16 February 2016

Nasi Lengko, Jika Aku Kangen Cirebon

Bisa dikatakan, tempat mudikku yang ke dua adalah Kota Cirebon. Sejak menikah dengan Abudi 7 tahun silam, saya udah berkali-kali main ke sana. Walaupun Kota Cirebon itu hawanya puanaaas, tapi begitu ngangenin. Entahlah, ada magis tersendiri yang membuat saya pengen tiap tahun kesana. -tapi gak kesampaian hiks.

Terakhir ke Cirebon itu sekitar 2 tahun yang lalu. Lama yaaaa -_-
Cerita waktu itu : Seminggu di Cirebon
Makanya, untuk mengobati kerinduan dengan kota udang itu, saya bikin satu kuliner khasnya.

Banyak sih sebenernya jajanan dan atau kuliner yang khas banget Cirebon a.l.: nasi jamblang, docang, krupuk mlarat banjur, dan lain sebagainya. Tapi yang paling memungkinkan untuk dibuat saat lapar adalah Nasi Lengko. Nasi Lengko ini praktis banget dan cepet bikinnya.

Nasi Lengko Khas Cirebon
Melihat fotonya aja pasti udah bisa ditebak bahannya apa aja. Yup!
Bahannya antara lain :
- (tentu saja) nasi putih
- tempe goreng
- ketimun
- bawang goreng
- kecap manis
Udah itu aja sudah cukup untuk bisa dinamakan nasi Lengko. Kalau yang versi asli di sana sih ada tambahan lagi bahan-bahan yang lain seperti daun bawang atau batangnya bawang (duh apa ya namanya).

Cara penyajiannya gampang banget kok.
Taruh nasi putih di piring. Susun di atasnya potongan tempe goreng dan ketimun. Taburi dengan bawang goreng renyah. Terus terakhir kecap manis. udah jadi. Tinggal ammm.

Kerinduan akan Kota Cirebon sedikit terobati dengan makan siang Nasi Lengko ini. Yang penasaran bikin aja sendiri di rumah yaaa.

Kamu kangen kota-mu? Biasanya ngapain?
(Ide untuk Giveaway saya yang akan segera datang.)

15 comments:

  1. Mbak Uwien mau ngadain GA. Asyek ditunggu info selanjutnya. Btw, dini hari baca postingan ini bikin lapeer

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllaah, Mbak. Ayok makan, dietnya besok aja, #eh :)

      Delete
  2. Waah gampang sekali mbakk,, coba cari resep lengkap ah, baru tau nasi lengko padahal uda pernah ke cirebon tapi transit aja sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau transit lagi, jangan lupa icip versi aslinya ya Mak :)

      Delete
  3. Enak juga tuh kayanya, kirain kaya nasi goreng mak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak (kalau suka makan dengan kecap).

      Delete
  4. Yeyey, aku suka nasi yang ada kecapnya mbaaa :)

    ReplyDelete
  5. Papaku orang cirebon mak dan kalo mudik kesana kami pasti nyari nasi lengko deh makannya sama krupuk dan sate. Maknyuuss ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. glek glek, mbayanginn enanknya

      Delete
  6. Mbak Win...itu nggak ada bumbu tambahan lain? kayaknya syedaap deh *lupain diet :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dasarnya ini aja. Tapi kalau di Cirebon sana biasa dimakan sama sate dan lauk pauk yang lainnya. Tinggal pilih aja

      Delete
  7. Ehhh baru tahu kalau nama nasinya ini :D Biasanya aku juga makan kaya' gini. Tapi masakan ibu. Padahal gak pernah ke Cirebon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin di daaerah lain ada dengan nama berbeda?

      Delete
    2. Kebanyakan sih gitu ...

      Delete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)