10 June 2020

Cara Mudah Menabung Emas Secara Online bagi Ibu Rumah Tangga

Halo, semua. Kali ini saya mau sharing tentang pengalaman gimana cara menabung emas online yang mudah dan aman. Selama beberapa tahun ke belakang, saya mulai sadar bahwa menabung uang sudah tidak worth it. Kenapa? Karena uang di rekening akan terkena inflasi sehingga nilainya menurun. Maka, saya dan Abudi mulai menabung emas murni dan bukan dalam bentuk perhiasan.

Menurut saya, tabungan emas cukup menjanjikan mengingat tren harga emas yang stabil dan bahkan mengalami kenaikan dalam jangka panjang. Waktu itu saya mulai beli saat harganya sekitar 400 ribuan. Harga terkini sudah sampai 800 ribuan. Alhamdulillah setelah sekitar 3 tahun nabung emas, awal tahun ini bisa kebeli tanah. MasyaAllah..



Btw, ada dua jenis tabungan emas yang saya dan Abudi gunakan, yaitu nabung emas secara fisik dan secara online. Saya menyisihkan pendapatan suami di awal menerima gaji untuk membeli 1 gram demi 1 gram LM (logam mulia). Terkadang, saya membeli setengah gram jika uangnya terpakai karena ada keperluan mendadak, hehehe. Selain menabung dengan cara itu, saya juga menabung emas di pegadaian. Dulu mah masih harus datang ke cabang pegadaian terdekat, tapi sekarang udah bisa online, lhoh.

Baca juga: Cara Membuat Tabungan Emas di Pegadaian

Alhamdulillah, seiring dengan kemajuan teknologi keuangan digital, sekarang saya sudah bisa membeli dan menabung emas dengan recehan. Hanya dengan menyisihkan uang belanja sekitar Rp 5000 saya sudah bisa nabung emas seberat 0,01 gram (perkiraan). Beli emas udah kek beli cimol aja, gaes.

Saya jadi ingat waktu cerita sama temen kalo nabung emas. Rata-rata pada penasaran apa sesungguhnya menabung emas online itu? Apa saja keuntungannya? Bagaimana cara menabungnya?
Saya tuliskan di sini aja yaa supaya nggak bolak-balik nerangin satu-satu. :)

Apa itu Tabungan Emas Online?

Tabungan emas online adalah layanan titip saldo emas secara digital melalui jaringan internet. Kalau membeli secara offline, kita akan memperoleh emas fisiknya, kita langsung pegang emasnya setelah membeli. Namun jika menabung emas secara online kita nggak akan pegang emasnya, namun kita punya catatan berupa saldo emas yang jumlahnya bisa kita lihat secara real time. Kalau kamu mau mencetaknya secara fisik, jumlah saldo di tabungan harus mencapai jumlah minimal 1 gram. Fyi, untuk cetak emas ini ada biaya tertentu.

Nabung dengan cara seperti ini, kita bisa membeli dan menjual emas kapanpun kita mau. Misalnya ketika harga emas naik di angka tertinggi, kita bisa langsung jual dengan mudah hanya dengan klik tombol 'jual', maka uang akan langsung cair ke rekening yang didaftarkan.

Belinya dimana? Kalau saya mah beli di Pegadaian. Tapi kamu bisa memilih beli melalui aplikasi maupun marketplace yang menyediakan layanan beli emas. Untuk pembayarannya bisa dilakukan dengan transfer bank atau dompet digital.

Manfaat tabungan emas online

Apa sih sesungguhnya keuntungan menabung emas online? Saya kutip dari Duwitmu.com, berikut 5 keuntungan menabung emas online, diantaranya:

1. Harga emas relatif stabil
Harga emas relatif stabil dan bahkan cenderung meningkat (perhatikan grafik harga emas di bawah ini).
Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, emas umumnya dipandang sebagai komoditas yang kebal terhadap inflasi. Nilainya pun lebih ajek dibandingkan dengan nilai mata uang. Karena itu emas sering digunakan untuk penjamin.

