1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

23 October 2017

Tips Memilih Sepatu untuk Anak

Sudah tahun ajaran baru lagi, tahun kedua si sulung sekolah SD. Rasanya baru kemarin deh Dhia kelas satu, lalu naik ke kelas dua. Sekarang sudah ujian tengah semester (UTS) lagi. Tiga bulan lagi akan ujian semester, kemudian terima raport (lagi). Berasa cepet banget, ya. Sementara Akram (adiknya Dhia), sudah sekolah di Taman Kanak-Kanak. Walaupun masih lima tahun, Akram kekeuh ingin sekolah, jadi saya pun menuruti kemauannya. Ah ya ternyata engg, bener juga nih. Jika anak sekolah karena suka, mereka pun enggak pakai acara ngambek dan nangis-nangis di sekolah.

Punya anak yang sudah sekolah ternyata banyak sekali keperluan yang harus disiapkan sebelum hari pertama masuk sekolah, ya. Diantaranya seragam sekolah, buku tulis, alat tulis, sepatu, tas , dan lain-lain. Setiap pergantian tahun ajaran semuanya harus baru.  HARUS?? *meh*
Untuk anak yang baru pertama kali sekolah memang semuanya harus baru, seragam terutama. Untuk beberapa sekolah seperti sekolah Akram, alat tulis-menulis (termasuk tas) sudah dipersiapkan oleh sekolah. Tinggal kitanya aja yang harus menyiapkan biaya yang besar. kekeke

Namun, untuk yang bukan tahun pertama sekolah, enggak semuanya harus baru juga. Seragam, masih bisa dipakai. Dari kelas satu ke kelas dua, tinggi hanya bertambah beberapa sentimeter, berat badan hanya bertambah tiga sampai 4 kilogram. Kalau buku dan alat tulis, biasanya saya belikan yang baru. Begitu juga dengan tas dan sepatu, saya pasti mengusahakan membelikan yang baru karena yang lama sudah rusah dipakai setiap hari. Perlengkapan sekolah yang baru di tahun ajaran baru bisa menambah semangat anak-anak untuk bersekolah dan mancari ilmu, lho. 

Ini memang personal sekali sih, tapi menurutku sebagai orang tua tentu ingin melihat anaknya semangat ke sekolah, lebih giat belajar dan mempunyai kepercayaan diri. Saya bukan malaikat yang bisa cuek melihat sepatu anak sendiri buluk sementara milik teman-temannya bagus-bagus. Saya belajar dari banyak hal bagaimana perasaan anak. Selama kita masih punya uang dan atau kita masih bisa mengusahakannya, kenapa enggak gitu lho membelikan sepatu baru. Namun perlu diberi pengertian juga ke anak, bahwa sepatu baru ini adalah hadiah karena anak-anak sudah semangat belajar dan bersekolah.




Back to school memang identik dengan sesuatu yang baru. Mulai dari buku perlajaran, alat tulis, tas, seragam sekolah, dan sepatu. Kenapa harus semua-muanya baru? Agar anak lebih bersemangat dan bahagia kembali ke sekolah setelah libur panjang. Dan seperti yang sudah saya tulis di atas, 

Nah berikut tips memilih sepatu sekolah untuk anak:

- Pilih yang pas sesuai ukurannya

Saya inget sekali, dulu ibu saya jika membelikan sepatu pasti dipilihin yang longgar/kegedean. Alasannya adalah agar kepakai lama. Anak-anak itu tumbuhnya cepet, jadi beli sepatu yang agak gedean agar bisa dipakai beberapa tahun. hayo, siapa yang kayak gini juga. hahaha
Saya tiga bulan lalu melakukan hal ini. Ceritanya milih-milih sepatu Akram. Lalu ketemulah model sepatu yang kece. Saya bingung harus memilih antara yang ukurannya pas tapi modelnya saya enggak suka. Atau yang modelnya cocok banget tapi ukurannya 2 nomor lebih besar. Akhirnya saya pilih yang 2 nomor lebih besar. Baru tiga bulan, jahitannya sudah jebol karena kegedean. Padahal harganya juga lumayan. huhuhu


