1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

31 October 2016

Agar Alat Masak dan Teflon Tidak Cepat Rusak

Agar Alat Masak dan Teflon Tidak Cepat Rusak
Ada nggak sih selain saya yang kalau belanja bulanan selalu membeli spons untuk cuci piring? Kalau pas lagi baper (baca : tanggal tua) kok ya hal receh macam gini jadi kepikiran. muahaha
Mikirin tiap bulan rutin beli spons cuci piringnya yang sepack isi tiga dan harganya nggak lebih dari semangkok bakso itu, kadang Jojo capek, Bu!

Biarpun beda seratus rupiah -ibaratnya, kalau emak-emak mah terkadang dikejar. Sama dengan barang lainnya, begitu juga dengan spons cuci piring ini. Saya biasanya beli yang sepack isi 3. Dari pada merk Scotch Brite yang terkenal sponsnya bagus banget itu, yang harganya agak mahalan dikit tapi dianggapnya mahal banget. ahaha dasar emak-emak. 

Saya nggak tahu bahwa prinsip macam ini akan mendatangkan malapetaka besar. Duh hiperbol banget! Maksudnya malapetaka bagi ibu-ibu berarti kerusakan pada alat masak dan perangkat dapur lainnya. Jadinya harus sering ganti daleman magic com dan sering beli teflon. nah loh!! jatohnya enggak ngirit, malah ngorot. ya kan?

Selama ini, mau nyuci segala perabot rumah tangga ya tinggal cuci aja sih, tinggal gosok aja sih..yang penting bersih dan enggak licin karena minyak,yang penting enggak item karena jelaga, yang penting enggak bau amis karena telur atau ikan dan lain-lainnya. Selama ini nggak pernah mikirin tentang hal-hal teknis dalam cuci-mencuci perabot rumah tangga. Gimana bisa alat masak dan teflon tidak cepat rusak coba kalau kayak gini??

Hasilnya, saya perhatiin jadinya magic com (bagian dalamnya) dan teflon jadi kegores-gores, cepet rusak. Botol minum anak saya jadi berubah warna dan kegores-gores juga. Hal ini yang seringkali saya anggap receh. Yang saya enggak perhatiin ternyata berasal dari sabut/spons pencucinya. Iya lah, saya kan selama ini satu spons cuci ya untuk semua perabot rumah tangga, dari alat makan, botol-botol minuman sampai alat masak juga pakai satu spons aja. Palingan untuk bagian bawah wajan saya pakai sabut yang dari kawat. 
Penggunaan sabut/spons yang nggak tepat inilah penyebab dari semua itu. du du du



Pas lihat ada jenis spons lain yang dikeluarkan Scotch Brite, saya pun nyobain. Ini Scotch Brite bukan merk baru lagi, pasti sudah familiar semua. Saya juga gitu. Tapi baru kali ini perhatiin betul (setelah teflon dan perabot makan-masak rusak). 

Saya kira sama aja antara yang warna hijau dengan yang berwarna pink. Eh pas dibaca kemasannya udah beda. Lho kok aku baru ngeh. -_- Spons nya ini sekilas bedanya hanya di warnanya aja. Tapi kalau disidik-sidik atau diperhatikan lebih akan keliatan kalau spons warna hijau dan spons warna pink ini ada perbedaaan di serat sabutnya. Yang lebih penting lagi beda kegunaannya


SPONS SCOTCH BRITE HIJAU untuk Alat Masak
Sabut spons warna hijau gunanya untuk membersihkan khusus alat-alat masak seperti wajan, panci, katel, spatula, pisau dan sebagainya. 
Yang dipakai menggosok alat-alat masak yang benar itu yang warna hijaunya. Saya tadinya pakai yang spons lembutnya lhoh, huhuhu. Sabut spons Scotch Brite dibuat dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran. Makanya, kotoran kayak minyak-minyak sisa masakan jadi hilang seketika. Wajan dan peralatan masak lainnya jadi 3x lebih bersih kesat. Selain sabut sponsnya, adalah sabun cuci yang digunakan. Gunakan sabun pencuci untuk alat masak.

