08 September 2016

Periksa Gigi Anak di Puskesmas

Setelah setahun berlalu, saya baru bisa periksa gigi anak di Puskesmas Citeureup Kota Cimahi beberapa hari lalu. Harusnya 6 bulan sekali kan ya. Saya undur-undur terus karena setiap kali mau periksa gigi, jatah pasien di Poli Gigi sudah penuh walaupun saya dan anak-anak datang untuk mendaftar pukul 8 pagi . Aturan sekarang memang gitu (gak tahu kalau Puskesmas lain), setiap harinya ( Senin - Jum'at ) Poli Gigi dijatah hanya untuk 15 pasien. Jadinya kalau enggak cepet-cepetan mendaftar, pasti kehabisan nomor pendaftaran dan harus datang lagi esok hari. Ya kalau enggak kesiangan lagi. hehehe

Akram lebih kooperatif dibandingkan tahun lalu
Akram Sudah Lebih Bisa Diajak Kerjasama

Kalau setahun lalu Akram masih susah diarahkan. Disuruh lidahnya jangan gerak-gerak malah digerakin. Kalau sekarang sudah kooperatif banget. Disuruh sama dokter jangan ditutup dulu mulutnya, A pun tetap membuka mulutnya. (Kalau saya mah pasti udah pegel banget mulutnya, haha)

Baca pengalaman tambal gigi tahun lalu : Berapa Biaya Tambal Gigi

Kali ini, gigi Akram yang ditambal cuma satu. Gigi gerahamnya saja. Sebetulnya ada dua yang bolong, cuma satu lagi sudah terlalu lebar jadi enggak bisa ditambal lagi. Gigi depannya? Jangan ditanya, ada 4 bijik yang caries. Huhuhu, gak bisa terhindarkan karena Akram senengnya makan coklat dan minum susu.

Tambalan Dhia

Tambalan gigi Dhia setahun lalu sudah lepas, setiap kali makan selalu ada makanan yang masuk. Bersyukur kemarin masih bisa ditambal bolongnya. Oiya, tambalan untuk anak memang enggak tahan lama ya... karena Dokter memakai bahan tambalan yang aman untuk anak. Kalau memakai tambalan yang keras takutnya enggak aman untuk anak.
So far, geraham atas masih bagus dan gak ada bolong. Gigi lain selain yang ditambal juga masih bagus semua. Gigi seri atas belum kelihatan tumbuh, tapi 2 dari 4 sudah mulai goyang sedikit artinya bentar lagi akan tumbuh. Walaupun sudah gripis (caries) dan sudah mulai goyang, kata dokter belum perlu dicabut. Nanti kontrol lagi saja 6 bulan lagi.

Pulang sekolah langsung ke Puskesmas


Ada Layanan Pendaftaran Melalui SMS

Sekarang di Puskesmas Citeureup sudah ada pendaftaran melalui SMS. Tapi saya kurang tahu kalau Puskesmas yang lain. Sudah gak harus dateng pagi-pagi untuk mendapatkan nomor antrian. Tinggal SMS aja mulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 10.

Dhia juga daftarnya dengan sms. Kirim SMS pukul 7, datang ke Puskesmasnya setelah pulang sekolah pukul setengah 10.



Cara mendaftar melalui SMS di Puskesmas Citeureup

Ketik : DAF <spasi> Kode Poli <spasi> Nomor Rekam Medik <spasi> Jenis Pembayaran
Kirim ke : 0852 2006 4973
Pukul 07.00 - 10.00 WIB

Kode Poli saya tulis di bawah ini.
Nomor rekam medik :
Nomor yang tertera pada kartu pasien. Saat mendaftar, kita akan dikasih kartu, nah disitu tercantum nomer rekam medik kita.
Atau Nomor yang ditempel pada KTP/Kartu JKN ( Askes/BPJS/Jamkesmas/KIS)
Jenis pembayaran :
J untuk pengguna JKN dan BPJS
U untuk Umum

Kode dan jadwal Poli di Puskesmas Citeureup

1. Poli Umum
Hari Senin s.d. Jum'at
Kode yang dipakai untuk sms pendaftaran : PUM
Di Poli Umum melayani pemeriksaan dan pengobatan, tindakan medis sederhana, dan KIR Dokter.

2. Poli Gigi
Hari Senin s.d Jum'at
kode : PGI
Melayani pemeriksaan dan perawatan gigi

3. Poli Dots
Hari Rabu
Kode : PDO
Melayani konseling deteksi dini TB paru dan pengobatan TB secara gratis.

4. Poli MTBS
Hari Senin s.d Sabtu
Kode : PMT
Melayani pemeriksaan BALITA.

5. Poli KIA
- Pemeriksaan ibu hamil, kode : PKH, setiap hari Senin dan Kamis
- KB, kode (PKK), hari Rabu
- Imunisasi, kode : PKIM, setiap Selasa

6. Poli PTM
Hari Kamis
Kode : PPT
Melayani deteksi dini PTM, senam Prolanis tiap Sabtu ke 2&3

7. Poli Konseling
Kode : PKO
Hari Senin s.d. Sabtu
Konsultasi : gigi, gizi, KIA, Sanitasi, penyakit menular, penyakit menular.

