5 Oct 2018

Cukupi Kebutuhan Nutrisi dengan Minum Susu dari Sapi A2


Sebagian besar orang telah mengetahui manfaat baik minum susu. Sejak kecil, kita sering dihimbau oleh orangtua dan tenaga kesehatan di Posyandu untuk minum susu. Karena susu itu kaya akan banyak zat gizi yang penting untuk kesehatan kita hingga usia dewasa.

Dengan mengkonsumsi minimal segelas setiap hari, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat susu bagi tubuh, seperti :
  • Zat besi, tembaga dan vitamin A dalam susu mempunyai fungsi terhadap kecantikan, yaitu untuk mempertahankan kulit tetap bersinar. Tyrosine, mendorong hormon kegembiraan dan membuat tidur lebih nyenyak.
  • Kalsium, menguatkan tulang.
  • Potasium, yang menggerakkan dinding pembuluh darah agar tetap stabil, menghindarkan kita dari penyakit darah tinggi dan jantung.
  • Magnesium, menguatkan jantung dan sistem saraf sehingga tidak mudah lelah.
  • Kandungan Yodium dan Leticinnya dapat meningkatkan secara drastis meningkatkan kerja otak besar.
  • Vitamin B2 yang terkandung di dalam susu sapi dapat membantu meningkatkan ketajaman penglihatan.
  • Kandungan Seng pada susu sapi dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat.

Hal tersebut membuat susu menjadi minuman favorit dan paling populer sepanjang masa. Namun sayangnya, banyak diantara kita yang masih enggan minum susu karena berbagai alasan. Berdasarkan data Kementerian Pertanian tahun 2016, konsumsi susu di Indonesia saat ini masih lebih rendah dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Dan menurut data rating yang dikeluarkan oleh lembaga Nielsen, rata-rata konsumsi susu di Indonesia ternyata hanya 12 liter per kapita per tahun. Ini jauh lebih rendah dibandingkan rata-rata konsumsi susu di Malaysia yaitu 39 liter, Vietnam 20 liter dan Thailand 17 liter. Fakta tersebut membuktikan bahwa konsumsi susu di Indonesia tercatat sebagai yang paling rendah di wilayah Asia Tenggara.(*)

Kami termasuk keluarga yang suka minum susu. Saya dan Abudi biasanya minum susu seminggu hanya 2-3 kali atau hanya saat-saat ingin saja. Sementara Dhia dan Akram yang masih dalam masa pertumbuhan, setiap hari harus minum susu minimal segelas. Kenapa harus minum susu? Karena mereka susah makan makanan yang mengandung banyak Kalsium, seperti sayuran hijau dan biji-bijian. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak bisa didapat dari makanan tersebut, maka anak-anak saya minum susu agar pertumbuhannya baik seperti anak-anak yang doyan makan sayur.

Jenis susu yang kami minum adalah susu cair dan atau susu bubuk. Tidak tentu, sih. Kadang-kadang, saya membeli susu sapi segar langsung di peternakan susu di dekat tempat tinggal kami. Kelemahannya saat beli susu segar langsung dari peternakan / belum dikemas adalah tidak tahan lama. Jadi tidak bisa banyak-banyak belinya. Itupun sampai rumah harus dipanaskan kembali atau disimpan di freezer agar bisa diminum esok harinya. Maka dari itu, seringnya kami membeli susu cair dalam kemasan  yang siap minum.


Sebagian orang melewatkan manfaat dari susu sapi segar biasanya alasannya karena :

- Tidak suka rasa dan baunya
- Eneg menyebabkan mual
- Takut gemuk
- Menimbulkan diare
- Alergi
- Tidak tahan laktosa
- Menyebabkan perut kembung
- Menyebabkan sakit maag
- dll

Mengutip dari penjelasan seorang pakar gizi, yaitu dr. Rizal Alaydrus, MSc. , bahwa :
 “Gejala mual, kembung, dan/atau diare setelah mengonsumi susu terjadi karena kandungan protein beta casein A1 dalam susu yang bereaksi dengan protein pencernaan lainnya di dalam tubuh, sehingga memicu gejala yang menyerupai intoleransi terhadap laktosa, seperti ketidaknyamanan perut, flatulensi (akumulasi gas berlebih dalam perut dari usus besar), kembung, dan diare yang terjadi setelah mengonsumsi produk susu.”

Sementara itu, manfaat susu sangat penting untuk pemenuhan nutrisi. Meskipun sudah tahu bahwa susu mengandung nutrisi lengkap yang terdiri dari protein, lemak, dan karbohidrat sebagai sumber energi, mineral, dan vitamin untuk mendukung fungsi tubuh. Masih ada yang tidak suka.

