04 December 2016

Main Jawil-Jawilan

Apa sih 'Main Jawil-Jawilan'? Jawil-jawilan berasal dari bahasa Jawa yang artinya colek, nyolek, colek-colekan. Sebagai Blogger Nubie butuh follower saya pun bertanya kepada Blogger Sepuh gak butuh follower. Jawil-jawilan ini adalah kegiatan para blogger jaman dulu , ketika zamannya blogger - gak - sibuk - sama - job - review seperti sekarang ini. Gimana mainnya? Jadi ini semacam pertanyaan beruntun yang kalau seorang blogger dapat jawilan dari temannya, dia juga kudu menjawab pertanyaan yang sama dan menuliskannya di blog. Ini juga saya dapat jawilan dari teh Dey yang nge-jawil sejak dua bulan yang lalu. Baru dijawab sekarang. muehehe
Suka-suka aja sih, gak wajib, cuma buat yang mau aja.


fotonya gak nyambung pun, tak apalah ;)


Siap yaa baca jawaban saya. Pertanyaan ini entah dulu siapa yang bikin. Dari sananya kayak gini. :)

1. Siapakah nama Guru Sekolah Dasar mu yang teringat pertama kali dan ceritakan kenangan asik dengan beliau?
Pak Martono. Beliau guru SD pertama saya saat kelas 1 SD. Dulu ketemu pertama kali saat beliau memperkenalkan diri sebagai wali kelas 1, saat itu Pak Martono baru pindah dari sekolah lain. Dulu sih lihatnya serem, orangnya tinggi besar, gagah, kulitnya coklat. Tapi orangnya baik. Beliau satu-satunya guru dari SD-SMA yang memanggil saya Nur. 

2.  Siapakah nama teman SMP mu yang teringat pertama kali, apa cerita asik dengannya ?
Di SMP saya nggak banyak teman akrab. Akrab-akrab dan sering ngobrol lewat dunia maya malah sekaragn-sekarang ini. Dulu saya anaknya pendiam dan pemalu. Teman yang bener-bener akrab bisa dihitung jari. Dan yang teringat pertama kali adalah Ika Nofitasari. Dia teman pertama, duduk di bangku yang sama selama setahun di kelas 1 SMP. Saya sering main ke rumahnya yang ada warung mie ayamnya. Saya sering banget jajan mie ayam di rumahnya. Sampai sekarang kami masih bersahabat dan dia pun tinggal di Bandung sekarang jadi masih bisa ketemu.

3Apakah kuliner di luar kotamu yang teringat pertama kali, dimana lokasinya dan apa keistimewaannnya? 
Clorot. Makanan ini khas daerah Grabag, kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Sejenis kue basah jadi kalau bawa oleh-oleh Clorot dari Purworejo ke Bandung gak bisa soalnya clorot ini cepet basi karena gak pakai pengawet. paling maksimal tahan 24 jam. Jadi kalau saya pulang kampung, jangan minta dibawain clorot ya. hehehe :)
Clorot terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan gula jawa atau gula merah. Yang membuat istimewa, karena gak ada di daerah lain. Selain itu, pembungkus Clorot yang unik (sekali lagi gak ada di tempat lain) dari daun kelapa yang masih muda (janur) yang dipilin. 
foto by : Suharno

4Pernah baca koran edisi cetak dalam sebulan terakhir ini? Kalau pernah, apa nama korannya dan dimana sih mbacanya (pinggir jalan, angkot, perpustakaan, dll)
Enggak. Bacanya koran online aja. Kalau majalah sih masih baca. terakhir baca majalah Idea.

5. Jika kamu sempatkan meletakkan gadgetmu, kemudian melihat sekeliling di tempat umum, apakah kamu melihat keberagaman (manusia) yang ada? Apapun jawabannya , maka apakah yang ada dibenak mu melihat hal ini.
Saya kalau ke Pasar Tradisional gak pernah bawa gawai. Di pasar ada beragam manusia. Ada tukang parkir yang ramah banget dan senang membantu. Ada penjual serbet kotak-kotak yang ngintilin terus walaupun udah bilang gak mau beli. Ada penjual sayur yang seneng banget lihat Akram sampai-sampai gendong Akram sementara saya milihin sayuran. Ada bapak-bapak tuna netra yang bacaan Al Qur-an-nya bagus banget sehingga orang-orang tidak sungkan memberikan uang recehnya. 
Yang pasti, semakin kita melihat sekeliling... sebenarnya banyak yang bisa kita pelajari dari orang-orang di sekeliling kita. 
Coba atuh Neng, jangan sibuk melulu sama gadgetnya. :)

6Apakah angkutan umum terakhir yang kamu naiki, Asik ga sih perjalanan mu?
Angkot. Yang terakhir itu waktu saya pulang dari satu event di Bandung. Waktu itu sih enggak asik karena ada yang merokok di dalam angkot. Gak berani menegur, saya pun memilih memakai masker. Terus lama banget gak nyampe-nyampe, macet dimana-mana bahkan enggak maju-maju karena ada banjir di depan sana. Untung (((masih aja untung))) udah deket rumah. jadi saya turun dan minta jemput aja pakai motor biar cepet sampai rumah. Perjalanan 2 jam lebih euy dari Bandung, yang biasanya kalau saya naik motor cuma 45 menit sampai 1 jam-an. Terus saya kasian ke supir angkotnya. Jadi ongkos yang harusnya cuma 5000 saya bayar 10000.

7. Apakah pagi ini kamu sempat melihat matahari terbit? Kenapa?
Pagi ini ceraaaaah sekali. Udaranya enak, pas. Enggak dingin banget seperti Cimahi biasanya. Saya sempatkan melihat matahari terbit. Enggak pas terbitnya banget sih (pas keluar dari garis horizon) tapi udah naik sedikit karena terhalang pepohonan. Saya cuma lihat sebentar dari lantai atas untuk mengagumi Penciptanya. Subhanallah indah sekali matahari terbit itu. 

Well... siapa nih yang mau saya jawil untuk menjawab pertanyaan ini? Pengen jawil blogger yang ngeblog sejak masih jamannya Multiply aah.. Teh Dewi Firyani dan mbak Lies Wahyuni. Yang lainnya, dicolek di fb aja deh. 

7 comments:

  1. Hihi iyaaa pas Multiply hit bingiit yaa jawil-jawilan gini, award-award an jugak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger nubie gak kenal multiply, kak. :(

      Delete
  2. HUaaa serunyaa main jawil jawilan, jadi kepingin. Pertanyaannya sama tapi jawabannya pasti berbeda yaaa. Aku dong, dijawil, ehehee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dooong. Aku jawil yaaa. Monggo di tulis nanti jangan lupa colek-colek kalau tulisannya udah jadi yes :)

      Delete
  3. Aku suka beli clorot di Borma Setiabudhi atau di kantin RS Al Islam. Dua tempat yang sering aku datengin.

    Makasih ya Nur .. *eh .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa, ada ya teh di Bandung? baru tahu. Tar kesana beli ah, kangen clorot euy

      Delete
  4. Karena daku dari gresik maka Kuliner gresik yang aku inget yaitu nasi krawu

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)