- Pilih Sepatu yang tahan lama

Kalau ditanya mending mana : beli sepatu murah tapi gampang rusak atau sepatu awet namun harganya bisa sampai 3-5 kali lipat dari sepatu yang gampang rusak? Saya lebih memilih yang awet dan tahan lama walaupun harganya jauh lebih mahal. Saya pernah membelikan anak-anak sepatu yang agak mahal, namun keawetannya memang sudah teruji. Tiga tahun kemudian, sepatu tersebut masih dalam kondisi bagus. Sayang juga karena enggak bisa kepakai karena ukuran kaki anak sudah bertambah besar. Akhirnya, sepatu tersebut mendarat pada pemilik barunya. Kasihkan ke orang yang membutuhkan akan lebih bermanfaat.

- Pilih Sepatu yang nyaman

Kenyamanan adalah hal utama dalam memilih sepatu, apalagi ini sepatu anak. Mereka banyak menghabiskan hari-hari dengan sepatu mereka. Jika sehari menggunakan sepatu di sekolah rata-rata sekitar 4 jam, dalam setahun mereka memakai sepatu 1.460 jam. Apalagi yang sekolahnya lebih lama dari itu/full day. 
Pilih sepatu yang ringan sehingga kaki tidak mudah capek. Sepatu dengan material yang bagus juga perlu dipertimbangkan agar kulit anak tidak mudah iritasi dan bau. Pilih sepatu yang berbahan lembut dan ada sirkulasi udaranya, agar kaki tidak lembab.

-Pilih sepatu sesuai fungsinya dan mudah dirawat
Sepatu ada banyak macamnya. Ada sepatu olahraga, sepatu sekolah, sepatu balet, dan sebagainya. Pastikan menggunakan sepatu sesuai dengan kegiatan yang akan diikuti oleh anak. 
Belilah sepatu yang mudah dirawat, terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan. Tips merawat sepatu : simpan di tempat yang kering, jangan di tempat lembab agar sepatu tidak berjamur; bersihkan secara berkala.

- Pilih merk sepatu yang nyaman dipakai dan tidak cepat rusak
Dalam pemilihan merk mungkin teman-teman sudah mempunyai satu merk yang sudah dari dulu menjadi andalan. Salah satu yang dipercaya adalah sepatu Eagle. Dari jaman saya sekolah, merk ini terkenal awet dan nyaman dipakai. Dulu waktu sekolah, berasa bangga banget deh kalau sepatunya merk Eagle. kekeke
Pilihan modelnya banyak, terutama untuk anak-anak sekolah. Tidak susah menemukan sepatu sekolah yang dominan warna hitam merk Eagle. Cek di sini untuk melihat dan membeli sepatu Eagle terbaru

2 comments:

  1. Duh aku jadi inget sekolah dulu pas SMP kudu merk Eagle selain Eagle alim apalagi dulu model Eagle itu bagus banget bahkan waktu itu aku punya salah satu sepatu Eagle beli dari kelas 2 SMP sampe SMA masih awet teh :) jadi kangen Eagle sekarang gimana y?hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku jg lbh milih sepatu yg biar mahal asal kualitasnya bgs mba. Tahan lama itu penting soalnya :D. Malah boros kalo pake sepatu yg murah dan kualitas jelek, krn sering rusak, trs jd sering beli deh. Tp kalo suami agak beda.. Dia kdg lbh suka beli yg murah asal lucu, krn dia bilang, dia cepet bosen. Toh sepatu kalo udh brp kali pake, dia bkl beli baru walo blm rusak. Jd buat dia mndingan yg murah :D.

    Tapi khusus sepatu anak, ikutin prinsipku dong. Hrs yg berkualitas bagus :D

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)