1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

21 October 2017

5 Cara Menggunakan AC Dengan Benar Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama


Air Conditioner atau AC memang merupakan barang yang mahal dan memerlukan biaya yang besar jika rusak dan harus diperbaiki, makanya sangat penting untuk menjaga kesehatan AC agar AC hemat listrik dan dapat terus digunakan. Menggunakan AC dengan bijak tentu akan membuat AC bertambah umur hidupnya dan tentunya lebih tahan lama, bagaimana cara menggunakan AC yang benar?

Setting temperature AC pada suhu yang sesuai kebutuhan
Jangan sekali-kali mengatur suhu AC di bawah 22ยบ, Mengapa? Karena pada saat AC dinyalakan maka kompressor akan bekerja keras untuk membuat suhu ruangan seperti yang disetel pada remote AC. Namun jika suhu ruangan tetap tidak bisa memenuhi suhu yang diatur pada remote, hal ini akan membuat kompresor AC bekerja terus menerus dan akibatnya terjadi kerusakan kompresor dengan cepat. Selain itu, kompresor AC yang bekerja terus menerus juga akan menyebabkan biaya listrik naik, karena saat kompressor bekerja keras ia membutuhkan daya listrik yang besar.

Simpan  AC pada ruangan tertutup
Agar AC hemat listrik dan tahan lama adalah meletakan AC pada ruangan tertutup dan jangan meletakan AC di bagian ruangan yang sering kali buka tutup. Hal ini dapat membuat AC tidak bisa bekerja secara maksimal, karena suhu ruangan sering berganti alias tidak stabil.

Tidak boleh merokok di ruangan saat AC menyala
Merokok dapat menyebabkan udara kotor yang mengakibatkan AC juga cepat kotor, jika AC kotor maka daya listrik yang dibutuhkan agar AC dapat bekerja menjadi lebih banyak.

Pilih PK AC yang sesuai
Pastikan PK AC yang dipilih sesuai dengan kebutuhan ruangan yang akan digunakan, misalnya ruangan 10m^2 membutuhkan AC ½ PK, 14m^2 membutuhkan AC ¼ PK, ruangan 18m^2  membutuhkan 1 PK, dan lainnya.

Jangan menyalakan AC langsung jika baru saja dimatikan
Menyalakan AC langsung setelah dimatikan akan membuat kompresor AC cepat rusak, hal ini disebabkan karena oli dan freon pada kompresor harus cepat kembali ke kompressor tanpa adanya selang waktu.

Beberapa tips penggunaan AC hemat listrik di atas jika dilakukan dengan benar akan sangat membantu agar AC bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama, jangan lupa juga untuk selalu melakukan perawatan atau pembersihan AC secara rutin ke ahlinya agar tetap dingin dan tentunya awet.

2 comments:

  1. Kalo mau hemat pake AC,pas cuaca panassss banget baru dinyalain

    ReplyDelete
  2. ac aku alhamdulillah sudah 6 tahun masih awet mudah-mudhan bertahan lebih lma lagi saya gunakan tipsnya maksih mbak

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)