28 October 2013

Stimulasi anak dalam "fase melempar"

Akram-ku kini sudah setahun 4 bulan. Ada aja tingkah polahnya yang bikin aku tertawa. Saat ini sudah mulai -saya menamainya- "fase melempar". Setelah sebulan yang lalu melalui "fase memasukkan". ( Pernah kan melihat seorang anak tiba-tiba melemparkan apa yang dipegangnya atau yang berada di dekatnya tanpa sebab yang pasti.) Ya, kegemaran barunya adalah melemparkan benda-benda di sekitarnya. Mulai dari mainannya, makanan, sampai perabot dapur jadi bahan eksplornya. :)

Senang ya, jika anak kita tumbuh sesuai tingkat perkembangannya. Nah, dalam fase melempar ini permainan yang cocok salah satunya adalah permainan melempar bola. Untuk Akram, saat ini saya memakai bola yang ukurannya kecil (bola yang biasa di tempat permainan 'mandi bola', bola ukuran kecil melatih otot tangnnya untuk menggenggam. Bola yang berwarna-warni itu menarik sekali buat si kecil. Mulailah memberikan bola satu persatu, mintalah anak untuk melempar.

Setelah saya rasa Akram sudah cukup 'mahir' melempar bola kecil, kemudian saya ganti ukuran bolanya, dengan yang lebih besa, sebesar kepalanya atau lebih sedikit. Dan menggunakan bola yang bahannya dari karet jadi ketika mengenai badan anak tidak akan sakit.

Mulailah dengan mencontohkan gerakan-gerakan melempar bola ke udara. Ketika melempar, sambil ucapkan kata "lempar", lalu gerakan menangkap ucapkan juga kata "tangkap". Anak akan melihat, lalu ia akan mencontoh apa yang kita lakukan. Jika dirasa anak sudah cukup penasaran, ajak anak untuk mengambil bola dari tangan kita kemudian mintalah anak untuk melempar. Saat bermain ini, Akram gembira sekali.

Dengan bermain melempar bola ini, akan melatih motorik kasar pada anak. Selain itu juga melatih bahasanya, dengan mengajarkan kata "lempar"dan "tangkap" tadi anak menambah lagi perbendaharaan katanya.

2 comments:

  1. Wah senangnya mengikuti pertumbuhan si kecil. Anakku sdh besar2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, bagi pengalamannya atuh Mak Lusi ;)

      Delete

Hai, terima kasih sudah membaca dan berkomentar. Tapi mohon maaf, komen dengan link hidup terpaksa saya hapus yaa :)