03 June 2016

RoadBlog Bandung 2016


Flashback ke beberapa hari sebelumnya....

Para admin blogger BDG yang ditunjuk jadi panitia RoadBlog Bandung sudah bikin teaser yang membuat saya penasaran banget. Nanti, akan ada acara yang super keren dan bertabur jobreview dan diisi oleh pemateri yang pasti bakal ada ilmu baru.

Tuh kan teasernya aja udah bikin jantung deg-degan gini. Lalu pas pendaftarannya dibuka, saya buru-buru daftar agar kepilih jadi peserta. Alhamdulillah di upprove!

Sabtu, 14 Mei 2016. Pagi yang cerah di Cimohay Kota. (Kota Cimahi maksudnya)

Saya salut sama panitia Roadblog ini yang sudah menyiapkan acara dari jauh-jauh hari. Menyiapkan tempat dan segala macem. Saya sebagai peserta yang tinggal duduk manis di kursi empuk angkat topi deh buat mereka.

Tempat dan ruangan RoadBlog kece banget, tepatnya di Eifell Room, Hotel Best Western Premier La Grande Bandung. Saya sudah pernah kesini sebelumnya, jadi kali ini gak pake drama nyasar dan bingung nyari tempat parkir. mhahaha

Sampai di tempat acara belum dimulai sih, tapi sudah banyak juga blogger yang datang. Ini menunjukkan antusias peserta yang tidak ingin terlewatkan satu sesi pun. Sebelum acara dimulai, satu persatu blogger dipersilahkan memperkenalkan diri. MC kece juga membuat suasana menunggu jadi nggak membosankan. Bisaan lah kang Raja Lubis membawakan acara.
MC : Raja Lubis
foto milik bu @idatahmidah

Acara pun dimulai.

Bang Aswi sebagai ketua panitianya memberikan sambutan. Saya juga salut sama Sosok Itu, ditengah kondisi ayahanda yang sedang sakit (waktu itu) dan tengah di rawat di Rumah Sakit, beliau masih bisa menjalankan amanah di acara ini.

Dilanjut dengan pengenalan Excite oleh bang Aldi Terren.

Tentang Excite
Excite itu semacam royalty point program atau point reward. Setiap yang belanja atau melakukan transaksi di sana akan mendapatkan point gitu yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah. Yang mau nyari job review atau nonton iklan tapi dibayar juga bisa. Capcus aja ke webnya. www.point.excite.co.id

Mungkin bang Aldi syok, ya, melihat para peserta (yang kelihatannya) gak ada yang memperhatikan. Dibilangnya kita pada ngantuk dan lemes. Muahaha… padahal kita-kita lagi pada ngetwit ini loh, bang.

Makanya, setelah itu langsung coffee break, biar pada semangat ceunah.  Ya saya sih asik-asik aja, padahal acara baru dimulai setengah jam yang lalu lhoh.

Sambil menikmati cemilan dan kopi, peserta dihibur oleh kang Adew Habstah dan kang Mulyana yang menyuguhkan sebuah musikalisasi puisi yang keren pisan.
Duo Mulyana
foto milik @hilmangraha

Saya sempat merekamnya, saya kirim ke twitter dan Instagram. Kalau ada yang pengen mendengarkan kembali, cek aja di twitter,  sebuah performance yang gak hanya menghibur, tapi juga puisi-puisinya itu lho… monohok. Tapi ada juga yang absurd ( yaelah , mana ngerti lu Win bahasa sastra, qiqiqi )

 Yang masih saya ingat adalah kalimat ini :
"Apaguna kau baca buku kalau mulut kau bungkam melulu."

Setelah coffe break, RoadBlog berlanjut. Pembicaranya adalah Bapak Dodi Budiatma dari Lembaga Sensor Film (LSF ), pak Barry dari Traveloka dan pak M.Nurkhasan dari Pegadaian dengan moderator kece , mbak Alaika Abdullah.

Sekilas tentang materi LSF


Tugas Lembaga sensor film tugasnya adalah menyaring dan memotong sebagian adegan film yang dianggap tidak senonoh. You know what, lah yaa.

Walaupun sudah ada LSF, pak Dodi menghimbau agar masyarakat melakukan sensor mandiri. Seperti apa? Orang tua harap bisa memilih tontonan untuk anak-anaknya. Tidak nekad mengajak anak-anak menonton film yang jelas-jelas film itu bertuliskan untuk 17+. Jangan sampai anak melihat hal-hal yang tidak senonoh.

Dari LSF, Kategori film tayang di TV adalah  usia 17+ tayang pada pkl 21.00 ke atas. Usia 21+ tayang pkl 23:00-03:00. Jadi kalau masih ada stasiun TV yang memutar film dewasa dibawah jam 9 gimana dong? Ya sensor mandiri aja. Jangan ditonton.

Himbauan melakukan sensor mandiri
Sensor mandiri dilakukan oleh: OrangTua (harus bisa memegang kendali terhadap tontonan anaknya), Bioskop (tidak mengijinkan anak dibawah umur menonton film dewasa), Satuan Predikat (Paud,SD,SMP) dengan penyampaian informasi yang benar kepada anak didik.
Jangan sampai menyalahartikan bahwa sensor mandiri melegalkan swepping film yg tidak diinginkan masyarakat. Bukan seperti itu. Tapi.. Tapi, hendaknya tidak menonton film yang tidak sesuai dengan usianya.
Dari kiri -kanan : Pak Dodi, pak Barry, pak M. Nurkhasan
foto milik teh @LangitAmaravati

Sekilas tentang Traveloka

Kenapa sebaiknya menggunakan applikasi Traveloka untuk boking tiket dan hotel ? Berikut penuturan pak Barry :
- Banyak discon & promo.
- Mudah karena bentuknya yang e-tiket. jadi tidak perlu diprint.
- Aman.
- Applikasinya sudah didownload jutaan kali.

