1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

18 September 2017

[Kuliner Cimahi] Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo

Hallo, kamu lagi main di sekitaran Cimahi atau Bandung?
Pengen makan kenyang dengan harga ekonomis? 
Ada nih satu rumah makan di Cimahi yaitu Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo. Dari namanya saja sudah membuat saya ngeces. Membayangkan nasi bakar yang disantab bersama dengan pepes jambal bikin saya keroncongan lagi (saat menulis ini).


Soal makanan memang sangat subyektif ,ya, tergantung selera masing-masing orang. Namun dengan banyaknya pembeli yang ramai-ramai makan di sini, itu membuktikan bahwa rumah makan Pepes Jambal Karawang memang enak.

Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menyajikan berbagai macam pepes khas Karawang dengan menu andalan Pepes (ikan) Jambal. Konsepnya homie banget. Masakannya adalah masakan rumahan. Menggunakan resep rahasia sehingga rasa dari pepesnya memang lain dari yang lain, khas Karawang. Meja dan dekorasi ruangannya pun dibuat seakan kita sedang makan di rumah sendiri. Dapurnya dibuat terbuka sehingga pelanggan bisa melihat langsung "dapur"nya. Ini menunjukkan bahwa makanan di sini diolah dengan baik, dari bahan terbaik yang masih fresh dan higienis. Di rumah makan ini tidak pernah menjual hasil olahan kemarin. Semua yang dijual hari itu ya dimasak pada hari yang sama.

Duh nggak sabar, yuk kita ulas satu per satu menunya.

1. Pepes Jambal Karawang

Ini merupakan menu favorit di sini. Menurut saya, rasanya enak banget. Kerasa pisan bumbu rempah-rempahnya. Kunyit dan surawung lebih dominan. Ada sedikit irisan cabai merah namun tidak membuat pepesnya jadi pedas. Saat saya membelah Pepes Jambal Ikan Patin ini, kerasa dagingnya empuk banget. Enggak tercium amis (padahal ikan patin mah amis banget, kan?), yang ada aroma surawung/daun kemangi-nya serta aroma daun pisang bakar yang keluar. 

Pepes Jambal (Ikan Patin) Karawang

2. Nasi Bakar Hejo (nasi bakar hijau)

Kata oma Betty ( pemilik rumah makan ini ), warna hijaunya itu terbuat dari sayur-sayuran, lho. Enggak pakai pewarna kimia. Setelah kucicipin, Rasanya, enak banget! Aroma daun pisang yang terbakar menyatu dengan nasi hejo-nya. Aaaah, asli nikmat.
Dalam satu bungkus nasi hejo berbungkus daun pisang, saya bisa menemukan berbagai bahan makanan di dalamnya, diantaranya : ati ampela, suwiran ayam, dan teri medan.

Satu bungkus nasi bakar hejo harganya Rp 10.000. Dijamin enggak akan cukup satu bungkus. :)



3. Ayam Kremes

Selain dua menu unggulan di atas, menu satu ini jadi favorit para pengunjung. Yang enak dan spesial dari ayam kremes di sini adalah bumbunya . Kremesnya yang terbuat dari parutan lengkuas itu, kerasa renyah dan gurih. Enak dan mantab dimakan bersama nasi putih hangat. 

Ayam Kremes
4. Pepes Peuda' Beureum


Apa sih Peda' Beureum?
Bagi yang belum tau, Peda' Bereum adalah sejenis ikan yang (kalau di sini) diawetkan menjadi ikan asin. Nah ikan asin ini lah yang dibikin pepes.
Ikan asin dicampur dengan sayur-sayuran dan bumbu rempah dengan resep rahasia, dibungkus dengan daun pisang, lalu dibakar. Yang enggak biasa dari pepes peuda' beureum di sini adalah, Pepes biasanya memakai parutan kelapa, sedangkan di rumah makan ini tuh nggak pakai. Jadi, ya, hanya bumbu-bumbu tertentu saja, gitu. 
Rasanya yang pasti mantab disantap dengan nasi hangat dan sambel yang josss pedasnya. maknyus pisan.

Pepes Peda Bereum
5.Pepes-Pepes lainnya, seperti :

Ada beberapa pilihan menu pepes. Kita tinggal pilih mau makan dengan pepes apa saja. Ada,
- Pepes tahu
- Pepes usus ayam
- Pepes ayam
- Pepes jamur
Pepes jamur ini saya kasih nilai Nilai 9 dari 10. Asli enak! Jamur yang dipakai adalah jamur kancing. Kamu wajib coba kalau mampir ke rumah makan ini. Satu pcs-nya nggak sampai sepuluh ribu, lho.

