1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

04 May 2017

8 Camilan Kesukaan Anak-Anak




Nggak ngemil setelah makan itu....
semacam perokok yang bilang "Bar madang ora udud, eneg."


Camilan bagi keluarga saya itu sudah menjadi candu. Habis makan ,walaupun sudah kenyang, namun rasanya kurang afdol kalau belum makan camilan, kecuali saat sarapan. Kalau sarapanmah, udah selesai makan langsung pada berangkat, jadi anak dan ayahnya enggak sempat ngemil. Kebiasaan nyamil membuat saya selalu menyediakan makanan ringan di lemari es maupun di lemari makanan. Saat anak-anak ingin ngemil, bisa langsung mengambil sendiri.

Ekspektasi : mamah membuat sendiri camilan di rumah. Camilan homemade lebih sehat dan mengandung cinta dari mamah sehingga rasanya jauh lebih nikmat.
Realita : Nyatanya saya sering males membuat camilan. Alhasil, kalau bocah minta dan sayanya males bikin tinggal lari ke warung Pak Lurah. (tadinya mau ke warung mamah Ajeng yang lebih komplitcamilannya, tapi jauh eung)

Ya begitulah.. Saya ini termasuk yang moody dalam hal membuat camilan. Kalau pas waktunya ada, saya usahakan membuat sendiri camilan untuk mereka. Selain lebih irit, camilan yang bikin sendiri itu lebih puas karena jadinya banyak. Tapi pas enggak sempat , ya, saya tinggal beli di warung.

Soal camilan, saya sendiri enggak membatasi makanan apa yang kami makan. Asalkan halal dan thoyib itu saja cukup. Berikut ini camilan kesukaan :

1. Buah-buahan
Buah-buahan cemilan yang paling disukai anak-anak. Dua bocah kecilku sangat berbeda selera buahnya. Dhia menyukai beberapa buah diantaranya semangka, melon, apel, anggur, stroberi, buah naga, rambutan, kelengkeng, manggis, pepaya, jambu, jeruk....  ( mboook, itu sih hampir semua buah disebutin)
Dhia menyukai hampir semua buah sedangkan adiknya hanya beberapa buah saja.
Biasanya saya kasihkan pas Dhia pulang sekolah. Panas-panas itu paling enak makan buah, Segarrrr!

2. Pancake
Saya paling sering membuat camilan pancake. Bikinnnya gampang, bahannya mudah ditemukan di warung. Semuanya suka. Apalagi kalau dikasih toping es krim, disiram madu atau sirup mapel. Dijamin langsung tandas.
Kemarin saya baru bikin pancake rasa cokelat. Untuk resepnya bisa dilihat di sini : Resep Pancake Sederhana 

pancake cokelat


3. Kerupuk
Ini kesukaan Akram. Menggoreng kerupuk udang satu toples besar pun bisa habis dalam sehari.

4. Kue-kuean
Kue-kuean sebangsa oreo atau kue mari paling sering. Oiya, sama biskuit roma kelapa yang kalau lagi ngemil ini wajib ada susunya untuk dicelupin. Yang nggak lupa sambil celup sambil bilang 'Dicelup susu juga enak.'. Camilan ini biasanya tinggal beli aja di warungnya Pak Lurah.

5. Bola-Bola Cokelat
Bola-bola cokelat merupakan camilan yang sangat mudah dibuat. Dari kue kongguan yang tinggal remahan tak dihiraukan pun bisa menjadi kue yang lezat ini. Bola-bola cokelat selalu membuat sendiri karena gampang nggak perlu baking atau pakai kompor.

6. Eskrim
Eskrim termasuk camilan/kudapan nggak sih? Ini juga sering banget dimakan sama anak-anak. Bisa bikin di rumah menggunakan potongan buah dan jus. Cara membuatnya : potong-potong buah yang akan dibikin eskrim berbentuk dadu. Sebagian buah dipotong sebagian yang lain dijus. Siapkan cetakan eskrim. Susun buah-buahan di dalamnya lalu siram menggunakan jus buah tersebut. Tancapkan stik eskrim, simpan di freezer semalam. Besok siangnya sudah bisa dinikmati.

pic. pixabay

7. Snack
Makanan ringan mah susah, 'kan ya, mau dijauhkan dari anak-anak. Macam momogi , taro , dan ciki-ciki yang lain mah jangankan anak-anak, saya yang udah tua aja masih suka ngemilin makanan ringan.

8. Basreng
Yang di luar tanah sunda, seringkali pada nanya "what is basreng?" Basreng adalah bakso goreng. Tapi bukan bakso kuah yang di goreng. Jenis baksonya beda, rasa ikan gitu. Saya enggak tahu gimana cara membuatnya. Biasanya hanya membeli di pasar lalu digoreng di rumah.


Itu tadi urutan delapan teratas camilan atau kudapan kesukaan anak-anak. Camilan yang kalian suka apa, guys?

8 comments:

  1. kok baca tulisan yang ini aku jadi ngiler yah??

    ReplyDelete
  2. Aduh itu camilan kesukaan saya jugaaaa.... jadi pengin basreng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. basreng, goreng dadakan, sarebuan :)

      Delete
  3. Dan semuanya aku suka :D apalagi es krim, kerupuk, basreng hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti ini camilan mainstream banget, ya Ge

      Delete
  4. kalau sdh coklat ,... anak2 jgn ditanya lagi

    ReplyDelete
  5. Nah kalau anakku krupuk dan eskrim pastinya, kayak ayahnya kalau makan ga pakai krupuk kayak ada yang kurang aja. Tapi diriku ga kayak dirimu yang rajin bikin kue2 mbak haha sukanya yang praktis aja wkwk

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)