1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

24 October 2015

Perilaku Anak Saat Sakit

Beberapa hari yang lalu, Akram (3), anak saya yang ke-dua sakit panas. Sehari semalam panasnya berangsur turun. Tapi setelah itu, dia mulai sering buang air besar. Belum sembuh diarenya, disela BABnya Akram juga muntah-muntah. Mungkin ini yang dinamakan muntaber.
Saya bertanya kepada teman-teman yang mempunyai balita. Satu dari tiga teman yang saya tanya, ternyata anaknya mengalami gejala yang sama.
Bertanya kepada teman-teman adalah salah satu cara agar saya tetap tenang dan nggak panik. Kenapa? Jika salah satu aja ada yang mengalami gejala yang sama, berarti kata orang sini mah "oh, lagi musim".
(((Emang ya, penyakit sekarang tuh musiman. Kayak buah aja.)))



Ini bukan pertama kalinya Akram panas, diare, ataupun muntah-muntah. Tapi kalau sebelumnya tiga gejala ini nggak muncul bersamaan, sih, tapi paling nggak saya sudah tahu bagaimana memberikan pertolongan pertama pada masing-masing gejala. Saya masih tenang dan nggak langsung membawanya ke dokter.

Jadi, setelah beberapa kali selama tiga tahun Akram mengalami gejala penyakit seperti ini, saya jadi mengerti bagaimana tubuh Akram menyembuhkan dirinya sendiri. Dari pengamatan selama tiga tahun, kalau sakit, gak lebih dari tiga hari dengan perilakunya seperti ini :

1. Nggak Mau Makan
Kalau Akram sudah mulai merasakan kurang enak badan, biasanya dia selalu menolak makan. Jadi, setelah sakit biasanya berat badannya turun. Hal ini saya siasati dengan memberikan cemilan sehat. Walaupun sedikit yang dimakan, tapi nggak papa asal perutnya nggak kosong banget.
Dan kalau dia sudah mulai membaik, nafsu makannya akan kembali seperti semula.
Ketika anak nggak mau makan, saya nggak memaksanya karena kalau dipaksa nantinya anak akan trauma. Kata pakar anak mah seperti itu. hehe
Nggak usah panik jika saat anak sakit dia jadi nggak mau makan. Ini memang alarm alami tubuh.

Baca juga : Jangan Abaikan Alarm Tubuh

2. Tidur Terus
Sangat jelas sekali perbedaannya antara saat sehat dan sakit. Yang biasanya siang hanya tidur sekali, kalau lagi sakit, Akram tidur 3-4 kali. Dan itu lama.
Dengan banyak tidur, tubuh akan memusatkan kegiatannya untuk melawan bibit penyakit yang menyerang tubuh.
Apabila saat sedang sakit, anak dan juga orang dewasa banyak beraktivitas, maka penyembuhan akan berjalan lambat karena tenaganya terbagi.
Makanya kalau periksa ke dokter, dokter meminta pasien untuk banyak istirahat, kan?
Tapi masih ada aja ya yang membandel. Jangankan anak-anak. Kita orang dewasa juga suka mengabaikannya. Iya kan, kan?

3. Banyak Minum
Lebih banyak dan lebih sering minta minum dari biasanya. Melegakan sekali bahwa Akram mau banyak minum saat sakit tanpa harus dipaksa-paksa. Jadi pas muntah-muntah dan mencret, cairan yang keluar sebanding dengan cairan yang masuk. Hal ini makin membuat saya sedikit lebih tenang.
Kapan saatnya harus ke dokter?
Anak harus dibawa ke dokter atau rumah sakit, jika keluarnya cairan dari tubuh saat diare dan muntah lebih banyak dibandingkan yang masuk. Karena muntaber atau muntah berak ini akan menjadi bahaya jika anak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Yang bisa berakibat fatal bahkan sampai ada yang meninggal karena dehidrasi parah.
Walaupun tenang, tapi tetap harus waspada.

Kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh masing-masing anak itu berbeda. Banyak faktor yang menyebabkan kondisi setiap anak ini berbeda salah satunya adalah kebiasaan. Yang terbaik adalah memahami kondisi anak sendiri dan mengerti bagaimana menanganinya saat anak sakit. Karena tantangan setiap ibu itu berbeda dalam merawat anaknya.

Kesimpulannya : Setiap ibu harus menjadi dokter bagi anaknya dan harus memahami karakter tubuh anaknya.


7 comments:

  1. "Setiap ibu harus menjadi dokter bagi anaknya dan harus memahami karakter tubuh anaknya"

    setuju banget sama kalimat di atas mbak..

    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal. Makasih sudah mampir ya.

      Delete
  2. Semoga akram cepet sembuh ya mbak.. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat saya menulis ini pun Akram sudah sembuh kok Mas. Cuma tiga hari biasanya. :')
      Makasih sudah mampir

      Delete
  3. anak ulu juga kalo sakit gak mau makan. sehari2 juga emang susah makan sih heuheuheuheu. lieur pokona klo udah sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Akram mah, sehari-hari makannya lahap. Apalagi kalo nggak ngemil, bisa lebih dari 3 kali. ^^

      Delete
  4. seringkali Bo et Obi tetap lincah walaupun sakit mak...biasnaya kalau sudah parah baru deh diam dan lemees...semoga anak2 selalu sehat yaaa mak :)

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)