Sekilas tentang Pegadaian

Tujuan pegadaian:mencegah ijon, renteneir, dan simpan pinjam yang tidak tealistis.
Disamping program utamanya yaitu : Gadai, usaha Mikro, Jual beli Emas, Aneka Jasa. Di Pegadaian kita juga bisa nabung emas mulai dari 5000 rupiah

Setelah tiga pembicara, waktunya isoma. Istirahat , sholat, dan makan. Thank lagi deh buat panitia yang menyediakan tempat yang restonya kece dan makanannya enak-enak.




Satu jam kemudian saya kembali ke dalam ruang eiffel. Di dalam sudah ada keriuhan karena ada penampilan lagi dari Duo Mulyana.  Kembali saya tersihir dengan musikalisasi puisi mereka, keren!
Peserta sudah masuk ruangan seluruhnya. Acara berlanjut.

Narasumber berikutnya  dari Bank Sinarmas bpk Sunja Hendiyanto.

Bank Sinar Mas sekarang punya terobosan baru yaitu Tabungna online. Tabungan Online bisa untuk transaksi seperti cek saldo, membeli pulsa, transfer-transfer. Bisa dari gadget masing-masing. Pembukaannya pun mudah.

Baca juga : Cara Membuka Tabungan Online Bank Sinar mas

Tentang Genflix
Genflix adl layanan Over The Top, baik streaming maupun download video, yang dimiliki oleh PT Festival Citra Lestari. Kita bisa streaming sepak bola, streming siaran olahraga, nonton film Hollywood sampai film Jepang dan Korea. animasi juga ada.
Untuk film luar negri, sudah ada subtitlenya . Oiya, film-film di genflix ini sudah lulus sensor LSF.
Genflix bisa didownload di Playstore.

Informasi dari sponsor udahan. Narasumber yang sudah ditunggu-tunggu berikutnya Bang Aswi dan kang Argun dari Dewa SEO.
Bang Aswi
foto milik @NchieHanie

Dari cerita YUI, dijadikan tips ngeblog oleh sosok itu  (Bang Aswi). 
"Sama seperti kesuksesan yang lain. Blog yang sukses juga berawal dari bawah."
1) MEMBACA. Sebelum menulis, Yui selalu membaca terlebih dahulu.
2) Yui selalu mengatur suaranya. Pun dengan blog, bagaimana template, widget, dan SEOnya. Bgmn ketika orang membuka blog kita, loadingnya ringan.
3) Yui selalu  memainkan nada. Blogger, cukup menulis dengan hati, maka tulisannya juga akan menyentuh hati orang lain. Tulis saja pengalaman. Jangan diperumit dengan sesuatu yang belum pernah dialami.
4) Tulis setiap proses. Karena setiap orang tidak bisa menangkap moment yang sama.
5) RENUNGKAN. Seorang Yui, yang dilakukannya setelah menulis lagu  adalah merenungkannya. Pun blogger, setelah menulis renungkan, edit, edit, edit.
6) Narsis. Yui narsis dalam pemotretan. Blogger juga narsis. Bukan melulu soal foto sih, tapi narsis tulisan. Artinya, jangan malu menebar link.
SEO dalam pangertian yang sederhana : sebuah  teknik agar terlihat menarik di Google.
Tujuan : ditemukan dan dikunjungi oleh pencari informasi.
TERLIHAT : dengan keyword yang tertarget berada di top ten atau halaman 1 google.
MENARIK : Membuat orang yang melihat jadi tertarik untuk nge-klik.

Kata kang Argun lagi, SEO itu simple :
Menulis secara konsisten itu SEO.
Blog walking juga SEO.
Kang Argun
foto milik teh  @nchiehanie

Sesi Tanya Jawab dan Pembagian Doorprice
Peserta antusias sekali mengajukan pertanyaan. Aku mah menyimak aja. heheh
Acara Roadblog Bandung ini juga bertebaran doorprice.

Alhamdulillah acara berjalan dengan sukses dan lancar. Nuhun pisaaaan Excite yang sudah menyelenggarakan acara ini. Nuhun para panitia. Nuhun para sponsor. Nuhun peserta semuanya. Kalian Luar Biasa.

Sesi foto bersama juga gak mungkin terlewatkan, penting.

Road Blog Bandung 2016
foto milik @thayasintha
Acara Roadblog hari itu bener-bener olap informasi. Sore menjelang. Tinggal melenggang pulang. bhay semua kawan-kawan tersayang..., 
Roadblog menyisakan kisah ~klasik ~untuk ~masa depan... #ter-SheilaOn7

Btw, saya lupa parkirnya di sebelah mana. -__-

7 comments:

  1. Acaranya seru banget ya teh, ngga nyesel datang ^^

    ReplyDelete
  2. wah mantap nih, banyak dapat teman baru dan ilmu. Rajin ya datang ke even2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas ada waktu luang aja kok Mak Tira :)

      Delete
  3. mudah-mudahan acara sekeren ini diadakan lagi tahun depan. seru banget ya teh! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngumpul-ngumpul emang selalu seru ya Gung

      Delete
  4. wah keren nih,,padahal itu ada di kota saya. Bandung. Semoga tahun depan ada lagi. jadi bisa ikutan

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)