1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

27 October 2017

APAR, Mengenal 4 Jenis Alat Keamanan Penting Penjinak Api




Api sudah menjadi kebutuhan manusia dalam keseharian. Tanpa api, tentu hidup pun juga tidak akan semudah ini. Meski api sudah jadi kebutuhan, namun jika jumlahnya berlebihan maka semuanya akan berefek buruk juga. Hal ini sudah banyak kejadian dimana atas alasan kecelakaan hingga keteledoran api bisa memakan habis semua benda bahkan menyebabkan kematian karena kebakaran hebat. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk bisa memiliki alat keamanan untuk menjinakkan api berupa fire extinguisher yaitu Alat Pemadam Api Ringan atau biasa disebut dengan APAR.

Fire extinguisher adalah alat pemadam api yang berbentuk tabung dan diisi bahan pemadam dengan tekanan tinggi. Alat ini adalah alat yang digunakan untuk mengendalikan kebakaran yang kecil. Sudah menjadi kewajiban jika saat ini setiap perusahaan harus memiliki fire extinguisher ini karena kebakaran bisa jadi mengancam jiwa dari keselamatan pekerja dan juga aset perusahaan. Tak hanya perusahaan besar karena kini perusahaan yang masih skala kecil juga sudah banyak yang menyediakan fire extinguisher ini karena memang kebakaran bisa terjadi kapan saja sehingga sebagai langkah antisipasi.

Perlu Anda ketahui jika alat pemadam kebakaran tabung memiliki banyak jenis diantaranya:

1. Alat Pemadam Api Air
Yang pertama adalah Alat Pemadam Api Ringan air dimana jenis ini tabungnya diisi air dengan tekanan yang tinggi. Untuk alat pemadam api satu ini bisa dibilang paling ekonomis dan cocok dalam memadamkan api lantaran bahannya padat serta non logam misalnya kertas, karet, plastik dan lainnya. Namun jika digunakan untuk instalasi listrik, fire extinguisher ini cenderung berbahaya sehingga harus menggunakan jenis Fire extinguisher yang lain.

2. Alat Pemadam Api Busa
Selanjutnya adalah Alat Pemadam Api Busa dimana terdiri dari bahan kimia sehingga bisa membentuk busa. Busa AFFF disembur keluar akan menutup bahan yang terbakar dan menjadikan oksigen menjadi tidak dapat masuk di proses kebakarannya. Untuk fire extinguisher jenis busa ini lebih efektif jika dipakai memadamkan api yang disebabkan karena bahan padat dan non logam misalnya karet, kain dan lainnya dan juga kebakaran karena bahan cair seperti alkohol, minyak.

3. Alat Pemadam Api Serbuk Kimia
Fire extinguisher jenis ini terdiri dari serbuk yang kering dan kombinasi dari Mono-amonium serta ammonium sulphate. Serbuk kering kimia yang nantinya dikeluarkan ini nantinya akan menyelimuti bahan terbakar dan mampu memisahkan oksigen yang menjadi unsur penting terjadinya kebakaran. Semua kelas kebakaran bisa dibantu dengan alat pemadam jenis ini. meski begitu Fire extinguisher ini kurang cocok jika digunakan di industri karena dikhawatirkan mengotori dan bahkan merusak peralatan produksi. Biasanya alat pemadam ini lebih kerap ada di mobil.

4. Alat Pemadam Api Karbon Dioksida
Untuk Fire extinguisher jenis ini memakai bahan karbon dioksida untuk bahan pemadamnya. Untuk penggunaannya sendiri lebih cocok pada kebakaran yang disebabkan bahan cair mudah terbakar hingga untuk kebakaran karena instalasi listrik.

Itulah beberapa jenis APAR yang ada dengan fungsinya masing-masing. Kebakaran bisa terjadi di mana saja dan kapan saja dengan sebab yang beragam sehingga ada pentingnya untuk selalu berjaga-jaga. Tak hanya di perusahaan dan lingkungan kerja saja, namun benda ini pun sudah banyak disediakan di rumah-rumah sebagai tindakan antisipasi. Jika Anda juga ingin memilikinya, maka Anda bisa mendapatkannya secara online dengan membeli di situs belanja online karena kini sudah tersedia banyak dan mudah didapat.

3 comments:

  1. alat pemadam inivital bagi setiap instansi apalagi spbu ya mbak

    ReplyDelete
  2. Wajib punya ya untuk mengatasi jika saja ada hal yang darurat

    ReplyDelete
  3. Wajib punya salah satunya ya di rumah, jadi kalau ada keadaan darurat bisa langsung bertindak. Makasih teh Uwien share nya

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)