1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

15 October 2017

INTERLAC® Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Keluarga Saya

Hai Parents, tahukah Anda? Rata-rata bayi berusia 0-2 tahun terserang diare 2-3 kali per tahun. Penyebab utama diare pada bayi antara lain infeksi Rotavirus, infeksi bakteri jahat lain dari benda-benda kotor di sekitarnya, alergi, susu formula yang tidak diolah dengan tepat, keracunan makanan, flu, ataupun konsumsi antibiotik.

Penyakit diare merupakan salah satu masalah terbesar pada bayi dan anak. Bahkan, dehidrasi akibat diare masih menjadi penyebab kematian nomor satu pada bayi dan balita di Indonesia. Riset nasional menunjukkan bahwa 31,4% dari kematian bayi dan 25,2% dari kematian balita di Indonesia disebabkan oleh diare. Diare dapat membunuh bayi dan balita bila terjadi dehidrasi tingkat berat dan telat mendapatkan penanganan. Duh, ngeri ya.


Ada empat jenis gangguan saluran cerna, yaitu :
- diare : frekuensi BAB yang meningkat dibanding biasanya (1-3 kali sehari) dan feses berbentuk cair.
- konstipasi : frekuensi BAB berkurang dari biasanya, feses lebih keras dan besar.
- kolik : bayi menangis terus-menerus secara berlebihan, setidaknya 3 jam/ hari. 3 hari/minggu tanpa sebab yang jelas. Ini sering banget nih terjadi pada bayi. Jadi saat bayi menangis malam-malam tanpa sebab yang jelas, jangan langsung berasumsi bahwa diganggu sama makhluk halus, bisa jadi itu kolik.
- gumoh : muntah ringan pada bayi yang mengeluarkan sedikit isi lambung. Biasanya bayi gumoh setelah minum ASI dan tidak disendawakan.

Lalu bagaimana ciri-ciri saluran cerna yang sehat? Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik atau sering disebut probiotik. Probiotik inilah yang turut mendukung sistem imun tubuh kita. Namun, kesehatan saluran cerna dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat yang diakibatkan oleh kebiasaan makan yang buruk, hygiene atau kebersihan yang buruk, diare, stress, maupun pemakaian obat yang berlebihan.

Di dalam saluran cerna inilah 80% sistem imun/kekebalan tubuh kita berada. Saluran cerna yang merupakan organ terbesar di dalam tubuh manusia, bila dibentangkan ternyata dapat mencapai luas 300 meter persegi atau sebesar lapangan tenis. wow!! Para ahli medis pun sepakat bahwa kesehatan saluran cerna manusia adalah cerminan kesehatan tubuh secara umum.


baca juga : Memahami Berbagai Penyakit pada Anak dan Cara Mengatasinya

Beberapa hari yang lalu, Akram (5 tahun) tiba-tiba saja mengalami diare setelah minum susu beberapa gelas. Polanya memang begitu Akram tuh dari dulu. Jika dalam sehari ia menghabiskan susu terlalu banyak, maka langsung diare. Sering banget BAB dan tekstur fesesnya encer berwarna cokelat seperti susu. Akram memang dari bayi sensitif banget terhadap susu sapi, apalagi jika minumnya lebih dari satu gelas. Kemungkinan besar ada riwayat alergi dari saya dan ayahnya. Sementara Dhia, kakaknya, sering sekali mengalami sembelit atau konstipasi. Penyebabnya, Dhia ini sering menahan BABnya dan kurang makan sayur-sayuran.

Beruntung banget, kurang lebih sebulan yang lalu teman saya merekomendasikan INTERLAC. Apa sih Interlac? INTERLAC®  adalah probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara yang memenuhi semua syarat probiotik baik dari WHO dan dikenal di kalangan medis sebagai Live and True Probiotic.
WHO mendefinisikan probiotik sebagai bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna dan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan signifikan bagi penggunanya.
Syarat-syarat probiotik yang baik menurut WHO adalah sebagai berikut:
Berasal dari manusia
Dapat bertahan hidup di saluran cerna
Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
Menghasilkan zat antimikroba
Mampu melawan bakteri jahat
Terdokumentasi penelitian klinis yang baik
BPOM Indonesia sendiri mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan, bukan obat. 

