07 June 2016

11 Gerakan Ini Mengatasi Nyeri Datang Bulan

"Melalui gerakan Yoga sederhana, rasa nyeri ketika menstruasi dapat mereda karena yoga membuat otot-otot rileks", 
~ Yenny Christine


Nyeri Haid?? Euuuugh...! Banyak wanita yang sering mengalaminya, termasuk saya. Menurut survei yang dilakukan Frontier, 62,7 % wanita Indonesia mengalaminya.
Mulai nyeri-nyeri ringan di kepala, pegal -panas punggung sampai panggul, nyeri perut , kram, hingga sampai ada yang pingsan-pingsan "hanya" karena nyeri saat datang bulan.

PMS ( PraMenstruasi Syndrome) ?? Seriiiing!
PMS sering diartikan mood yang tiba-tiba saja berubah saat menjelang tanggal-tanggal haid/datang bulan. Biasanya sih 3 atau 2 hari menjelang haid. Ini karena hormon tubuh juga mengalami sedikit perubahan. Kondisi nggak nyaman juga mempengaruhi datangnya PMS. Saya sendiri, walaupun sudah berusaha menekan perasaaan/mood/emosi yang berubah-ubah, tetap saja ya pengennya marah-marah melulu, ujungnya orang rumah yang kena omel. hahaha
Makanya, kalau tahu istrinya lagi datang PMS, mending ngalah aja deh ya bapak-bapak dari pada ngajak ribut. :p

Saya sudah bertanya kepada teman-teman tentang apa yang dilakukan/solusi (jika) saat haid mengalami nyeri haid apa saja? Kebanyakan dari mereka menjawab : minum obat penghilang rasa sakit, minum jamu pegel linu, nggak minum apa-apa cukup banyak istirahat. Tapi jarang sekali yang menjawab olahraga. Padahal olahraga saat haid juga bisa melancarkan aliran darah, membantu menghilangkan rasa pegal dan nyeri perut tadi.

Dengan banyaknya wanita yang merasakan tidak nyaman saat haid dan terganggu aktivitasnya, maka Kiranti mengadakan tour kesehatan untuk wanita bertajuk "Stay Fresh and health with Kiranti" .

Sabtu pagi kemarin ( 04 Juni ) di rooftop Sky Level Paris Van Java Bandung semarak dengan balon warna kuning-orange. Hari itu semesta mendukung banget. Matahari berinar cerah.
Acara diawali dengan kata sambutan dari pak Donny sebagai Managing Director Kiranti. Dan dance penyemangat dari Mystique.

Dilanjut dengan yoga bersama Yenny Christine, seorang instruktur yoga yang sudah mengajar lebih dari 10 tahun. Instagram teh Yenny @yennychristine



Di Yoga in the Air with Kiranti ini, teh Yenny mengajarkan gerakan-gerakan yang bisa menghilangkan ketidaknyamanan saat haid (nyeri, kram, pegal linu, dll)

"Jangan dibayangkan akan ada handstand atau akroyoga ya. Saya hanya akan memberikan gerakan-gerakan yang ringan, yang sangat bermanfaat ketika lagi haid." buka teh Yenny sebelum memulai gerakan pertama.

Di Yoga in the Air with Kiranti ini memang nggak semuanya sudah rutin latihan yoga. Termasuk saya, awam banget deh sama yoga, baru pertama kali mencoba gerakan yoga ini. nama-nama gerakannya pun sudah lupa..

11 gerakan ini bisa mengatasi nyeri datang bulan. Yuk kita mulai gerakan-gerakannya. Ini bisa dilakukan di rumah tanpa pelatih :

1. Duduk bersimpuh seperti duduk sinden atau duduknya orang jepang. Badan ditegakan , pejamkan mata, dan tarik nafas dari hidung secara perlahan dan hembuskan lewat hidung secara perlahan pula. Lakukan 20 hitungan nafas. Gerakan ini selain bagus untuk otot kewanitaan, juga bisa mengurangi nyeri di bagian panggul.

2. Kemudian lakukan gerakan seperti di foto :
gantian kanan dan kiri
taken by @diarykiranti

3. Duduk selonjoran kedua tangan menumpu ke belakang. Miringkan badan ke kanan dan kiri secara bergantian.
taken by @diarykiranti

4. (Gerakan ini bisa dilakukan berpasangan.) Satu kaki diluruskan, kaki satunya ditekuk. Telapak kaki menempel di paha kaki yang lurus. Lalu perlahan menunduk sampai menyentuh lutut. Untuk pemula kayak saya ini, ternyata susah ya sampai bisa nyium lutut.

5. Gerakan selanjutnya, teh Yenny melakukan gerakan dengan musik yang lembut. Video bisa ditonton di instagram saya ya @uwienbudi  (sekalian difollow ya kaka, uhuk)

6. Melakukan gerakan berpasangan seperti gambar. Bisa juga sendiri sih, kalau sendiri, pakai kursi kecil atau apapun yang tingginya sesuai.


7. Lakukan gerakan tengkurap tapi pinggul ke atas ditegakkan.
(susah bener ya menjabarkannya. lihat gambar saja deh ya)

Dari gerakan ini ada beberapa gerakan seperti, mengangkat salah satu kali, lutut tetap lurus, badan tetap tegak. Tahan 20 hitungan. Pas ini kerasa banget kaki seperti ditarik dari belakang.

8. Gerakan selanjutnya, salah satu kaki ke depan, dan lakukan gerakan seperti ini :

9. Dalam posisi seperti di atas, bungkukkan badan, tiduran dengan kepala bertumpu pada kedua tangan di lantai. Kepala menghadap ke kanan. lakukan bergantian kanan dan kiri.

