17 June 2017

Tuttorial Cara Mudah Membuat Busybook

"Udiiiin, jangan mainan pisau. bahaya!!" teriak Mami pas melihat Udin (4 tahun) mengambil pisau dari meja dapur.
"Udiin, jangan colok-colok itu. Ntar kesetrum!" omelan Mami di lain waktu.
"Udin, jangan naik-naik. Ntar jatoh!" pesan Mami ketika Udin naik pohon di depan rumah.
Itulah tiga dari sekian omelan mamah-mamah yang paling terkenal.

Yang namanya anak kecil apalagi balita, pasti senang bergerak kesana kemari, berlari, meloncat, nungging, pokoknya gerakan segala macam, deh. Untuk anak yang usianya lebih muda, mereka sering memasukkan benda ke dalam mulutnya. Maklumin saja, 'kan memang masih masanya mereka mengeksporasi lingkungannya. Tugas orang tuanya adalah menciptakan tempat bermain yang aman karena tidak baik juga untuk anak jika terlalu banyak dilarang.

Sometimes, saya pengin anak duduk diam, anteng, dan nggak rewel sebentar saja. Misalnya , saat di rumah, adakalanya kita menginginkan anak anteng bermain sementara ditinggal ibunya mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan lainnya dengan tenang. Namun, seringnya dibikin resah karena harus tetap memperhatikan anak yang sedang bermain. jadi nggak fokus mengerjakan pekerjaan. Dalam perjalanan (naik mobil, kereta, atau pesawat) pastilah kita menginginkan anak anteng dan nggak rewel, nggak nangis, nggak bosan.

Pada saat seperti inilah kita membutuhkan satu mainan yang membuat si anak anteng, namun juga tetap aman bermain. Untuk itulah saya membuat busybook untuk toodler dan anak usia di bawah lima tahun.
Oiya, Busybook ini juga berguna banget ketika anak sedang demam. Kenapa? Saat demam, anak tetap membutuhkan mainan yang menarik dan mengasyikkan, kan? Selain memberikan Tempra Syrup untuk menurunkan panas demamnya, saya tetap memberikan mainan yang bisa dimainkan sambil tiduran atau sambil duduk di tempat tidur.
Tempra rasa Anggur untuk usia 1-5 tahun. Tempra rasa jeruk untuk usia 6 tahun ke atas.


FYI, Busybook itu buku yang dipercaya banyak orang tua bisa membuat anak-anak duduk anteng dan "sibuk" dalam waktu yang lama. Maka dari itu, Busybook sering digunakan orang tua -ibu khususnya- saat hendak ditinggal masak atau mencuci.

Pengerjaan Busybook yang sulit dan detail, membuat banyak ibu akhirnya memutuskan untuk membeli saja dengan custom ke crafter. Namun sayangnya tidak semua produsen busybook mengerti betul prosedur mainan yang aman untuk anak seperti apa.

Ini tips dari saya saat kita ingin membuat busybook yang aman untuk dimainkan anak balita, terutama anak di bawah 2 tahun.

1. Terbuat dari bahan yang lembut, mudah dibersihkan dan tidak mudah robek. Memakai kain flanel atau katun jepang.
2. Tidak ada benda-benda kecil yang mudah lepas dari busybook sehingga tidak khawatir tertelan oleh anak ketika orang tua sedang tidak bisa mendampingi.
3. Tidak ada ujung yang runcing yang bisa melukai kulit batita. Contohnya velkro/prepetan. Jadi ujung velkro tidak boleh runcing, harus dibentuk tumpul.
4. Tidak memakai benda-benda yang mengandung zat berbahaya.

Nah sekarang, yuk kita mulai menyiapkan bahan-bahan untuk membuat Busybook.


Alat :
- Gunting 
- hot gun/lem tembak/ lem lilin
- penggaris
- pensil/pulpen
- kertas HVS
- jarum pentul

Bahan :
- Kain flanel bermacam-macam warna
- velkro/prepetan
- pita warna-warni
- kancing besar bermacam-macam warna
- Jarum jahit dan benang (untuk memasang kancing)

Cara Mudah Membuat Busybook

Pada tutorial ini, saya jabarkan pembuatan busybook yang paling sederhana sehingga bisa ditiru oleh bunda sendiri maupun anak-anak yang sedang belajar crafting. Di tuttorial ini (semoga) nggak ada yang terlalu rumit, ya.