Interlac ini merupakan produk impor dari BioGaia (perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics) yang diimpor oleh PT Interbat. Sudah tahu kan PT Interbat? Perusahaan farmasi yang berdiri sejak 1948 dan telah memproduksi berbagai produk kesehatan berkualitas. Keamanan Interlac sudah terjamin untuk semua usia, sudah mendapat sertifikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari FDA Amerika Serikat.. Terjamin karena telah teruji terhadap 13.000 individu, 160 diantaranya telah teruji klinis. Formulanya bebas laktosa. Interlac juga lebih praktis karena cukup diminum 1 kali sehari.
Setelah diberitahu keunggulan INTERLAC tersebut, langsung deh saya membeli di apotek untuk persediaan di rumah, jaga-jaga karena Akram sering diare dan Dhia sering konstipasi. Waktu pas diare beberapa waktu lalu, saya kasih Akram Interlac tablet kunyak rasa strawberry. Tidak sulit membuat akram mengkonsumsinya karena cukup dikunyah kayak permen plus rasanya yang enak. Sehari setelah makan interlac diarenya pun berangsur sembuh. Dhia juga, BABnya jadi enggak keras lagi. Duh, saya senang sekali.

Untuk bayi gimana mengkonsumsinya, Win?
Oiya, saya tadi sudah menuliskan bahwa Interlac ini bisa untuk semua usia, kan.  Interlac probiotics ini bukan cuma dalam bentuk tablet kunyah namun ada beberapa jenis kemasannya. Varian INTERLAC® tersedia dalam sediaan lengkap, yaitu Oral Drops, Sachet dan Tablet Kunyah. Untuk bayi baru lahir sampai 1 tahun, menggunakan varian Oral Drops yang berbentuk cair. 

INTERLAC® Oral Drops
Aturan pakai
5 tetes, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter
Keterangan
Kocok dengan baik sebelum digunakan 
Dianjurkan untuk menggunakan sendok
Rasa netral (plain) untuk bayi dan anak
Penyimpanan di bawah suhu 25 derajat Celcius
1 botol = 125 tetes untuk penggunaan 25 hari
Harga Rp 347.000 di Lazada

INTERLAC® Sachet
Aturan pakai
1 sachet, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter
Keterangan
Larutkan dalam sedikit air 
Dianjurkan untuk menggunakan sendok
Rasa netral (plain) untuk bayi dan anak
1 box = 30 sachet
Penyimpanan di bawah suhu 25 derajat Celcius
Harga Rp 369.000 di Lazada


INTERLAC® Tablet Kunyah Strawberry
Aturan pakai
1 tablet kunyah, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter
Keterangan
Tablet kunyah dengan rasa strawberry
Cocok untuk anak-anak diatas usia 4 tahun
1 box = 30 tablet kunyah
Harga Rp 336.000 di Lazada


INTERLAC® Tablet Kunyah Lemon
Aturan pakai
1 tablet kunyah, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter
Keterangan
Tablet kunyah dengan rasa lemon
Cocok untuk dewasa usia lebih dari 12 tahun
1 box = 30 tablet kunyah
Harga Rp 336.000 di Lazada


Manfaat INTERLAC® 
Menjaga kesehatan saluran cerna
Terapi dan pencegahan diare, konstipasi, regurgitasi (gumoh) dan distensi abdomen (kembung)
Terapi dan pencegahan infeksi candida (jamur)
Terapi dan pencegahan kolik infantil (tangisan berlebih pada bayi berusia dibawah 4 bulan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan)
Terapi dan pencegahan NEC (Necrotizing Enterocolitis), penyebab kematian nomor satu pada bayi lahir prematur
Meningkatkan sistem imun, mencegah alergi dan meningkatkan daya tahan tubuh
Mendukung perkembangan neurologi (syaraf) yang optimal pada bayi
Terapi functional abdominal pain (sakit perut) pada anak-anak
Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik
Terapi pendamping antibiotik untuk infeksi Helicobacter pylori


