09 June 2015

Manfaat Madu Alami dalam Handbody Lotion


Madusource image )
Dulu waktu kecil, saya masih inget aja, waktu bapak saya "manen" madu. Bukan peternak madu sih, tapi manen dari atap rumah.

Rumah saya jaman dulu masih berbentuk limasan atau Joglo ( rumah adat suku Jawa ). Nah di sudut atap rumah itu, dipake sama tawon lebah untuk membuat sarang. Sama bapak dibiarin aja, walaupun anak-anaknya termasuk saya sering tersengat lebah ini. 

Setelah sarang tawonnya besar, barulah di'unduh'. Saya yang waktu itu masih SD, penasaran banget. Binatang kecil yang menyebalkan dan bikin cenat-cenut kalau menyengat ini ternyata dari rumahnya keluar cairan yang enaaaak bangeeeet. Sarang lebah yang segede bola basket itu ditaruh di dalam baskom. Dari dalamnya mengalir cairan yang kemudian hari saya tahu namanya madu. Madunya sama bapak dimasukkan ke dalam botol, lalu rumahnya dibikin pelas ( semacam pepes ) namanya Pelas Tawon.

Benar-benar semuanya berguna. Bahkan sengatan tawon juga berguna untuk terapi kesehatan. Pernah denger Terapi Sengat Lebah? Nah itu yang digunakan adalah sengatnya. Bisa menyembuhkan penyakit tertentu.

Subhanalloh ya...

Madu menjaga kesehatan tubuh
Ternyata secara keseluruhan, madu itu sangat baik untuk tubuh manusia.
Makanya, saya sejak sepuluh tahun yang lalu selalu rutin minum madu, selain sebagai antioxidan biar kulit nggak cepet keriput, madu juga menjaga badan saya tetap fit walau banyak aktifitas bekerja. Madu juga menjaga kesehatan kulit biar tetep halus dan lembab. Cobain deh minum madu minimal 1 sendok teh setiap hari.

Anak-anak juga saya beri madu supaya ketahanan tubuhnya selalu terjaga. Jadinya mereka nggak gampang capek. Madu juga dipercaya bisa mencerdaskan anak, lho. Tapi jangan berikan madu pada anak di bawah 1 tahun, ya.

Madu melembabkan bibir
Dulu waktu saya SMP, suka kagum gitu lihat kakak-kakak cantik yang bibirnya merah basah. Di sekolah berembus kabar, kalau mau bibirnya merah alami gitu, katanya pakai madu tuh. Caranya oleskan di bibir saat malam hari menjelang tidur. Waktu itu saya sempat nyoba sekali, jadinya malah dikerubutin semut. hahaha

Ternyata mbak yu saya pun mengoleskan madu pada bibirnya. Dan memang bener, bibir mbak yu saya jadi keliatan lembut dan warnanya ping alami. Ah, ntar nyoba deh, tapi jangan sampai dech dikerubuti semut lagi.

Luluran pake madu.
Jaman dahulu, al kisah Ratu Cleopatra kenapa kulitnya cantik itu ternyata doi kalau luluran pake madu dan juga minyak zaitun. Waow! Ternyata sekarang sama Natural Honey dijadikan satu kombinasi yang ciamik. Kita tinggal langsung pake aja. Ada dalam Natural Honey Moisture Rich yang terbuat dari Madu alami dan minyak zaitu (olive oil).
Sebulan sekali, saya minta tukang pijit langganan dateng ke rumah. Kalau tukang pijit kan biasanya pake minyak urut yang baunya kayak nini-nini, kalau saya diganti pakai Natural Honey Moisture Rich. Hasilnya, setelah dipijit seluruh badan jadi rilex dan baunya harum mewangi sepanjang hari. Jadi berasa kayak ratu Cleopatra nih, wekekeke

Madu juga bisa untuk masker wajah.
Oleskan madu pada kulit wajah. Tunggu 0-15 menit atau sampai kering. Lalu bersihkan menggunakan air hangat.

Sebenarnya madu tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit saja. Manfaat lainnya antara lain :
- Sebagai pemanis alami madu mengandung 80% gula dan 20% air.
- Sebagai pengawet alami, karena kadar airnya yang rendah tadi, dan pH yang tinggi madu digunakan sebagai pengawet makanan secara alami karena bakteri akan kesulitan hidup.
-  Sebagai suplemen alami, kalau yang nggak suka makan suplemen buatan pabrik obat minum deh madu.
dan sebagainya dan sebagainya.

