1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

02 January 2015

Jangan Abaikan Alarm Tubuh

Tahukah teman, tubuh selalu memberi kita signal agar seluruh aktivitas kita sesuai dengan yang tubuh inginkan? Namun, signal-signal yang muncul seringkali kita abaikan, atau sebenarnya kita sudah tahu ada signal dari tubuh namun dengan sadar pula kita meredam signal itu dengan berbagai cara. Ada beberapa signal positif tubuh yang sering sekali terabaikan.

RASA LAPAR
Rasa lapar menandakan kalau lambung sudah kosong dan siap diisi lagi.
Baru-baru ini penyakit maag saya kambuh, yang penyebabnya tidak lain karena saya suka menunda-nunda makan/telat makan. Kebiasaan di keluarga besar saya, makan ya dengan patokan jam. Jam enam pagi sarapan, jam duabelas atau jam satu makan siang, dan jam tujuh malam makan malam. Begitu kan, rata-rata orang makan? 
Namun kini saya akan makan begitu saya lapar. :D

RASA HAUS
Saat rasa haus melanda berarti tubuh meminta kita agar menambah cadangan air dalam tubuh. Mayoritas kita tidak tahu kapan sebaiknya kita minum dan berapa banyak tubuh membutuhkan air.

RASA NGANTUK
Banyak nih diantara kita yang mengabaikan signal positif ini ( termasuk saya, hehe ) atau meredamnya dengan kopi dan obat-obatan agar tidak mengantuk. Padahal rasa ngantuk menandakan bahwa tubuh lelah dan perlu diistirahatkan/ditidurkan.

RASA LELAH
Rasa lelah merupakan signal positif tubuh setelah kita bekerja berlebihan, menguras fisik dan pikiran. Mengonsumsi minuman energi yang banyak di pasaran, hanya akan memaksa tubuh tetap segar sesaat. Namunberefek terhadap terganggunya sistem keseimbangan tubuh dan penyakit.

RASA MUAL
Rasa mual ini merupakan signal positif yang tidak boleh diredam dengan obat antimual. Rasa mual mengindikasikan  mesin pengolahan makanan di dalam tubuh sedang bermasalah. Tugas kita adalah segera dengan memberi makanan yang mudah dicerna atau meakan makanan yang memberi efek cleansing/ pembersihan seperti sayur dan buah.Tapi disesuaikan juga dengan penyebab mualnya. 

RASA SAKIT
Kata Dr. Husen A. Bajry, M.D., Ph.D. (pelopor dan pendiri Tourist Hospital), rasa sakit bukanlah penyakit melainkan efek yang ditimbulkan oleh penyakit.

DEMAM
Ini sering terjadi, apalagi sama anak-anak. Demam bisa jadi indikator adanya infeksi di dalam tubuh sehingga tubuh harus menghasilkan  ekstra panas guna membuang racun ang tidak bisa dibuang dengan suhu tubuh normal. Jadi ketika anak/kita demam sebaiknya tidak langsung diberi obat penurun panas kecuali kalau panasnya sudah terlalu tinggi.
Tugas kita hanya mengkonsumsi cairan lebih banyak dan kompres lokal.

DIARE
Signal positif ini juga tidak boleh distop dengan obat. Diare muncul biasanya karena salah makan, makan makanan yang tidak higienis, atau kelebihan makannya.
Jika diare, tugas kita menyetop semua makanan yang masuk dan mengganti cairan (seperti banyak minum air madu hangat atau air kelapa muda).

KONSTIPASI
Buang air besar yang normal adalah 2x sehari. Konstipasi (susah buang air besar) pertanda bahwa pola makan kita salah atau tidak seimbang.

Sering saya mengatakan (pada pagi hari) pada tubuh saya sendiri bahwa saya hari ini semakin sehat, namun dalam kenyataannya saya juga sering mengundang penyakit sendiri. Seperti maag karena sering telat makan dan sakit kepala karena sering begadang. Maka dari itu, di tahun baru ini, saya berniat ingin benar-benar menjaga tubuh saya agar saya juga bisa menjaga kesehatan anak-anak dan suami. Dimulai dengan mengurangi begadang dulu. Hari ini berhasil, tidur jam 11 pm dan saya bisa bangun di awal waktu (jam 3 am). Memang terasa lebih segar dibanding saat tidur setelah Subuh sekitar jam 4 am dan bangun jam 8 am. Jadi saya akan sedikit abnormal untuk ukuran penggemar drama korea. #eh

8 comments:

  1. iya juga,kadang saya kalo dua hari nggak sarapn buah,rada beda BABnya..makasih shringnya yaa mbak^^

    ReplyDelete
  2. Akhir2 ini saya sering banget kelaparan mbak. Jam 7 sarapan jam 9 sudah lapar lagi. Harus sedia cemilan selalu mbak. Takut kalau urusan lambung, pernah kena tipes soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu makanannya dingin, mak. Kalo masih panas memang cepat laper.

      Delete
  3. saya kadang suka abai sama alarm tubuh. Begitu sakit, baru nyadar :D

    ReplyDelete
  4. saya juga pny sakit maag rasanya hdp kok makan mulu ya bentar bentar laper hihi

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)