1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

29 November 2016

Panduan Lengkap Berwisata ke Banda Aceh

Panduan Lengkap Berwisata ke Banda Aceh

Aceh merupakan provinsi yang lokasinya berada di paling barat Indonesia. Aceh yang dikenal dengan julukan Serambi Mekah juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik, diantaranya adalah Pantai Iboih, Mesjid Raya Baiturrahman, Air Terjun Blang Kolam, Air Terjun Suhom, Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga hingga Pulau Rubiah, dan lain-lain.
Di pusat kota, wisata Banda Aceh yang paling terkenal dan yang paling banyak diminati adalah, Museum Tsunami dan Masjid Raya Baiturrahman yang dahulunya dibangun oleh Sultan Iskandar Muda. Masjid ini merupakan ikon Kota Aceh.

Cara mengakses Aceh

Liburan ke Banda Aceh sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena Aceh bisa diakses dari darat, udara, maupun via laut.
Jika menggunakan pesawat, tujuan utama adalah bandara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada kurang lebih 15 km dari pusat kota Banda Aceh. Dengan menumpang kendaraan umum, dari airport Kota Banda Aceh bisa diakses hanya dalam waktu kurang lebih 30 menit.
Ada banyak maskapai penerbangan mulai dari kelas ekonomi hingga kelas 1 yang melayani rute dari berbagai daerah langsung menuju ke Bandar Udara Sultan Iskandar Muda Aceh.Selain dengan menggunakan pesawat, Banda Aceh juga bisa diakses dengan menggunakan transportasi darat. Umumnya dengan menggunakan kendaraan pribadi dan bus lintas provinsi.
Dari beberapa daerah di Sumatera seperti Lampung, Jambi, Medan maupun Padang, ada beberapa bus yang langsung menuju ke Banda Aceh. Selain itu, tentu saja ada beberapa bus yang melayani rute dari berbagai provinsi di Pulau Jawa.
Jika ingin mengakses Aceh dengan menggunakan kapal, salah satu pelabuhan yang melayani rute pemberangkatan ke Aceh adalah pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta.
Selama perjalanan, biasanya kapal akan singgah terlebih dahulu di beberapa tempat seperti di Bangka-Belitung, Medan, dan Kepulauan Riau sebelum tiba di pelabuhan Malayahati Aceh.

Tempat menginap di Aceh

Memilih tempat menginap bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, karena di Banda Aceh ada banyak hotel atau penginapan yang tersebar di dalam kota maupun di dekat tempat wisata.

Transportasi di dalam kota

Angkutan di Aceh - klikkabar.com
Untuk pergi ke berbagai tempat, ada banyak moda transportasi yang bisa dimanfaatkan, seperti angkutan umum, mobil sewaan, ojek, hingga taksi.

Beberapa objek wisata menarik di Aceh

Di pusat kota, terutama di Banda Aceh, setidaknya ada 4 tempat wisata paling terkenal dan paling banyak peminatnya yaitu:
1.        Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman - visittoaceh.blogspot.co.id
Masjid Raya Baiturrahman yang dikenal sebagai ikon Kota Aceh. Mesjid ini memiliki daya tarik arsitektur yang sangat kuat. Masjid dengan lima kubah berwarna hitam tersebut dahulunya dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda.
2.        Museum Tsunami

Museum Tsunami - trover.com
Objek wisata lain yang banyak diminati adalah Museum Tsunami. Museum ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Masjid Raya Baiturrahman sehingga cukup mudah diakses. Umumnya wisatawan yang berkunjung ke museum ini bermaksud untuk mengenang musibah yang melanda Aceh pada tahun 2014 lalu tersebut.
3.        Museum Aceh
Kurang lebih 800 meter dari Museum Tsunami Aceh, terdapat Museum Aceh yang juga bisa dikunjungi untuk melihat berbagai benda peninggalan kesultanan Aceh. Tidak ketinggalan, di museum tersebut kita juga bisa melihat langsung berbagai karya seni dan kebudayaaan khas Aceh.
4.        Kapal diatas rumah
Tepatnya di Gampong Lampulo, Kec. Kuta Alam, Lampulo, Kuta Alam, Kota Banda Aceh terdapat kapal diatas rumah. Sebuah pemandangan yang tidak biasa. Kapal yang berada di atas rumah tersebut adalah salah satu saksi bisu tsunami Aceh yang hingga saat ini masih tersisa.
Kapal diatas rumah tersebut kemudian oleh pemerintah setempat dijadikan sebagai monumen, dan kini cukup diminati oleh turis sebagai destinasi wisata.
Selain beberapa objek wisata yang telah disebutkan di atas, tentu saja masih ada banyak objek wisata lain yang ada di sekitaran Aceh. Diantara yang paling terkenal karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota adalah Pantai Lampuuk dan Pantai Lho-nga yang berjarak sekitar 15 km dari Kota Banda Aceh.
Kedua pantai tersebut adalah yang paling banyak diminati dan paling banyak dikunjungi warga sekitar maupun turis, selain karena mudah dijangkau, kedua pantai tersebut juga terkenal sangat indah.

Kegiatan seru saat berlibur ke Banda Aceh

Karena Banda Aceh berlokasi dan berbatasan langsung dengan samudra, wajar apabila di tempat ini banyak spot penyelaman, tempat berenang, atau snorkeling.

Pualu Weh - zaidzainal.wordpress.com
Salah satu tujuan wisata terkenal di Aceh adalah Pulau Weh, yang jaraknya kurang lebih 32 km dari pusat kota. Pulau ini sangat menarik, memiliki pantai yang indah dengan pasir putih serta air laut yang jernih. Serta memiliki beberapa diving spots yang menarik.

Tips berwisata ke Aceh

l  Saat liburan ke Aceh, wisatawan dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang sopan karena Aceh dikenal sebagai salah satu provinsi yang paling ketat dalam menjalankan syariat Islam.
l  Wanita yang menaiki sepeda motor dilarang untuk menumpang dengan cara mengangkang seperti laki-laki. Ini adalah peraturan daerah setempat.

l  Jika bukan suami istri, dilarang keluar berdua-duaan diatas 22.00 malam.

4 comments:

  1. Penasaran sama mesjid Baiturahmannya mba, pas Tsunami dulu ingatanku masih tajam melihat mesjid ini masi berdiri kokoh diantara puing2 *merinding*, aku entah lebay atau apa selalu nangis ngeliat video Tsunami Aceh *pray for them Al-Fatihah*

    ReplyDelete
  2. Aceh itu indahnya nggak kira-kira...
    Museum tsunami bikin merinding. Keren baget!!

    ReplyDelete
  3. AKu pengen ke KM 0 teh Uwieeen..
    Semoga kapan2 ya bisa ke Aceeeeh

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)