Saya makin penasaran bagaimana madu bisa dihasilkan. Sebelum itu, yuk kita kenalan sama penghuni sarang lebah madu. Ada lebah jantan dan ratu lebah. ( lihat gambar di bawah ini )

Lebah Jantan

Lebah Pekerja

Ratu Lebah

Ternyata seekor lebah pekerja, harus terbang berkeliling di sekitar sarangnya. Bahkan sampai 3 kilometer, lho, demi mencari-cari bunga yang sedang mekar untuk diambil serbuk sari dan menghisap nektarnya. Mencampurnya dengan cairan atau enzim yang berasal dari tubuhnya sendiri. Kemudian membawa dan menyimpannya di dalam sarang yang bentuknya segienam sempurna.
Seekor lebah pekerja menghabiskan seluruh hidupnya untuk menghasilkan 1/12 sendok teh. (*Bayangin!*)

Setelah madu-madu ini matang (saya nggak tahu berapa lama madu ini dibiarkan dalam sarang lebah hingga matang) barulah peternak lebah mengambilnya. Kemudian disaring dan siap untuk diolah sebagai bahan utama pembuatan Natural Honey Hand and Body Lotion.

Peternakannya modern ya. :) 
Tunggu dulu, ternyata ada beberapa tahapan sebelum madunya benar-benar matang. (lihat gambar di bawah ini)

Ternyata begitu , ya, prosesnya.
Setelah madu dari peternakan diolah dengan mencampur bahan alami lainnya jadilah 4 varian Natural Honey Hand and Body Lotion yang langsung bisa kita gunakan setiap hari.

Pilih Varian Natural Honey Sesuai Kebutuhan
Menurut bahan yang dikandungnya, Natural Honey ada 4 varian ( lihat gambar di bawah ini )

Orange Extraxt and UV Protection

Yeast Extract and Collagen

Olive Oil and Vitamin E

Yogurt and Vitamin B3

Gunakan secara rutin setiap habis mandi di seluruh badan agar kulit selalu terawat.

Kulit NDESO saya jadi lebih putih terawat. :p 
Walaupun memakai hijab saat di luar rumah, Pake Natural Honey Hand and Body Lotion sama sekali nggak lengket dan nggak gerah. Kulit tetap terlindung dari sinar ultra violet.



Oiya, ada sedikit tips memilih madu alami 

1. Sebelum membeli, lihat ada endapan atau tidak. Jika ada kemungkinan besar madu itu sudah tidak asli.
2. Kocok botolnya. Jika ada sedikit buih, madu itu asli. Saat dibuka tutupnya terdapat suara "ngeses"nya.
3. Madu asli tidak ada tanggal kadaluarsanya.
4. Setelah membeli, rasakan madunya. Jika ada rasa asam dan biasanya tidak nyaman di tenggorokan madu ini sudah dicampur.
5. Tuang ke dalam gelas berisi air putih. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar gelas, sedangkan madu palsu akan menyebar dan membuat air menjadi keruh.
6. Teteskan ke kertas, madu yang asli membutuhkan waktu yang lama untuk menembus kertas, sedangkan madu palsu ( yang sudah dicampur air ) akan cepat meresap pada kertas.
7. Tuang ke atas kuning telur. Madu asli akan membuat kuning telur menjadi matang.
8. Panaskan madu. Madu asli saat akan mendidik muncul letupan-letupan. Jika palsu, akan berbuih seperti memanaskan air gula.


berpartisipasi dalam "Beauty Benefits of Honey” Blog Competition [8]




Sumber :

- http://naturalhoney.co.id/honeys-journey
- http://www.naturalhoney.co.id/read/uncategorized/8-Fakta-Menarik-Tentang-Madu
- http://sehatsangat.blogspot.com/2013/08/kiat-membedakan-ciri-madu-asli-palsu_13.html


9 comments:

  1. Mantap mbak tipsnya.. Ternyata varian Natural Honey byk ya..tinggal disesuaikan dgn kebutuhan kulit kita masing2.. Sukses ya dgn GAnya..

    ReplyDelete
  2. Pengen coba natural honey cuman aku cari-cari di mart terdekat kok nggak ada ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Carrefur, Giant dan Hypermart, Mbak. Aku nyari di Borma juga gak ada. Tapi ini dapetnya juga di Yogya SUpermarket.

      Delete
  3. Infonya mantep mbak...semoga berhasil yaa hihi... :)

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya mak, oiya waktu itu saya juga dibilangin kalo madu asli, jika dituangkan ke piring, pasti nanti membuat pola sarang lebah gitu, saya udah mempraktekannya dan sejauh ini memang begitu kalo yang asli hehehe..
    Emang manjur banget ya khasiat madu ini.

    Salam sukses ya ^^

    ReplyDelete
  5. manfaat madu super banget ya mbak,baru tau kalau ternyata sengatannya juga bagus untuk kesehatan.natural honey boleh juga buat di coba :). Terimakasih infonya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi harus dengan terapis yang sudah ahli.

      Delete
  6. Jadi inget persediaan madu habis, madu sangat banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)