10 April 2017

Pengalaman Berbelanja di Bukalapak

Ilustrasi I


A : "Ceu', eyke naksir berat nih sama tas yang ini." nunjukin gambar tas warna merah di salah satu Toko Online.
B : " Wah iya keren. Cocok nih sama yey."
A : " Tapi eyke takut kena tipu , Ceu'."
B :  Wah, belum tahu Bukalapak dia, berkata dalam hati.


Sejak zaman saya masih nyicil kasur hingga cicilannya lunas, penipuan berkedok online shop semakin hari semakin banyak saja. Mereka nipunya juga unik-unik banget caranya.
Yang paling klasik adalah customer sudah transfer duluan. Setelah transfer si pelapak menghilang entah kemana. Nomor tidak bisa dihubungi dan sebagainya. Uang raib, barang tidak dimiliki. Yasalam

Kalau baru-baru ini lain lagi modusnya. Si penipu bertindak sebagai pembeli. Dia mengincar para penjual online yang terlihat lugu. Modusnya, si penipu membeli barang. Lalu bilang kepada penjual bahwa sudah transfer uang senilai barang yang dibeli. mengirimkan screenshot bukti transfer pula.
Penjual yang tidak teliti, akan mudah saja percaya. Padahal bukti tranfer tersebut palsu. Bukti transfer telah diedit sedemikian rupa oleh si penipu yang pura-pura jadi pembeli.

Maka dari itu, kita sebagai penjual maupun pembeli juga perlu waspada terhadap oknum-oknum penipu di dunia maya ini. Dunia semakin gila, Jeng!

Ilustrasi 2

B : “ Jeng, yey belum tahu ya, tempat berbelanja online yang aman pake banget?”
A : *menggelengkan kepala*
B : “ Nih. Bukalapak.” Nunjukin applikasi Bukalapak dari smartphonenya.
A :  *Mengerutkan kening* Masih belum percaya.

Kenapa Bukalapak aman?


Menurut pengalaman saya yang sudah berpuluh-puluh kali transaksi jual-beli di Bukalapak, belum pernah sekalipun kena tipu penjual atau pembeli. Saya termasuk sering banget berbelanja di Bukalapak. Sambil nyantai gegoleran dan ngemil macaroni goreng pun bisa belanja. Lihat barang bagus – harga murah – bisa dinego harganya – klik beli – transfer lewat e-banking – nunggu barangnya diproses -- 3 hari kemudian terima barang. Bahkan kalau pedagangnya cepat memproses dan pengiriman pakai yang kilat, dalam sehari barang sudah sampai.

Jadi sistemnya seperti apa sih di Bukalapak?


Jadi gini, saat kita jadi pembeli, kita tidak perlu khawatir uang kita hilang. Karena, sebelum kita menerima barang yang kita beli, Bukalapak tidak akan mentranferkan uang kepada pelapak/penjual. Seandainya barang yang kita beli tidak ditanggapi dalam 2 hari, kita bisa kok membatalkannya. Uangnya tetap aman dan bisa kembali lagi ke rekening bank milik kita.

Bukalapak melindungi keamanan konsumennya. Selama ini sih saya belum pernah mengalami kejadian pahit di Bukalapak. Sehingga kepercayaan sudah tumbuh kepada e-commers satu ini.

Tahapannya begini :

Buat manteman yang belum pernah belanja di Bukalapak, semoga penjelasan saya di bawah ini membantu ya.

1. Login di Bukalapak menggunakan email / facebook.
2. Klik barang , nego harga , kedua belah pihak ( pembeli dan pelapak) setuju dengan harga yang telah disepakati.
2. Pembeli menyelesaikan pembelian dengan mentransfer sejumlah uang ke Bukalapak.
3. Pembeli menunggu barang pesanan diproses oleh pelapak. Di sini kita (pembeli) bisa memantau barang pesanan sudah sampai mana prosesnya.
Jika barang dalam 2 hari belum juga diproses oleh pelapak, pembeli bisa membatalkan pesanan, uang bisa kembali ke rekening. Atau bisa mencari lagi barang lain.
4. Setelah barang diproses, lalu dikirim oleh pelapak.
5. Pembeli menerima barang. Pembeli melakukan konfirmasi bahwa barang sudah diterima. Di sini pembeli bisa memberikan feedback kepada penjual. Apakah baik atau buruk.
6. Baru setelah pembeli melakukan konfirmasi, Bukalapak akan mentransfer uang yang sudah kita bayarkan tersebut kepada penjual/pelapak.

Nah di situlah letak keamanannya. Makanya, saya percaya banget sama Bukalapak untuk pembelian berbagai macam keperluan dari lemari, alat olahraga sampai kamera.

Sebagai pembeli, jangan lupa kewajiban kita, ya. Kewajiban setelah barang diterima adalah konfirmasi. Jika kita tidak konfirmasi, uang yang kita bayarkan tidak langsung ditransferkan ke pelapak. Tapi tertahan 1x24 jam. 'Kan kasihan si pelapak sudah menunggu lhoh uang hasil jualannya masuk ke rekening. Jika kita tidak konfirmasi, setelah 1x24 jam akan dianggap sudah tidak ada komplain dengan barang yang diterima.

Ilustrasi 3


B : “Gimana, Jeng, sudah jelas penjelasan eike? Sekarang sudah nggak takut lagi 'kan belanja online?”
A : “Tetap takut, Ceu. Eike takut tidak bisa menahan hasrat lihat promo Bukalapak yang menggirukan banget.”
B : Gubraakkk!!!

Promo di Bukalapak

Bukalapak tiap bulannya ada banyak promo berbagai macam barang dengan discon mulai 5 % hingga 70 %. Makanya biar dapat membeli dengan harga miring banget, rajin-rajin aja buka link promo Bukalapak , ya. 

Langkah-langkahnya sama dengan di atas. Hanya saja, yang ini kita perlu login dulu di Excite Shop
Saat kita buka link di atas, tampilan akan seperti ini: 

Klik Bukalapaknya, ya.
Setelah itu, muncullah di halaman promonya. Nikmati berbagai disconnya.




Lebih untung lagi kalau kita belanjanya melalui Excite. Karena kita akan mendapatkan ribuan cashback point.
Agar tidak ketinggalan promo, daftarkan email untuk mendapatkan update seputar promo Bukalapak dan Excite Shop melaui email (newsletter).

****
Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition Excite Shop



5 comments:

  1. Saya dan Suami paling sering olshop di Bukalapak Teh soalnya kalo barang ga ready suka dicari tanpa harus bayar selisih harga kalau kemahalan, trus kalo masih gada juga, uang dikembaliin gak jadi saldo disana hehe, good luck Teh^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak banget belanja di Bukalapak, kan.
      makasih San sudah mampir

      Delete
  2. Aku juga sering belanja di BL mba jadi pengen ikutan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok Teh, ceritakan pengalamanmu.

      Delete
  3. Banyak kemudahan emang kalau belanja di Bukalapak nih ..

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)