1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

25 September 2015

Membuat Gift Bag


Sepupu saya beberapa hari yang lalu melahirkan seorang putri yang sangat cantik. Saya sebagai tante yang cantik dan baik hati, pasti ingin ngasih sesuatu yang spesial dong buat ponakan baru.
Mau saya kasih sesuatu yang nggak dijual di toko-toko perlengkapan bayi di seluruh penjuru Bandung. Apa ya?

Selagi saya mikir, sambil mandangin rajutan yang  nggak kelar-kelar. Sambil meratapi "ruang kerjaku" di rumah yang nggak pernah rapi. Sambil mbolak-mbalik gak jelas kain flanel yang dari lebaran kemaren belum tersentuh tangan lembut saya.

(ini kenapa saya jadi lebay dan bikin orang pengen jitak aja sih?)
*mungkin saya lapar 
*mungkin saya lelah 
*mungkin saya butu tuit

Akhirnya saya bikin giftbag aja, dech. 
Pertama, saya kumpulin kain-kain flanel beberapa warna. Yang ukurannya agak besar saya jadikan warna utama tas. Yang lain yang udah digunting-gunting, untuk hiasan aja.

Lalu saya gunting seperti di gambar.
Ukurannya terserah aja. Mau gede atau kecil gak ada patokan.


Ambil potongan yg berbentuk persegi. Terus jahit dengan tusuk 'jelujur'.

Tarik benangnya lalu ikat hingga membentuk pita. Jahit pada kain bentuk hati.

Terus, beri jarum pentul sebelum menjahit bentuk hati agar gak mencang-mencong. Selanjutnya jahit menggunakan tusuk jelujur di sekelilingnya.

Ambil potongan kain flanel seperti gambar di bawah ini. Jahit sekelilingnya dengan tusuk Feston.
(Mungkin cuma yg suka jahit-menjahit yang tahu. maafkan.)



Untuk pegangannya, ambil potongan flanel yang panjang (lihat gambar paling atas). Jahit dengan tusuk Feston juga. Sisakan sedikit di ujung. Penampakannya akan seperti ini.

Satukan tas dan pegangannya dengan tusuk Silang. Dan jadilah seperti ini.
Saya gunakan untuk ngado ponakan. Dalemnya sih baju bayi pada umumnya. Tapi bungkusnya pake tas flanel ini. Tambah manis kan? (iya, gitu)

Yang suka jahit menjahit khususnya, bisa bikin sendiri, kan, di rumah?

Kalo bisa bikin sendiri, kurangi beli-beli, ya. #TipsIrit

dicoba dulu sama Dhia


8 comments:

  1. uwaa..hasilnya lucu banget mak hehe

    ReplyDelete
  2. Waaaa... Kado jadi tambah spesial ya kalo dibungkus giftbag penuh cinta :D

    ReplyDelete
  3. Hhiw! Rajin dan kreatif banget mbak :))

    ReplyDelete
  4. kreatiff... kalo bikin 1 gpp..kalo banyak lieur

    ReplyDelete
  5. Sepertinya mudah ya? Tapi aku suka nggak rapi kalau bikin2 seperti ini.

    ReplyDelete
  6. Kreatif sekali maak. lucu ih..

    ReplyDelete
  7. Rapi banget jaitannya kak Uwien :')))))))
    Aku nggak sabaran kalau bikin yang begini suka gagal mulu XDDD

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)