Tips buat kamu yang tidak suka minum susu segar :

- Mencampur dengan makanan lain atau sebagai campuran membuat makanan
Jika tidak bisa minum susu saja, maka cobalah mencampurnya dengan bahan makanan lain seperti sereal. Sebagai campuran membuat makanan, misalnya puding, skotel, pasta creamy, es krim, milk shake, dll. Atau bisa juga dicampur dengan jus buah, namun jangan dicampur dengan buah yang rasanya masam karena akan merusak susu.
contoh makanan dan minuman yang dicampur dengan susu segar

- Jika tidak suka minum susu karena menyebabkan perut kembung, coba siasati dengan meminum susu setelah makan.
- Jika tidak suka susu karena kamu termasuk yang tidak tahan terhadap Laktosa, coba konsumsi susu secara bertahap. Pertama-tama minum susu dalam porsi kecil. Kemudian tingkatkan sedikit demi sedikit.
- Mengganti dengan produk turunannya
Sebagaimana yang sebagian masyarakat ketahui, bahwa minum susu membantu asupan Kalsium untuk tubuh kita. Jika tidak minum susu, maka gantilah dengan pengganti susu yang sama kandungan gizinya atau produk turunannya seperti yogurt dan keju.



Kabar baiknya, untuk kita yang tidak suka minum susu karena saat minum susu merasa mual, eneg, menjadikan perut kembung atau sakit, kini ada KIN Fresh Milk, lho. KIN yang sebelumnya telah nge-hits dengan produk Bulgarian Yogurt-nya mengeluarkan produk susu segar siap minum dalam kemasan botol 200 ml.

Kin Fresh Milk merupakan susu berkelas dari sapi teratas atau biasa disebut dengan sapi A2. Susu dari Sapi A2 ini hanya mengandung Protein A2 (tanpa Protein A1) sehingga lebih mudah dicerna dan nyaman di perut. KIN Fresh Milk, terbuat dari 100% susu segar, alami tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi kandungannya.



Apa sih Sapi A2 itu?

Ada sapi A1 ada sapi A2. Saat ini, susu dari sapi A2 tengah mendapat perhatian dari dunia kesehatan karena potensinya dalam menjadikan susu sapi lebih baik dari segi nutrisi maupun dari segi toleransi oleh sistem pencernaan. Susu yang hanya mengandung protein A2, dipercaya lebih mudah dicerna oleh tubuh dan nutrisinya lebih mudah diserap. Sapi A2 tersebut didapat dari proses seleksi alami dengan melalui seleksi tes DNA, tanpa rekayasa genetik.

Awalnya sapi di seluruh dunia hanya menghasilkan protein A2 saja, namun seiring berjalannya waktu dan adanya mutasi genetik, saat ini semakin banyak sapi yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A1. Susu sapi pada umumnya memiliki kandungan protein A1 dan protein A2 dengan rasio 40% dan 60%.



Mengutip penjelasan dari Brand Manager KIN, Tiffany Pratiwi Suwandi :
 “KIN Fresh Milk merupakan produk susu segar pertama di Indonesia yang berasal dari sapi A2 dan hadir sebagai pilihan yang lebih baik bagi konsumen, karena tidak menimbulkan rasa eneg atau kembung akibat minum susu. Susu dari sapi A2 ini adalah 100% susu segar, tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi pada kandungannya. KIN Fresh Milk hanya mengandung protein A2 yang lebih bersahabat untuk perut, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap dalam tubuh”.

Nah, jadi sudah tahu ya mengenai apa itu sapi A2? Sekarang kita intip yuk seperti apa peternakan KIN yang menghasilkan susu berkelas ini. :)

Peternakan Kin

Peternakan Kin adalah peternakan susu paling modern yang terletak di pegunungan Jawa Barat. Berada pada ketinggian 1350 meter di atas permukaan laut. Peternakan Kin memiliki luas lebih dari 80 hektar dan dilengkapi dengan teknologi terkini yang memenuhi standar internasional. Baik itu dalam proses pemerahan, pemberian makan maupun dalam pengolahan susu.

Keamanan dan kehigienisan produk menjadi prioritas utama bagi Kin yang menerapkan standar quality control tertinggi. Kin tidak pernah mencampur hasil susu dari peternakan mereka dengan hasil susu dari sapi di peternakan lain. Dalam pengemasan, Kin mengemas ke dalam botol di fasilitas sendiri sehingga pengawasan terhadap kualitas produk bisa terjamin. Sehingga konsumen bisa mengetahui dan percaya dari mana asal mula produk Kin.