10. Melakukan gerakan seperti gambar. (Dan saya masih juga nggak ingat namanya, hik)

11. Kembali ke posisi duduk sinden. lakukan gerakan seperti gambar di bawah ini:
Gerakan ini bisa melancarkan darah haid.

Gerakan terakhir, berdiri tegak. Ambil dan buang nafas secara teratur dari hidung. Gerakan tangan ke samping dan ke atas.

Yoga selama kurang lebih satu setengah jam ini membuat badan yang tadinya pegal-pegal dan linu terasa lebih ringan aja. Matahari semakin carah ceria aja nih, tak ayal para peserta menutup wajahnya dengan berbagai cara.

Selesai beryoga, ada bincang-bincang seputar kesehatan dan tentu saja informasi dari Kiranti.
ki-ka : MC, kang Michael (PR Orang Tua), teh Yenny Christine (instruktur yoga)
Kiranti ini sudah ada sejak tahun 1994 sampai sekarang. Kiranti terbuat dari 100% bahan-bahan alami pilihan seperti kunyit, asam jawa, kayu manis, jahe, dan gula jawa. Dalam proses produksinya, Kiranti menggunakan teknologi modern untuk menjaga higienitas dan keamanan produknya. Karena itu pada tahun 2005 Kiranti mendapatkan sertifikat CPOTB ( Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar ) dari Menteri kesehatan dan satu-satunya minuman datang bulan yang mendapat OHT ( Obat Herbal Terstandart ).

Kini, kembali Kiranti memperkenalkan3 varian rasa dan kemasan baru. Tiga varian rasa itu adalah
- Kiranti Sehat Datang Bulan ORIGINAL. Dengan warna kemasan kuning.
- Kiranti Sehat Datang Bulan PEGAL LINU. Dengan warna kemasan biru.
- Kiranti Sehat Datang Bulan PLUS ORANGE JUICE. Warna kemasannya orange ceria. Mengandung satu buah jeruk, kunyit dan asam jawa. Ini buat kita-kita yang nggak terlalu suka aroma jamu. Rasanya seger banget lho.
Pssst, Kiranti yang ini katanya juga bisa diminum oleh pria.

Saya suka dengan kemasan Kiranti ini karena pas banget digenggaman.


Setelah bincang-bincang seputar kesehatan wanita usai, semua peserta berkumpul untuk melepaskan balon ke udara. Menandakan dengan ini kita para wanita terbebas dari yang namanya nyeri saat datang bulan dengan berolahraga yoga dan minum Kiranti.

Acara Kiranti "Stay Fresh and Healty with Kiranti" hari itu diakhiri dengan sarapan sehat dan minum Kiranti.

Thanks Kiranti.

P.S Tour Sehat with Kiranti ini juga akan diselenggarakan di beberapa kota. Ikuti terus informasinya di media sosialnya Kiranti agar nggak ketinggalan

Twitter : @DiaryKiranti
Facebook : Diary Kiranti
Instagram : @diarykiranti

22 comments:

  1. aaahhhh...bener2 gerakan yogaa yang membuat nyaman tatkala M yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, khusus gerakan yang ringan-ringan kayak gini

      Delete
  2. Dilakukan pas sedang M yaa, teh Uwien..?

    *langsung bookmark.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar pas mens tetap bugar

      Delete
  3. Harus diapalin nih, supaya bisa dipraktekin tiap bulan. Gerakan ini dilakukan waktu nyeri haid aja atau selama sedang haid, Teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat haid bagus karena memperlancar keluarnya darah haid. Saat nyeri haid juga bagus banget biar nyeri, kram dan pegalnya hilang.
      Selamat mencoba :)

      Delete
    2. Oh okey...Siap dipraktekin, soalnya memang lagi ngerasain nyeri haid nih..

      Delete
  4. Alhamdulillah, saya sudah jarang merasakan nyeri haid, mungkin karna rajin olahraga, pas lagi dapet dibawa lari itu segar banget rasanya..

    Pengen nyobain ngerakan diatas juga deh nanti ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget ya. Justru berolahraga jadi seger.

      Selamat mencoba. :)

      Delete
  5. Kalau saya mah belum pernah yoga mbak karena gak bisa sih soalnya kalau saya melihat itu gerakan gituh memang terlihat santai tapi kalau yang belum terbiasa pasti kaget tubuhnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang. Saya ini juga baru pertama kali nyobain yoga. Kalau pertama memang nggak langsung jadi kayak gitu bentuknya. Tubuhnya akan menyesuaikan katanya.

      Delete
    2. Kalau gerakan yoga itu sebenarnya ada berapa sih mbak banyak atau sedikit.

      Delete
    3. Banyak banget, Kang. Yang saya tulis ini cuma gerakan sederhananya saja.

      Delete
  6. Sayangnya baru ada sekarang ni gerakan dulu saat masih gadis saya termasuk yang suka sakit banget klo haid sampe klepek2 pucet. Sekarang uda ga siy tp klo sakit bisa nyobain, thx infonya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan bisa ngilangin pegel punggung selepas kerja Teh

      Delete
  7. aku nyeri haid psa dulu sebelum melahirkan, abis lahiran, udah gak pernah lagi. Alhamdulillah :D

    ReplyDelete
  8. walau saya seorang lelaki, tapi butuh juga nih buat itri kalo lagi haid

    makasih infoya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas, Semoga bermanfaat

      Delete
  9. Kereen nih fotonya dapet semua hhihiii
    Udah say good bye sama nyeri haid dengan yoga ini dan Kiranti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan aku coba bulan depan Yas.

      heheh, iya nih pas yang lain bergerak aku malah foto-foto.

      Delete
  10. Aku sudah tua gini masih suka nyeri pdhl anak2ku malah gpp. Mau cobain gerakannya ah.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)