26 August 2015

Fasting Therapy


“Makanlah ketika lapar dan BERPUASALAH ketika SAKIT”

Dari dulu, kita dicekoki dengan kalimat : Makan tiga kali sehari, pagi siang dan malam. Jadi, sampai sekarang sebagian orang berpola seperti itu. Iya gak? Iya, khaan? Saya juga gitu… hahaha

Tapi, sejak beberapa waktu yang lalu (gak jelas mulainya kapan) , saya sudah menerapkan makan teratur. Makan teratur di sini bukan makan pagi jam 6, makan siang jam 12, dan makan malam jam 7 malam. Bukaaan. Tapi makan ketika sudah merasa lapar. Itu.
  Iya… mengingat berat badan yang semakin bertambah, hadeeeh

Mengapa Manusia Butuh Puasa?

Di zaman modern dan serba instan, kita gak akan pernah luput dari berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Saking banyaknya, kita gak sadar bahwa makanan yang kita makan banyak sekali mengandung toksik. Bagitu banyak perasa, pewarna, dan pengawet. Atudaaa, gimana yaa… sangat susah sekarang menghindari yang namanya penyedap. Kalaupun di rumah bolehlaah gak pake penyedap, ta tapi kalo makan di luar... -_- 

Maka dari itulah Allah mewajibkan umat muslim berpuasa, agar zat-zat yang meracuni tubuh dapat dikeluarkan.

Banyak alasan dan latar belakang orang melakukan puasa,

Puasa Agama
Hampir semua agama yang ada di dunia ini mengenal dan mewajibkan penganutnya untuk berpuasa. Umumnya, berpuasa karena perintah agama dengan tujuan penyucian jiwa.

Puasa Ekonomi
Dulu waktu jadi anak kost, hidup sebatang kara tanpa sanak saudara (ini udah berlebihan bahasa nya) saya sering puasa karena gak punya duit. Hahaha
Begitulah alasan berpuasa. yaa karena memang gak ada yang dimakan.

Puasa Sosial
Ini puasa karena empati. Agar dapat merasakan gimana rasanya lapar dan hausnya orang-orang miskin yang kelaparan dan serba kekurangan.

Puasa Politik
Berpuasa untuk protes kepada pemerintah agar suara dan aspirasi didengar. Kita menyebutnya aksi mogok makan .Itulah contoh puasa politik.
Kalo dulu waktu kecil, saya juga pernah gak mau makan karena minta dibeliin sesuatu, gak juga dikasih. Politik anak-anak. 

Puasa Tren
Puasa karena trend dan gaya hidup umumnya untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Puasa Kesehatan
Alasan lain orang berpuasa adalah karena kesehatan. Kita meyakini bahwa dengan berpuasa tubuh akan tetap sehat.

Puasa Hajat
Dalam masyarakat adat, ketika akan melaksanakan suatu hajat besar beberapa hari sebelumnya melakukan puasa terlebih dahulu. Ini diyakini agar hajat akan berlangsung dengan lancar.

Fasting does not cure any disease, but provides an opportunity to the body to heal it self

Walaupun banyak teori yang mengatakan puasa mampu mengobati berbagai penyakit, namun sebenarnya gak gitu lhoh. Puasa bukan mengobati penyakit. 

Nah lhoh, katanya puasa bisa mengobati penyakit.
Sebentar, jadi gini. Puasa memberikan kesempatan kepada tubuh untuk beristirahat dari rutinitas pekerjaan mengolah makanan dan minuman setiap harinya. Sehingga energy yang biasa digunakan oleh tubuh dalam bekerja mengolah makanan, akan digunakan untuk melakukan perbaikan-perbaikan kerusakan tubuh.
S
aat berpuasa, tubuh mengalami detoksifikasi secara alami. Tidak adanya makanan dalam lambung, membuat organ seperti hati dan limpa “membersihkan diri”. Racun yang dibuang 10 kali lebih banyak.Jadi proses penuaan pun bisa dihambat sementara.

Catet : Bila kita melakukan puasa dengan benar, wajah kita akan tampak lebih berseri.

*wink wink* 

Nulis ini, sebagai reminder juga buat diri saya sendiri. Jadi bersemangat mau rajin puasa lagi.

6 comments:

  1. Puasa itu memang beragam manfaatnya, kalau tidak salah saya pernah denger juga kalau bagi para pemuda yang belum bisa menikah itu lebih baik puasa kalau perintah itu bertujuan untuk apa ya, mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
  2. Betapa PUASA sebagaimana yang dijabarkan di atas itu penting sekali yaa :) Sebagaimana tidur, betapa dulu waktu sekolah sering dengar bahwa tidur yang baik itu sekitar delapan jam. waduh..., padahal tidur selama itu malah tidak baik bagi orang yang sehat.

    ReplyDelete
  3. Puasa wajib termasuk ke puasa agama yah

    ReplyDelete
  4. kalau saya sekarang juga lagi puasa buat ngegantiin batal waktu bulan puasa .. terus kalau dekat idul adha juga saya sering puasa .. alhamdulillah banyak manfaat yang di dapat :)

    ReplyDelete
  5. Iya...semangat aku lagi rajin menggalakan senin kemis nih hehehe...

    ReplyDelete
  6. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)