Oiya, di Puskesmas Citeureup kota Cimahi ini juga ada Labolatoriumnya. Melayani pemeriksaan Kolesterol, Asam urat, Urine lengkap, Hb, gula darah, golongan darah.

Contoh format yang benar : DAF PUM 39613 J

Contoh format yang salah : DAFTAR ATAS NAMA MUKIDI

Jika format yang dikirim betul, sms balasan akan seperti ini :

(Terdaftar dalam antrian Poliklinik Umum) Nomor urut pendaftaran 020, harap datang sebelum jam 10.00. Terima kasih.
Periksa Gigi setiap enam bulan sekali.

Jawaban format yang salah :
CEK FORMAT SMS ANDA : DAF <spasi> Kode poli <spasi> Nomor kartu <spasi> Jenis Pembayaran.
Terima kasih.
Buang sampah pada tempatnya.

Alur Pendaftaran Pasien dengan SMS

Pasien datang --- > menunjukkan SMS/No Antrian --- > Operator mencetak data pasien --- > Petugas rekam medik mengambil kartu  rekam medik dan menyimpan sesuai nomor antrian --- > pasien menunggu di Poli masing-masing --- > Pemeriksaan oleh Dokter/Perawat/Bidan --- > Resep diserahkan di Apotik --- > pasien pulang.

Puskesmas, sebagai Pusat Kesehatan Masyarakat memang sangat membantu rakyat jelata seperti saya ini. Kalau pelayanan dan fasilitasnya oke kenapa enggak periksa gigi anak ke Puskesmas? Selain dekat juga biayanya murah.

24 comments:

  1. Ih baru tau sekarang Puskesmas bisa daftar by sms, ow mba yang di Citereup klo qu yang di Puri Fajar bisa juga ga y pke layanan sms hehehe..

    ReplyDelete
  2. keren banget puskesmasnya..poli lengkap... n bisa daftar via sms... , ditempatku cuma ada poli umum, anak, sama gigikayanyadeh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga semakin berkembang ya Puskesmas nya

      Delete
  3. Mak, dirimu di Citeureup Cimahi? kalo iya deukeut dong ya. Hebat, puskesmasnya memanfaatkan teknologi untuk layanan lebih baik. Kalo gini mah nggak akan yang banyak yang komplen kalo ke Puskesmas ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, teh Junet di jalan Pesantren kan? deket banget

      Delete
  4. Tambah keren aja nih mbak. bisa daftar mellaui SMS saja... Jadi, bisa antisipasi buat ga ngatri trlalu lama ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang enggak pernah lama-lama periksa di Puskesmas. Begitu datang langsung dipanggil

      Delete
  5. wah, enak sekali puskesmasnya, kalo disini... aduh mak, anak saya trauma cabut gigi puskesmas, yg pertama sukses, yg kedua histeris, gak jadi cabut..., trus bukanya siang banget, semoga bisa kayak puskesmas situ someday...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... wah ngeri juga ya sampai trauma

      Delete
  6. Seperti di wilayahku belum bisa deh daftar puskesmas menggunakan sms. Terobosan menarik mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ditiru Puskesmas-Puskesman lain ya ,Mbak

      Delete
  7. wah sekarang bisa daftar lewat sms ya? makin keren aja puskesmas yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar Pasien nggak numpuk di pagi hari dan gak nunggu lama. :)

      Delete
  8. Wah baru tau bisa daftar dgn SMS, moga semua puskesmas gtu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga ditiru oleh Puskesmas lain

      Delete
  9. Puskesmas emang makin canggih ya mbak. Rumah ortuku yang jauh di desa aja puskesmasnya udah kayak rumah sakit skala kecil gitu...ada igd, ruang rawat inap, bersalin dan lain2nya... tapi kalo soal sms aku belum pernah denger...

    ReplyDelete
  10. mudah2an seamkin baik pelayanan di puskesmas, aku masih suka kesel aklau ke puskesmas, makanya skrg pakai dokter keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman dengan dokter keluarga , ya Mak :)

      Delete
  11. cakep pelayanannya ya mbk, bs antri lewat sms jugak, di sini masih antri ambil nomor,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diinfokan Mbak, biar Puskesmas lain terinspirasi. :)

      Delete
  12. wahhh enak banget bisa mengantri lewat sms juga... klo disini ada semcam itu... mudah banget jadinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Puskesmas lain mengikuti

      Delete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)