1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

14 November 2014

Membuat Bola-Bola Coklat


Semua proses Dhia yang bikin
Punya kue semacam kue kaleng Khong Guan yang isinya tinggal yang tidak disukai? Jangan dibuang! kita 'daur ulang' kuenya menjadi bentuk baru yang lebih menarik dan tentu saja lezat.
Kita bikin bola-bola cokelat saja, oke?

Sekalian untuk cooking class nya Dhia yang sekolah di rumah, jadi saya serahkan pengerjaannya kepada Dhia. :) Saya hanya membantu mengarahkan langkah-langkahnya saja. :D

Pertama, kue diremas-remas sampai berbentuk bubuk.


Lalu, tambahkan susu kental manis rasa cokelat. Aduk sampai merata.

bikin bulatan

Lalu bikin bentuk bulat-bulat, kalau belum bisa dibentuk , tambahkan lagi susu kental manisnya.
Setelah itu, celupkan ke cokelat blok yang sudah dicairkan sebelumnya (atau menggunakan susu kental manis cokelat juga bisa, kok) lalu guling-gulingkan ke cokelat meses.
Jadi deh.

Terakhir, agar rasanya renyah, simpan bola-bola cokelat di dalam lemari es.
Nikmat disantap dengan teh hangat tawar.

*)bahan : kue, susu kental manis cokelat, cokelat meses.
Bahan yang digunakan simpel saja, karena ini untuk kegiatan anak-anak. Jika ingin versi 'serius'nya bisa ditambah mentega cair  dan cokelat blok.

Manfaatnya buat si anak apa?
Kegiatan ini melatih kemandirian anak.
Melatih anak-anak memahami perintah (urutan membuat kue merupakan sebuah perintah, kan?)

Anak akan puas melihat hasil karya/sesuatu yang ia buat sendiri. Kemudian dengan pujian dari orang tuanya, anak menjadi lebih bersemangat lagi.

Akram nggak mau tinggal diam. Ikut, NIMBRUNG :)
Buat anak yang lebih kecil, ini jadi kegiatan yang menyenangkan juga karena boleh berantakan #eh :D

2 comments:

  1. kalo aku pake biskuit regal n mesis warna-warni.
    emang asyik uwel2 bikin ini bareng anak2 ya :)

    ReplyDelete
  2. Kue kesukaan adekku nih, dulu kalo pulang pasti minta dibikinin ini. Tapi aku bikinnya pake kayak regal yg kiloan itu lho, yg belinya di dalem blek...

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)