1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

16 August 2016

Oleh-Oleh Medan

Beberapa hari yang lalu si Akang baru pulang dari Medan. Selama dua minggu lebih dong LDM-an. Selama itu juga saya cuma bisa ngiler-ngiler plus ngences-ngences dipamerin foto makanan Medan yang kayaknya ennnak banget. Yaudin aku ancem aja awas kalau gak bawa oleh-oleh (hihi  becanda)

Jadilah beberapa hari ini di rumah banjir oleh-oleh Medan. Yang mau, sini mampir aja ke Cimahi ya.

You knowlah...seringkali orang yang keluar kota pasti dimintai oleh-oleh sama teman dan saudara. Mau bilang gak bawa oleh-oleh gak enak, Mau dikasih semua, enggak cukup kalau semua dikasih. Walaupun mereka bilang "Jangan lupa oleh-olehnya, ya." cuma karena basa-basi sebagai bentuk ikut senang, tapi kalau dikasih oleh-oleh pasti enggak akan nolak, kan. Iya, ini mah aku banget.

Oleh-oleh, walaupun nilainya nggak seberapa tapi punya nilai tersendiri sebagai tali asih diantara keluarga dan teman. Sok geura, kasih oleh-oleh ke temen. Tali asih itu mempererat hubungan pertemanan dan kekeluargaan.

Saya mau kasih referensi siapa tahu manteman lagi di medan dan nyari Oleh-oleh Medan. Ini dia beberapa makanan dan souvenir khas di Medan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

1. Durian Ucok

Durian Ucok tuh terkenal kali di Medan. Cerita dari si Akang sih, tempatnya selalu penuuuuh pengunjung. Kita bisa membeli durian dan dibawa pulang. Jangan kuatir akan bau di pesawat. Karena packagingnya udah oke banget. Sampai enggak kecium sama sekali dari luar kardus.
FYI, di Medan sana orang-orang menyebut durian ada dua, durian pahit dan durian manis. Walaupun  rasanya hampir sama, durian pahit justru yang jadi idola. Memang enak sich, terus rasanya malah enggak ada pahit-pahitnya.

durian ucok

2. Pancake Durian

Pancake durian bisa juga dibeli di Durian Ucok ini. Jadi bisa langsung dikemas bersama buah duriannya. Alamatnya di Jalan KH Wahid Hasyim no 30-32, Medan Sumatra Utara.
Oiya, harganya 70.000 untuk satu kotak isi 10 biji.
Nah kalau enggak sempat mampir ke Durian Ucok, bisa aja beli pancake durian di bandara. Tapi harganya jauh lebih mahal. Waktu ke Medan sebelum ini, Kang Budi beli pancakenya di bandara Kuala Namu. satu box harganya 145.000 isi 10 biji.


pancake durian ucok

3. Bolu Meranti

Bolu Meranti ini sebenarnya sama dengan bolu-bolu yang dijual di Bandung dan berbagai daerah. Yang menjadikannya istimewa adalah kardusnya. hahaha. Iyalah, kan ada tulisannya Oleh-Oleh Medan. Ada tulisannya dari Medan. Pas saudara dikasih oleh-oleh ini pun wajahnya terlihat sumringah.

bolu meranti dan bika ambon

4. Bika Ambon

Walaupun di Cimahi juga ada yang jual bika ambon, tapi kalau ada kardusnya yang bertuliskan oleh-oleh Medan kan beda feelnya. hihi
Bika Ambon bisa dibeli juga di Meranti. Tapi bika ambon yang paling terkenal di Medan itu bika ambon Zulaikha. Foto bika ambonnya gak usah ya, da sama aja kok. :)

5. Teri Medan

Teri Medan di sana harganya 70.000 / kg. Ini enak banget dimakan sama nasi anget. Atau untuk campuran nasi liwet. Joss gandoss deh pokoknya.

teri medan


6. Manisan jambu

Jambu bangkok, jambu yang gede-gede banget itu, dikupas terus dijadikan manisan. Kalau makan di tempat, akan disajikan tanba biji. Jadi bijinya udah dibuangin. Tapi kalau ditakeaway alias dibungkus, masih berbentuk gelundungan satu biji ditambah bumbu rujaknya. Enak dan seger banget apalagi makannya setelah ditaruh di lemari pendingin. *cleguk



Selain oleh-oleh makanan, ada juga beberapa souvenir yang bisa dijadiin oleh-oleh buat keluarga, antara lain :

1. Kain Songket
2. Baju istana Maimoon
3. Gantungan kunci 'Pernah ke Medan'



Ada satu lagi oleh-oleh yang gak bisa dimakan dan gak bisa dipake. Yang satu ini saya suka banget. Yeps, FOTO-FOTO pemandangan di sekitar si Akang bekerja adalah oleh-oleh Medan yang paling saya suka. Buat saya yang belum pernah ke Medan, jadi sedikit punya gambaran seperti apa Medan nan elok dan Medan dari sisi lain. aseeeg.



