24 April 2022

Mengenal Microsoft Excel dari Fungsi Hingga Rumus Didalamnya

Apakah Anda ini masih ingat dengan rumus Excel yang dulu pernah Anda pelajari di bangku sekolah? Mungkin dari beberapa diantara Anda sudah ad yang lupa. Hal yang harus Anda ketahui didalam dunia kerja ini excel adalah salah satu software yang paling sering di pakai, jadi salah satu kemampuan dasar yang wajib Anda miliki adalah menguasai Excel.

 Mulai dari bagaimana cara membuat rumus di dalam Excel, kemudian menambahkan rumus di Excel, hingga menghitung semua angka yang ada di dalam Excel. Supaya Anda ini bisa menggunakan Excel dengan lancar Anda ini harus bisa benar- benar faham dengan semua rumus yang ada dan paling sering untuk digunakan.

Menganal Microsoft Excel

 Sebelum lebih jauh kita membahas mengenai rumus yang ada di Excel, Anda ini sebaiknya mengetahui dulu mengenai software yang satu ini. Excel ini adalah sebuah software spreadsheet yang memiliki fitur kalkulasi dan juga membuat grafik.

 Hampir semua orang yang ada di dunia ini menggunakan software yang satu ini. Secara umum Microsoft Excel sering di gunakan oleh beberapa orang yang memiliki profesi tertentu, misalnya bidang industri, penelitian, bidang statistik, finance, akuntansi, dan bidang lainnya saat menghitung.

Fungsi Microsoft Excel

 Dengan mempelajari Microsoft Excel Anda ini harus tahu betul mengenai fungsi dari Microsoft Excel. Fungsi yang paling utama adalah untuk mengelola sebuah angka, di dalam dunia kerja fungsi excel ini bukan Cuma untuk itu saja, ini dia beberapa fungsi excel di dalam dunia pekerjaan.

• Membuat, menganalisis, mengurutkan, mengedit, dan meringkas sebuah data

• Melakukan sebuah perhitungan aritmatika dan juga statistika

• Membantu untuk menyelesaikan soal-soal logika dan juga matematika

• Melakukan sebuah visualisasi data misalnya dalam pembuatan berbagai macam grafik dan juga diagram

• Membuat sebuah anggaran keuangan, catatan keuangan, dan menyusun laporan keuangan

• Bisa digunakan untuk menghitung dan juga mengelola sebuah inventaris, investasi, penjualan, pinjaman, dan hal yang lainnya

• Melakukan riset harga dan analisa

• Mempersingkat sebuah proses untuk pengolahan data

• Merapihkan sebuah data dalam jumlah skala yang cukup besar

• Melakukan sebuah perhitungan dari hasil penelitian

Selain beberapa fungsi di atas masih banyak lagi fungsi dari Microsoft Excel untuk membantu serta mempermudah pekerjaan Anda. walaupun memang bisa membantu Anda tapi untuk mempelajari Microsoft Excel ini tidak mudah. Ada beberapa rumus yang harus Ada pahami dengan betul supaya Anda ini bisa menguasai programnya.

Rumus-rumus Excel

 Dalam menggunakan Microsoft Excel Anda ini membutuhkan rumus supaya bisa menjalankan perintah yang di berikan di spreadsheet. Semua rumus yang Anda buat ini sangat wajib Anda awali dengan tanda ‘sama dengan’ (=).

 Jika sudah Anda bisa menambahkan rumus lainnya yang bisa Anda gunakan misalnya ‘formula’ dan ‘function’. Kemudian bagaimana sih membuat rumus excel dengan dua rumus tersebut?

 Formula ini merupakan sebuah rumus Excel yang di ketik secara manual oleh Anda sebagai pengguna misalnya ‘=A1+A2+A3’ atau ‘B4-B5-B6’. Sendangkan untuk Function merupakan sebuah template yang memang sudah di sediakan oleh excel, contohnya ada ‘=SUM(B1:B3)’ atau ‘=AVERAGE(D4:D6)’.

 Dua rumus tadi adalah rumus yang dianggap sama-sama penting. Biasanya rumus ‘formula’ ini hanya di gunakan untuk menghitung data atau angkat yang cukup sederhana, sedangkan untuk rumus ‘function’ biasanya di pakai untuk jumlah data yang jauh lebih besar.


0 komentar:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.