kesan alami dan hangat. Dengan memadukan kedua warna tersebut, rumah Anda tentunya akan semakin cantik dan nyaman untuk ditempati.

Untuk memaksimalkan kombinasi warna coklat, tambahkan aksen kayu pada bagian depan rumah. Anda bisa menambahkannya dengan melapisi tembok dengan bahan vinyl atau menambah pagar rumah berbahan kayu dengan tampilan minimalis. Konsep hunian tersebut sangat nyaman untuk dijadikan hunian jangka panjang.

_

Itulah penjelasan lengkap mengenai interior modern tropis lengkap dengan inspirasi desainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang berencana memiliki rumah dengan konsep modern tropis.

Jika Anda ingin membeli rumah modern tropis berkualitas, kunjungi Cari Properti yang menyediakan ribuan unit modern tropis yang dibangun oleh developer ternama.

 

0 komentar:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.