Pepes Jamur Kancing dan Pepes Usus Ayam

 6. Jengkol Kecap
Bagi yang suka sama jengkol, masakan satu ini wajib dicoba. Empuknya daging jengkol udah ngalahin apapun deh.

Makan jengkol nggak usah takut bau. Tips dari saya, setelah makan jengkol, konsumsi Norit 4 sampai 5 butir.

*) Ehm, kenapa jengkolnya enggak direndang? woi, ini rumah makan masakan Karawang, guys. Bukan warung Padang. 

7. Tumis cumi
Ini juga enak banget. Nggak ada kata lain selain enak banget, maknyus untuk menggambarkan tumis cumi ini.

8. Sambal
Sambal di rumah makan Pepes Jambal Karawang hanya ada satu macam saja. Sambelnya pedas banget (menurutku).

Daftar harga

1. Pepes Ayam. 18.000
2. Pepes Jambal. 10.000
3. Pepes Peda.  14.000
4. Pepes Jamur. 7.000
5. Pepes Teri.  6.000
6. Pepes Tahu.  4.000
7.  Pepes oncom.  5.000
8. Ayam Goreng.  18.000
9. Sayur asem per mangkuk.  6.000
10. Nasi Bakar Hejo. 10.000
11. Nasi Putih.  6.000
12. Nasi Tutug Oncom.  8.000
13. Cumi Asin pedas.  8.000
14. Jengkol kecap. 8.000
15.  Paket nasi bakar.  30.000
16.  Paket nasi Tutug oncom.   28.000
17.  Paket timbel.  26.000

18. Tahu/tempe goreng.  1.000

Gimana, sudah cukup ngiler belum?
Pepes Jambal Karawang ini dekat pintu tol Baros. Buat manteman yang dari Bandung atau dari Jakarta dan luar kota lainnya, lebih mudah jika lewat tol, lalu keluar pintu tol Baros. Dari pintu tol bisa ambil ke kiri ya. Di pinggir jalan ada plang besar warna hijau, masuk ke gang Barhill. Iya, letaknya bukan yang di pinggir jalan besar.

Di sini juga disediakan tempat untuk lesehan. Ada wastafel dan sabun cuci tangan. Menyediakan toilet juga. Ruangannya cukup sejuk dengan cooler dan beberapa buah kipas angin di sudut-sudut ruangan. 

Alamat : Gang Barhill 2 no 22 Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
Instagram : @pepes.jambal.karawang

Buka    : Senin - Sabtu Pkl 10.00 - 18.00 wib
Range Harga : Rp 4000 - Rp 20.000

Lokasi bisa dilihat di Google Map di bawah ini :


26 comments:

  1. semuanya enak kalau buat aku hahaha pas banget rasanya dengan kepribadianku yang baik hati *dilemparin sambel* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ditraktir pepes jambal

      Delete
  2. Pengen balik lagi...
    Icip2 lagi tentu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku gak sekedar pengen icip2 teh,tapi makan seporsi utuh haha

      Delete
  3. Ugh,tega bikin ngiler....surawung itu apa mbk?

    ReplyDelete
  4. Pepes peda beureumnya bikin akuuuh ngiler, aah kan pagi - pagi udah laper wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. peda bereum diapa-apain selalu enak

      Delete
  5. Ya Allah kayak enak semua itu mah, Teh

    ReplyDelete
  6. Menjelang siang, bikin ngiler, Teh..

    ReplyDelete
  7. Ihhh pengen coba nasi hejo, pepes jamur, ayam keremes, peda sama tumis cumi hoho tfs ya tehhh semoga bisa kesana

    ReplyDelete
  8. sebagai pecinta pepes, buat aku mah apa aja di pepes pasti enak (read : rewog) hahaha

    ReplyDelete
  9. Hmmm jadi pengen ke sana lagi ah :)

    ReplyDelete
  10. aku pernah makan nasi hejo pas ke Bandung
    enakkkkk bangeeet
    duh pengen lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin gak bisa lupa sama rasanya

      Delete
  11. Hohoho.. Menu lezat dan sehat ini ya :)

    ReplyDelete
  12. yahhh aku kemarin dari CImahiii... tau gitu mampir ke tempat ini.. nampak menggiurkan pesjam nyaa..

    ReplyDelete
  13. Makanan begini ini yg aku sukaaaa hahahah... Nasi bungkus daun pisang, ama pepes lalapan dan sambel udh cukup bangetlah. Kapan2 kalo ke bandung mau cari tempatnya ah mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip. deket sama tol jadi gampang nyarinya.

      Delete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)