Kin mengklaim bahwa tidak ada campur tangan manusia dalam proses pemerahan. Mereka menggunakan alat yang sudah otomatis dan tidak menggunakan bahan pengawet ataupun bahan tambahan lainnya ke dalam susu. Kin memberikan murni hasil alam yang terbaik sehingga konsumen dapat menikmati kebaikannya.

Buat kamu yang setelah minum susu perut terasa kembung, cobain deh KIN Fresh Milk ini. Rasanya enak, bahkan tidak ada bau-bau yang bikin eneg sama sekali. Saya tuh biasanya kalau minum susu plain/tanpa rasa/original biasanya enggak suka. Waktu pertama kali mencoba minum Kin Fresh Milk original, saya langsung suka karena enggak ada bau 'emooo'. Dhia dan Akram juga bilang bahwa susunya enak.



KIN Fresh Milk hadir dalam 3 rasa favorit, yaitu Full Cream atau Original, Chocolate, dan Coffee. Favorit saya adalah rasa original yang terbuat dari 100% susu segar. Kalau kesukaan Dhia dan Akram adalah rasa cokelat. Sedangkan Abudi sukanya rasa kopi. Ketiga varian rasa Kin Fresh Milk ini sekarang setia memberi nutrisi untuk keluarga. Saya simoan di kulkas karena diminum dingin lebih nikmat. Mau dibawa-bawa saat bepergian juga oraktis, tinggal slup masukin ke dalam tas.



Oiya, KIN Fresh Milk ini merupakan satu-satunya produk susu yang dikemas dalam botol dengan UV light barrier . Botol UV light barrier ini untuk menjamin kualitas produk tanpa bahan pengawet. Kin Fresh Milk hadir sebagai pilihan yang lebih sehat bagi para penggemar susu dan aman untuk dikonsumsi anak usia 2 tahun ke atas, lho.

Dimana belinya?
KIN Fresh Milk sudah bisa dibeli di toko-toko terdekat, ya.

Yuk, biasakan minum susu dua kali sehari. Berikan asupan nutrisi pada otak dengan membaca, sedangkan nutrisi untuk tubuh dengan minum susu segar setiap hari.


Instagram : @kindairyid
Facebook : KinDairy
Youtube : @kindairyid



sumber :
https://www.kindairy.com/id/
https://www.liputan6.com/health/read/2612721/orang-indonesia-jarang-minum-susu-kenapa
https://doktersehat.com/manfaat-dan-kandungan-susu-sapi-bagi-kesehatan/
This entry was posted in

13 comments:

  1. Wow harus A2 ya, kebetulan suka susu dan saya mau coba ah💟

    ReplyDelete
  2. baru tau kin ngeluarin susu nih kudu di coba nih gini ceritanya mah

    ReplyDelete
  3. Hehe, oya biasanya aku gak suka minum susu segar karena masih bau moow dan bikin eneg. Ternyata produk Kin Fresh Milk gak bikin eneg ya. Kapan-kapan deh dicobain

    ReplyDelete
  4. Aku nih kayaknya kudu nyoba. Secara, aku selalu mulas kalo minum susu biasa. Jadi males makanya kalo minum susu. :(

    ReplyDelete
  5. Ini buat orgtuanya juga bisa gak sih :D Langsung beli ke minimarket sebelah rumah nih.

    ReplyDelete
  6. Aku suka susu segaar, apalagi yg langsung diperah, hahahaa...

    ReplyDelete
  7. Belum pernah nyoba nih, jadi pengen nyoba :)

    ReplyDelete
  8. Anak-anak paling suka susu dalam kemasan seperti ini :)

    ReplyDelete
  9. Sejak ada kin fresh milk, jd tau nih kalau ternyata sapi tuh ada a1 ada a2

    ReplyDelete
  10. Suka banget minum susu segar 😍
    Mesti nyobain produk Kin nih.

    ReplyDelete
  11. Meski sejak kecil 'dipaksa' minum susu, sampai segede ini, saya kurang nyaman kalo harus minum susu. Tapi minum yoghurt boleh lah hehe..

    ReplyDelete
  12. belum cobain ini teh jadi pengen apalagi dirumah pada suka susu kecuali aku wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Pantasan kemarin perut nggak bermasalah setelah minum KIN fresh milk, ternyata karena protein nya beda toh :)

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. :)
Mohon maaf komentar dimoderasi karena banyaak spam yang masuk.