Saya akan membuat busybook tanpa dijahit dan hanya menggunakan lem (atau dengan sedikit menjahit untuk memasang kancing saja). Nggak usah khawatir akan mudah lepas, karena lem tembak ini merekatnya kuat sekali.

1. Siapkan kain flanel bermacam-macam warna sebagai background atau sebagai warna dasar. Latarnya ini boleh banyak warna sesuai keinginan. Tips dari saya : pilih warna-warna cerah agar anak tertarik.

2. Ukur menggunakan penggaris 23 x 25 cm. Garis terlebih dahulu menggunakan pensil/pulpen agar tidak melenceng. Gunting menggunakan gunting kain yang tajam. Buatlah beberapa lembar. Misalnya 10 lembar.
kain flanel yang sudah dipotong 23x25 cm

3. Ukur lagi kain flanel 50 x 25 cm untuk membuat sampulnya. 

4. Lelehkan lem lilin menggunakan hot gun. Tempelkan lembaran-lembaran kain flanel yang berukuran 23x25 tadi pada tengah kain yang berukuran 50x25 cm. Lihat gambar ya untuk lebih jelasnya.


6. Langkah terakhir tinggal kita isi dengan permainan yang sesuai dengan usia anak.
Untuk mengisi busybook kita perlu perhatikan, si kecil ini usianya berapa tahun? Karena kita akan membuat permainan sesuai tahap perkembangannya.



Pertama-tama, kita akan menghias sampulnya. Di sini akan saya buat supaya tetap ada aktivitas bermainnya ( tidak sekedar sampul saja). Yuk ikutin langkah-langkahnya.

Kita bikin sampul busybook untuk perempuan. jadi gambarnya menyesuaikan yaitu dengan bunga-bunga.
a. Gambar bunga dengan corat-coret dulu pada kertas HVS. Pilih mana yang akan digunakan. Guntinglah gambar bunga tersebut.

b. Sebelum menggunting kain flanelnya, sematkan jarum pentul agar hasilnya rapi. Gunting beberapa bentuk bunga. Pilih warna yang berbeda antara bunga dengan warna latar.

c. Gunting bentuk bunga, tangkai, daun.

d. Tempelkan tangkai dan bunga pada sampul busybook menggunakan hotgun
e. Karena bagian kancing tidak bisa menggunakan lem, makan kancing harus dipasang dengan benang. Pasang kancing 2 buah atau sesuai jumlah bunga yang telah dibuat. Sesuaikan warna dengan bunganya. Pilih dengan perpaduan warna yang tepat agar warnanya menarik. Misalnya bunga putih, kancing berwana merah. Bunga merah, kancingnya pink.

f. Sekarang kita buat lubang kancingnya. Gunting bagian tengah bunga untuk tempat memasukkan kancing.

g. Lengkapi dengan huruf-huruf membentuk BUSY BOOK. Dan taraaa... sampul busybook sudah jadi.
Permainan ini melatih motorik halus si kecil yaitu belajar memasukkan kancing.

Langkah selanjutnya kita akan mengisi dalamnya dengan berbagai macam permainan. Pemainanya disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak. Misalnya, untuk anak usai 2 tahun. Kita buat permainan Shapes, yaitu mengenal bentuk-bentuk,mencocokkan bentuk dan warna.

Contoh-contoh permainan simple lainnya pada busybook:
1. shapes - mengenak bentuk dan mencocokkan warna & bentuk benda.
2. button - belajar memasang kancing
3. puzzle 
4. number - belajar membilang dan menyebut angka
5. Picking Aple 
6. dll

Yuk kita coba membuat beberapa permainannya. Saya akan jabarkan step by stepnya supaya jelas.

1. Shapes
- Gambar menggunakan pensil bentuk-bentuk bangun datar di kertas HVS seperti : kotak, lingkaran, segitiga, persegi panjang, bentuk bintang, mobil, bunga, dll. Gunting.

- Pilih warna kain flanel yang berbeda setiap bentuknya. Misalnya warna merah untuk kotak, biru untuk lingkaran, segituga untuk kuning, dst
- Gabungkan kertas HVS bentuk bangun datar dengan kain flanel, sematkan jarum pentul agar waktu digunting bisa rapi.

- Buat masing-masing 2 buah.
- Gunting velkro sejumlah bangun datar yang digunting. Ingat ya, tidak boleh ada ujung yang runcing agar tidak melukai kulit si kecil.
- Lekatkan menggunakan hotgun.


ket. permainan ini cocok untuk usia 2 tahun ke atas.

