30 September 2021

Bernyanyi Lagu Anak Indonesia Baru bersama Hoala dan Koala

Sebagai ibu yang masih ada anak balita, aktivitas yang nggak pernah luput sehari-hari adalah bernyanyi. Saya kerap bernyanyi apalagi sekarang Arfan (3 tahun) sudah suka menyanyikan beberapa lagu anak seperti Cicak-Cicak di Dinding, Tik-Tik-Til Bunyi Hujan, ABCD, Twinkle-Twinkle Little Star dan beberapa lagu lainnya. Lagu yang Arfan nyanyikan adalah lagu-lagu yang tak lekang oleh waktu. Dari saya kecil sepertinya itu itu aja ya lagunya. Hahaha... 

Sadar nggak sih Bun kalo sekarang ini perkembangan dunia musik anak Indonesia sedang lesu? Saya jarang mendengar lagu anak yang benar-benar baru dan fresh.

Hoala Koala
Saya dan Arfan sedang menonton Channel Youtube Hoala & Koala


Beberapa waktu lalu, ketemu di Youtube channel Hoala dan Koala. Di channel tersebut ada banyak lagu anak Indonesia yang "baru" di telinga saya. Lagu-lagunya nggak sesederhana lagu kita jaman dulu. Di video-videonya Hoala-Koala ini lebih banyak sekali alat musik yang diperdengarkan sehingga ini bagus untuk mengenalkan si kecil dengan bunyi-bunyi alat musik. Alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak ini dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Kehadiran Hoala & Koala ini semoga membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak. Nggak cuma lagu sederhana, lagu anak di Hoala & Koala ini banyak lho genrenya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.


Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi. Hoala, seorang anak perempuan. Koala, seekor koala yang lucu. Karena mereka suka sekali menyanyi, mereka akan terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya. Hoala & Koala digambarkan dengan karakter 3D.


Mengapa harus digambarkan dengan karakter 3D? Karena karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia music anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. 

Selain Hoala & Koala, seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga mampu bernyanyi lhoh, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. 

Melihat animasi yang lucu dan lagu yang riang dan bersemangat, Arfan ikutan joged-joged juga. Beberapa kali menonton Youtube Hoala & Koala, Arfan terlihat menikmati iramanya. Sedangkan saya, saya senang karena ini jadi referensi lagu-lagu baru di sana, sehingga saya dapat menyanyikan lagu lebih bervariasi. Seperti lagu Kata Ibu ini, bisa banget dipakai untuk menasehati anak dengan cara bernyanyi.



Dan asyiknya, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah. Misalnya tentang berbagi, membereskan mainan, pada saat makan dan sebagainya.... saya bisa ajarkan dengan cara yang asyi, nggak kaku, yaitu sambil bernyanyi. 


Saat ini Hoala-Koala sudah punya 5 album ternyata, uwow! Dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes. Ini salah satu lagu anak ketawa Hoala Koala yang jadi favorit Arfan. Dia paling seneng pas bagian ha ha ha ha ha hi hi hu hu he he ho, lol

Senangnya, Arfan sekarang mempunyai teman baru nih dalam bernyanyi, serta mengenal Lagu Anak Indonesia yaitu Hoala dan Koala. Kalau anak-anak teman-teman gimana? Apakah sudah kenal dengan Hoala dan Koala? 

1 comment:

  1. Nah, kemarin sempat bingung carikan animasi plus ada musiknya kayak gini. Si kecil suka banget kalau nonton kartun sambil nyanyi, otomatis ketemu sama ini memang bagus banget buat pengetahuan si kecil tentang musik.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyak spam yang masuk.