1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

24 March 2016

Ngobrol Kece Tentang Aestetic dan Anti Aging bersama Dr David Budi Wartono



Senin, 21 Maret 2016 bersama si matic biru saya melaju ke Hotel Best Western Premier La Grande di Bandung. Nggak ketinggalan pula Akram ikut menemani saya memacu motor membelah kemacetan jalan raya. Sedangkan Dhi , sekolah sampai siang.

Saat saya datang, acara Ngobrol Kece Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh tengah ada testimoni yang pernah menjalani konsultasi dan perawatan di DF Clinic. Ada Kang Ali, Teh Afi, dan Teh Nchie yang sharing pengalamannya bersama DF Clinic.

Tak lama, masuk ke materi utama bersama Dokter David Budi Wartono. Beliau adalah pakar Aesthetic dan Anti Aging yang sudah tidak diragukan lagi kapasitasnya.



"Apa keluhan Anda?" Dokter David mengawali Ngobrol Kece pagi itu dengan sebuah pertanyaan.
Dr. David bertanya kepada peserta seminar agar materi yang nanti disampaikan bisa tepat sasaran.
Para peserta pun melontarkan berbagai macam keluhan, antara lain :
alergi, kegemukan, hormon yang tidak seimbang, gangguan metabolisme, dan lain-lain (saya lupa).

Saya coba tuliskan apa yang telah dokter paparkan dalam seminar kemarin.

Alergi

Alergi diakibatkan oleh system kekebalan tubuh yang keliru mengidentifikasi bahan yang tidak berbahaya dan kemudian menyerangnya. Orang-orang yang alergi sangat sensitive terhadap bahan-bahan yang bagi sebagian besar orang sama sekali tidak atau kurang berbahaya.

Ada dua macam alergi, alergi yang sifatnya tidak hancur dan alergi yang sifatnya hancur.
Yang sifatnya tidak hancur, contohnya, kalau makan udang, reaksinya bengkak. Alergi jenis ini, bisa diobati dengan CTM. Pakai CTM, bengkaknya hilang.
Tapi ada reaksi alergi lain yang sifatnya hancur. Itu nggak mempan dengan CTM.
Yang bias kita lakukan adalah mencari penyebabnya dan stop dimakan. Alergi jenis ini tidak bisa sembuh.

Dan jika tidak menghentikan penyebab alergi itu maka, reaksinya bisa jadi ketombe tiada henti, jerawat bernanah tiada henti, gatal di seluruh badan tiada henti. Penyakit seperti lupus dan psisioaris bahkan migraine-migrain yang gak jelas bias berawal dari alergi.
P.S : Ada alat mengecek alergi, tapi mahal karena harus mengecek 96 bahan makanan yang harus diperiksa.

Celakanya, kalau kita terkena alergi di makanan utama. Misalnya, telor. Bikin nasi goring pake telor, bikin perkedel pake telor, bikin cake juga pake telor. Jadi makan apapun yang mengandung telor, akan langsung bereaksi. Beda dgn orang yg jerawatnya yang kadang2 ada kadang2 enggak. Mungkin dianya kenanya di udang. Pada saat makan dia reaksi pada saat gak makan dia gak reaksi. Seperti saya banget ini, udang dalam bentuk apapun jika saya makan akan muncul jerawat dan gak pake lama setelah makan.

Jadi kalau punya alergi dlm bentuk apapun, cara paling mudah adalah memperbaiki system. Naikin kesehatan tubuhnya, screening bahan makanannya. Jika sudah ketemu bahan makanan yang bikin alergi, tinggalkan. Dalam kasus yang paling sering ditemui oleh dokter David adalah alergi terhadap susu. 99% anak kita dan orang tuanya itu adalah alergi susu, cuma mereka kebanyakan tidak menyadari. Dokter David, satu-satunya yang bilang susu is bad. Susu sapi sekarang berbeda dengan susu 10 tahun yang lalu. Susu sekarang 30% susu, 70 % zat aditif/zat tambahan.

 Anda menyangkalnya? Silahkan berdebat dengan dokter David, jangan sama saya. Hehehe :D

Alergi itu sifatnya seperti racun tikus, menghancurkan yang ada di dalam. Jadi kalau masih ngeyel mengkonsumsi makanan yang bikin alergi, ya sama saja menghancurkan tubuhnya sendiri.


Fiuuuh… panjang, yaaa. Ini baru satu bahasan. Masih ada bahasan lainnya lho.

Hormon

Hormon itu ibarat manager. Manager yang mengatur kerja sistem tubuh kita. Misalnya : kenapa wanita payudaranya tumbuh sedangkan laki-laki tidak, kenapa laki-laki mudah berotot sedangkan wanita tidak. Satu hormon dan hormon lain itu kerjanya saling bertautan. Yang paling terkenal dan sering kita kenal adalah hormon estrogen, progesteron dan hormon tertosteron. Masing-masing hormon punya "job" sendiri-sendiri. 
Jika sistem hormon pada seseorang bagus, tubuhnya akan bagus tanpa perlu capek-capek mengatur makan dan gerak. Dia bebas makan apapun, bisa bergerak bagaimanapun.
Tapi jika sistem hormon seseorang buruk, walaupun cuma minum air putih, nasi dua sendok,sama sayur-sayuran tubuhnya tetep gemuk. Itu sistem hormonnya terganggu.

Salah satu fungsi hormon bagi wanita yaitu mengatur siklus haid. Normalnya wanita haid seriap 27-28 hari. Apabila terganggu hormonnya, siklus haid ini bisa memendek atau memanjang. Kurang hormon atau kelebihan hormon. Problem yg sering adalah kurang, jadi siklus haidnya memendek jadi 21 hari. Kerap kali ditemui sebulan ada yang 2 kali haid. Wanita yang siklus haidnya pendek, menopause akan datang lebih awal.
Tanpa kita sadari, kita sudah masuk dalam prepubertas. Artinya masa puber datang terlalu cepat.
Puber dibawah 12 tahun (8-12), siap-siap menopause di usia 40 tahun.
Puber 12-14 tahun, 40-50 tahun. Masih normal.
Puber diatas 14 tahun, di atas 50 tahun. Ini good generation.

Pembahasan tentang hormon selanjutnya adalah tentang KB, pertumbuhan rambut pada laki-laki, gangguan hormon pada laki-laki, de es be... de es be


***
Aaah, saya rasa tidak cukup catatan ini merangkum materi yang super kece dalam Ngobrol Kece bersama dokter David yang kece.

Anda mau konsultasi juga? Langsung aja dateng ke DF Clinic ya di jalan Leumah neundeut no 10 Bandung.

6 comments:

  1. aku Pernah tiba-tiba badan gatal-gatal dan bengkak. terus bibir jg pernah bengkak. Bibir atas kempas, eh bibir bawah yg jadi bengkak. Huaaa T^T. padahal gak punya riwayat alergi. makan jg makan yg biasa dimakan. alhamdulillah sekarang gak pernah muncul lagi.

    ReplyDelete
  2. Banyak informasi yang diberikan Dr. David dlm acara ini, jadi sulit merangkumnya dalam tulisan singkat :D.

    ReplyDelete
  3. Konsultasi sama Dr. David memang seru :)

    ReplyDelete
  4. Waaaah menunggu saat2 menopouse nih. Hiks

    ReplyDelete
  5. Klo udah makan banyak ngga gemuk2 , juga ada gangguan hormon yah mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata dokter, orang itu metaboismenya bagus :)

      Delete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)