1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

20 October 2017

Tips Memilih Ruang Rapat Yang Nyaman dan Tepat

Tempat rapat di Puncak merupakan tempat rapat favorit bagi para pengusaha di daerah Jabodetabek. Selain suasana yang menyegarkan, fasilitas ruang rapat di beberapa hotel di Puncak memang menawarkan desain interior yang menawan. Sebuah ruang selayaknya harus ditata dan didesain sedemikian rupa sehingga dapat mewadahi berbagai fungsi dan aktifitas di dalamnya.

Seperti namanya, ruang rapat memiliki fungsi sebagai tempat untuk mengadakan aktifitas rapat, yang keberadaanya tidak terpisahkan dari sebuah kantor atau perusahaan. Ruang tersebut harus mampu menghadirkan suasana rapat yang kondusif dan mendukung produktifitas kinerja penggunanya.

Mengingat pentingnya fungsi ruang rapat, maka perlu sekali adanya sebuah desain interior ruang rapat yang representatif dan nyaman. Berikut ini adalah beberapa poin penting dalam interior ruang rapat yang seharusnya diperhatikan dengan baik demi tercapainya suasana rapat yang nyaman, kondusif dan menyenangkan.

1. Sistem pencahayaan dan penghawaan yang optimal


Pencahayaan ruang dalam merupakan faktor penting pendukung kinerja pengguna ruang. Ruang rapat yang baik harus memilliki pencahayaan alami dan mekanis yang baik. Luas bukaan jendela yang ada harus mampu memasukkan sinar matahari secara optimal ke dalam ruang, sehingga aktifitas rapat di pagi dan siang hari menjadi nyaman. Sedangkan pencahayaan mekanis harus dirancang dengan baik agar dapat menerangi seluruh ruangan dengan intensitas yang cukup, terutama untuk kegiatan rapat di sore dan malam hari. Selain pencahayaan, penghawaan ruang rapat juga berperan penting dalam menjaga suasana rapat tetap kondusif dan nyaman. Instalasi pendingin ruangan perlu didesain dengan sistematis, sekalipun ventilasi sudah tersedia.

2. Material furniture yang nyaman digunakan

Furniture ruang rapat yang kenyamannya wajib diperhatikan dengan baik adalah kursi rapat dan meja rapat. Meja rapat seyogyanya dipilih yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, disesuaikan dengan ketinggian rata-rata manusia ketika duduk.

Material yang umum digunakan adalah kayu, karena kayu memiliki keawetan yang baik. Finishing atau pelapis atas meja akan lebih menarik jika diberi sentuhan warna tertentu yang mencerminkan konsep ruang rapat itu sendiri. Sedangkan untuk kursi rapat sebaiknya digunakan kursi hidrolik yang dapat dengan mudah disesuaikan ketinggiannya. Di bawah ini adalah contoh tempat rapat di Puncak, tepatnya di Yasmin Hotel Puncak.

3. Peralatan yang lengkap dan memadai


Aktifitas rapat biasanya terdiri dari diskusi, pelaporan maupun presentasi. Aktifitas yang padat tersebut harus didukung oleh peralatan yang lengkap dan memadai. Peralatan yang wajib tersedia dalam sebuah ruang rapat yaitu LCD proyektor, sound system, white board dan laptop / PC. Peralatan pendukung lain yang juga perlu tersedia yaitu flip chart, map dan block note. Dengan adanya peralatan yang lengkap, maka acara rapat dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Apabila ruang rapat memiliki desain interior yang nyaman, maka kegiatan rapat yang identik dengan sesuatu yang membosankan akan berganti menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apabila Anda tertarik untuk mencoba tempat rapat di Puncak, Anda dapat mencoba fasilitas yang ditawarkan oleh Yasmin Hotel Puncak. Selamat bekerja!

1 comment:

  1. sepertinya semuanya di aula hotel ya mbak menarik sekali tempat rapatnya

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)