SPONS SCOTCH BRITE PINK ANTI GORES untuk Alat Makan dan Alat masak Anti Lengket
Gunakan bagian yang berwarna pink untuk membersihkan gelas, piring, sendok, teflon, dll. Material di sabut warna pink ini mengandung serat dan mineral berkualitas sehingga membersihkan 3x lebih bersih dari spons biasa namun tidak menggores lapisan anti lengket.



Ada satu lagi sabut spons khusus untuk membersihkan tempat minum. Kalau memakai spons sejuta umat yang biasanya, saya kesulitan untuk membersihkan bagian dalam, harus pakai sendok, sumpit, atau sesuatu yang bisa masuk ke dalam botol. lalu diputer-puter. Yang pasti udah ya lama membersihkannya, juga bagian dalam botol minum jadi kegores-gores gitu. Apalagi kalau pakai bootle brush/sikat botol. Cepet banget itu kegoresnya.

Kalau pakau Scotch Brite khusus botol minum, bentuknya yang seperti botol ini memudahkan saya membersihkan bagian dalam botolnya. Sponsnya lebih lembut. sabut warna pink-nya sama dengan yang anti gores. Hanya bentuknya aja yang beda. 
Botol minum jadi 3x lebih cepat bersih, 3x lebih tahan lama.

Spons Anti Gores untuk alat makan dan teflon serta botol minum

Setelah membaca pengalaman saya di atas, gimana menurut manteman dengan adanya produk yang memperhatikan detail kebutuhan alat kebersihan, apa masih mau seperti saya yang dulu tetap memakai sabut spons sejuta perabot dengan resiko alat masak dan teflon lebih cepat rusak atau mau beralih menggunakan alat pembersih yang sesuai? 
Share yuk ;) 

Oiya, mau tips-tips menarik lainnya manteman bisa baca-baca di https://www.britequeen.com/ atau pantengin timeline Fanpage Scotch Brite . Saya juga dapat tips-tips menarik dari sana.

23 comments:

  1. *tos samaan* aku pake scoth brite emang taunya merk ini doank hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang lain merk apa ya? *garuk2 kepala*

      Delete
  2. ga hanya alat penggorengannya aja ya teh yang perlu diperhatikan, biasanya kan besi ga boleh ketemu teflon. jadi sponsnya juga harus diperhatikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang khilaf pake sabut yg keras buat gosok. heu

      Delete
  3. Aku jugak pakeeeek :D Awet tau Mbak, gak cepet rusak. Padahal nyucinya banyak, tiap hari pulak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. rajin banget tiap hari nyucik Beb

      Delete
  4. aku juga pakai ini , memang terasa ya

    ReplyDelete
  5. Saya baru ngeh ada macam-macam warnanya lho..
    Biasanya yang hijau saja..

    Mbak.. Udah sehat?^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya, kemarin pas nulis ini baru keluar RS :)

      Delete
  6. Teflon ku rusak semuaaa karena kalau suami nyuci suka semena2 huhuhuhu.. Coba tau urusan si spons ini dari dulu, kan teflon aku pasti aman terkendali :(

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah mbak saya juga sudah pake lama kalau ini mah dan memang sangat berasa sekali manfaatnya.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau ada spons anti gores ini tahun lalu. Sebelumnya ya cuma pakai spons biasa aja dan pernah tuh wajan teflonku rusak gara-gara keras banget aku gosok hiks.

    ReplyDelete
  9. Teflon aku tergores nih mba. Akhirnya pakai yang lain deh :(

    ReplyDelete
  10. Oh baru tahu ternyata spon juga macam-macam ya :)

    ReplyDelete
  11. Yaa Allah spon cuci piring aja lho banyak macem nya #kaesanglelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, bukan cuma marimas aja yang banyak macemnya :)

      Delete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)