Jadi, inti dari tulisan ini sebenarnya adalah pamer colongan, LOL. E tapi, siapa tahu ada yang lagi nyari recomendasi mau beli oleh-oleh Medan.


Oiya, maafkan kalau taplak mejaku sama dengan kerudungmu yach. Salam cintah dari aku yang lagi nggayemi pankace durian.

Uwien

23 comments:

  1. oh jadi gitu..
    kemaren cuma denger ceritanya ditinggal ke Medan...
    Sekarang lihat oleh2nya ajaa, aku mah mau teri ajaaa deh xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti teh kalau ketemuan yaaa, tapi selama persediaan masih ada. xixixi :D

      Delete
  2. dulu pernah dapat oleh2 durian ini. tapi sayangnya lupa ga dimasukin kulkas sehari semalam, jadilah pas dibuka rasanya nano2 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus langsung masuk ke freezer.saya juga pernah. :(

      Delete
  3. oleh2 dari Medan fav saya nggak jauh2 dari durian dan bolu meranti, yummmm...

    ReplyDelete
  4. Eciyeeee...
    Yang habis LDR-an eciyeeee...

    Duh, aku mah gak doyan duren sih, tapi abah suka banget hehehe...

    Okeh fain, aku mah yang bolu meranti aja deh!
    *komen songong*

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah aku suka duren. dulu gak suka banget, pas dicekokin ...eh sekarang maniak.
      okeh fix, mau berapaeun bolunya? :D

      Delete
  5. Teuteup, yg bikin ngiler banget adalah durennya hahaha. Sering denger si duren ucok, tapi belum pernah ngicipin. Penasaraaaannnnn >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mami Ubii bisa ke medan ya terus nyicipin duren ucok biar enggak ngeces

      Delete
  6. Terakhir Ke Medan qu siy cuman beli pancake, lempok (dodol duren),meranti sama bika ambon itupun uda keringet dingin takutnya pas sampe rumah pancakenya ga enak hahaha..
    Ga sempat mampir ke istana Maimoon keren kyknya y mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pancake yg paling cepet basi ya,gak bisa lebih dari 24 jam, terus sampe rumah harus langsung masuk freezer.

      Delete
  7. Hhaa bolu meranti itu yang membuat istimewa ternyata kardus nya ya.. kalau rasanya gimana ? saya mau coba pancake durian nih kayaknya enak banget tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena ada tulisan Meranti dan dari Medannya ituh. rasanya kayak bolu gulung biasa, tapi isinya penuh dan lebih banyak. Pancake nya emang endeeeus banget

      Delete
  8. alamak enaknya, sayang Medan bukan tujuan wisata dalam waktu dekat -_-
    Bolu meranti gak keliatan gambarnya ya, karena yg istimewa kardusnya, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambarnya menyusul ya, lagi dipotongin. hahai

      Delete
  9. lengkap bgt oleh2nya...
    suka bgt sama bolu meranti, klo manisan jambu bangkok kmarin liat di carefour...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada ya di Carefour. Bika ambon di bandung juga buanyak banget yg jual ya :))))

      Delete
  10. Bolu merantinya kesukaan akuuuu

    ReplyDelete
  11. duh itu duriannya, menggugah selera banget sih! :) :)

    ReplyDelete
  12. Bika Ambon kok dari Medan ya? Hi hi. Kalau nggak salah karena bika yang paling ngehits di sana dijual di jalan Ambon. Tapi emang enak banget niiih, saya suka yang rasa keju. Dibawain teman dari Medan dan khilaf banget makannya ha ha.

    ReplyDelete
  13. Aku belom pernah nyobain pancake durian Medan, pernah mah pancake durian oleh-oleh dari Pekanbaru. Sama weh mereun ya teh, duren-duren keneh. Tapi ih, dosaaaaaa makan pancake dureeeen teeeh!! *dosa sama badan* :D :D

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)