Karena kestabilannya inilah saya menjadikan emas salah satu pilihan menabung yang mudah dan aman. Saya bisa membeli emas dengan harga murah saat itu dan menjualnya berkali lipat sekarang atau di masa depan. Kalo memungkinkan, lebih baik simpan dalam waktu lama karena harganya cenderung naik.



2. Mudah dicairkan
Ada dua cara mencairkan tabungan emas. Pertama, kamu bisa mencairkan tabungan dengan menjual saldo emas tabunganmu secara langsung via aplikasi. Kedua, kamu bisa mencetak tabungan emas secara fisik apabila saldo sudah mencapai jumlah tertentu (biasanya minimal 1 gram). Ngomong-ngomong, di beberapa layanan, kamu bahkan bisa mencetak tabungan emas menjadi perhiasan.

3. Aman
Keamanan adalah bagian terpenting. Sebelum menabung, kamu harus menentukan penyedia layanan tabungan emas online yang bisa dipercaya. Ada banyak penyedia layanan di luar sana. Saran saya jangan coba-coba. lebih baik pilih penyedia layanan yang sudah punya track record yang baik seperti Pegadaian. Pegadaian merupakan BUMN yang terdaftar sebagai lembaga hukum dan berpengalaman selama puluhan tahun.

Baca juga: Cara Memilih Investasi Online Terpercaya

4. Terjangkau
Seperti yang sudah saya bilang, membeli emas tuh terjangkau banget, bisa mulai dari 0.01 gram. Jadi lebih fleksibel segimana adanya uang. Ada uang Rp 5.000? Beliin emas aja. Ada uang sisa belanja ? Atau uang sisa jajan anak-anak? Cuss beliin emas. Sedikit-demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

5. Praktis dan Mudah
Hari gini jangan sampai handphone kita lebih pinter daripada pemiliknya. hehehe. Semakin pesatnya teknologi dapat membantu segala urusan manusia, termasuk membuka tabungan emas secara online. Berkat kecanggihan smartphone kita bisa nabung emas dimanapun dan kapanpun.

"Aku mah masih gaptek, gak ngerti sama yang gitu-gitu."

Tenaang... kalo kamu masih agak gagap teknologi, kamu bisa mengunjungi cabang Pegadaian terdekat untuk mencari informasi atau minta diajari caranya. Sebenarnya kalau mau mencoba dan belajar, caranya mudah kok. :)

Cara Membuka Tabungan Emas Online


Sebagai contoh, kita akan menggunakan layanan tabungan emas online dari Pegadaian. Seperti saya tulis di atas, Pegadaian adalah BUMN yang sudah punya pengalaman panjang dalam bisnis jual-beli emas. Selain itu, cara membuka tabungan emas di Pegadaian juga terbilang mudah. Jadi amat pas menggambarkan betapa gampangnya membuka tabungan emas secara online.



Berikut cara praktis bagi kamu yang ingin membuka tabungan emas.

  • Download Aplikasi Pegadaian Digital melalui Google Play Store
  • Setelah selesai mengunduh, buka aplikasinya.
  • Isi data diri pada kolom-kolom yang tersedia sesuai petunjuk.
  • Isilah unit pegadaian sesuai dengan wilayah kantor atau agen cabang di dekat tempat tinggal, misalnya Kota Cimahi.
  • Lakukan pembayaran untuk biaya pembukaan tabungan.
  • Lakukan konfirmasi pembayaran untuk mengaktifkan tabungan emas, bisa dengan mendatangi kantor terdekat atau menghubungi contact person. Waktu tunggu pengaktifan adalah selama 7 hari kerja.
  • Ambil buku tabungan dari unit kantor cabang yang dipilih.


Demikian yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat, ya teman-teman. Kini, emas bukan lagi hal yang terlampau jauh untuk dimiliki. Ibu rumah tangga seperti saya pun bisa menabung emas online dengan menyisihkan sisa uang belanja atau sisa uang jajan anak Rp 5000 saja. Mudah, 'kan? Selamat menabung. :)

0 komentar:

Post a comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.