20 July 2017

[Jalan bareng Bocah] Main Air di Ciwangun Indah Camp (CIC)


Ini pertama kali saya membawa anak-anak main ke Ciwangun Indah Camp (CIC). Wisata alam yang berada di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat ini menyajikan udara yang sejuk dan pemandangan alam yang memanjakan mata. Dari jalan Kolonel Masturi menuju ke CIC kita disajikan pemandangan  rumah-rumah kaca kebun bunga di kiri kanan jalan. Tempatnya asyik untuk dijadikan ngumpul keluarga, gathering, camping, dll. Dari tempat tinggal kami sekarang, jaraknya kurang lebih 30 menit naik mobil. Dengan motor bisa lebih cepat lagi.

Sebenernya, kami ke sini enggak sengaja sih. Nggak direncanakan sama sekali malahan, karena kesini awalnya cuma mau halal bihalal sama sahabat yang kebetulan sedang gathering di CIC. Jadi kami nggak membawa perlengkapan seperti ketika kami sengaja main ke tempat wisata berbasis alam.

Kalau manteman mau ke sini terutama bersama anak-anak, jangan lupa bawa perlengkapan lengkap ya. Diantaranya : baju ganti, obat-obatan (minyak kayu putih, obat anti masuk angin, obat memar, dll). Terus yang nggak boleh ketinggalan adalah makanan ringan, kudapan, buah dan makanan berat. Karena suasananya cocok banget untuk botram (makan bersama).

Alamat Ciwangun Indah Camp : 
jalan Kp Ciwangun Indah Camp, Kp Ciwangun RT. 03 RW. 15  Kec, Parongpong ,Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559
Masjidnya besar, parkirnya luas, toilet ada di bawah masjid
Jalan masuk utama ke CIC dari jalan Kolmas (Kolonel Masturi). Nggak jauh dari Dusun Bambu dan Villa Istana Bunga. Jika dari arah Cimahi, jalan masuknya ada di sebelah kiri. Sedangkan dari arah Lembang, ada di sebelah kanan. Ada tulisannya gede di pinggir jalan kok. Pada saat masuk, kita akan ditarik sumbangan 2000 Rupiah untuk pemeliharaan jalan sepanjang CIC. Setelah itu, masuk ke dalam melewati jalan nanjak yang enggak mulus. Jalannya masih berupa batu-batu kerikil, jadi hati-hati aja berkendaranya agar tidak terperosok. Perjalanan harus terus ke atas sampai terdapat sebuah masjid yang lumayan besar. (foto masjidnya di atas)

Tiket masuknya ke CIC Rp 10.000 per orang. Kemarin sih kami berempat hanya disuruh membayar untuk 3 tiket saja karena anak-anak masih kecil-kecil.

Ada apa aja di CIC? 

Banyak sih, ada tempat camping, outbond, flying fox, dan sebagainya. Namun karena kami cuma punya waktu sebentar saja, jadi nggak banyak yang kami coba. Jadi kali ini ceritanya kan mampir doang, ntar ke sana lagi seharian full dari pagi sampai sore biar puas.


Begitu memarkirkan kendaraan, kita akan melihat tangga menuju ke atas. Kami langsung menyusuri anak tangga itu. Pas kami datang sedang ada gathering juga entah dari mana. 
Di sini ada saung-saung untuk tempat istirahat, makan bersama dan duduk-duduk. Ada mainan anak seperti ayunan dan jungkat-jungkit.

Setelah ketemu dengan sahabat, anak-anak langsung ngajakin ke bawah karena melihat air terjun di bawah. Untuk menuju sungai yang ada air terjunnya kita harus menuruni ratusan anak tangga. Kalau dirasa nggak kuat naik turun tangga mending jangan deh. Saya aja pas naiknya ngos-ngosan. lol


Setelah menuruni anak tangga dan jembatan kecil, sampai lah di sungai. Ya Allah, itu yang namanya air mengalir beniiing syekaliii. Gak heran kalau Akram dan Dhia pengin langsung nyebur dan main air. Tapi kan kan kan nggak bawa baju ganti. Oke deh boleh main air, tapi cuma basahin kaki doang.

Namun bukan Akram kalo gak negosiasi. Bocah ini akalnya banyak. Pas dibilang nggak bawa baju ganti : " Lepas aja baju dan celananya." Kan bisa pakai kaos dalam dan celana aja.

Baiklah, dari pada baju luarnya juga ikut basah, jadi saya biarkan Akram main basah-basahan memakai pakaian dalam.


Ini dia foto-foto serunya Akram dan Dhia main air di Ciwangun Indah Camp.



Karena di alam, kita harus tetap waspada terhadap keamanan tempat ya , mantemans. Ada banyak bebatuan yang licin dan arus yang agak deras di dekatnya. Bebaskan tapi tetap diawasi. Terus jangan lupa kita tetep selalu berdoa. "bebacaan" kalo kata orang Sunda mah.

ps. Anak-anak saya ini sudah terlatih sejak kecil menjaga kemanan diri mereka sendiri.


Ciwangun Indah Camp

Buka pkl 07.00 - 19.30
Telp 0852-2103-8317

Alamat Ciwangun Indah Camp : 
jalan Kp Ciwangun Indah Camp, Kp Ciwangun RT. 03 RW. 15  Kec, Parongpong ,Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559

11 comments:

  1. Jaman pacaran kesini mapay sasak ka Curug Tilu teh hehe, akuma pengen ke curug Cimahi tapi cape kali ya wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pengen ke Curug Cimahi, can keturutan.

      Delete
  2. Mengajarkan anak sejak kecil bisa berpengaruh untuk kedepannya seperti mengajak nya bersahabat dengan alam seperti itu :D

    ReplyDelete
  3. Mbk, lihat akram maen aer, aku jd makin kgn nyemplung2 cihuy maen air di tempat begini, terakhir nyemplung di cuban rondo malang thn 2010, lamonyoooo,

    ReplyDelete
  4. seru juga ya CIC, belu pernah kesana padahal kalau dari cimahi tidak terlalu jauh ya.. jadi penasaran pengen coba camping sama keluarga disana x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gera. Aku juga belum pernah camping di sini.

      Delete
  5. Teh ini yang banyak pipa-pipa air bukan ya?asa pernah kesini wkwkwk dulu sama suami kesini eh akunya ngambek wkwkwkwk akhirnya pulang lagi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada pipa2 air di tepi sungai

      Delete
  6. Anakmu yg cowo lucuk banget pose2nya :D. Sungai yg jernih gini mah udh langka ya mba. Susah nemuinnya apalagi di jkt. Bruntunglah masih bisa main di tempat yg sungainya bersih gini.. Anak2ku pasti doyan banget ini.. Kalo udah berbau air, susah diajak pulangnya :p

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)