2. Picking Aple/petik apel
  • Gambar sebuah pohon dan buah apel + daunnya pada kertas HVS. Kertas tersebut satukan dengan kain flanel warna merah. Sematkan jarum pentul. lalu gunting perlahan-lahan agar hasilnya rapi. Lakukan hal yang sama pada batang dan daun.
  • Siapkan juga juga velkro.
  • Setelah semua digunting, akan kita dapatkan bentuk-bentuk seperti ini:
  • Tempelkan daun pohon terlebih dahulu, kemudian batangnya. lalu tempelkan daun kecil pada apel, Tempelkan velkro di belakang buah apel tersebut. Tempelkan velkro sisi satunya lagi pada daun pohon. Ingat ya, tidak boleh ada ujung yang runcing agar tidak melukai kulit si kecil. 

  • Gunting sedikit kain flanel, bentuk seperti sebuah mangkuk atau keranjang. Tempelkan pada bagian bawah pohon.

Ket. : permainan ini untuk usia 2 tahun ke atas
Untuk usia anak yang lebih besar, velkro bisa diganti dengan hook n bar atau dengan kancing ceplik. seperti ini.


3. Number
Permainan ini menggunakan manik-manik yang kecil. Tapi nggak usah khawatir karena manik-maniknya tidak akan bisa dilepas dari busybook.
Ini bahan-bahannya :
  • manik-manik bentuk lucu
  • benang. di sini sya menggunakan benang polyester. Jika tidak ada gunakan benang apa aja yang penting bisa dimasukkan ke dalam lupang manik-manik.
  • kain flanel



  • Pertama, kita gunting angka 1-5 dan lingkaran-lingkaran kecil
  • Gunting benang sepanjang 25 cm

  • Tempelkan ujung benang menggunakan bulatan kecil kain flanel.
  • Masukkan manik-manik dimulai dari 1 sampai 5. Ini bisa ditambahkan sampai 10 biji
  • Tempelkan ujung benang satu lagi. lalu potong sisanya agar rapi

Demikian tutorial cara mudah membuat busybook tanpa jahitan. Semoga bisa dimengerti dan mudah menirunya, ya. Share jika tutorial ini bermanfaat. Jika tidak untuk diri sendiri, mungkin ada teman yang sedang belajar membuat busybook.
Jika ada yang perlu ditanyakan bisa langsung ke email uwienbudi@gmail.com atau tinggalkan komentar di bawah, ya.

Selamat membuat Busybook.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Tempra yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi. Artikel ini tidak dapat menggantikan hasil konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional

21 comments:

  1. Lucu, kreatif dan gampang. Nyontek boleh ya, mumpung besok libur pengen bikin ginian.

    ReplyDelete
  2. Teteh baik hati bongkar rahasia semoga rezekinya dilapangkan aamiin

    ReplyDelete
  3. mbak,velkro itu yang kayak gimana ya? mau nyoba buat nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Velkro itu prepetan, mbak. Yang suka ada di dompet, tas anak, kantong mukena, kantong belanja, dsb

      Delete
  4. Makasih sharingnya Mbk, pengen nyoba deh

    ReplyDelete
  5. Mba Wien kemarin pak boss ku tuh cari2 ini busy book buat anaknya lalu aku memang teringat dirimu jadi aku kasih FB mba.
    btw mba kreatif banget dan yang utama adalah RAJINNN bingits :) semoga rezekinya terus mengalir aaamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... waaa hatur nuhun pisan teh

      Delete
  6. Mamak kreatif kesukaan,
    Aku ngikutin kreasimu loh mbk, dan kece2, addaaaa aja idenya,
    Makasih yak udh ngeshare tutorialnya, ilmu berharga en gratis pula, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, makasih mbaaak. :*

      Delete
  7. Kreatif banget Mak, teope deh

    ReplyDelete
  8. Ini nih salah satu pengrajin busy book favorit aku, aku yang udah ngumpul-ngumpulin berbagai kain dan pola sampai sekarang belum kelar-kelar juga hampir 3 tahun. Hihi.. malesnya itu lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuuuuuk, bikin-bikin, gunting-gunting kain trus tempel-tempel

      Delete
  9. dari jamannya anakku masih satu tahun sampe sekarang tiga tahun, kepingin banget bikin busy book dan belum kesampean, semoga abis liat tutorial mak uwien bisa ikutan bikin

    ReplyDelete
  10. Teteh kece pisan busybooknya.. walopun udah ada cara-caranya belum tentu bisa aku mah hahaha

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)