Mengapa INTERLAC® menjadi pilihan terapi ahli kesehatan untuk diare pada anak? Ini dia alasannya : 
1. Penyembuhan lebih cepat
Penggunaan INTERLAC® pada bayi yang sedang terserang diare memberikan efek penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan plasebo. 74% bayi yang memakai INTERLAC® sembuh dari diare pada hari kedua, dibandingkan dengan hanya 19% pada grup plasebo(*). 
2. Mengurangi frekuensi diare 
Penggunaan INTERLAC® pada bayi yang sedang terserang diare mengurangi frekuensi diare per hari dibandingkan dengan grup plasebo (1.9x di grup INTERLAC® vs 3.4x di grup plasebo).
3. Mengurangi risiko terkena diare
Pada uji klinis selama 12 minggu pada 201 bayi, pemberian INTERLAC® menurunkan angka kejadian diare sebesar 74.6% dibandingkan grup plasebo. Selain diare, pemberian INTERLAC® ternyata juga bermanfaat mengurangi angka kejadian demam sebesar 79.5% dibandingkan plasebo.

(*)Plasebo adalah sebuah pengobatan yang tidak berdampak. Plasebo biasanya hanya berisi serbuk laktosa yang tidak memiliki khasiat apapun sebagai obat. Pasien yang mendapat plasebo tidak tahu apa yang diminumnya, namun sugesti bisa membuat obat itu benar-benar manjur layaknya obat asli.. (sumber : Wikipedia)


Interlac bisa dibeli di mana, Win?
Interlac bisa dibeli di Guardian, Halodoc, Go-Med, Lazada.co.id  dan Apotik terdekat. Saya akan membeli kembali atau tidak? Saya jawab IYA.

Setelah mengenal INTERLAC® , ini akan jadi andalan saya untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan meningkatkan imun tubuh keluarga saya. Sebagai orangtua, kesehatan anak tentu selalu menjadi kepentingan utama. Salah satu langkah awal dalam merawat kesehatan anak adalah menjaga kesehatan saluran cerna si kecil. Yuk, lindungi saluran cerna mereka dengan yang sudah terjamin seperti Interlac Probiotics sehingga akan tercipta Healthy Tummy Happy Baby with INTERLAC®

Tonton juga video do channelYoutube saya tentang Interlac, ya. Jangan lupasubsribe, like dan komen. Feel free to share jika informasi ini bermanfaat untuk orang lain. Terima kasih :)



INTERLAC®


facebook : interlacprobiotics

Instagram : @interlacprobiotics 


15 comments:

  1. Wah baru tau neh banyak manfaatnya juga ya, emang menjaga saluran cerna itu gampang2 susah ya kaya menjaga hati eeeaaa :)))

    ReplyDelete
  2. Ok noted. Ada obat diare mumpuni. Kalo obat2 grup placebo itu apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Placebo itu bukan obat teh. hanya mirip obat namun sebenarnya isinya laktosa aja dan nggak ngefek sama pasien yang minum.
      Saya enggak tahu grup placebo apa aja. yang jelas, jika yang sakit diberi placebo, dia tidak akan diberi tahu bahwa itu placebo.

      Delete
  3. wuiih,lengkap nih pembahasannya, makasih ya mamah emmesh

    ReplyDelete
  4. cocok buatibu-ibu yang punya balita, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh, secara balita mudah sekali mengalami gangguan pencernaan

      Delete
  5. eh harganya lumayan ya? hehehehe... aku nih kadang suka deg2an dan kepikiran kalau lihat harga. lol

    ReplyDelete
  6. wah makasih sharingnya dan aku malah baru tahu nih

    ReplyDelete
  7. anakku dulu juga sering diare waktu balita... Sekarang udah enggak sih, palingan kalau masuk angin yg agak parah baru diare... semoga sehat sehat ya semuanya...

    ReplyDelete
  8. anak kecil sering sekali bu bermasalah dengan pencernaannya memang perlu mengetahui obat yang bagus seperti ni

    ReplyDelete
  9. Saluran cerna bisa sangat mengganggu aktivitas anak. Keke nih beberapa kali pencernaannya terganggu. Makanya saya suka bawel dalam hal ini :D

    ReplyDelete
  10. Penting banget memang jaga kesehatan cerna :)

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)